Contoh Dialog Interaktif Singkat Dari Berbagai Tema / Acara TV, TV One

Contoh Dialog Interaktif – Acara talk show baik di tv atau pun radio selalu menghadirkan perbincangan yang menarik. Perbincangan antara pembawa acara dengan nara sumbernya inilah yang merupakan salah satu contoh dialog interaktif. Sebelum acara dimulai, naskah dialog interaktif perlu disusun agar pembicaraan menjadi menarik, sesuai topik yang diinginkan, dan mampu menjaring banyak penonton/pendengar.

Pengertian Dialog Interaktif

Pengertian Dialog Interaktif
www.artikelori.com

Dialog interaktif adalah salah satu kegiatan diskusi yang membahas sebuah topik tertentu yang sedang terjadi di tengah masyarakat. Diskusi ini biasanya melibatkan seorang pemandu acara dan juga narasumber yang berkaitan atau menguasai topik tersebut.

Dialog interaktif umumnya bersifat formal atau pun semi formal yang biasanya diadakan dalam acara resmi. Dialog interaktif juga bisa muncul dalam acara tv, media masa, radio, internet, dan lain sebagainya. Dialog interaktif juga bisa dihadirkan dalam panggung diskusi di kampus, sekolah, atau pun institusi lainnya.

Unsur-Unsur Dialog Interaktif

Unsur-Unsur Dialog Interaktif
contoh.pro

Untuk bisa disebut sebagai sebuah acara dialog interaktif, maka sebuah diskusi harus memiliki unsur-unsur sebagai berikut:

  1. What, artinya dialog harus memiliki tema atau hal penting apa yang akan dibahas.
  2. Who, artinya harus ada siapa saja orang yang akan dilibatkan dalam dialog interaktif tersebut. Unsur “Who” ini juga menunjukkan bagaimana cara memilih narasumber yang akan diajak untuk berdialog dengan pembawa acara.
  3. When, artinya kapan dialog interaktif tersebut akan dilakukan. Meliputi tanggal dan jam pasti dialog tersebut dijadwalkan.
  4. Where, artinya dimana tempat diadakannya dialog interaktif tersebut.
  5. Why, artinya mengapa dialog interaktif ini dirasa penting/wajib untuk dilakukan.
  6. How, artinya bagaimana proses dan juga hasil yang diharapkan dari diadakannya dialog interaktif ini.

Hal Penting dalam Dialog Interaktif

Hal Penting dalam Dialog Interaktif
contoh.pro

Seorang pengarah skenario dialog interaktif tidak boleh melewatkan hal-hal penting yang harus muncul agar dialog tersebut berkualitas. Hal-hal penting dalam dialog interaktif antara lain adalah:

Tema

Tema harus ditentukan sebelum acara dialog interaktif dilakukan. Tema yang menarik biasanya selalu berkaitan dengan isu-isu terkini yang berkembang di masyarakat. Semakin menarik tema yang diangkat, maka akan semakin banyak penonton/pendengar dialog interaktif tersebut.

Narasumber

Narasumber yang diundang dalam sebuah dialog interaktif harus berasal dari kalangan yang benar-benar ahli/menguasai tema yang akan dibahas.

Opini

Opini yang disampaikan oleh pihak narasumber saat dialog interaktif berlangsung wajib diperhatikan. Penting untuk mengetahui apakah opini yang dikemukakan oleh narasumber ini didukung oleh data dan juga fakta yang valid ataukah tidak.

Kesimpulan

Kesimpulan ini berupa rangkuman mengenai hal-hal penting selama dialog interaktif berlangsung. Kesimpulan bisa disampaikan kepada penonton/pendengar di akhir acara dialog interaktif oleh pembawa acara.

Contoh Teks Dialog Interaktif Singkat

Contoh Teks Dialog Interaktif Singkat
moondoggiesmusic.com

Nama Radio : Delta FM

Acara : Sehat Bersama Delta FM

MC : Astrid

Narasumber : dr. Lidya

Topik : Manfaat Konsumsi Kikil Sapi

 

Dialog

Astrid : Pendengar Delta FM, kali ini kita masih bersama dengan dr. Lidya seperti biasanya akan membahas mengenai fakta gizi tentang bahan makanan yang sering sekali kita konsumsi. Selamat sore dokter.

