9 Contoh Ceramah Singkat Tentang Sabar, Sholat, Sedekah, Menuntut Ilmu

Contoh Ceramah Singkat – Ceramah merupakan sebuah pidato keagamaan yang biasanya disampaikan di acara-acara tertentu, yang bertema keagamaan. Biasanya ceramah dilakukan oleh para ahli agama seperti misalnya Kyai, Ustad, dan sejenisnya. Yang notabenenya memang memiliki ilmu dan pengetahuan agama yang lebih untuk dibagikan. Berikut ini beberapa contoh ceramah singkat yang bisa Anda jadikan referensi.

Membagikan ceramah pada khalayak ramai ini bertujuan untuk, agar setiap orang yang mendengarnya paham dan mengerti tentang suatu ilmu agama. Ceramah juga biasanya di sampaikan di beberapa acara tertentu, yang masih berhubungan dengan keagamaan. Misalnya acara Isra Mi’raj, Maulid Nabi, Kegiatan Ramadhan, dan berbagai acara keagamaan lainnya.

Contoh Ceramah Singkat Tentang Sabar

Contoh Ceramah Singkat Tentang Sabar
moondoggiesmusic.com

Assalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh

Alhamdulillahirabbil Alamin, marilah kita ucapkan dan panjatkan rasa syukur pada Allah SWT. Yang telah memberi kita kesempatan, untuk bisa berkumpul di Masjid besar ini dan sama-sama mengkaji dan memahami isi ceramah yang akan disampaikan. Kita juga bisa saling bersilaturahim di tempat ini.

Di dalam kesempatan ini, saya ingin menyampaikan dan menjelaskan sedikit tentang makna sabar. Serta sifat dan keutamaan sabar di dalam kehidupan kita sehari-hari. Pada dasarnya asal kata sabar ini berasal dari kata sobaru yasbiru yang artinya adalah menahan. Pengertian dari menahan ini sangat luas, dan pengertian dari sabar itu sendiri bisa diartikan seperti ketika kita puasa dalam menahan nafsu ini dan itu.

Atau bersabar pada saat kita menahan lapar, yang artinya kita harus bisa menahan diri untuk tidak makan dan minum sampai adzan maghrib tiba. Sabar juga dapat diartikan ketika kita harus bersikap sabar, saat menghadapi orang yang berperilaku buruk terhadap kita. Sehingga kita harus menghadapinya dengan sikap sabar, bukan dengan amarah atau membalasnya.

Yang perlu kita ingat adalah, tidak semua orang bisa mendapatkan suatu kenikmatan dari sikap sabar tersebut. karena memang sejak awal orang tersebut sudah bisa menahannya dengan baik. Sehingga penting bagi kita untuk selalu mendekatkan diri pada Allah SWT, dan meminta pada-Nya agar selalu diberikan kesabaran yang tidak ada batasnya.

Sehingga kita pun akan mendapat pahala sebanyak-banyaknya dari Allah SWT, ketika kita bersikap sabar terhadap segala sesuatu. Allah SWT berfirman di surat Al-Baqarah Ayat 153, yang di mana isinya yaitu tentang kesabaran. Di dalam ayat tersebut Allah menerangkan bahwa, Ia akan selalu memberi pertolongan kepada setiap hambanya yang menjalani perintahnya dengan baik.

Pertolongan akan diberikan oleh Allah SWT pada setiap hambanya yang sedang mengalami kesusahan, namun tetal melaksanakan shalat wajib serta bisa menahan diri dengan sikap sabar. Itulah keistimewaan dari sikap dan rasa sabar itu sendiri.

Semoga apa yang saya sampaikan hari ini, dapat memberi manfaat untuk kehidupan para jamaah sekalian. Kurang dan lebihnya saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Warrahmatulohi Wabarakatuh

Contoh Ceramah Singkat Tentang Shalat

Contoh Ceramah Singkat Tentang Shalat
m.inilah.com

Bismillaahirrohmanirrohim,

Assalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh,

Segala  puji dan syukur kami panjatkan ke Hadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya kepada kita di hari ini. Mulai dari nikmat sehat, nikmatnya lapang, sampai nikmat lainnya yang nilainya tiada tara. Misalnya yang berupa nikmat iman sebagai manusia, dan nikmat islam. Semoga kita selalu diberi hidayah oleh Allah SWT, dan mensyukuri semua yang telah Ia beri.

