Pengertian Visi dan Misi: Perbedaan, Manfaat beserta Contohnya

Perbedaan visi dan misi – Apabila Anda mengunjungi sebuah tempat, entah itu tempat hiburan, tempat makan bahkan tempat menimba ilmu alias sekolah, Anda pasti menjumpai yang namanya visi dan misi. Biasanya mereka akan menampilkannya di depan toko mereka yang berada di sudut pandang banyak orang.

Visi dan misi selalu tidak pernah pisah. Di mana ada visi, di situ ada misi, dan begitu pula sebaliknya. Sangat jarang sekali ditemukan visi berpisah dari misi, begitu juga pula misi berpisah dengan visi. Kenapa visi dan misi harus selalu bersama? Jawabannya adalah karena mereka berkesinambungan satu sama lain.

Tanpa ada visi, misi pun menjadi tidak berarti dan tidak masuk akal. Begitu juga dengan tanpa adanya misi, visi tidak akan berjalan dengan semestinya. Secara harfiah, apa sih sebenarnya arti dari visi dan misi?

Visi dan misi, diambil dari kata serapan bahasa Inggris yaitu vision and mission, adalah sebuah konsep perencanaan yang dibuat secara terperinci, yang akan ditindak lanjuti dalam kurun waktu tertentu untuk mencapainya.

Kami sudah menyebutkan berbagai macam toko di atas yang mempunyai visi dan misi. Namun tidak hanya toko, hampir seluruh organisasi bahkan badan usaha pemerintah pun pasti mempunyai yang namanya visi dan misi. Hal ini bertujuan agar organisasi yang dibangun tidaklah sia-sia dan ‘berjalan’ tanpa arah.

Selain itu, adanya visi dan misi bagi organisasi adalah agar orang-orang yang berada di dalam organisasi tersebut tahu betul apa tujuan didirikannya organisasi tersebut. Tidak hanya orang internal, namun juga orang eksternal yang mempunyai keterkaitan khusus atau ada kerja sama dengan organisasi tersebut.

Visi dan misi memang sebuah satu kesatuan dan tidak bisa di pisah satu sama lain. Namun bukan berarti kedua hal ini mempunyai arti dan pengertian yang sama. Ya, sejatinya visi dan misi adalah dua hal berbeda yang menyatu untuk satu tujuan. 

Contents

Perbedaan Visi dan Misi

Perbedaan Visi dan Misi
www.liputan6.com

Berikut ini akan kami ulas mengenai pengertian visi dan misi secara jelas dan terperinci.

Pengertian Visi

Pengertian Visi
sahabatnesia.com

Secara umum, pengertian visi adalah pandangan dari seorang individu atau sebuah organisasi namun dalam ‘jarak pandang’ yang jauh. Biasanya, visi ini berisi tentang apa tujuan dari organisasi tersebut. Tujuan serta apa yang ingin dicapai ke depannya.

Visi adalah sebuah kumpulan kalimat di mana di dalamnya terdapat suatu tujuan, impian dan harapan yang ingin dicapai oleh pemilik dari organisasi tersebut. Setiap organisasi atau perusahaan, biasanya mempunyai setidaknya satu visi untuk masa depan agar para karyawan atau anggotanya termotivasi untuk bisa mencapai titik tersebut.

Apa yang terkandung di dalam visi? Umumnya adalah sebuah kumpulan dari hasil pemikiran bersama mengenai arah ke mana organisasi ini dibawa. Secara singkat dan praktis, visi dapat diartikan sebagai berikut:

  • Visi adalah sebuah tujuan atau harapan yang dibuat oleh seorang individu atau organisasi secara rinci untuk masa depan.
  • Pengertian visi adalah sebuah ide yang dilontarkan secara tertulis mengenai harapan dan tujuan utama berdirinya organisasi tersebut.
  • Visi dibentuk dalam ringkasan tulisan yang praktis, jelas, padat, dan fokus ke arah mana organisasi tersebut akan berjalan.

Apakah Syarat-Syarat Visi Itu?

Untuk membuat sebuah visi, tentunya dibutuhkan berbagai syarat untuk bisa membuat visi yang jelas, singkat dan tepat. Syarat-syarat untuk membuat visi adalah sebagai berikut:

  • Tidak berdasar pada kondisi saat ini saja, tapi ke depannya
  • Berorientasi pada masa depan
  • Berdasar pada nilai yang mengandung nilai-nilai norma masyarakat
  • Sebagai wujud ekspresi kreativitas

Pengertian Misi

Pengertian Misi
paragram.id

Setelah tadi sudah membahas visi secara rinci dan jelas, saatnya kita beralih ke pasangannya, yaitu misi. Apa itu misi? Secara harfiah, misi diartikan sebagai sebuah tindakan yang wajib dilakukan untuk mewujudkan visi yang sudah tertera sebelumnya. 

