Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur : Manfaat, Dan Sunnah Lainnya

Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur – Rasa kantuk adalah satu dari sekian banyak anugerah yang Allah berikan kepada kita. Cara terbaik untuk menghilangkan rasa kantuk yang datang adalah tidur. Dalam Islam, kita selalu dianjurkan untuk membaca doa sebelum melakukan kegiatan apapun termasuk ketika akan tidur. Anda tidak akan membutuhkan waktu lama untuk membaca doa ini karena terbilang cukup pendek dan singkat.

Ketika telah terbangun dari tidur pun, Anda juga dianjurkan untuk membaca doa bangun tidur. Dengan berdoa kepada Allah, itu tandanya Anda selalu mengingat Allah dalam setiap kegiatan apapun yang Anda lakukan. Dan hal tersebut juga bernilai sebagai ibadah. Selain itu, berdoa juga merupakan tuntunan yang diajarkan oleh Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam.

Biasanya, orang tua akan mengajarkan buah hati mereka doa sebelum tidur maupun bangun tidur sejak anak-anak mereka masih usia dini. Hal tersebut dilakukan agar sang anak terbiasa membaca doa tersebut hingga mereka dewasa nantinya. Selain membaca doa, terdapat juga berbagai amalan lainnya yang diajarkan Rasulullah baik sebelum maupun sesudah tidur.

Di bawah ini akan diulas mengenai doa sebelum tidur dan bangun tidur dalam Bahasa Arab, Bahasa Latin beserta artinya. Selain itu, juga akan diuraikan mengenai keutamaan membaca doa bangun tidur maupun sebelum tidur, dzikir sebelum tidur, serta amalan-amalan yang biasa Rasulullah lakukan ketika beliau hendak pergi tidur maupun sesudah bangun tidur.

Doa Sebelum Tidur Bahasa Arab

DOA SEBELUM TIDUR BAHASA ARAB

Mungkin sebagian besar dari Anda telah banyak yang hafal dengan doa sebelum tidur. Tulisan Arab di atas merupakan bacaan doa sebelum tidur yang biasa kita baca sehari-hari. Cukup singkat dan pendek bukan? Jika begitu, sudah sepatutnya kita membiasakan diri untuk membaca doa tersebut karena pastinya mudah dihafalkan dan tidak membutuhkan banyak waktu untuk membacanya.

Doa Sebelum Tidur Latin

Jika ditulis dalam Bahasa Latin, doa sebelum tidur di atas berbunyi :

Bismikallaahumma ahyaa wa bismika amuutu

Arti Doa Sebelum Tidur

Doa sebelum tidur memiliki arti yaitu :

Dengan namaMu Ya Allah, aku hidup dan mati

Melalui doa sebelum tidur, kita memohon perlindungan kepada Allah sampai kita terbangun nantinya. Alangkah baiknya jika kita juga menghayati arti dari doa tersebut ketika membacanya. Dengan membaca doa sebelum tidur, kita akan lebih mawas diri karena kematian bisa datang kapanpun tak terkecuali saat kita sedang tidur sekalipun.

Contoh Bacaan Dzikir Sebelum Tidur

CONTOH BACAAN DZIKIR SEBELUM TIDUR

Selain membaca doa sebelum tidur, terdapat juga dzikir-dzikir yang biasa Rasulullah baca sebelum beliau tidur. Namun yang perlu diingat, jangan lupa untuk membaca basmalah terlebih dahulu sebelum membaca doa sebelum tidur. Dzikir yang biasa Rasulullah baca diantaranya adalah :

  1. Membaca Surah An Nass, Al Falaaq, dan Al Ikhlas masing-masing sebanyak satu kali.

Sesudah membaca ketiga ayat tersebut maka Rasulullah menipukannya ke arah telapak tangan kemudian beliau mengusapkannya ke bagian tubuh yang bisa bisa beliau jangkau. Kemudian, Rasulullah membaca ketiga surat pendek tersebut kembali dan mengusapkannya lagi ke tubuh. Hal tersebut beliau lakukan sebanyak tiga kali.

  1. Membaca ayat kursi sebanyak satu kali
  2. Membaca Surah Al Baqarah yaitu dua ayat terakhir
  3. Membaca Surah Al Kafirun
  4. Membaca Surah Al Mulk
  5. Membaca Surah As Sajdah

Selain dzikir di atas, berdasarkan hadist riwayat Abu Dawud yang telah dihasankan oleh Al Albani, terdapat pula doa yang dapat Anda baca ketika merasa takut, gelisah, dan tidak tenang saat tidur. Arti doa yang dimaksud adalah aku mohon perlindungan melalui kalimat Allah yang haq, dari kemarahanNya, kejahatan makhlukNya, serta dari kedatangan dan gangguan setan kepadaku.