Berikutnya tak lupa kita ucapkan semoga sholawat dan salam selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Beserta keluarga dan para sahabatnya, yang telah menuntun seluruh umatnya dari zaman jahiliyah ke zaman yang terang benderang sampai di hari ini. Semoga kelak kita semua mendapat safaatnya, di Yaumul Qiyamah. Amin Ya Rabbal Alamin.

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah SWT.

Di dalam kesempatan kali ini, saya ingin menyampaikan sebuah ceramah singkat mengenai shalat. Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa, Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW telah memberi tahu kita melalui firman-firman-Nya mengenai pentingnya mendirikan shalat. Bahkan Rasulullah pernah bersabda, “Shalat adalah tiangnya agama.”

Sabda tersebut memang sangatlah sederhana, tetapi tentu saja mengandung makna yang besar. Di dalam agama Islam, shalat di ibaratkan sebagai tiang pada sebuah bangunan. Sehingga jika kita tidak pernah mendirikan shalat, maka tiang itu pun akan rapuh dan juga roboh. Sama halnya dengan bangunan tanpa tiang, yang akan ikut roboh karena tidak ada lagi penyangganya.

Sabda dari Rasulullah tentang shalat lainnya yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari adalah, “Seandainya saja mereka tahu pahala yang akan mereka dapatkan dari shalat Subuh dan Asar. Niscaya mereka akan mendatanginya meskipun dalam keadaan merangkak.”

Di dalam pelaksanaannya shalat tidak hanya wajib dilakukan, tetapi shalat ini merupakan bukti iman seorang manusia kepada Allah. Padahal berapa banyak orang yang meninggalkan shalat tanpa rasa sesal? Berapa banyak orang yang melewatkan shalat dengan santainya? Pertanyaan tersebut sudah memperlihatkan bahwa, shalat wajib dilakukan dalam keadaan apapun.

Allah pun berfirman di dalam surat Al-Mauun ayat 4-5, yang artinya “Maka celakalah orang yang shalat (4), yaitu orang yang melalaikan shalat (5).”

Jika seseorang sudah melaksanakan shalat dengan baik, maka insya Allah amalan yang dilakukannya pun akan baik. Karena kita sudah melaksanakan shalat dengan baik dan benar, dengan khusyu, dan semuanya karena Allah. Bisa dipastikan kita sudah totalitas dalam menjalankan kewajiban. Tetapi jika kita seenaknya dalam melaksanakan shalat, baik lalai atau tidak tepat waktu.

Maka amalan yang kita lakukan sehari-hari pun tidak akan jauh berbeda dengan dengan hasil shalat kita.

Maka marilah kita berdoa kepada Allah SWT, agar kita dijauhkan dari perilaku buruk. Seperti sengaja meninggalkan shalat atau dengan mudahnya melalaikan shalat. Semoga kita juga selalu diberi kemampuan, untuk saling menasihati dalam kebaikan.

Wassalamualaikum warahmatullaahi wabarokaatuh

Contoh Ceramah Singkat tentang Pergaulan Bebas

Contoh Ceramah Singkat tentang Pergaulan Bebas
www.wawasan-edukasi.web.id

Segala puji bagi Allah SWT, yang telah melimpahkan nikmat, rahmat dan karunia-Nya untuk kita. Semoga Allah senantiasa memberikan hidayah-Nya, agar kita bisa mensyukuri semua nikmat yang telah Allah berikan pada kita setiap harinya.

Tak lupa kita sampaikan juga sholawat dan salam, kepada Nabi Muhammad SAW yang telah menuntun kita. Dari zaman kegelapan menuju ke zaman yang terang benderang, yaitu agama islam yang rahmatan lil alamin.

Saudara saudari sekalian yang saya cintai.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan suatu ceramah singkat. Yang isinya mengenai bahayanya pergaulan bebas di zaman sekarang. Yang kini bahkan telah menjadi momok yang menakutkan bagi setiap masyarakat, khususnya di kalangan remaja.

