Site icon Made Blog

Peta Asia: Sejarah, Komponen Hingga Negara yang Ada di Dalamnya

Peta Asia – Pernahkah Anda memperhatikan peta Asia? Asia merupakan benua yang mempunyai luas hingga 44.579.000 km2. Sehingga bisa juga dibilang kalau Peta Asia adalah benua terbesar di dunia. Jumlah penduduk diperkirakan mencapai 4 miliar lebih. Sedangkan kepadatannya adalah 87/km2.

Sehingga, selain menjadi benua yang paling besar, Asia juga mempunyai penduduk terbesar di dunia. Peta Asia juga terdiri atas beberapa komponen alam yang cukup kompleks seperti hutan, gunung, pantai, padang pasir, iklim, dan sebagainya. Asia juga menjadi wilayah di mana lahir berbagai agama yang ada di dunia.

Baik agama samawi maupun agama bumi. Yang menjadi bagian dari agama samawi adalah Nasrani, Islam, serta Yahudi. Sedangkan agama bumi diantaranya Konghuchu, Budha, Hindu, dan sebagainya. Sehingga, banyak terdapat tempat suci bagi agama-agama tertentu yang ada di wilayah Asia.

Benua ini juga mempunyai jumlah suku serta kebudayaan yang paling banyak di dunia. Berbagai kebudayaan ini tersebar di seluruh wilayah Asia. Sehingga, Anda akan menemukan suku yang berbeda pada setiap negara. Asia juga memiliki kekayaan bahasa yang dimiliki oleh masing-masing negara. Nah, untuk bisa menyaksikan langsung peta Asia, silakan Anda lihat di bawah ini:

Peta Asia sangat baik untuk Anda pelajari demi menambah wawasan. Sebab, seperti yang sudah dibahas pada awalnya, Asia mempunyai kekayaan agama, sosial, kebudayaan, ekonomi, serta sosial politik.

Sejarah Pembentukan Peta Asia

www.romadecade.org

Peta Asi berhubungan erat dengan sejarah pembentukan peta yang pertama di dunia. Yang mana pembuatan peta dunia yang pertama adalah Kaum Babilonia di tahun 900 hingga 600 Sebelum masehi. Berabad kemudian, peta dibuat kembali oleh seseorang yang bernama Hecateus Miletus di sekitar tahun 550 hingga 467 sebelum masehi.

Pada peta yang dibuat ini sudah bisa teridentifikasi beberapa gambaran kasar wilayah Asia dan Eropa. Setelah itu, di tahun 43 Masehi dibuat peta dunia baru yang menggambarkan Eropa dan Asia yang lebih lengkap yakni dilakukan oleh Pomponius Mela. meski begitu, masih belum akurat.

Peta dunia terus mengalami perkembangan sampai akhirnya diciptakan peta yang paling akurat pada abad ke 12 hingga 15 Masehi yang dilakukan oleh Muhammad Al-Idrisi yakni seorang ahli geografi dari Arab. Ia menggambar peta yang meliputi wilayah Eropa, Asia, dan Afrika.

Lantas, di tahun 1570 Masehi, dibuat kembali peta dunia oleh Abraham Ortelius yang mencakup wilayah seperti Benua Amerika dan Australia. Setelah penjelajahan dilakukan, peta dunia dikembangkan lebih akurat lagi di tahun 1718 Masehi oleh seseorang yang bernama Henri Chatelain.

Ia melengkapi peta dengan beberapa komponen yang meliputi nama negara dan sebagainya. Peta dunia mengalami perkembangan terus menerus sampai akhirnya dibentuk sebuah atlas yakni buku yang memuat peta negara yang ada di seluruh dunia. Di era modern saat ini, peta dunia berkembang menjadi google map dan Anda bisa mengaksesnya melalui seluler.

Komponen Alam Terpenting di Peta Asia

salamadian.com

Asia memang benua yang sangat spesial karena terdiri atas komponen-komponen alam indah dan penting. Komponen ini tidak dimiliki oleh benua yang lain. Nah, komponen-komponen itu akan diuraikan pada ulasan di bawah ini.

Pegunungan Himalaya berlokasi di benua Asia serta terletak memanjang pada daerah Nepal, India, Pakistan, Buthan, Tiongkok, serta Nepal. Panjang pegunungan Himalaya adalah 2400 km.

Pegunungan ini terbentang mulai dari Naga Parbat yang ada di ujung barat sampai ke Namche Barwa yang ada di ujung timur. Himalaya secara etimologi mempunyai arti Tempat kediaman salju.

Seperti yang Anda lihat pada peta, Mount Everest ini ada di area Pegunungan Himalaya. Mount Everest mempunyai puncak yang paling tinggi mencapai 8.848 mdpl. Puncaknya diselimuti dengan salju serta menjadi salah satu pemandangan terindah yang ada di muka bumi.

Gurun Gobi terletak di wilayah Republik Rakyat China dengan luas wilayah yang menakjubkan serta menjadi yang paling besar di Asia. Wilayah ini cukup gersang sehingga menjadikan iklimnya mudah berubah. Gurun ini menjadi yang paling dingin di dunia dengan suhu pada malam hari yang mencapai -40 o C.

Apabila Anda mengunjungi negara Arab, maka akan mendapati sebuah gurun yang melintas pada semenanjung Arab seperti Irak, Yordania, Oman, Kuwait, Arab Saudi, Qatar, Yaman, dan Uni Emirat Arab.