Lidya : Selamat sore Astrid, selamat sore pendengar Delta FM!

Astrid : Para pendengar Delta FM sekalian, Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan salah satu bahan makanan yang banyak digunakan di Indonesia yaitu kikil sapi. Tekstur kenyal dari kikil memang banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat aneka kuliner khas Indonesia. Kita menjumpai ada bakso kikil, soto kikil, gulai kikil, dan lain sebagainya.

Lidya : Nah itu dia Astrid. Banyak sekali makanan khas daerah-daerah di Indonesia ini yang menggunakan kikil sebagai bahannya.

Astrid : Sekarang pertanyaannya ya dok, amankah kikil ini sebenarnya dikonsumsi? Karena banyak beredar informasi di masyarakat kalau sebenarnya kikil ini tinggi sekali kandungan kolesterolnya.

Dr. Lidya : Berbicara mengenai kandungan kolesterol yang tinggi dalam kikil itu sebenarnya hanya mitos saja Astrid.

Astrid : Jadi, selama ini kita salah menilai kikil sebagai makanan yang tidak sehat ya dok?

Dr. Lidya : Jadi begini, kikil itu kan terdiri dari jaringan tulang lunak yang berada di kaki. Jadi tidak sama dengan jeroan. Memang kikil ini mengandung kolesterol, tapi tidak setinggi dan seberbahaya jeroan.

Astrid : Lalu dok, jadi apakah aman mengkonsumsi kikil?

Dr. Lidya : Kalau kita konsumsinya masih dalam batas wajar, saya rasa masih aman-aman saja ya. Karena sebenarnya kikil sendiri juga kaya akan manfaat loh.

Astrid : Manfaat kikil? Apa itu dok?

Dr. Lidya : Jaringan tulang lunak pada hewan itu banyak mengandung zat yang disebut sebagai kolagen. Nah, kolagen sendiri sangat penting untuk menjaga elastisitas kulit.

Astrid : Jadi dok, bisa disimpulkan kalau kikil ini sangat bermanfaat untuk membuat kulit kita awet muda ya dok?

Dr. Lidya : Iya betul sekali. Asalkan kita mengkonsumsinya dengan wajar saja dan jangan lupa tetap diimbangi dengan olahraga teratur dan konsumsi air putih yang cukup ya.

Contoh Dialog Interaktif Acara Hitam Putih Terbaru

Contoh Dialog Interaktif Acara Hitam Putih Terbaru
moondoggiesmusic.com

Nama Acara : Hitam Putih

Stasiun TV : Trans7

Presenter : Deddy Corbussier

Narasumber : Sandra Dewi

Tema : Pengalaman mistis artis saat syuting film horor.

 

Dialog

Deddy : Malam Sandra.

Sandra : Malam Mas Deddy.

Deddy : Sandra sekarang lagi sibuk dengan film baru ya?

Sandra : Iya, aku sedang ada proyek film baru. Kebetulan genre-nya adalah horor.

Deddy : Saya dengar-dengar, katanya Anda saat syuting pernah melihat sesuatu ya? Apa memangnya yang dilihat itu?

Sandra : Oh iya Mas. Kebetulan waktu itu ada pengalaman mistis waktu syuting. Jadi karena tuntutan peran kan, dimana tokoh utamanya dalam film ini diceritakan bisa melihat hal-hal yang gaib, contohnya seperti berbicara dengan hantu. Jadi mata batin saya harus dibuka. Dan ternyata memang di sekitar tempat syuting itu memang banyak sekali hal-hal gaibnya.

Deddy : Kapan dan dimana Anda mengalami kejadian mistis itu?

Sandra : Waktu itu pas di syuting di Bandung. Jadi saat itu, ada paranormal yang membantu saya membuka mata batin di lokasi syuting.

Deddy : Lalu, menurut Anda, sosok yang paling menyeramkan di lokasi syuting film horor itu siapa?

