Peta Malaysia: Gambar, Letak Negara, Bahasa dan Mata Uangnya

Peta malaysia –¬†Peta Malaysia kerap Anda lihat di bagian peta Asia Tenggara. Hal ini dikarenakan Malaysia menjadi bagian dari Asia Tenggara. Negara ini juga merupakan tetangga dari Indonesia. Nah, pada peta, Anda bisa melihat bahwa kawasan negara ini terbagi atas dua bagian.

Bagian yang pertama terletak di utara Pulau Sumatera, sementara yang lain ada pada bagian utara Pulau Kalimantan. Malaysia memiliki ibu kota yang terletak di Kuala Lumpur. Yang mana daerah tersebut juga menjadi pusat administratif dari Malaysia. Negara ini juga memiliki julukan lain yakni negara Melayu.

Hal ini dikarenakan sebagian besar penduduknya berasal dari suku Melayu. Jadi, Anda tidak perlu heran kalau penduduknya tidak jauh beda dengan penduduk di Sumatera. Namun, bentuk negaranya tidak sama dengan Indonesia. Jadi, bentuk negara Malaysia adalah federal, sementara bentuk negara Indonesia adalah republik.

Dikarenakan masih berbatasan langsung dengan Indonesia, sehingga Malaysia mempunyai kekerabatan yang erat dengan negara kita.

Gambar Peta Malaysia

Gambar Peta Malaysia
www.amuzigi.com

Letak Negara Malaysia

Letak Negara Malaysia
gres.web.id

Apabila Anda sedang mencari negara yang paling dekat dengan Indonesia, maka jawaban yang paling tepat adalah Malaysia. Pada peta Malaysia, negara ini ada pada bagian utara Indonesia. Untuk bisa mengetahui letak negara Indonesia ini, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu posisinya baik secara astronomis ataupun geografis. Nah, selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

  • Letak Negara Malaysia Secara Astronomis

Berdasar pada peta Malaysia, letak negara ini secara astronomis ada pada garis 1o LU sampai 7o LU serta 100o BT sampai 119o BT. Jadi, jika dilihat secara astronomis, maka Anda tahu bahwa kawasan Malaysia ada pada bagian lintang utara.

Malaysia adalah negara yang mempunyai iklim tropis, hal ini disebabkan karena lokasi dari negara ini tidak terlampau jauh dari jalur lintas garis khatulistiwa.

  • Letak Negara Malaysia Secara Geografis

Apabila ditinjau secara geografis, Malaysia berbatasan dengan beberapa negara Asia Tenggara yang lain laiknya Singapura, Indonesia, serta Brunei Darussalam. Malaysia berbatasan juga dengan Laut Cina Selatan serta Laut Sulu dan Laut Sulawesi. Yang mana letak geografis Malaysia terbagi atas dua bagian.

Bagian Malaysia ada di utara Pulau Sumatera serta bersinggungan secara langsung dengan kawasan Singapura. Sedangkan di bagian negara Malaysia yang ada di utara Pulau Kalimantan akan berbatasan dengan negara Brunei Darussalam serta Indonesia.

Nah, berdasar pada lokasi secara astronomis maupun geografis Malaysia, maka hal ini akan berpengaruh pada kondisi bentang alam di Malaysia. Kondisi ini membuat alam Malaysia cukup hijau. Terdapat banyak perkebunan serta hutan yang ada di negara ini.

Negara-Negara Bagian Malaysia

Negara-Negara Bagian Malaysia
id.maps-malaysia-my.com

Secara administratif, Malaysia terdiri atas 13 negara bagian serta 3 wilayah persekutuan. Berikut daftarnya.

  • Negara Johor

Johor mempunyai ibukota di Johor Bahru dengan Sultan yang bernama Ibrahim Ismail.

  • Kedah

Kedah memiliki ibukota di Alor Setar dengan Sultan yang bernama Sultan Sallehuddin Ibnu al-Marhum Sultan Badlishah

  • Kelantan

Negara bagian ini memiliki ibukota di Kota Bahru dengan Sultan yang bernama Muhammad V.

