14 Jenis Tanaman Hias yang Cocok Untuk Mempercantik Rumah

Tanaman hias – Memiliki halaman rumah yang cantik dan terlihat sejuk merupakan salah satu bentuk keinginan setiap orang. Ya, dengan halaman rumah yang sejuk tadi, pasti Anda akan merasa lebih betah untuk tinggal di rumah Anda, bukan? Selain itu, kesejukan dari rumah juga akan berdampak pada kesegaran udara di sekitar rumah Anda.

Nah, melakukan dekorasi adalah salah satu hal yang umum dilakukan untuk mempercantik rumah. Ada banyak sekali ide dekorasi rumah –terutama halaman, yang bisa Anda terapkan dengan tujuan mendapatkan tampilan rumah yang lebih menarik dan istimewa.

Berkaitan dengan kesejukan dan keindahan tadi, salah satu ide dekorasi rumah –terutama halaman rumah, yang bisa Anda terapkan adalah dengan menanam tanaman hias. Ya, seperti namanya, fungsi utama tanaman hias adalah untuk menghiasi rumah agar terlihat lebih indah.

Selain itu, tanaman ini juga akan memberikan kesejukan udara dengan oksigen yang dihasilkan. Berbincang tentang tanaman hias, maka Anda akan menemukan cukup banyak jenis tanaman hias yang tersedia dan bisa ditanam di rumah Anda.

Pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa jenis tanaman hias yang bisa Anda pilih untuk ditanam di halaman rumah dan bagian rumah lainnya. Penasaran apa saja ide dan jenis tanaman hias terbaik tersebut? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Tanaman Hias Kaktus

Tanaman Hias Kaktus
maygriya.com

Kaktus menjadi salah satu jenis tanaman hias yang sangat sering untuk ditanam. Hal ini dikarenakan perawatan kaktus yang cukup mudah dan tidak membutuhkan teknik khusus untuk merawatnya.

Nah, perlu Anda ketahui bahwa ada cukup banyak jenis kaktus hias yang bisa memperindah tampilan dekorasi rumah Anda. Beberapa jenis kaktus hias tersebut adalah sebagai berikut.

  • Ariocarpus

Ariocarpus
Ariocarpus

Ariocarpus adalah salah satu jenis kaktus hias yang sangat cantik. Selain cantik, kaktus ini juga sangat unik. Nah, perlu diketahui bahwa ini adalah kaktus yang tidak memiliki duri.

Selain itu, kaktus ini berbentuk prisma dengan bunga yang ada di atasnya. Detail kaktus ini akan membuat Anda menyukainya dan menempatkannya di ruang rumah Anda.

  • Careus Tetragonus

Careus Tetragonus
Careus Tetragonus

Careus Tetragonus merupakan jenis kaktus umum yang ditemukan. Ini adalah kaktus yang memiliki origin di Amerika. Jenis kaktus ini bisa tumbuh dengan ketinggian hingga mencapai dua meter.

Apa yang menarik dari kaktus ini adalah bentuknya yang menyerupai castile. Nah, Anda bisa menanam kaktus ini di halaman rumah.

  • Echinocactus Grusonii

Echinocactus Grusonii
www.amazon.com

Echinocactus Grusonii adalah jenis kaktus hias yang sangat menarik. Berasal dari Texas dan Meksiko, kaktus ini sangat cantik dengan bentuknya yang bulat dan dikelilingi oleh duri yang berwarna kuning. Di Indonesia, ini merupakan salah satu kaktus yang sangat digemari dan diburu oleh masyarakat.

  • Parodia

Parodia
Parodia

Pernah mendengar nama kaktus yang satu ini? Parodia adalah salah satu kaktus hias yang sangat mempesona. Kaktus ini memiliki bentuk bulat seperti bola dan dikelilingi dengan duri yang sangat lebat. Namun, apa yang menarik dari kaktus ini adalah adanya bunga di atasnya yang berwarna cerah, seperti kuning, merah dan juga pink.

Nah, beberapa jenis kaktus hias sebagaimana di atas bisa menjadi ide tanaman hias yang Anda tanam di rumah. Meskipun kebanyakan memiliki duri, namun keindahan kaktus tadi tidak perlu diragukan lagi.

Tanaman Hias Cemara

Tanaman Hias Cemara
satujam.com

Selain kaktus, jenis tanaman hias lain yang cocok untuk mempercantik halaman rumah Anda adalah cemara. Ya, pohon cemara masuk dalam kategori tanaman hias. Selain itu, jenis tanaman ini bisa dikatakan cukup banyak sehingga memberikan kesan yang berbeda-beda.

Nah, untuk Anda yang penasaran tentang beberapa jenis pohon cemara untuk tanaman hias, simak beberapa ulasan di bawah ini.

  • Cemara Angin

Cemara Angin
Cemara Angin

Cemara angin adalah salah satu jenis cemara hias yang sangat menarik untuk ditanam di halaman rumah Anda. Ini adalah jenis pohon cemara yang unik sekaligus cantik. Apa yang menarik dari pohon cemara ini adalah daunnya. Ya, daun dari pohon cemara ini cenderung lebih tipis, panjang dan tidak meruncing seperti kebanyakan pohon cemara.