Sandra : Ada seperti sosok perempuan Belanda. Bajunya seperti pas jaman penjajahan. Dia paling dibenci oleh semua orang dan tak suka kalau namanya disebut-sebut.

Kesimpulan:

Sandra pernah mengalami kejadian mistis bertemu dengan makhluk halus ketika menjalani syuting sebuah film horor di Kota Bandung.

Contoh Dialog Interaktif 2019 Beserta Kesimpulannya

Contoh Dialog Interaktif 2019 Beserta Kesimpulannya
moondoggiesmusic.com

Nama Program : Bincang Kabar

Stasiun TV : Metro TV

Pembawa Acara: Aini

Narasumber : Hanan (ahli tata kota)

Asmi (aktivis lingkungan)

Tema : Persiapan Jakarta menghadapi musim hujan dan banjir

 

Dialog

Aini : Berbicara mengenai musim hujan di Jakarta, kita pastinya akan berfikir tentang bencana banjir yang membayanginya. Menurut Bapak Hanan sebagai seorang ahli tata kota, bagaimana sebenarnya persiapan yang harus dilakukan oleh pemerintah?

Hanan : Jakarta itu kan kota yang sangat kompleks permasalahannya. Jika berbicara mengenai bencana banjir, pasti hal pertama yang diperhatikan adalah kondisi saluran air seperti selokan, sungai, sodetan, dan lain sebagainya. Pemerintah sebelum masuk musim penghujan pasti akan memastikan perbaikan kondisi saluran drainasenya.

Aini : Sejauh ini, setiap tahun pasti selalu dilakukan, Tapi mengapa banjir selalu terulang?

Asmi : Karena masalahnya tidak sesederhana itu. Saluran drainase memang rutin diperbaiki menjelang musim penghujan. Tapi kita perlu melihat lagi bagaimana budaya masyarakat di ibukota ini.

Hanan : Iya betul sekali. Pemerintah memang selalu melakukan perbaikan. Namun, sifat masyarakat yang masih suka membuang sampah di sungai-lah yang menjadi salah satu problem utamanya. Bagaimana saluran drainase bisa berfungsi dengan baik kalau setelah dibersihkan nantinya akan dikotori lagi oleh warga Jakarta?

Aini : Jadi menurut Mbak Asmi, apakah penting juga memperbaiki sifat warga yang masih suka membuang sampah sembarangan?

Asmi : Ya sangat penting, bahkan sama pentingnya dengan perbaikan saluran drainase dan normalisasi sungai itu sendiri. Memperbaiki pola pikir manusianya itu sama penting dengan lingkungannya.

Kesimpulan:

Banjir bisa diatasi dengan perbaikan pola pikir masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, utamanya ke daerah aliran sungai. Perbaikan sistem drainase dan normalisasi sungai tidak akan bisa mengatasi problem banjir sepenuhnya jika tidak diimbangi dengan kesadaran masyarakatnya.

Contoh Dialog Interaktif Beserta Kesimpulan di TV One

Contoh Dialog Interaktif Beserta Kesimpulan di TV One
moondoggiesmusic.com

Nama Acara : Dua Sisi

Stasiun Televisi : TV One

Pembawa Acara: Indya

Narasumber : Eggy Supratno dan Habib

Topik : Kontroversi Puisi Kebangsaan yang dibawakan oleh Sukmawati Sukarnoputri.

 

Dialog

Indya : Selamat malam Pak Eggy dan Pak Habib.

Eggy : Selamat malam

Habib : Selamat malam Mbak Indya

Indya : Berbicara mengenai kontroversi Puisi Kebangsaan yang telah dibawakan oleh salah satu putri proklamator Indonesia, Rahmawati Sukarnoputri. Kemudian Beliau meminta maaf kepada publik. Bagaimana menurut pendapat Anda?

Habib : Dimaafkan lah pastinya!

Eggy : Ya dimaafkan, tapi proses hukum di negara yang memang menjunjung tinggi norma hukum dan keadilan harus tetap berjalan.

Indya : Memangnya mengapa harus melalui jalur hukum Pak Eggy?