  • Melaka

Ibu kota negara bagian Melaka adalah Kota Melaka yang dipimpin oleh Mohd Khalil Yaakob.

  • Negeri Sembilan

Negara ini memiliki ibu kota di Seremban serta dipimpin oleh sultan Muhriz Munawir.

  • Pahang

Ibu kota Pahang ada di Kuantan dengan sultan yang bernama Al-Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah.

  • Perak

Perak beribu kota di Ipoh dengan pemimpin yang bernama Sultan Nazrin Muizzuddin Shah.

  • Perlis

Ibu kota Perlis ada di Kangar dengan sultan yang bernama Syed Sirajuddin Syed Putra Jamalulail.

  • Pulau Pinang

Negara bagian ini mempunyai ibu kota di George Town dengan sultan yang bernama Abdul Rahman Abbas.

  • Selangor

Negara bagian ini memiliki ibu kota di Shah Alam dan dipimpin oleh sultan Sharafuddin Isris Shah Al-Haj.

  • Terengganu

Terengganu beribu kota di Kuala Trengganu serta dipimpin oleh Sultan Mizan Zainal Abidin. 11 negara bagian ini terletak di Malaysia Barat atau Semenanjung Malaysia. Sedangkan dua negara lainnya ada di Malaysia Timur atau Borneo yang terdiri atas:

  • Sabah

Ibukota negara bagian Sabah ada di Kota Kinabalu dengan dipimpin oleh Yang di Pertua Negeri  bernama Juhar Mahiruddin

  • Sarawak

Merupakan negara bagian yang memiliki ibu kota bernama Kuching. Pemimpin negara ini adalah Yang di Pertua Negeri Abdul Taib Mahmud.

Wilayah persekutuan dari Negara Malaysia bagian barat beribukota di Putrajaya, Kuala Lumpur dengan dipimpin oleh Al Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah. Sedangkan wilayah persekutuan Labuan beribu kota di Victoria dengan pemimpin bernama Muhammad V.

Kenampakan Alam Malaysia

Kenampakan Alam Malaysia
www.kingloger.com

Kenampakan alam yang ada di Malaysia sangatlah beragam. Anda bisa melihatnya pada peta Malaysia. Nah, beberapa diantaranya akan di ulas di bawah ini.

  • Sungai

Malaysia memiliki banyak kenampakan alam yang berupa sungai. Beberapa yang paling terkenal di Malaysia meliputi Sungai Negeri Sembilan dan Lata Kinjang. Secara umum, bisa dibilang jika kenampakan alam sungai yang ada di Malaysia tidak jauh beda dengan yang ada di Indonesia.

  • Gunung

Malaysia mempunyai kenampakan alam berupa gunung. Terdapat banyak gunung yang cukup terkenal di Malaysia yakni Gunung Highlands, Gunung Ledang, Gunung Kinabalu, serta Gunung Jerai.

  • Pantai

Malaysia merupakan negara yang berbatasan langsung dengan laut, sehingga tidak mengherankan apabila negara ini mempunyai beberapa pantai yang indah. Beberapa pantai yang cukup terkenal yakni Pantai Merdeka, Pantai Cahaya Bulan, serta Pantai Morib.

Jika ditilik dari kenampakan alamnya, Malaysia cukup makmur serta mempunyai aneka keragaman hayati. Malaysia merupakan negara yang makmur serta posisinya sangat strategis.

Kota Besar yang Terkenal di Negara Malaysia

Kota Besar yang Terkenal di Negara Malaysia
iwistakom1.blogspot.com

Di Malaysia, terdapat beberapa kota besar. Setiap kota mempunyai karakteristik yang berbeda. Nah, berikut akan disajikan informasi tentang kota-kota besar yang terdapat pada negara Malaysia. Nama-nama kotanya adalah sebagai berikut.

  • Kuala Lumpur

Di Malaysia, kota yang paling masyhur di kalangan internasional adalah Kuala Lumpur. Wajar saja, karena Kuala Lumpur merupakan ibu kota negara Malaysia. Bisa dibilang jika kota ini sebagai pusat kota dan administrasi negara Malaysia. Kota ini juga mempunyai perkembangan yang pesat ketimbang kota yang lain.

