15 Contoh Gambar Kaligrafi Allah, Asmaul Husna, Bismillah, Arab, Huruf

Contoh gambar kaligrafi – Kaligrafi adalah suatu seni rupa yang khas yang di gunakan untuk menulis ayat Al-Qur’an. Gaya tulisan kaligrafi juga beraneka ragam. Terdapat gaya tulisan model Kufi dan sebagainya. Berbedanya gaya tulisan memberikan keunikan tersendiri untuk kaligrafi.

Kaligrafi memiliki asal kata yang memiliki arti aksara indah. Adanya kaligrafi bukan karena perkembangan zaman, tetapi kaligrafi telah ada sejak zaman dahulu dan di lestarikan hingga sekarang. Pelestarian gambar kaligrafi bertujuan agar skill atau kemampuan membuat gambar kaligrafi tidak hilang. Berikut ini merupakan beberapa ulasan mengenai gambar kaligrafi.

Kaligrafi dengan Teks Gambar Huruf

Kaligrafi dengan Teks Gambar Huruf
mutiarapedia.blogspot.com

Kaligrafi huruf merupakan kaligrafi yang paling sering banyak di jumpai di berbagai tempat. Karena keunikan dan kemudahan dalam pembuatannya membuat kaligrafi ini trending.

Kaligrafi ini juga termasuk dalam bentuk kaligrafi latin yang telah ada sejak zaman Romawi. Kaligrafi ini juga sering sering di jumpai di dinding rumah atau sebagai wallpaper handphone. Gambar kaligrafi di atas merupakan salah satu contoh gambar kaligrafi huruf yang bertuliskan “karyaku”.

Meskipun memiliki keindahan visual, namun kaligrafi huruf tersebut sangat sederhana dan mudah di pakai. Sehingga bagi para pemula, berlatih menggunakan kaligrafi ini sangat lah cocok karena memiliki kemudahan dalam penulisan dan penggambarannya.

Penulisan kaligrafi huruf lebih bagus apabila memiliki kombinasi hiasan di sekeliling huruf, atau biasa di sebut dengan background. Tetapi background dalam kaligrafi ini bukanlah backgorund yang bertumpuk dengan tulisan kaligrafi. Background pada kaligrafi huruf lebih kepada pelengkap penambah keindahan dari kaligrafi huruf.

Kaligrafi dengan Teks Gambar Asmaul Husna

Kaligrafi dengan Teks Gambar Asmaul Husna
www.mohlimo.com

Kumpulan nama-nama Allah yang indah merupakan Asmaul Husna. Asmaul Husna yang berjumlah sebanyak 99 ini merupakan kumpulan dari nama Allah. Penuangan ekspresi dalam bentuk seni ini, memberikan efek visual yang bagus dan indah.

Keindahan yang di tuangkan dalam kalimat Asmaul Husna juga memberikan kesan ke agungan di setiap nama Allah. Kaligrafi tema Asmaul Husna telah banyak di temui di berbagai tempat, seperti di mushola, masjid dan di rumah-rumah.

Bahkan sekarang di sekolah, untuk hiasan dinding yang atas telah di tempeli kaligrafi Asmaul Husna. Penulisan kaligrafi Asmaul Husna terkadang hanya di ambil beberapa bagian saja, namun juga ada yang mengambil keseluruhan Asmaul Husna.

Keunikan pada teks Asmaul Husna juga terletak pada keindahan desain dan keunikan gaya penulisan. Suatu kaligrafi akan nampak biasa saja, apabila digambar asal-asalan. Tetapi kaligrafi akan memiliki nilai seni yang tinggi jika di gambar dengan teknik dan keunikan yang tinggi pula.

Kaligrafi dengan Teks Gambar Assalamualaikum

Kaligrafi dengan Teks Gambar Assalamualaikum
ekspektasia.com

Kaligrafi dengan tulisan Asslamualaikum, telah sering di jumpai di berbagai tempat, seperti di pintu depan atau di mana saja.

Peletakan Assalamualaikum di pintu depan, di karena kan kalimat ini merupakan kalimat yang di gunakan untuk menyapa di sertai saling mendoakan. Sehingga pelatakannya yang di depan atau di bagian luar, bertujuan agar setiap orang yang berkunjung atau memasuki rumah senantiasa mengucapkan kalimat salam.