Jika Anda mampu melaksanakan dzikir sebelum tidur, maka alangkah baiknya jika Anda mengamalkannya. Disertai dengan membaca doa sebelum tidur niscaya Allah akan memberikan perlindungan hingga Anda terbangun keesokan harinya.

Amalan Sunnah Sebelum Tidur

AMALAN SUNNAH SEBELUM TIDUR

Selain dzikir, ternyata terdapat amalan-amalan yang disunahkan sebelum kita pergi tidur, diantaranya adalah :

  1. Berwudhu

Saat kita tidur dalam keadaan suci maka jin dan setan tidak akan mengganggu kita. Karena itulah Rasulullah menganjurkan kita untuk tidur dalam keadaan berwudhu. Hal ini sesuai dengan hadist riwayat HR. Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710 yang mengandung arti :

“Jika kamu hendak tidur atau mendatangi pembaringan maka sebaiknya bersucilah terlebih dahulu seperti wudhu saat akan menunaikan ibadah sholat.”

  1. Membaca doa

Berdasarkan hadist riwayat HR. Bukhari no. 6324 disebutkan bahwa :

“Jika Rasulullah akan tidur maka beliau melafalkan doa yaitu ‘Bismika allahumma ahya wa bismika amuut (Dengan namaMu Ya Allah, aku hidup dan mati).

Saat beliau bangun tidur maka beliau melafalkan doa Alhamdulillahilladzii ahyaana ba’da maa amatana wailaihi nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami kembali setelah kami mati, dan hanya kepadaMulah kami akan kembali.)

Tidur dan bangun tidur merupakan kenikmatan yang diberikan Allah SWT yang harus selalu kita syukuri.

  1. Membaca Surah Pendek

Aisyah radhiallahu anhu mengatakan bahwa :

“Saat hendak pergi ke tempat tidurnya, Rasulullah SAW menyatukan kedua telapak tangan beliau kemudian meniupkan ke arah keduanya lalu membacakannya Surah Al Ikhlas, An Naas, dan Al Falaq. Lalu Rasulullah mengusapkan kedua telapak tangan tersebut ke bagian tubuh mana saja semampunya.

Rasulullah mengawalinya dari bagian atas yaitu kepala kemudian wajah dan bagian belakang tubuhnya. Rasulullah melakukan itu sebanyak tiga kali.)” (hadist riwayat HR. Muslim)

  1. Membersihkan tempat tidur

Posisi tidur yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW yaitu berbaring di atas rusuk sebelah kanan artinya kita dianjurkan untuk tidur miring menghadap kanan. Selain itu, kita juga dilarang tidur tengkurap oleh Rasulullah.

Salah satu pesan penting yang disampaikan oleh Rasulullah lainnya yaitu membersihkan tempat tidur terlebih dahulu sebelum kita tempati. Hal ini sesuai dengan hadist yang diriwayatkan oleh HR. Bukhari dan Muslim yaitu :

Jika salah satu dari kamu hendak tidur pada tempat pembaringan maka sebaiknya mengibaskan kain yang terdapat pada tempat pembaringan tersebut terlebih dahulu, karena kamu tidak tahu apa yang terdapat di atasnya.

  1. Menyegerakan tidur sesudah melaksanakan Sholat Isya’

Sesudah menunaikan ibadah Sholat Isya’, Rasulullah menganjurkan kita untuk menyegerakan tidur. Hal ini untuk memudahkan kita bangun di sepertiga malam yang terakhir saat akan melaksanakan Sholat Tahajjud. Hal ini sesuai dengan hadist riwayat Al-Bukhari No. 568 dan Muslim No. 647 (235) yaitu :

“Pada dasarnya, Rasulullah tidak menyukai tidur malam yang dilakukan sebelum menunaikan Sholat Isya’ dan mengobrol sesatu yang tidak mengandung manfaat sesudahnya.”

Keutamaan Membaca Doa Sebelum Tidur

KEUTAMAAN MEMBACA DOA SEBELUM TIDUR

Pada dasarnya, bacaan doa sebelum tidur sangatlah pendek dan singkat sehingga termasuk amalan yang sangat ringan. Namun sayangnya, sedikit sekali orang yang mau membaca doa ini ketika hendak pergi tidur dengan berbagai alasan. Ada yang beralasan sudah mengantuk, lupa, tidak hafal, malas, tidak sempat, dan lain sebagainya.

