Contoh Surat Permohonan Pindah Sekolah yang Baik dan Benar

Contoh Surat Permohonan Pindah Sekolah – Semua yang bersifat resmi dan formal pasti memiliki ketentuan yang harus dipatuhi. Salah satunya dalam dunia pendidikan. Saat memasuki jenjang sekolah pasti ada tata cara tertentu, begitu juga jika ingin pindah sekolah.

Untuk keperluan pindah sekolah bisa menggunakan salah satu contoh surat permohonan. Surat untuk pindah sekolah bersifat resmi. Surat harus dibuat oleh orang tua atau siswa dengan mencantumkan persetujuan orang tua.

Contents

Struktur Pembuatan Surat Permohonan Pindah Sekolah

STRUKTUR PEMBUATAN SURAT PERMOHONAN PINDAH SEKOLAH

Pada dasarnya semua bentuk surat permohonan memiliki format yang sama. Di media sosial ada banyak contoh surat permohonan pindah sekolah bertebaran. Format yang harus diikuti dalam pembuatan surat resmi adalah sebagai berikut.

  1. Kepala Surat

Kepala surat terletak di bagian paling atas surat dengan tata letak di tengah. Berisi tentang nama, alamat, kontak, logo dari pihak pengirim surat. Namun bisa juga diganti dengan menggunakan judul surat.

  1. Waktu Surat

Waktu yang dimaksud menunjukkan kapan pemohon menulis surat tersebut. Dalam beberapa jenis surat permohonan pengirim akan mencantumkan batas waktu penerima untuk mengirim surat balasan kepada pengirim.

  1. Nomor Surat

Nomor surat memiliki fungsi untuk mengetahui urutan surat tersebut dalam pengarsipan.

  1. Perihal dan Lampiran Surat

Perihal menunjukkan apa maksud pengirim surat dalam mengirimkan surat tersebut. Lampiran menunjukkan bahwa pengiriman surat disertai dengan beberapa dokumen pendukung.

  1. Isi Surat

Bagian ini terdiri dari pembuka, isi, dan penutup. Identitas dan maksud dari surat dijelaskan pada bagian ini. Penulisan isi surat diawali dengan salam pembuka dan diakhiri dengan salam penutup.

  1. Nama Terang dan Tanda Tangan

Pada akhir surat pengirim harus mencantumkan nama dan tanda tangan yang jelas. Karena surat resmi pengirim biasanya menandatangani surat di atas materai.

  1. Lampiran Surat

Lampiran berupa semua dokumen yang disertakan pada surat permohonan tersebut. Pada contoh surat permohonan pindah sekolah lampiran berupa dokumen tidak dicantumkan. Karena dokumen untuk pindah sekolah biasanya berapa di sekolah asal.

Contoh Surat Permohonan Pindah Sekolah

CONTOH SURAT PERMOHONAN PINDAH SEKOLAH

Orang tua siswa bisa membuatkan surat permohonan pindah sekolah. Namun siswa bisa membuat surat sendiri seperti contoh surat permohonan pindah sekolah berikut.

 

Pandai, 23 Juni 2015

Perihal : Permohonan Pindah Sekolah

Kepada Yth,
Bapak Dwi Prayoga
Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Pandai
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama   : Putri Dewi Setyani
NISN    : 8367230
Kelas    : VIII B
Alamat : Jl. Terang No. 17, Pandai

Dengan ini bermaksud untuk mengajukan permohonan pindah sekolah dari SMP Negeri 1 Pandai ke SMP Negeri 1 Permaidani. Alasan permohonan pindah sekolah adalah karena orang tua yang berprofesi sebagai Manajer Perusahaan dipindah tugaskan ke Permaidani sehingga saya harus turut pindah bersama orang tua.

Demikian surat permohonan ini saya ajukan dengan sebenarnya. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak Kepala Sekolah, saya ucapkan terimakasih.

Hormat kami,

Siswa Yang Bersangkutan,                               Orang Tua Siswa,

Putri Dewi Setyani                                             Dery Gunawan

Contoh Surat Permohonan Pindah Sekolah yang Baik dan Benar

Tinggalkan komentar