Setiap orang tua tentunya harus mengawasi anak-anaknya 100%, karena sayangnya kebanyakan orang tua hanya mengawasi anaknya saat anak-anak di rumah atau saat anak-anak masih kecil saja. Namun kita sebagai orang tua harusnya paham, bahwa semakin mereka besar maka pengaruh dari lingkungan luar pun akan semakin besar.

Apalagi jika anak-anak tersebut sudah mulai tertarik pada lawan jenis, maka perhatian orang tua sangat dibutuhkan di sini. Jangan sampai anak-anaknya terjerumus pada pergaulan bebas. Dari rasa tertarik pada lawan jenis tersebut, maka muncullah perasaan cinta. Dari situ kemudian berlanjut pada nafsu seksual.

Walaupun sebenarnya nafsu seksual ini tidak akan menjadi masalah, pada orang dewasa yang sudah halal. Tetapi justru akan menjadi masalah, jika terjadi pada anak-anak remaja yang baru mengenal dunia luar. Yang menyedihkan adalah kehidupan remaja saat ini sudah terbiasa dengan nafsu seksual mereka, bahkan jika tidak melakukannya bisa disebut ketinggalan zaman. Naudzubillah.

Oleh karena itu sebagai orang tua yang baik, Anda harus selalu memberikan perhatian lebih pada anak remaja Anda. Serta mengarahkan mereka ke pergaulan yang positif, dengan cara memilih teman yang baik. Bagi semua Bapak dan Ibu sekalian yang hadir di sini, semoga bisa selalu menjaga anaknya dari pergaulan bebas.

Demikian penjelasan sedikit tentang pergaulan bebas ini, semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Ceramah Singkat tentang Menuntut Ilmu

Contoh Ceramah Singkat tentang Menuntut Ilmu
dosenmuslimah.com

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Segala puji dan syukur kita panjatkan ke Hadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan nikmat dan karunia-Nya kepada kita semua. Semoga kita selalu diberi hidayah oleh Allah SWT, sehingga kita selalu bersyukur atas rahmat dan nikmat yang diberikan oleh-Nya. Selain itu sholawat dan salam juga tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan sahabatnya.

Yang senantiasa selalu membawa kita menuju ke agama kebenaran yaitu agama islam.

Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara sekalian yang saya hormati,

Saya akan menyampaikan sedikit ilmu saya tentang menuntut ilmu. Sebagaimana yang tertulis pada firman Allah pada surat Al-Mujadalah ayat 11, yang artinya yaitu “ Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman, dan orang yang berilmu hingga beberapa derajat.”  

Di dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa, orang yang menuntut ilmu baik ilmu dunia maupun ilmu akhirat ini sangat diutamakan. Karena jika seseorang berilmu, maka kita bisa melihat segala sesuatu dari berbagai sudut pandang yang ada. Pikiran pun akan selalu jernih, dan juga selalu bijak setiap mengambil keputusan apapun.

Contoh kecil dari menuntut ilmu adalah, kita diajari membaca, menulis, menghitung, menganalisa, dan sebagainya sejak kita kecil. Selain itu kita juga mempelajari berbagai ilmu akademik dan terapan seperti misalnya pelajaran matematika, biologi, sosiologi, akuntansi dan sebagainya. Dengan memiliki banyak ilmu, maka wawasan kita pun akan semakin bertambah.

Jika dalam hidup ini kita hanya berdiam diri saja tanpa mau berilmu, atau tanpa mau menimba ilmu maka hidup kita akan menjadi sia-sia saja. Kita pun akan menjadi buta tanpa ilmu. Mendapatkan ilmu bisa dari mana saja, bukan hanya didapatkan dari sekolah. Kita juga bisa mendapatkan ilmu dari membaca banyak buku, atau dari kehidupan sehari-hari.

Misalnya saja saat kita melakukan hal-hal yang baik dalam membantu orang, dalam bersedekah, saat beramal, dan kegiatan positif lainnya. Maka di situlah kita ikut belajar, ilmu pun bertambah, dan kita pun mendapatkan pahala. Karena tidak ada yang sia-sia dalam menuntut ilmu.

