Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Covid 19 dan Ciri-ciri Karya Tulis Ilmiah

contoh karya tulis ilmiah tentang covid 19 – Covid 19 menjadi pandemi di seluruh dunia yang merubah segala kebiasaan dan aktivitas manusia. Berbagai kabar dan berita tentang pandemi dan virusnya menjadi konsumsi setiap hari masyarakat. Dengan contoh karya tulis ilmiah tentang covid 19 maka bisa memberikan berbagai informasi kepada masyarakat yang lebih terpercaya.

Ciri-ciri Karya Tulis Ilmiah

Berbagai bentuk contoh karya tulis ilmiah pada umumnya memiliki ciri-ciri di bawah ini.

  1. Reproduktif dan tidak ambigu

Pembaca harus mampu memahami dan menerima gagasan dari penulis dengan mudah. Karya tulis ilmiah harus memberikan pemahaman secara rinci dan jelas dengan bahasa sederhana.

  1. Menggunakan bahasa baku dan kalimat efektif

Penulisan karya tulis ilmiah harus menggunakan bahasa baku sesuai kaidah yang berlaku. Penggunaan kalimat juga harus efektif untuk mempermudah pembaca memahami maksud penulisan dengan lebih cepat.

  1. Menggunakan kaidah keilmuan

Penulisan dan penyusunan karya tulis ilmiah harus menggunakan kaidah keilmuan. Hal ini dapat menunjukkan kapabilitas dan tingkat keahlian penulis akan pembahasan pada karya tulis ilmiah. Dalam hal ini penulis harus memperhatikan metodologi agar karya ilmiah memiliki kerangka pemikiran logis.

  1. Bersifat objektif dan tidak emotif

Penulisan karya ilmiah harus berdasarkan fakta dan data hasil penelitian. Penulis tidak boleh menuangkan perasaan dan emosinya yang akan membuat karya tulis bersifat objektif. Seperti halnya contoh karya tulis ilmiah tentang covid 19 agar mampu memberikan pengetahuan lebih kepada masyarakat.

  1. Terdapat kohesi

Pada karya tulis ilmiah harus memiliki keterkaitan antara satu bagian dengan bagian lainnya. Terutama untuk isi dari setiap bagian harus berkesinambungan. Penyampaian harus tepat sasaran dan tidak bertele-tele.

Struktur Karya Tulis Ilmiah

Dalam menyusun contoh karya tulis ilmiah tentang covid 19 dan topik lainnya sebaiknya menggunakan struktur seperti di bawah ini.

  1. Bagian Pembuka

Merupakan bagian awal karya tulis ilmiah sebelum memasuki bagian isi karya tulis ilmiah. Terdiri dari sampul, halaman judul, pengesahan, abstrak, kata pengantar, daftar isi, dan ringkasan isi.

  1. Bagian Isi

Merupakan bagian inti dari karya tulis ilmiah. Terdiri dari

  • Pendahuluan yang berisi latar belakang masalah, rumusan masalah, pembahasan atau pembatasan masalah, tujuan dan metode penelitian.
  • Pembahasan yang berisi tentang teori, kerangka pemikiran dan argumentasi keilmuan, dan hipotesis.
  • Metodologi penelitian yang berisi tentang waktu dan tempat penelitian, metode dan rancangan, populasi dan sampel, sarana penelitian, serta pengumpulan dan analisa data.
  • Hasil penelitian yang berisi tentang penjabaran variabel, hasil penelitian, pengajuan hipotesis, dan diskusi penelitian.
  • Penutup yang berisi tentang kesimpulan dan saran.
  1. Bagian Penunjang

Bagian terakhir dari suatu karya tulis ilmiah. Pada bagian ini akan berfungsi sebagai penunjang atau pendukung dari penelitian dalam sebuah karya ilmiah. Bagian ini terdiri dari daftar pustaka, lampiran-lampiran, dan daftar tabel.

Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Covid 19 dan Ciri-ciri Karya Tulis Ilmiah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.