Gurun ini menjadi yang paling kaya akan pasir serta membentuk gunungan-gunungan pasir. Gurun Arab mempunyai luas wilayah yang mencapai 2.330.000 km2.

Dataran Tinggi Tibet membentang pada sebelah bagian barat China serta menjadi yang terluas dan tertinggi di dunia. Luas dataran tinggi ini adalah 2.500.000 km2 yang mempunyai ketinggian hingga 4.875 mdpl.

Negara-Negara yang Ada di Peta Asia

korekbekas.blogspot.com

Negara yang ada di peta Asia terdiri atas beberapa kawasan yakni Asia Barat, Asia Timur, Asia Tengah, Asia Tenggara, dan juga Asia Selatan. Nah, berikut adalah daftar negara yang menjadi bagian dari wilayah-wilayah tersebut.

Asia Timur

Wilayah negara yang termasuk pada bagian timur Asia tergolong sebagai negara-negara yang maju. Hal tersebut dikarenakan banyak teknologi yang canggih serta barang impor dari negara-negara tersebut. Berikut adalah beberapa negara yang masuk pada peta Asia timur:

Asia Barat

Lihat pada peta Asia, pada bagian barat, ada banyak negara yang menjadi landasan dari pusat kebudayaan Islam. Sebagian besar Asia Barat merupakan padang serta gurun pasir. Berbagai masjid pun mudah untuk Anda temukan di kawasan Asia Barat ini. Berikut adalah beberapa negara yang masuk ke wilayah Asia Barat:

Asia Tengah

Untuk negara yang menjadi bagian dari Asia Tengah didominasi oleh negara yang merupakan bekas pecahan Uni Soviet beberapa tahun yang lalu. Negara ini telah berkembang serta mempunyai kultur tersendiri dan mempunyai sistem pemerintahan tersendiri. Negara-negara yang ada pada wilayah Asia Tengah meliputi:

Asia Selatan

Masih pada wilayah di peta Asia yakni pada bagian selatan benua ini. Wilayah Asia Selatan adalah wilayah yang dilintasi Pegunungan Himalaya serta Dataran Tinggi Tibet. Pemandangan yang ada di wilayah selatan sangat indah karena dihimpit oleh pegunungan. Yang menjadi bagian dari Asia Selatan meliputi:

Asia Tenggara

Nah, kalau yang satu ini pastinya sudah sangat hapal bagi kita. Pasalnya, Indonesia masuk ke wilayah ini. Di Asia Tenggara, Anda akan lebih sering melihat daerah kepulauan. Beberapa negara yang menjadi bagian dari Asia Tenggara adalah”

Asal usul Asia Tenggara kerap dikaitkan dengan perang dunia kedua. Nah, pada saat itulah istilah Asia Tenggara mulai digunakan untuk menggambarkan wilayah yang ada pada seputar Indo-China serta Semenanjung-Malaya. istilah ini semakin populer ketika pasukan British South-East Command yang dikomandoi oleh Louis Mountbatten menguasai wilayah ini.

Wilayah Asia Tenggara secara geografis terbagi atas dua wilayah yakni:

Kedua kelompok ini dibuat berdasar pada letak geografis negara pada Asia Tenggara. Terdapat wilayah yang terlihat pada peta Asia Tenggara termasuk pada geografis Asia Tenggara. tetapi secara administratif masuk pada wilayah yang lain. Diantaranya Taiwan yang secara politis masuk ke Asia Timur serta Pulau Koskos Christmast yang secara administratif masuk ke Australia.

Sejarah Asia

www.1stopasia.com

Kawasan pesisir yang ada di Peta Asia merupakan tempat lahirnya peradaban-peradaban yang paling awal di dunia. Pada setiap kawasan pesisir, peradaban umat manusia tumbuh serta berkembang, terutama pada lembah yang subur. Tanahnya kaya akan unsur hara sehingga bisa ditanami ragam jenis umbi-umbian.

Peradaban yang tumbuh pada daerah di sekitar Lembah Sungai Idrus, Mesopotamia, serta Tiongkok mempunyai banyak kemiripan serta dapat saling bertukar teknologi serta gagasan. Kawasan Stepa juga telah berdiri sejak lama dan dihuni kaum pengembara berkuda.

Pada tengah kawasan ini, mereka sanggup berkelana hingga ke seluruh pelosok benua Asia. Kawasan utara Eurasia meliputi sebagian besar Siberia merupakan kawasan yang tidak dapat dimasuki oleh kaum pengembara karena mempunyai bentang alam berupa hutan rimba serta Tundra.

Kawasan pedalaman serta kawasan pesiri dipisahkan pegunungan serta gurun. Rintangan alam berupa Pegunungan Kaukasus, Gurun Karakum. Pegunungan Himalaya. serta Gurun Gobi hanya bisa diterobos oleh kaum pengembara berkuda dari stepa dengan susah payah.

Kemajuan besar yang diraih oleh bangsa-bangsa Asia meliputi kegiatan niaga, penemuan bubuk mesiu yang menjadi cikal bakal kemajuan dalam cara berperang menggunakan senjata api.

Baca Juga Negara Terkaya Didunia

Itulah pembahasan mengenai peta Asia dan sekelumit penjelasannya. Semoga bisa menjadi referensi untuk pelajaran Anda.

Exit mobile version