Selain itu ilmu agama juga sangat penting untuk kepentingan kehidupan kita di akhirat nanti. Mendapatkan ilmu agama ini bisa didapatkan dari berbagai hal. Misalnya di pendidikan agama di sekolah, atau di kajian seperti ini. Sekian penjelasan dari saya tentang menuntut ilmu, semoga dapat memberi manfaat untuk Bapak, Ibu dan Saudara sekalian.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Ceramah Singkat tentang Ibu

Contoh Ceramah Singkat tentang Ibu
www.wawasan-edukasi.web.id

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulilahirobbilamin, kita ucapkan segala puji bagi Allah SWT. Yang telah melimpahkan nikmat dan juga Karunia-Nya untuk kita semua. Segala nikmat mulai dari nikmat sehat sampai nikmat lainnya telah Ia berikan pada kita. Semoga kita selalu bersyukur atas nikmat yang Allah berikan pada kita. Tak lupa sholawat dan salam tercurahkan pada Nabi Muhammad SAW, dengan keluarga dan sahabatnya.

Saudara sekalian yang berbahagia,

Bertepatan dengan hari ibu hari ini, saya ingin menjelaskan sedikit tentang ibu. Di dalam Al Qur’an pun dijelaskan, bahwa seorang ibu itu sangatlah mulia dan kita tidak boleh menyakiti hatinya. Kita juga tidak boleh berkata Ah saja padanya, apalagi membentaknya. Karena ridha Allah terletak pada ridha seorang ibu. Maka hormatilah ibumu, dan selalu perlakukan ibu dengan baik sampai kapan pun.

Di dalam Al Quran Surah Al-Isra dijelaskan bahwa seorang anak harus selalu memperlakukan ibunya dengan baik. Ibu adalah orang yang telah mengandung kita selama 9 bulan dengan susah payah. Serta melahirkan kita dengan rasa sakit yang luar biasa. Tak heran jika disebutkan bahwa kasih ibu sepanjang masa, dan tidak mengharapkan balasan apapun.

Kasih sayang setiap orang tua khususnya ibu, memang tidak terhingga dan tanpa pamrih sedikit pun. Bahkan disebutkan juga bahwa surga berada di telapak kaki ibu, sehingga kita sebagai anak wajib berbuat baik sampai akhir hayat. Demikian ceramah singkat saya tentang ibu, semoga apa yang saya sampaikan ini dapat memberi manfaat bagi Anda sekalian.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Ceramah Singkat tentang Ikhlas

Contoh Ceramah Singkat tentang Ikhlas
diarymuslim.net

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Segala puji bagi Allah SWT, yang selalu melimpahkan nikmat dan karunia-Nya kepada kita setiap hari. Misalnya nikmat sehat, nikmat iman dan nikmat-nikmat lainnya yang jumlahnya tiada tara. Semoga kita senantiasa bersyukur atas apa yang diberikan oleh Allah SWT pada kita setiap harinya. Tak lupa sholawat dan salam tercurahkan pada Nabi Muhammad SAW, yang merupakan nabi akhir zaman.

Para hadirin yang saya cintai dan yang berbahagia,

Di dalam kesempatan hari ini saya ingin menyampaikan pengetahuan saya tentang ilmu ikhlas. Serta bagaimana kita harus menjalani hidup dengan segala keikhlasan. Kita juga harus ikhlas dalam menerima segala ketetapan Allah baik atau buruk. Karena kita hanyalah manusia milik Allah, yang selalu mendapat nikmat dari Allah kapan pun dan di mana pun.

Sangat penting untuk selalu bersikap ikhlas dalam kehidupan kita sehari-hari, dan dalam hal apapun. Setiap manusia pasti menginginkan kenikmatan dalam hidup, baik dalam hal harta, tahta, keluarga, dan lain sebagainya. Padahal masih banyak nikmat yang diberikan oleh Allah, misalnya nikmat sehat dan bernapas. Namun tidak semua keinginan kita bisa tercapai dengan mudah.

Selalu ikhlas di setiap saat di dalam kehidupan kita itu memang tidak mudah. Karena ada banyak hal yang memang tidak sesuai dengan yang kita inginkan, tetapi kita dituntut untuk selalu ikhlas. Namun jiwa kita akan selalu didorong dengan keikhlasan, karena ikhlas karena Allah adalah hal yang sangat baik yang disukai oleh Allah.