Tanpa kita sadari ternyata doa sebelum tidur ini memiliki banyak keutamaan. Rasulullah SAW selalu mengajarkan kita segala sesuatu yang memang mengandung banyak manfaat tapi biasanya kita sering menyepelekan hal-hal yang kecil. Ingin tahu apa saja keutamaan dari doa sebelum tidur? Mari kita lihat jawabannya di bawah ini!

  1. Meninggal dalam keadaan fitrah

Kematian bisa saja datang kapan pun tanpa Anda sadari, tak terkecuali saat Anda sedang tertidur lelap. Nah, disinilah letak pentingnya Anda membaca doa sebelum tidur. Setiap orang pastinya ingin meninggal dalam keadaan fitrah tanpa dosa. Jika Anda membaca doa sebelum tidur dan ternyata ajal datang maka artinya Anda meninggal dalam keadaan fitrah.

Yang dimaksud fitrah di sini adalah terbebas dari segala dosa layaknya bayi yang baru lahir ke dunia. Jika Anda masih dapat terbangun keesokan harinya, itu artinya Allah masih memberikan kesempatan bagi Anda untuk menikmati kehidupan kembali. Jadi Anda harus bersyukur karenanya.

  1. Membuat tidur menjadi berkualitas

Berdasarkan pandangan para nabi terdahulu, doa sebelum tidur ternyata mampu membuat tidur Anda lebih berkualitas. Hati dan pikiran menjadi tenang ketika membaca doa sebelum tidur dan ini secara psikologis. Anda pun juga tidak akan mengingat kejadian menyedihkan ataupun menjengkelkan yang terjadi sebelumnya.

Tidur berkualitas tentu dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Selain itu, juga dapat mencegah depresi, menghilangkan kelelahan serta dapat meningkatkan konsentrasi. Jam tidur yang tepat dan disertai membaca doa sebelum tidur mampu membuat kita merasakan manfaat tidur yang sesungguhnya.

  1. Menghindarkan dari mimpi buruk

Pernahkah Anda mengalami mimpi buruk? Pasti Anda lupa membaca doa ketika hendak tidur ya? Biasakan untuk membaca doa ketika hendak pergi tidur untuk menghindarkan Anda dari mimpi buruk. Beberapa referensi menyatakan jika doa ini mampu menjauhkan kita dari mimpi buruk atau nightmare.

  1. Tubuh tidak akan terpisah dari ruh

Saat kita tertidur, itu artinya ruh kita terpisah dari raganya. Jika Allah berkehendak maka bisa saja Allah mengambil ruh tersebut sehingga kita tidak akan bisa terbangun kembali. Atau Allah berkehendak untuk mengembalikan ruh tersebut sehingga keesokan harinya kita masih bisa menikmati indahnya dunia ini.

Untuk itulah, penting bagi kita untuk membaca doa sebelum tidur agar ruh kita tetap bersatu dengan raga. Jikalau Allah menghendaki lain yaitu kita meninggal saat tertidur, setidaknya kita meninggal dalam keadaan mengingat Allah melalui doa sebelum tidur yang kita panjatkan.

  1. Pengingat akan kebesaran Allah SWT

Saat kita ingin menutup hari dengan tidur maka berdoalah sebagaimana saat kita akan mengawali hari dengan berdzikir. Doa sebelum tidur juga termasuk bacaan dzikir untuk selalu mengingatkan kita bahwa kita hidup dan mati karena kuasa Allah subhanahu wa ta’ala. Dialah Dzat yang mampu menghidupkan dan juga mematikan.

  1. Hikmah membaca dzikir yang lain

HIKMAH MEMBACA DZIKIR YANG LAIN

Sebelum tidur, kita dianjurkan untuk melakukan berbagai amalan. Amalan-amalan tersebut memiliki faedah yang besar bagi kualitas tidur kita, diantaranya adalah :

  1. Membaca surah pendek yaitu Al Ikhlas, An Naas, dan Al Falaq dapat membuat pikiran dan hati Anda menjadi tenang. Bahkan lebih tenang dibandingkan sekedar mendengarkan musik
  2. Membaca ayat kursi dapat menjauhkan dari gangguan setan hingga Anda terbangun keesokan harinya karena Allah selalu melindungi dan menjaga Anda.
  3. Memabac Surah Al Baqarah yaitu 2 ayat terakhir dapat memberikan kecukupan bagi Anda
  4. Membaca Surah Al Kafiruun merupakan dzikir yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sebelum tidur kepada Naufal
  5. Membaca Surah As Sajdah dan Surah Al Mulk berdasarkan hadist riwayat Bukhari menyatakan jika Rasulullah baru akan tidur sesudah membaca kedua surat tersebut.