Karena wajahnya yang cantik, Kuala Lumpur menjadi destinasi utama bagi turis yang datang ke Negara Malaysia. Kantor-kantor parlemen Malaysia juga terdapat pada Kuala Lumpur. Aksesnya sangat mudah karena adanya Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur.

  • Johor Bahru

Kota ini juga dikenal dengan julukan Kota Tanjung Puteri yang mana menjadi kota terbesar kedua di Negara Malaysia. Johor Bahru terkenal akan kawasan yang kaya akan keragaman budaya. Apabila Anda ingin melihat keragaman budaya di Malaysia, maka Johor Bahru akan menjadi destinasi yang oke.

Di kota ini, ada juga banyak tempat wisata. Salah satu yang paling menonjol adalah tempat wisata sejarahnya. Kota ini jaraknya sangat dekat dengan laut. Hal ini disebabkan karena Johor Bahru ada di bagian semenanjung Malaysia atau bagian selatan negara Malaysia.

  • Shah Alam

Shah Alam pada zaman dahulu disebut dengan Kota Batu Tiga. Shah Alam paling terkenal akan perkebunan sawitnya. Ya, hal ini sejalan dengan negara Malaysia yang kental akan perkebunan sawit.

Shah alam dipimpin oleh walikota. Sementara di kota ini ada banyak industri yang sudah berkembang terutama pada sektor kelapa sawit. Malaysia memberikan kota ini perhatian khusus karena potensi yang dimilikinya.

  • Subang Jaya

Letak Subang Jaya ada di Kawasan Lembah Kelang. Subang Jaya ini merupakan kota dengan perkembangan yang baik. Hal ini dikarenakan adanya dorongan dari kekayaan alam yang ada. Bahkan, penduduk di Subang Jaya cukup padat jika dibandingkan dengan Kuala Lumpur.

Kota ini juga mempunyai fasilitas lengkap termasuk diantaranya fasilitas kesehatan, pendidikan, dan sebagainya. Sehingga, masyarakat sekitar mempunyai kehidupan yang cukup sejahtera.

  • Alor Setar

Kota besar yang ada di Malaysia yang berikutnya adalah Alor Setar. Kawasannya ada di Kedah. Kota ini cukup maju pada bidang industri. Meski luasnya tidak sebesar Kuala Lumpur, tetapi kontribusinya untuk negara Malaysia sangatlah besar.

Jika Anda ingin mengetahui mengenai kota di Malaysia secara lebih lengkap, silakan lihat peta Malaysia secara keseluruhan. Anda bisa menilik peta Malaysia dengan lebih jelas secara langsung.

Mata Uang dan Bahasa Malaysia

Mata Uang dan Bahasa Malaysia
medium.com

Mata uang yang digunakan oleh masyarakat Malaysia adalah ringgit (Malaysian ringgit) atau kerap disingkat dengan MYR. Sedangkan bahasa yang digunakan ada beberapa macam yang meliputi:

  • Bahasa Inggris (English language)
  • Bahasa Malayalam (Malayalam language)
  • Bahasa Melayu (Malay language)
  • Bahasa Punjab (Panjabi language)
  • Bahasa Tamil (Tamil Language)
  • Bahasa Telugu (Telugu language)
  • Bahasa Thai (Thai language)
  • Bahasa Tionghoa (Chinese language)

Malaysia memiliki luas wilayah sebesar 329.847 km persegi dengan jumlah penduduk yang mencapai 30.697.000 jiwa di tahun 2015. Peta Malaysia bisa Anda jadikan patokan untuk melihat keberadaan negara ini secara lebih jelas.

Baca Juga Pengertian Negara

Demikian pembahasan mengenai peta Malaysia. Sebagai negara yang bertetangga ada baiknya untuk mengenal tentang Malaysia karena potensi negaranya yang sangat baik. Semoga ulasan ini bisa dijadikan referensi mata pelajaran IPS Anda.

Tinggalkan komentar