Eggy : Iya karena hal ini berkaitan erat dengan hukum. Kasus ini kan mirip sekali dengan kasus penistaan agama yang menyeret Ahok ke penjara. Jadi meskipun Beliau sudah meminta maaf, tapi proses hukum juga harus tetap dilanjutkan.

Indya : Nah, kalau menurut Bapak Habib, bagaimana tanggapan Anda terhadap kasus ini?

Habib : Jika dilihat dari konteksnya, Beliau ini kan sedang membacakan sebuah puisi yang merupakan salah satu bentuk karya sastra. Puisi itu kan memang mencoba mengkritisi kehidupan dan menggugah hati nurani kita. Dalam dunia seni juga tidak ada batasan. Jadi sejak kapan orang membacakan puisi menjadi kasus penistaan agama?

Eggy : Sejak kasusnya Pak Ahok! Dan polisi memutuskannya berdasarkan fatwa ulama.

Kesimpulan:

Kasus puisi yang dibacakan oleh Rahmawati menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat. Ada yang berpendapat puisi tersebut menistakan ajaran Agama Islam, namun ada juga yang berpendapat itu hanya bentuk kreativitas seni. Namun, fatwa ulama tetap dibutuhkan untuk menangani kasus ini.

Contoh Dialog Interaktif tentang Pendidikan

Contoh Dialog Interaktif tentang Pendidikan
moondoggiesmusic.com

Nama Acara : Sapa Indonesia

Stasiun Televisi: Inews TV

Pembawa Acara: Ines dan Bobi

Narasumber : Romli (Pengamat dunia pendidikan Indonesia)

Sinta (psikolog)

Topik : Pro kontra wacana fullday school di Indonesia

 

Dialog

Ines : Selamat pagi pemirsa, kembali lagi di program Sapa Indonesia.

Bobi : Ya, kali ini kita akan membahas isu yang paling hangat di tengah masyarakat yaitu mengenai wacana penerapan fullday school di Indonesia. Bersama kita sudah ada 2 narasumber yaitu Bapak Romli dan Ibu Sinta. Selamat pagi!

Romli : Selamat pagi.

Sinta : Selamat pagi.

Ines : Kita tahu bahwa pemerintah sedang mengkaji ulang wacana fullday school di Indonesia secara menyeluruh mulai dari SD hingga SMA. Nah, menurut mbak Sinta sendiri sebagai seorang psikolog ini bagaimana kira-kira?

Sinta : Kalau saya sih lebih menekankan pada psikologi dan fisik anak ya. Memang alasan pemerintah ingin agar anak bisa mendapatkan waktu bersama keluarga yang lebih besar saat akhir pekan. Tapi, yang perlu digarisbawahi lagi, apakah anak-anak ini benar-benar siap saat harus belajar mulai dari pagi hingga sore hari?

Bobi : Kalau menurut pandangan Pak Romli sendiri?

Romli : Pemerintah memang sedang berupaya meningkatkan kualitas dunia pendidikan. Memang dari segi positif, semakin banyak waktu di sekolah, anak akan lebih minim berada di lingkungan yang negatif. Misalnya saja waktu untuk nongkrong-nongkrong bahkan hingga tawuran. Namun tidak semua tingkat pendidikan bisa menerapkan sistem fullday school ini.

Kesimpulan:

Fullday school memiliki sisi positif dan negatif. Keuntungannya, anak tidak akan punya banyak waktu untuk berkumpul di luar sekolah dan melakukan hal-hal negatif dan dapat menghabiskan waktu lebih banyak bersama keluarga di akhir pekan. Namun sisi negatifnya, anak bisa saja mengalami beban psikis dan fisik yang jauh lebih berat karena harus belajar seharian.

Contoh Dialog Singkat tentang Kebersihan

Contoh Dialog Singkat tentang Kebersihan
moondoggiesmusic.com

Nama Program : Selamat Pagi

Stasiun Radio : Sinar FM

Pembawa Acara: Nadin

Narasumber : dr. Ratna

 

Nadin : Selamat pagi pendengar setia Sinar FM. Pagi ini kita sudah bersama dengan dr. Ratna yang akan memberikan info tentang pentingnya cuci tangan sebelum makan. Selamat pagi dokter?