Kalimat salam merupakan kalimat yang bagus yang telah di ajarkan oleh Rasulullah SAW. Kandungan doa yang terdapat pada kalimat tersebut, menjadikan kalimat Asalamualaikum sebagai kalimat yang mulia. Doa yang terdapat pada kalimat Assalamualaikum merupakan suatu doa keselamatan.

Ketika sesama muslim saling mendoakan makan akan terjalin ukhuwah islamiah yang baik. Gambar kaligrafi Asalamualaikum tersebut memiliki susunan warna kuning menyala dengan tampilan bentuk 3D. Warna dengan tampilan tersebut merupakan perpaduan yang unik dan cocok sekali.

Kaligrafi dengan Teks Gambar Ayat Kursi

Kaligrafi dengan Teks Gambar Ayat Kursi
thegorbalsla.com

Kaligrafi tidak terbatas pada kalimat singkat atau pendek, tetapi juga terdapat kaligrafi yang di dalamnya memuat teks ayat kursi. Ayat kursi merupakan termasuk teks yang panjang untuk sebuah kaligrafi. Namun dengan menuangkannya dalam bentuk kaligrafi, membuat orang yang melihatnya akan selalu ingat untuk membaca ayat kursi setiap saat.

Membaca ayat kursi memberikan beberapa khasiat, seperti mendapatkan nikmat dan terjauhkan dari setan dan sebagainya. Kaligrafi teks ayat kursi kerap di tampilkan dengan warna yang elegan serta desain 3D yang bagus. Anda kan sering menjumpai kaligrafi ayat kursi terutamanya di mushola atau masjid dengan gaya tulisan yang bermacam-macam.

Ayat kursi merupakan teks yang panjang, namun jika di gambar dengan menggunakan kaligrafi, maka teks yang panjang dapat menjadi pendek. Bukan karena mengurangi atau meringkas, tetapi melalui tata letak dari kalimat tersebut sehingga memiliki penampilan visual yang pendek. Sebenarnya esensi atau isi dari ayat kursi sama saja.

Kaligrafi dengan Teks Gambar Bismillah

Kaligrafi dengan Teks Gambar Bismillah
inspirilo.com

Kalimat Bismillah merupakan kalimat yang sering di ucapkan oleh seorang muslim sebelum memulai kegiatan. Kalimat bismillah memiliki arti dengan menyebut nama Allah.

Pengucapan kalimat ini sebelum beraktivitas memiliki makna bahwa apa yang di lakukan, pasti berlandaskan mencari ridho Allah, sehingga menjadi lancar dan berkah. Selain itu, masih banyak lagi keutamaan yang dimiliki bismillah. Gambar kaligrafi bismillah ini di buat dengan mengutamakan esensi seni, memiliki eye catching yang bagus dan menarik.

Apabila dilihat secara visual, maka secara tidak langsung bentuk dari kalimat tersebut di desain seperti bentuk kapal dengan perpaduan warna cokelat yang menarik. Bagi pemula yang masih pertama kali mempelajari kaligrafi, dapat mencobanya. Karena desain yang di tampilkan sangat unik tetapi sederhana.

Kaligrafi dengan Teks Gambar Bunga

Kaligrafi dengan Teks Gambar Bunga
www.bukalapak.com

Kaligrafi dengan perpaduan gaya penulisan yang epic serta backgorund bunga merupakan kaligrafi yang sangat sering di jumpai di dinding rumah. Nilai seni yang tinggi juga di tampilkan kaligrafi ini. Keindahan pelukisan bunga yang di padukan dengan keunikan penulisan kaligrafi, menjadikan karya seni yang elok dan menawan.

Bunga memang memiliki intensitas yang lebih banyak di banding dengan kaligrafi nya sendiri. Hal tersebut di karenakan bunga disini sebagai background sekaligus sebagai pelengkap dari kaligrafi. Sehingga seolah-olah, kaligrafi tersebut merupakan titik fokus utama dalam suatu karya seni, meskipun kebanyakan ruang di isi oleh bunga.

Kaligrafi bunga telah banyak di temui, bukan hanya sebagai hiasan dinding tetapi, sebagai wallpaper handphone dan sebagainya. Penggunaan sebagai wallpaper handphone di karenakan adanya keindahan visual yang di tampilkan oleh kaligrafi bunga tersebut. Pewarnaan yang mencolok namun sesuai juga akan menambah keindahan dari kaligrafi bunga.