Doa Bangun Tidur Bahasa Arab

DOA BANGUN TIDUR BAHASA ARAB

Seperti halnya sebelum kita pergi tidur, setelah terbangun pun Rasulullah juga menganjurkan kita untuk membaca doa. Bacaan doa bangun tidur dalam Bahasa Arab yaitu :

Doa Bangun Tidur Latin

Jika ditulis dalam Bahasa Latin, bacaan doa bangun tidur di atas adalah :

Alhamdulillaahilladzii ahyaanaa ba’da maa amaa tanaa wa ilaihin nusyuur

Arti Doa Bangun Tidur

Doa bangun tidur memiliki arti yaitu :

Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami kembali setelah kami mati, dan hanya kepaduMulah kami akan kembali

Yang dimaksud dengan menghidupkan kami kembali setelah kami mati yaitu membangunkan kita setelah kita tertidur lelap pada malam harinya. Tidur dapat dikatakan jika kita mati untuk sementara waktu. Jadi, doa bangun tidur merupakan perwujudan rasa syukur kita terhadap Allah SWT karena telah memberikan kesempatan lagi kepada kita untuk melihat dunia.

Jika bukan karena rahmat Allah, belum tentu kita dapat bangun lagi setelah tidur atau mungkin kita justru akan tertidur selamanya. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk selalu mensyukuri nikmat yang Allah berikan termasuk nikmat bangun tidur. Membaca doa bangun tidur juga merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Amalan Sunnah Setelah Bangun Tidur

AMALAN SUNNAH SETELAH BANGUN TIDUR

Terdapat beberapa amalan sunnah yang biasa Rasulullah lakukan sesudah bangun tidur, diantaranya adalah :

  1. Untuk menghilangkan bekas kantuk maka kita disunnahkan untuk membasuh wajah terlebih dahulu
  2. Membaca basmalah kemudian membaca doa sesudah bangun tidur
  3. Membaca Surah Ali Imran yaitu 10 ayat terakhir
  4. Menggosok gigi atau juga bersiwak
  5. Membasuh hidung atau bisa juga mendenguskan angin melalui lubang hidung
  6. Selama tidur kita tidak tahu kemana saja arah tangan kita jadi kita disunnahkan untuk mencucinya sebanyak 3 kali
  7. Berwudhu

Sunnah-sunnah sesudah bangun tidur tersebut memang terlihat sepele namun kesemuanya sesuai dengan hadist Rasulullah SAW. Segala sesuatu yang diajarkan Rasulullah pasti memiliki manfaat dan hikmah yang besar bagi diri kita jika kita mau melaksanakannya. Melakukan sunnah Rasul secara istiqomah pasti akan mendatangkan kebaikan baik untuk dunia maupun akhirat.

Keutamaan Membaca Doa Bangun Tidur

KEUTAMAAN MEMBACA DOA BANGUN TIDUR

Saat menutup hari maupun membuka hari, kita disarankan untuk selalu berdzikir kepada Allah. Dzikir yang termudah untuk mengawali hari Anda adalah dengan membaca doa sesudah bangun tidur. Seperti halnya doa sebelum tidur yang memiliki berbagai keutamaan, doa sesudah bangun tidur pun juga demikian. Beberapa keutamaan dari membaca doa sesudah bangun tidur diantaranya adalah :

  1. Mengandung pujian kepada Allah

Di dalam doa sesudah bangun tidur terdapat kalimat tahmid yaitu Alhamdulillah yang berarti segala puji bagi Allah. Jadi, doa sesudah bangun tidur mengandung pujian bagi Allah. Dengan membaca doa tersebut, itu artinya kita mencintai Allah dan Allah juga mencintai hamba-hambaNya yang mencintainya.

Dicintai oleh Allah SWT bukanlah hal yang mudah. Untuk itu, kita harus berusaha agar selalu mengingatNya dengan berdzikir. Dengan mengingat Allah niscaya Allah pun akan selalu mengingat kita.

  1. Bentuk rasa syukur dan doa untuk mengawali kegiatan

Sebagai umat muslim, saat diberi kenikmatan oleh Allah dalam bentuk apapun, kita pasti akan mengucapkan hamdalah. Seperti halnya saat kita diberi kesempatan oleh Allah untuk dapat menikmati indah nya kehidupan kembali maka kita pun juga akan bersyukur dengan membaca doa sesudah bangun tidur.