Apabila kita bicara mengenai misi sebuah organisasi, maka misi merupakan tujuan dan alasan berdirinya organisasi tersebut. Misi juga menjadi sebuah pondasi atau pedoman bagaimana cara anggota organisasi tersebut mencapai tujuan alias visi dari organisasi.

Misi juga dapat didefinisikan sebagai penjabaran atau versi panjang dari visi. Penulisan misi biasanya lebih panjang dan lebih lengkap daripada visi, sehingga misi lebih mudah dipahami oleh banyak orang ketimbang visi.

Secara praktisnya, misi dapat kita artikan sebagai berikut:

  • Misi merupakan versi panjang atau penjabaran visi dari sebuah organisasi.
  • Misi diartikan sebagai sebuah tindakan atau arahan yang harus dilakukan suatu organisasi untuk mewujudkan visi yang telah diemban.
  • Misi adalah kumpulan dari langkah-langkah yang harus dilakukan agar sebuah organisasi dapat mencapai sebuah kesuksesan dalam visi.

Pengertian Visi dan Misi Menurut Beberapa Ahli

Pengertian Visi dan Misi Menurut Beberapa Ahli
ekonomimanajemen.com

Indonesia memiliki banyak ahli yang bergerak di bidang keorganisasian. Mereka juga pernah membahas mengenai pengertian visi dan misi. Berikut ini adalah beberapa pengertian yang kami dapatkan dari berbagai sumber:

  • Indrakaralesa

Indrakaralesa berpendapat bahwa visi merupakan sebuah cerminan dari kumpulan keyakinan dan asumsi mengenai banyak hal. Hal tersebut bisa termasuk dalam ekonomi, teknologi, politik, etika, dan kemanusiaan.

  • Sapta Nirwandar

Sapta Nirwandar berpendapat bahwa misi dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan yang wajib dilaksanakan, untuk mewujudkan visi sebuah organisasi menjadi kenyataan.

  • Djamaludin Ancok

Menurut seorang ahli bernama Djamaludin Ancok, visi adalah sebuah pernyataan di mana isinya merupakan kumpulan arahan mengenai apa yang akan menjadi langkah organisasi di saat mendatang.

  • Mita B. H

Mita B. H berpendapat bahwa visi mempunyai arti sebagai sesuatu yang ideal, sesuatu yang sempurna yang kita harapkan akan terwujud di masa depan.

  • Edwin A. Locke

Menurut Edwin A. Locke, misi adalah sebuah tindakan yang kuat dan strategis untuk mencapai visi-visi yang sudah ditetapkan oleh sebuah organisasi.

  • A. Aditya

A. Aditya mempunyai pandangan bahwa visi adalah sebuah pandangan mengenai organisasi, tujuan dan rencana ke depan bagi organisasi tersebut.

  • Burt Nanus

Burt Nanus berpendapat bahwa visi merupakan sebuah pandangan yang maju dari organisasi, namun tetap bersifat realistis dan atraktif. Suatu kondisi yang diharapkan oleh organisasi untuk menjadi lebih baik dari keadaan yang sekarang.

  • Arry Akhmad Arman

Arry Akhmad Arman mempunyai pendapat mengenai definisi visi. Visi menurutnya adalah sebuah statement yang berisi tentang sesuatu yang ingin diraih seorang individu atau organisasi di masa yang akan datang.

  • Wibisono

Menurut Wibisono, visi mempunyai arti kumpulan kalimat yang berisi tentang harapan dan impian sebuah organisasi yang ingin diraih di masa yang akan datang. Sedangkan misi, diartikan sebagai sebuah sasaran atau tujuan berjangka pendek yang biasanya tidak lebih dari tiga tahun.

Apa Saja Perbedaan Visi dan Misi Itu?

Apa Saja Perbedaan Visi dan Misi Itu?
apabedanya.com

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya di atas, visi dan misi adalah satu kesatuan dan tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya. Namun meskipun begitu, visi dan misi memiliki perbedaan yang menonjol apabila Anda perhatikan secara teliti. Berikut ini adalah perbedaan dari visi dan misi:

  • Visi adalah sebuah tujuan yang berjangka panjang, berisi apa yang selama ini didambakan alias cita-cita dan impian masa depan.
  • Visi biasanya terdiri atas beberapa kalimat saja.
  • Misi adalah kumpulan dari tahapan-tahapan yang akan dilakukan sebuah organisasi untuk mewujudkan visi tersebut.
  • Misi pada umumnya tertulis lebih lengkap dan terperinci, berisi strategi, langkah-langkah dan upaya yang akan dilakukan organisasi tersebut untuk mencapai visi.