Kaligrafi dengan Teks Gambar Islam

Kaligrafi dengan Teks Gambar Islam
amalud.com

Kaligrafi Islam merupakan salah satu seni kaligrafi yang di yakini sebagai kaligrafi tertua di dunia. Kaligrafi ini juga di yakini telah ada sejak abad ke 11. Kaligrafi Islam masih terus di lestarikan hingga sekarang. Pelestarian kaligrafi ini di lakukan dengan cara terus mempelajari dan terus berkarya.

Sehingga skill atau keahlian kaligrafi seperti ini tidak memudar. Banyak nya muslim yang tertarik untuk mempelajari kaligrafi ini bukan hanya karena faktor seni yang dimilikinya, tetapi juga manfaat yang dimiliki oleh kaligrafi ini. Manfaat berupa kegunaan media.

Banyak orang yang menggunakan media kaligrafi sebagai sarana pengajaran dan mengenalkan berbagai cerita dan kisah agama. Gambar kaligrafi Islam di atas merupakan gambar yang terhitung rumit untuk di pelajari, pasalnya dalam proses penggambaran kaligrafi tersebut ada teknik yang rumit.

Namun, bagi orang yang sudah terbiasa menggambar kaligrafi, maka kaligrafi dengan gaya penulisan dan desain seperti itu tidak lah rumit. Kerumitan kaligrafi Islam dikarenakan teknik dan juga pewarnaannya yang berbeda dengan kaligrafi yang lainnya.

Kaligrafi dengan Teks Gambar Alhamdulillah

Kaligrafi dengan Teks Gambar Alhamdulillah
maudisini.com

Alhamdulillah merupakan suatu ucapan yang sering di gunakan untuk mengungkapkan sebagian rasa syukur kepada Allah SWT. Alhamdulillah memiliki arti segala puji bagi Allah. Kata Alhamdulillah memiliki intensitas yang banyak dan sering di ulangi di dalam Al-Qur’an. \

Seperti kalimat Alhamdulillah yang terdapat pada surat Al- Fatihah, Al-Kahfi, Yunus dan Al-An’am. Kaligrafi dengan teks bertuliskan Alhamdulillah telah banyak di jumpai di berbagai tempat, baik di mushola atau pun masjid. Gaya tulisan teks Alhamdulillah juga sangat beragam, gaya tulisan akan menampilkan sesuatu yang elok, indah dan rupawan.

Keunikan suatu kaligrafi bukan hanya di tentukan oleh keunikan gaya penulisan, namun juga keindahan pewarnaan yang di berikan, baik berwarna atau hanya hitam putih saja. Adanya kaligrafi Alhamdulillah juga memberikan tujuan bahwa, Alhamdulillah merupakan kalimat yang mulia dan menjadi bacaan yang agung. Barang siapa yang sering mengucapkan kalimat tersebut, akan mendapatkan berbagai keutamaan.

Kaligrafi dengan Teks Gambar Allah

Kaligrafi dengan Teks Gambar Allah
gambarjkl.blogspot.com

Kaligrafi yang bertuliskan lafadz Allah telah banyak di jumpai di berbagai tempat, masjid, mushola dan juga di rumah-rumah muslim. Pada konteks agama, kaligrafi Allah ini di gambarkan sebagai suatu ekspresi seni saja. Oleh karena itu, gaya tulisan yang di gunakan adalah gaya tulisan yang indah dan elok sehingga kaligrafi ini memiliki penampilan yang menawan. 

Penulisan kaligrafi bukanlah penulisan yang asal-asalan, namun harus memiliki garis dan titik yang sesuai sehingga dengan memandang kaligrafi, memberikan makna mendalam secara visual. Kesesuaian antara garis dan titi serta peletakan, akan memberikan efek seni yang berbeda dari kaligrafi.

Penyampaian pesan dari kaligrafi akan di pengaruhi oleh tampilan visual dari kaligrafi tersebut. Misalnya, kalimat sakral haruslah di gambar dengan desain dan tema yang menunjukkan kesakralan, jika hanya asal-asalan, maka kesakralan akan kurang nampak.

Kaligrafi dengan Teks Gambar Arab

Kaligrafi dengan Teks Gambar Arab
initu.id

Kaligrafi Arab merupakan kaligrafi yang di dalam nya memiliki padanan Khath. Padanan tersebut merupakan suatu ilmu yang di gunakan untuk menulis kaligrafi.

Dalam khath terdapat pengajaran mengenai huruf dan juga susunan penempatan suatu huruf. Dalam khath, penulisan huruf dan peletakannya harus lah tepat, sehingga memberikan makna dan juga visualitas yang menawan. Kaligrafi Arab merupakan suatu warisan dari bangsa Arab yang harus dilestarikan.