Sehingga saat hal yang tidak kita sukai datang di hidup kita, sebaiknya kita berusaha untuk selalu ikhlas. Dengan bersikap ikhlas maka keimanan kita pun tidak akan ternilai harganya. Rasa ikhlas atas setiap takdir yang Allah berikan, tidak akan bisa dibeli dengan apapun. Sekian ceramah singkat tentang ikhlas yang dapat saya sampaikan. Lebih dan kurangnya mohon dimaafkan.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Ceramah Singkat tentang Kebersihan

Contoh Ceramah Singkat tentang Kebersihan
sahabatnesia.com

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Alhamdulillahirabbilalami, segala puji bagi Allah SWT yang tak hentinya melimpahkan nikmat dan karunia-Nya pada kita semua. Semoga kita selalu diberi hidayah oleh-Nya, agar selalu bersyukur atas setiap hal yang diberikan oleh-Nya. Tak lupa sholawat dan salam kami curahkan pada Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabatnya.

Jamaah yang saya sayangi,

Di sini saya ingin menyampaikan pengetahuan saya mengenai kebersihan, atau bagaimana kita harus menjaga kebersihan. Sebagaimana yang tertulis dalam sabda Nabi Muhammad SAW yang bunyinya yaitu, “Kebersihan adalah sebagian dari iman.” Hadist tersebut menyebutkan bahwa setiap orang yang menjaga kebersihan dalam hidupnya, maka ia termasuk pada orang yang beriman.

Bukan hanya itu, tetapi perintah Allah mengenai kesucian atau bersuci pun sudah jelas. Misalnya saja ketika kita selesai buang hajat, maka kita wajib membersihkannya. Ketika kita akan melaksanakan shalat, maka wajib bagi kita melakukan wudhu atau tayamum terlebih dahulu untuk membersihkan diri. Kita juga wajib mandi janabah, setelah selesai junub.

Dengan bersuci maka otomatis kita bisa menjaga kebersihan baik diri maupun lingkungan. Allah menciptakan segala hal di bumi pasti ada sebab dan fungsinya, misalnya saja air. Air diciptakan untuk membersihkan diri kita dari segala macam kotoran. Maka banyaknya bersyukur jika Anda hidup di lingkungan yang tidak kekurangan air, dengan begitu kita selalu tampak bersih.

Air juga menjadi salah satu nikmat dari Allah yang harus kita jaga dan lestarikan dengan baik. Sekian penjelasan dari saya mengenai pentingnya menjaga kebersihan diri. Semoga semua yang saya sampaikan hari ini, dapat bermanfaat bagi kita semua.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh

Contoh Ceramah Singkat tentang Kematian

Contoh Ceramah Singkat tentang Kematian
www.satubahasa.com

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Segala puji bagi Allah SWT, yang telah melimpahkan seluruh nikmat dan karunia-Nya untuk kita semua. Ada banyak nikmat yang selalu Allah berikan pada kita, yang dimana kita harus senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Sholawat dan salam juga kita ucapkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang merupakan nabi akhir zaman.

Saudara-saudara sekalian yang seiman,

Di kesempatan kali ini saya ingin menyampaikan sedikit tentang kematian. Sebagaimana yang telah disebutkan oleh Allah di dalam Al Quran. Surat Ali Imran ayat 185, yang artinya yaitu,

“Tiap-tiap yang berjiwa pasti akan mengalami kematian. Sesungguhnya pahalamu akan disempurnakan di hari kiamat nanti. Barang siapa yang dijauhkan dari neraka dan di dekatkan surga, maka ia termasuk yang beruntung. Karena kehidupan di dunia ini tak lain hanya kesenangan sesaat yang memperdayakan.”

Ayat ini menjelaskan bahwa kematian akan selalu hinggap pada setiap orang, dan tidak bisa dihindari. Kita semua sedang menunggu giliran untuk menghadapi kematian itu sendiri. Sekarang kita sedang berada di kehidupan yang fana, dan tidak kekal. Kehidupan yang abadi hanyalah kehidupan di akhirat nanti.

Jika amalan kebaikan kita lebih berat maka surga Allah menanti kita, tetapi jika amalan buruk kita yang lebih berat maka neraka lah yang menanti kita. Beruntunglah jika selama hidup di dunia kita lebih sering melakukan amal kebaikan daripada keburukan. Karena tak ada keberuntungan yang lebih besar selain surga. Untuk itu kita harus selalu beramal baik untuk mendapat surga Allah.