  • Cemara Perak

Cemara Perak
jagad.id

Cemara perak juga masuk dalam salah satu variasi pohon cemara hias yang sangat menarik untuk dijadikan hiasan rumah Anda. Ini adalah tanaman yang bisa dikatakan sangat unik.

Keunikan dari pohon ini adalah apabila pohon terkena cahaya matahari, maka cahaya tersebut akan memantul dan menghasilkan warna keperakan yang indah.

  • Cemara Inoki

Cemara Inoki
Cemara Inoki

Inoki merupakan jenis cemara yang bisa dikatakan sangat indah dan juga menarik. Apa yang menarik dari pohon ini adalah tampilannya yang sangat unik dengan daun yang tidak terlalu besar. Nah, biasanya, cemara ini dijadikan bonsai dan menjadi salah satu tanaman yang paling cantik untuk menghiasi halaman rumah Anda.

Beberapa variasi pohon cemara di atas bisa menjadi pilihan tanaman hias mana yang akan Anda tanam di rumah. Namun, tentu, pohon ini membutuhkan perawatan agar tetap hidup dan bisa dinikmati keindahannya.

Tanaman Hias Palem

Tanaman Hias Palem
media.rooang.com

Ide lain yang bisa Anda gunakan saat memilih tanaman hias adalah memilih pohon palem. Ya, pohon ini merupakan salah satu jenis tanaman hias yang umum ditanam oleh masyarakat. Tanaman ini sekilas mirip dengan pohon kelapa namun memiliki ukuran yang lebih kecil.

Ada beberapa variasi pohon palem yang bisa Anda jadikan tanaman hias. Beberapa variasi pohon palem yang bisa Anda tanam adalah sebagai berikut.

  • Palem Raja

Palem Raja
Palem Raja

Palem raja adalah salah satu variasi palem hias yang cocok untuk ditanam di halaman rumah Anda. Ini adalah palem hias yang paling umum ditanam. Biasanya, pohon palem ini diletakkan di luar rumah di dekat pintu gerbang.

  • Palem Jenggot

Palem Jenggot
www.tanamtanaman.com

Palem jenggot juga masuk dalam salah satu jenis palem hias yang sangat menarik untuk Anda tanam di rumah. Apa yang menarik dari pohon ini adalah ukurannya yang kecil. Bahkan, ukuran pohon ini bisa dikatakan mini sehingga pohon palem ini bisa ditanam di dalam pot.

  • Palem Washington

Palem Washington
Palem Washington

Entah apa yang mendasari nama pohon ini mendapatkan tambahan kata seperti kota di Amerika. Mungkin, tampilan pohon yang seperti pohon di luar negeri membuat palem ini dinamakan Washington. Namun, secara umum, pohon ini memang sangat indah dengan bentuk daun seperti kipas dan ukurannya yang tidak terlalu besar.

Nah, ada beberapa jenis pohon palem yang bisa Anda pertimbangkan untuk ditanam. Beberapa jenis pohon palem di atas tentu saja bisa berperan penting untuk membangun keindahan di rumah Anda.

Tanaman Hias Bunga

Tanaman Hias Bunga
Tanaman Hias Bunga

Saat berbincang tentang tanaman hias, pasti bunga adalah salah satu tanaman yang paling sering disebut. Ya, hal ini dikarenakan bunga memiliki kelopak yang sangat indah di mana akan mempercantik tampilan rumah yang Anda huni.

Selain itu, bunga juga memiliki aroma yang enak sehingga banyak orang yang menyukainya. Nah, terkait bunga sebagai tanaman hias, ada beberapa jenis bunga yang bisa Anda tanam di rumah. Adapun beberapa jenis bunga untuk tanaman hias tersebut adalah sebagai berikut.

  • Bunga Lisianthus

Bunga Lisianthus
wikipediatanaman.blogspot.com

Lisianthus adalah salah satu bunga yang sangat indah untuk Anda jadikan tanaman hias. Apa yang menarik dari bunga ini adalah warnanya yang sangat cantik dan menarik. Kelopak bunga ini memiliki campuran warna putih dan ungu yang sangat memukau.

  • Bunga Anggrek

Bunga Anggrek
www.kepogaul.com

Siapa yang tak kenal dengan bunga yang satu ini? Ya, anggrek adalah bunga yang paling umum untuk dijadikan sebagai tanaman hias karena kecantikannya. Perlu diketahui, anggrek sendiri memiliki variasi yang sangat banyak. Nah, Anda bisa memilih variasi anggrek sesuai dengan keinginan Anda.

Baca Juga: Gambar Bunga

  • Bunga Sepatu

Bunga Sepatu
Bunga Sepatu

Bunga lain yang cocok untuk tanaman hias guna mempercantik halaman rumah Anda adalah bunga sepatu. Bunga dengan kelopak berwarna merah ini sangat cantik dan perawatannya pun bisa dikatakan sangat mudah. Nah, selain warna merah, ada pula bunga sepatu dengan kelopak berwarna pink, kuning, putih serta ungu.

  • Alamanda

Alamanda
Alamanda

Alamanda adalah salah satu bunga hias yang sangat istimewa. Apa yang menarik dari bunga ini adalah kelopaknya yang berwarna kuning sehingga selain keindahan juga akan menawarkan kesejukan dan kesegaran.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang beragam tanaman hias yang bisa Anda tanam di rumah Anda. Jadi, mana jenis tanaman hias yang akan Anda tanam?

Tinggalkan komentar