Dr. Ratna: Selamat pagi mbak Nadin, selamat pagi pendengar.

Nadin : Nah dok, ini kan kita dimana-mana sekarang sedang digerakkan untuk rajin cuci tangan menggunakan sabun. Sebenarnya manfaatnya apa ya dok?

Dr. Ratna: Banyak sekali ya Mbak manfaatnya. Cuci tangan dengan sabun memang sengaja digaungkan oleh pemerintah karena tubuh kita yang sehat itu dimulai dari tangan yang bersih. Bayangkan saja, tangan kita itu terbiasa bersentuhan dengan berbagai hal. Banyak kuman yang kemudian menempel di tangan.

Nadin : Nah, kuman-kuman itu ya dok yang menyebabkan penyakit?

Dr. Ratna: Benar sekali! Kuman-kuman itu yang bisa menyebabkan penyakit, misalnya saja muntaber, diare, sampai cacingan. Dengan cuci tangan pakai sabun, kuman yang ada di tangan kita akan hilang bersama dengan sabun dan air.

Nadin : Jadi, sabun tidak membunuh kuman dok?

Dr. Ratna: Tidak sepenuhnya benar. Sabun yang tidak mengandung alkohol memang tidak bisa membunuh kuman penyakit. Namun, cuci tangan dengan sabun bisa membuat kuman-kuman di tangan terangkat dan ikut pindah bersama air mengalir. Nah, jadi tangan bersih karena kumannya sudah hilang.

Kesimpulan:

Cuci tangan dengan sabun bisa menghilangkan kuman penyebab berbagai macam penyakit seperti diare, muntaber, dan cacingan.

Contoh Dialog Interaktif Kick Andy dan Kesimpulannya

Contoh Dialog Interaktif Kick Andy dan Kesimpulannya
contoh.pro

Acara : Kick Andy Show

Presenter: Andy

Narasumber: Dika (Aktivis Warung Berkah)

Tema : Berbagi dengan sesama melalui sebungkus nasi

 

Dialog

Andy : Selamat malam mas Dika. Pemirsa sekalian, Dika ini adalah salah satu anak muda yang sangat menginspirasi. Karena di usianya yang masih muda, dia sudah berhasil mendirikan Warung Berkah. Nah, coba ceritakan apa itu Warung Berkah?

Dika : Jadi Warung Berkah itu adalah sebuah wadah bagi anak-anak muda yang ingin berdonasi kepada sesama, namun dalam bentuk yang sedikit berbeda. Jika biasanya donasi diberikan berupa sumbangan uang atau barang, komunitas kita mencoba memberikan sumbangan berupa makanan nasi bungkus yang bisa diambil secara gratis oleh siapa saja yang butuh.

Andy : Wah, jadi kita bisa mengambil nasi di Warung Berkah dengan gratis tanpa bayar? Bagaimana itu? Siapa yang bisa mengambilnya?

Dika : Jadi siapa saja saudara kita yang membutuhkan, mereka bisa ambil nasi secara gratis di Warung Berkah. Setiap hari kita sediakan sekitar 200 porsi nasi bungkus.

Andy : Darimana dananya?

Dika : Itu hasil sumbangan dari teman-teman komunitas. Ada yang menyumbang dalam bentuk uang, tenaga, ada juga yang langsung menyumbang sudah dalam bentuk makanan siap saji.

Andy : Sungguh bagus sekali gerakan ini ya!

Kesimpulan:

Warung Berkah adalah sebuah tempat mengumpulkan dan menyalurkan donasi dengan format yang berbeda yaitu dalam bentuk makanan (nasi bungkus) yang bisa diambil oleh siapa saja yang membutuhkan secara gratis. Warung Berkah ini di gagas oleh anak muda dan komunitasnya juga berisi anak-anak muda yang punya jiwa sosial tinggi untuk membantu sesama.

Itulah berbagai macam contoh dialog interaktif dari berbagai tema. Masih banyak topik-topik hangat lain yang bisa dijadikan dalam format dialog interaktif dan disuguhkan dalam acara yang menarik.

Tinggalkan komentar