Demikianlah penjelasan singkat dari saya mengenai kematian, lebih dan kurangnya saya mohon maaf. Semoga apa yang saya sampaikan selalu memberi manfaat bagi kita semua.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh

Contoh Ceramah tentang Sedekah

Contoh Ceramah tentang Sedekah
elizato.com

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sebelumnya mari kita panjatkan puji dan syukur pada Allah SWT, atas rahmat dan karunia-Nya yang senantiasa Allah berikan pada kita semua. Sehingga kita bisa berkumpul bersama di Majelis ini dalam keadaan sehat walaafiat. Sholawat serta salam kami haturkan kepada Nabi Muhammad SAW, beserta seluruh keluarga dan para sahabatnya. Agar kelak kita mendapat safaatnya di Yaumul Qiyamah.

Tahukah anda semua mengapa islam mewajibkan setiap umatnya untuk melakukan sedekah?

Ada banyak ulama yang menyebutkan bahwa, ada banyak keutamaan yang terdapat pada sedekah apalagi jika kita melakukannya dengan ikhlas dan tanpa pamrih atau mengharap imbalan apapun. Sebagaimana yang telah dijelaskan di dalam surah Al-Baqarah ayat 261, yang bunyinya yaitu :

“ Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan) oleh orang-orang yang telah menafkahkan hartanya di jalan Allah. Akan serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan 7 bulir, yang di mana ada seratus biji di setiap 1 bulir. Artinya Allah akan melipat gandakan (ganjaran) untuk siapapun yang Dia kehendaki. Dan Allah memang Maha Luas (yaitu karunia-Nya), dan Ia pun Maha Mengetahui.”

Dari firman Allah SWT tersebut, sudah jelas bahwa sedekah merupakan salah satu perintah Allah. Kita juga tidak akan jatuh miskin, setiap kali kita ikhlas dalam memberikan sedekah kepada setiap orang yang membutuhkan. Bahkan Allah akan melipat gandakan setiap sedekah yang anda keluarkan, baik dalam jumlah kecil maupun besar.

Tujuan utama dari diperintahkannya sedekah ini adalah, untuk mensucikan harta yang kita miliki dan agar diri dan batin kita merasa tenteram. Khususnya dalam menjalani kehidupan di dunia yang fana ini. Hal – hal yang berkaitan dengan sedekah ini, terdapat juga pada sabda Nabi Muhammad SAW yang isinya “Sedekah itu akan menghapus dosa, sebagaimana air yang memadamkan api.”

Bukan hanya itu, tetapi ada banyak lagi keutamaan daru sedekah yang dilakukan dengan perasaan tulus dan ikhlas. Ada beberapa keutamaan yang terdapat dalam sedekah, yang pertama yaitu sedekah yang dilakukan dalam mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Sebagaimana yang juga dijelaskan di dalam Surah Al-Araf ayat 56.

“Dan janganlah kamu membuat kerusakan di bumi, sesudah Allah memperbaikinya. Serta berdoalah kepada Allah SWT, dengan rasa takut. Yang artinya takut tidak akan diterima, dan berharap bahwa doanya akan dikabulkan. Sesungguhnya rahmat Allah amatlah dekat dengan orang – orang yang berbuat baik. Maka berbuat baiklah.”

Keutamaan sedekah berikutnya yaitu dapat memadamkan murka Allah SWT, sebagaimana yang disebutkan dalam hadist riwayat Thabrani dan Ibnu Asakir. Yang isinya, “Ada sedekah rahasia atau yang tersembunyi, yang akan memadamkan amarah Ilahi.”

Masih banyak lagi keutamaan dalam sedekah, yang membawa makna yang baik bagi kehidupan kita. Maka bersedekahlah dengan tulus dan juga ikhlas, kita juga bisa meningkatkan kepedulian kita pada para fakir miskin dan orang – orang yang tertindas. Selamat bersedekah, sekian yang bisa saya sampaikan tentang sedekah. Semoga membawa manfaat bagi kita semua.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh

Tinggalkan komentar