Pelestariannya dengan cara mengajarkan ilmu kaligrafi secara terus menerus, agar semakin banyak yang memiliki kemampuan dan skill dalam menggambar kaligrafi. Gaya penulisan kaligrafi Arab memiliki beberapa jenis yang berbeda-beda. Sebagai contoh, Khat Naskhi adalah khat yang sering di jumpai karena kemudahan dalam penulisannya serta kemudahan dalam membacanya.

Selain itu, juga terdapat khat yang sangat jarang digunakan lantaran memiliki teknik yang sedikit sulit dan juga khat tersebut memiliki penampilan visualitas yang dekoratif dan menawan khat tersebut adalah khat Tsuluts. Kemudian juga terdapat Khat Diwany, khat ini memiliki teknik tulisan dengan bentuk melengkung.

Kaligrafi dengan Teks Gambar Kontemporer

Kaligrafi dengan Teks Gambar Kontemporer
thegorbalsla.com

Kaligrafi kontemporer merupakan kaligrafi yang sekarang sedang trending. Pasalnya penulisan kaligrafi ini berbeda dengan penulisan kaligrafi yang lainnya. Kaligrafi ini memiliki penulisan yang bebas dan sesuai dengan kriteria atau kesukaan si penulis.

Sehingga si penulis memiliki kreasi tersendiri dan bebas ia tuangkan dalam bentuk kaligrafi ini. Penampilan dari kaligrafi kontemporer menambah jenis kaligrafi yang sebelumnya telah ada. Pada kaligrafi kontemporer di atas terdapat suatu perpaduan antara seni kaligrafi dan seni lukis.

Seolah-olah seni lukis yang terdapat pada karya tersebut muncul atau seni 3D. Seni lukis dalam karya tersebut berupa pemandangan malam dengan bulan yang utuh. Memberikan efek seni yang bagus ketika di padukan dengan gambar kaligrafi.

Kaligrafi kontemporer telah di rintis oleh para pelukis dan pembuat kaligrafi di Jogja. Penampilannya yang indah, membuat kaligrafi ini sering di gunakan sebagai hiasan dinding di suatu rumah. Tidak hanya itu saja, bahkan kaligrafi dengan tema kontemporer juga di gunakan sebagai wallpaper handphone.

Kaligrafi Masjid

Kaligrafi Masjid
qubbart.com

Kaligrafi masjid merupakan kaligrafi yang di gambar untuk menambah keindahan ornamen dari suatu masjid. Oleh karena itu, kaligrafi ini sering di jumpai di masjid.

Keindahan kaligrafi ini menambah nilai seni pada ornamen masjid, sehingga ornamen masjid seperti memiliki esensi seni. Penulisan kaligrafi selain bertujuan untuk menambah nilai seni, juga dapat menambah nilai religius dari suatu masjid. Penulisan kaligrafi masjid juga dapat di gunakan sebagai pembelajaran.

Sehingga orang dapat melakukan ibadah di masjid, sekaligus belajar kaligrafi masjid. Kaligrafi masjid memiliki beberapa jenis gaya dalam desain penulisan. Jenis yang paling populer adalah jenis Mezanine seperti bentuk kaligrafi pada gambar di atas. Jenis kaligrafi ini telah di kenal dengan keindahannya.

Jenis ini memiliki berbagai ukuran yang dapat di sesuaikan dengan ukuran ornamen masjid. Mulai dari 60 hingga 80 cm. Kaligrafi mihrab juga merupakan sebutan dari kaligrafi masjid. Pasalnya penggunaan dari kaligrafi ini banyak di khususkan pada posisi imam atau khusus depan masjid.

Terdapat juga jenis kaligrafi masjid, yaitu kaligrafi kubah. Dari namanya sudah di ketahui bahwa kaligrafi ini merupakan jenis kaligrafi yang khusus di gunakan pada kubah masjid. Kaligrafi kubah memiliki hiasan full ornamen, sehingga memang hanya bisa di pakai pada bagian kubah saja.

Kaligrafi dengan Teks Gambar Nama

Kaligrafi dengan Teks Gambar Nama
thegorbalsla.com

Kaligrafi nama merupakan bentuk kaligrafi dengan cara menuangkan nama seseorang dalam bentuk gambar dan gaya penulisan yang unik. Kaligrafi nama ini telah ada sejak zaman dahulu, kaligrafi ini juga sering di sebut sebagai kaligrafi latin.

