Contoh Surat Permohonan Lengkap Dengan Penjelasannya (Terbaru)

Contoh Surat Permohonan  – Contoh surat permohonan ada berbagai macam. kebanyakan orang pastinya pernah membuat surat setidaknya sekali atau bahkan lebih. Sebagai seorang siswa saja misalnya pasti kita pernah membuat surat izin untuk tidak masuk sekolah.

Surat izin juga masuk dalam surat permohonan. Selain pada masa sekolah pada saat kerja kita juga pasti pernah mengajukan surat permohonan. Surat permohonan yang biasanya diajukan oleh karyawan adalah surat izin cuti atau kebutuhan lainnya yang tidak bisa disebutkan secara lisan.

Bukan hanya surat izin saja, surat permohonan juga biasanya ditulis oleh mahasiswa tingkat akhir atau siswa SMK. Surat permohonan tulis biasanya merupakan surat untuk melakukan praktek magang pada suatu perusahaan.

Masih banyak lagi Contoh surat permohonan. Karena sangat dekat dengan keseharian dan memiliki peranan penting maka sebaiknya kita mengenal lebih dulu apa itu surat permohonan. Berikut ini adalah penjelasan tentang contoh dari surat permohonan berdasarkan tujuan serta fungsi dibuatnya surat tersebut.

Mengenal Apa Itu Surat Permohonan

MENGENAL APA ITU SURAT PERMOHONAN

Surat permohonan merupakan surat yang paling sering dibuat oleh masyarakat umum. Surat permohonan biasanya ditujukan untuk keadaan penting. Surat permohonan juga masuk dalam surat formal.

Surat permohonan masuk sebagai dokumen formal karena biasanya digunakan pada saat kita mengajukan permohonan untuk sesuatu yang penting. oleh sebab itu udah pembuatannya surat permohonan pasti memiliki tujuan tertentu.

Surat permohonan merupakan surat yang ditulis oleh suatu perusahaan, badan usaha atau individu yang tujuannya untuk memohon sesuatu hal. Surat permohonan biasanya ditujukan pada suatu badan atau instansi tertentu.

Dalam penulisannya surat permohonan harus ditulis dengan gaya bahasa yang formal. Penulisan surat permohonan juga harus berdasarkan format yang sudah ditentukan. Jenis-jenis dari surat permohonan juga beragam.

Sebagai contoh surat permohonan pinjaman dana, akan memiliki format yang sama meskipun tujuannya untuk meminjam dana.

Surat permohonan yang paling sering dibuat yaitu surat rekomendasi, izin,  bantuan dana dan lain sebagainya. Jenis dari surat pembangunan juga dibedakan berdasarkan dari tujuan pembuatannya.

Format Penulisan Surat Permohonan

FORMAT PENULISAN SURAT PERMOHONAN

Meskipun memiliki beragam jenis tapi format penulisan surat permohonan biasanya mirip. Sebagai contoh surat permohonan izin mengadakan kegiatan misalnya, formatnya akan sama dengan surat izin penggalangan dana.

Format dari contoh surat permohonan beasiswa hingga surat permohonan sponsor dan pindah tugas atau kerjasama juga sudah ditentukan. Umumnya sebuah surat permohonan harus memiliki format sebagai berikut.

  • Kop surat

Sebuah surat permohonan harus memiliki sikap surat yang diletakkan di bagian paling atas. Kop surat ini berfungsi sebagai pemberi informasi mengenai pengirim surat tersebut. Kop surat ini juga akan menunjukkan kepada siapa surat permohonan tersebut ditujukan.

Melalui kop surat penerima akan mendapatkan informasi kepada instansi atau bagian mana surat permohonan tersebut ditujukan. Kop surat juga memiliki fungsi sebagai petunjuk keresmian surat tersebut.

dengan adanya kop surat diharapkan penerima surat permohonan dapat lebih cepat merespon dan serius dalam menanggapi surat tersebut. Surat permohonan tidak memerlukan kop surat. Sebagai contoh surat permohonan pindah sekolah tidak memerlukan kop surat.

Akan tetapi sebagian besar surat permohonan memerlukan kop surat. Contoh surat permohonan sponsor tentu harus memiliki kopsurat. Begitu juga dengan surat permohonan bantuan pindah tugas.