 

No.VisiMisi
1.Visi adalah sebuah tujuan utama yang ingin diraih oleh organisasi di masa depan.Misi adalah penjelas dari visi, biasanya berisi tentang langkah-langkah atau strategi untuk meraih visi.
2.Visi berorientasi jangka panjang dan fokus pada masa depan.Misi berorientasi jangka pendek dan fokus pada masa sekarang atau saat ini.
3.Visi bersifat permanen.Misi bersifat fleksibel dan bisa diubah sewaktu-waktu apabila memungkinkan.
4.Visi umumnya memiliki kalimat yang singkat, padat, jelas dan berfokus pada titik utama.Misi memiliki kalimat yang lebih panjang dan lebih jelas daripada visi.
5.Visi memiliki statement yang sifatnya umum.Misi memiliki pernyataan yang sifatnya lebih khusus dan terperinci.

 

Manfaat Visi dan Misi

Manfaat Visi dan Misi
goingtotehran.com

Visi dan misi sangatlah penting bagi setiap organisasi maupun perusahaan. Tidak ada organisasi yang tidak memiliki visi dan misi, karena jika tidak ada visi dan misi, maka organisasi tersebut dianggap tidak mempunyai kredibilitas yang baik.

Berikut ini adalah manfaat dari visi dan misi yang kita jelaskan secara terpisah:

Manfaat Visi :

  • Meningkatkan tanggungjawab dan etos kerja karyawan yang bekerja pada organisasi tersebut
  • Menjadi media untuk mengkondisikan kondisi organisasi
  • Menumbuhkan rasa memiliki organisasi
  • Meningkatkan standar kerja yang baik

Manfaat Misi :

  • Menciptakan kondisi organisasi yang normal dan aman
  • Menentukan tujuan utama sebuah organisasi
  • Memacu organisasi untuk terus bertumbuh dan berinovasi
  • Membantu individu maupun organisasi dalam mengambil keputusan
  • Menjadi pedoman dalam perencanaan
  • Membantu anggotanya untuk mengidentifikasi visi organisasi
  • Memberikan tujuan dasar organisasi sehingga parameter waktu, biaya, dan kinerja dapat di kontrol dan dievaluasi

Bagaimana Contoh Visi dan Misi Dalam Organisasi?

Bagaimana Contoh Visi dan Misi Dalam Organisasi?
thegorbalsla.com

Kita tadi sudah mempelajari seluk beluk mengenai visi dan misi, serta perbedaannya yang menonjol. Kini, kami akan memberikan Anda sebuah contoh yang baik mengenai visi dan misi dalam sebuah organisasi. Berikut ini adalah beberapa contohnya:

1. Contoh Visi dan Misi Organisasi Generasi Muda

Visi :

Mewujudkan generasi muda yang berakhlak mulia, mandiri, terampil, tangguh, dan bermanfaat bagi masyarakat.

Misi :

Untuk mencapai visi tersebut dengan sempurna, maka misi organisasi kami adalah:

  • Mengadakan berbagai pelatihan bisnis perniagaan, bisnis kreatif dan pertanian
  • Mengadakan berbagai kegiatan generasi muda di masyarakat
  • Meningkatkan rasa persaudaraan dengan pertemuan-pertemuan rutin
  • Meningkatkan prestasi warga masyarakat dalam bidang olahraga dan bidang lainnya
  • Membantu masyarakat menjaga lingkungan

2. Contoh Visi dan Misi Bisnis Ritel (Alfamart)

Visi :

Menjadi sebuah distribusi ritel yang terintegrasi, terbesar dan paling kompetitif se-Indonesia yang mengajak pengusaha-pengusaha kecil untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Misi :

  • Mengembangkan organisasi yang hebat, sehat dan berkembang menuju yang lebih baik
  • Fokus pada peningkatan kualitas produk dan layanan
  • Mengembangkan semangat kewirausahaan di Perusahaan maupun kalangan masyarakat
  • Berusaha menjadi yang terbaik dalam semua tindakan agar menjadi bisnis etis yang terbaik

Baca Juga Pendidikan Karakter

Demikianlah artikel mengenai perbedaan visi dan misi. Kami sudah mengupas semuanya mulai dari definisi, perbedaan, manfaat sampai contoh dari visi dan misi. Dengan artikel ini kami harap mampu menambah wawasan pengetahuan umum Anda mengenai visi dan misi.

Tinggalkan komentar