Pasalnya pelopor utama adanya kaligrafi ini adalah berasal dari bangsa Romawi. Kaligrafi nama ini juga memiliki berbagai unsur aksara yang berbeda setiap penulisannya. Contoh dari gambar kaligrafi di atas adalah kaligrafi nama Nabila. Pembuatan kaligrafi nama memang tidak serumit kaligrafi Islam atau pun Arab.

Pasalnya, kaligrafi ini hanya menuliskan nama dengan berbagai kombinasi garis dan titik yang unik. Baik garis lengkung maupun garis lurus. Gabungan titik yang di gunakan adalah upaya untuk memberikan esensi seni dari penulisan kaligrafi nama ini.

Kaligrafi nama merupakan bahan yang cocok yang di gunakan sebagai pembelajaran untuk para pemula yang baru saja belajar mengenai kaligrafi atau melukis kaligrafi. Bahkan di zaman yang telah cangging ini, kaligrafi nama sudah tidak di lakukan secara manual, tetapi proses pembuatan di lakukan dengan menggunakan gabungan teknologi modern, sehingga garis dan titik yang di tuliskan benar-benar lurus dan memiliki tata letak yang sesuai.

Kaligrafi dengan Teks Gambar Subhanallah

Kaligrafi dengan Teks Gambar Subhanallah
pixabay.com

Pada saat seseorang sedang mengalami hal yang mengejutkan atau hal-hal yang mengguncang hati, maka secara reflek dan langsung orang tersebut akan mengucapkan kalimat Subhanallah.

Kalimat Subhanallah memiliki arti “maha suci Allah”. Kalimat ini juga di gunakan berdzikir oleh para orang muslim. Pengucapan kalimat ini secara istikomah memiliki berbagai keutamaan.

Desain kaligrafi di atas merupakan kaligrafi dengan teks Subnallah yang di padukan dengan background bunga yang bagus. Kesesuaian antara background dan kaligrafi membuat nilai seni yang tinggi dan nilai visualitas dalam kaligrafi yang tinggi. Sehingga akan membuat keindahan bagi para penikmatnya.

Kaligrafi dengan Teks Gambar Syahadat

Kaligrafi dengan Teks Gambar Syahadat
thegorbalsla.com

Kalimat yang sakral yang di ucapkan ketika seseorang non Islam hendak masuk Islam merupakan kalimat Syahadat. Kalimat syahadat memiliki makna bahwa meyakini bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan juga meyakini bahwa Rasulullah adalah utusan Allah.

Kaligrafi dengan teks kalimat syahadat telah banyak di jumpai di berbagai tempat. Baik di masjid, mushola maupun di rumah. Penulisan kaligrafi dengan teks syahadat memiliki nilai seni yang tinggi. Bukan hanya nilai seni saja yang di unggulkan. Tetapi juga nilai religius dari kalimat ini.

Oleh karena itu, background dan gaya penulisan dalam kalimat syahadat ini sangatlah mendukung kesakralan dari kalimat ini. Kaligrafi syahadat di atas merupakan kaligrafi yang desainnya telah memiliki nilai seni juga nilai religius. Sehingga memiliki keindahan visual bagi para penikmatnya.

Penulisan kaligrafi dengan gaya dan desain yang tepat akan memberikan makan yang mendalam bagi para penikmatnya. Itulah beberapa contoh dari gambar kaligrafi. Banyaknya gambar kaligrafi yang telah tersebar di dunia, menyebabkan banyak pula desain kaligrafi yang ada.

Semakin berkembangnya zaman, kaligrafi tidak hanya di di gambar atau di tulis, tetapi juga dapat di padukan dengan teknologi pada proses pembuatannya. Bagi para pemula yang baru saja mempelajari teknik kaligrafi, sudah di pastikan akan kesulitan.

Tetapi, jika terus berlatih dan belajar, maka suatu hal yang mungkin jika pemula dapat menjadi mahir dalam menggambar kaligrafi. Teknik belajar kaligrafi dapat melalui guru secara langsung, atau juga dapat di pelajari sendiri. 

Baca Juga Gambar Sketsa

Tetapi yang lebih mudah jika di pelajari melalui guru secara langsung, sehingga selain hanya mempelajari desain saja, tetapi juga memiliki pengetahuan mengenai kaligrafi yang sesungguhnya. Oleh karena itu, pembelajaran kaligrafi yang sesungguhnya memerlukan waktu yang relatif lama untuk sebagian orang.

Tinggalkan komentar