Ada juga beberapa surat permohonan yang harus menggunakan kop surat dan tidak menggunakan kop surat meski tujuannya sama. Sebagai contoh surat permohonan maaf. Instansi maka diperlukan adanya kop surat. Namun jika dituliskan oleh di situ mau nangkap surat tidak diwajibkan.

  • Nomor surat

Nomor surat juga merupakan hal yang sangat penting yang harus ada dalam surat permohonan. Nomor surat ini memiliki fungsi administrasi. Nomor surat akan memudahkan admin untuk mengarsipkan surat tersebut.

Sama halnya dengan kop surat tidak semua surat permohonan memerlukan nomor surat. Apabila ditulis oleh sebuah instansi maka perlu adanya nomor surat. Misalnya atau contoh surat permohonan bantuan perlu adanya nomor surat karena bersifat resmi.

  • Tempat dan tanggal surat

Tempat dan tanggal dibuatnya surat harus disertakan dalam surat permohonan apapun jenisnya. Tanggal dan tempat dibuatnya surat merupakan hal yang sangat penting dalam surat permohonan.

Fungsi dari tempat dan tanggal surat untuk menunjukkan di mana dan kapan surat tersebut dibuat. Tempat dan tanggal ini juga akan memudahkan bagi penerima untuk merespon surat berdasarkan waktu diterimanya surat tersebut.

  • Perihal

Bagian perihal akan menjelaskan dari inti atau tujuan surat permohonan dibuat. Baik surat menggunakan kop maupun tidak harus menyertakan bagian perihal. Tujuannya agar penerima dapat dengan mudah memahami maksud dari surat permohonan tersebut.

Semua surat permohonan harus menyertakan bagian perihal seperti contoh surat permohonan pindah tugas misalnya. Penulis surat harus menyertakan perihal tujuan dibuatnya surat permohonan tersebut.

Begitu juga untuk contoh surat permohonan kerjasama. Menulis surat harus menuliskan perihal permohonan kerjasama. Tujuannya agar penerima surat dapat mengetahui sekilas isi dari surat tersebut.

  • Isi surat

Isi surat merupakan bagian paling penting dalam surat permohonan. Isi surat akan dibagi menjadi 3 bagian. Bagian yang pertama berisi pembuka. Pada bagian pembuka ini penulis harus meneruskan salam contohnya “dengan hormat”, “assalamualaikum”, hingga “salam sejahtera”.

Pada bagian pembuka penulis juga akan memperkenalkan dirinya. Bagian kedua dari isi surat yaitu berisi informasi utama yang akan disampaikan oleh penulis surat. pada bagian ini penulis harus memberikan informasi selengkapnya dan tentunya menggunakan kalimat formal.

Bagian ketiga dari isi surat yaitu penutup. Pada bagian ini penulis surat harus menuliskan harapannya serta ucapan terima kasih. Jangan lupa untuk memberikan salam kepada penerima surat.

  • Nama dan tanda tangan

Pada bagian akhir surat permohonan surat harus menuliskan nama serta tanda tangannya. Nama tempat tanda tangan haruslah digoreskan di atas materai yang berlaku saat itu. Nama dan tantangan haruslah menyentuh bagian materai dan ditulis dengan lengkap.

  • Lampiran

Apabila ada dokumen lain yang harus disertakan pada surat permohonan maka kita harus menyertakan lampiran. Biasanya lampiran terdapat pada surat permohonan yang bersifat kerjasama.

Sebagai contoh surat permohonan modal usaha. Pada jenis surat ini penulis surat harus menyertakan beberapa lampiran misalnya saja proposal usaha. Penulis surat Suga harus menyertakan profil dari perusahaannya.

Kenali Dengan Betul Agar Tidak Salah

KENALI DENGAN BETUL AGAR TIDAK SALAH

Surat permohonan memiliki banyak sekali kegunaan. Surat permohonan telah digunakan sejak kita masih sekolah hingga masuk dalam dunia kerja. Surat permohonan juga harus ditulis dengan bahasa yang formal agar kesan resminya tidak menghilang.

Sebelum membuat surat permohonan sebaiknya penulis surat memahami betul format penulisan surat. Selain itu maksud dan tujuan dibuatnya surat permohonan juga harus jelas. Kita bisa belajar cara membuat surat permohonan yang benar dengan Contoh surat permohonan.

Contoh Surat Permohonan Lengkap Dengan Penjelasannya (Terbaru)

Tinggalkan komentar