Saat diberi kesempatan oleh Allah untuk dapat melihat dunia kembali, sudah sepatutnya kita menjadi orang yang lebih baik dari hari ke hari. Bagaimana jika Allah berkehendak lain? Kita tidak bisa bangun keesokan harinya karena tubuh kita telah terbujur kaku. Untuk itu, penting bagi kita mensyukuri segala nikmat Allah termasuk nikmat bangun tidur.

  1. Melapangkan serta meringankan pekerjaan

Pernahkan Anda merasa lelah dalam menjalankan suatu pekerjaan pada hari tertentu? Sepertinya Anda lupa untuk membaca doa bangun tidur saat mengawali hari Anda. Pekerjaan Anda akan terasa lebih ringan jika Anda mengawali hari dengan membaca doa sesudah bangun tidur. Jika tidak percaya? Silahkan Anda coba!

Salah satu keutamaan yang akan Anda dapatkan jika istiqomah dalam membaca doa bangun tidur adalah meringankan serta melapangkan pekerjaan yang Anda jalankan sepanjang hari itu.

  1. Sarana melepaskan diri dari belenggu setan

Saat kita tidur, maka setan akan mengikat kita menggunakan 3 simpul. Membaca doa bangun tidur merupakan cara pertama untuk melepaskan ketiga simpul tersebut. Simpul yang kedua akan terlepas jika Anda berwudhu setelah bangun tidur. Dan sholat merupakan cara untuk melepaskan simpul yang terakhir.

Jika Anda tidak melepaskan ikatan simpul yang pertama dengan membaca doa sesudah bangun tidur, maka secara otomatis Anda akan merasa kesulitan untuk melepaskan simpul berikutnya.

  1. Mengingatkan jika kita kelak akan dibangkitkan kembali pada hari kiamat

Di dalam doa bangun tidur terdapat kalimat “kami mati” yang artinya tidur dan “membangkitkan kami kembali” yang berarti kita akan dibangkitkan Allah kembali pada hari kiamat nanti. Hal ini sesuai keterangan di dalam Syarh Shahih Muslim Imam Nawawi.

Jadi, melalui doa bangun tidur maka kita secara tidak langsung akan selalu diingatkan bahwa masih ada kehidupan lain selain di dunia. Saat kita dibangkitkan kembali, maka Allah akan meminta pertanggungjawaban atas segala perbuatan kita di dunia sebelumnya. Oleh sebab itu, melalui doa bangun tidur kita akan senantiasa ingat untuk melakukan amal shaleh.

Rasulullah juga mengajarkan kita melalui doa bangun tidur bahwasanya saat orang tertidur masih bisa bangun kembali, dan orang yang sudah mati pun masih bisa bangun kembali di hari kiamat kelak. Dan semua itu terjadi karena kuasa dari Allah SWT.

  1. Keutamaan mengerjakan sunnah rasul setelah bangun tidur

Apapun yang disunnahkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pasti memiliki keutamaan baik secara langsung maupun tersembunyi. Beberapa keutamaan dari sunnah Rasul setelah bangun tidur yaitu :

  1. Membersihkan hidung atau istinsyak (menghirup air ke dalam rongga hidung kemudian mengeluarkannya kembali)

Mempunyai keutamaan yaitu dapat mengusir setan yang tinggal di dalam lubang hidung ketika kita tidur

  1. Menggosok gigi atau bisa juga bersiwak

Mempunyai keutamaan yaitu membuat mulut menjadi lebih segar sehingga malaikat yang datang saat kita melakukan sholat tidak akan merasa terganggu oleh bau mulut kita

  1. Mencuci tangan sebanyak tiga kali

Salah satu sunnah wudhu adalah membasuh tangan sebanyak tiga kali. Dan hal ini juga di sunnahkan saat kita bangun tidur.

Doa sebelum tidur dan bangun tidur merupakan doa yang kita baca disaat kita akan menutup hari dan mengawali hari. Doa sebelum tidur merupakan pengingat kita bahwa kematian bisa datang kapanpun tak terkecuali saat kita sedang tidur. Sedangkan doa sesudah bangun tidur merupakan doa sebagai ungkapan syukur karena Allah masih memberikan kesempatan kita untuk hidup.

Baik doa sebelum tidur maupun bangun tidur, sama-sama memiliki banyak keutamaan. Untuk itu, alangkah baiknya jika Anda membiasakan membaca kedua doa tersebut setiap harinya. Selain itu, terdapat pula berbagai amalan sunnah yang dapat Anda lakukan untuk menambah nilai ibadah bagi Anda.

Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur : Manfaat, Dan Sunnah Lainnya

 

 

 

 

Tinggalkan komentar