Yuk Mengenal Macam-Macam Jenis Burung Cantik dan Suaranya Merdu

Macam-Macam Jenis Burung – Tahukah kamu bahwa ada macam-macam jenis burung lho di dunia ini. Bahkan terkadang ada sebagian orang yang belum mengetahui nama-nama burung yang ada di sekitarnya. Nah, apakah kamu salah satunya? Jika iya, maka sudah saatnya kamu mengenal berbagai macam burung seperti pada ulasan berikut ini.

Burung Walet

BURUNG WALET

Umumnya burung walet ini selalu bergerombol. Memang dapat dikatakan bahwa burung ini sangat cocok kamu jadikan sebagai bisnis. Kok bisa sih? Hal ini dikarenakan burung walet memiliki kelebihan yaitu air liurnya yang dapat dijadikan sebagai obat. Maka dari itu, tidaklah mengherankan bahwa ada banyak masyarakat yang mencoba membudidayakannya agar bisa diambil air liurnya. Bagaimana dengan pemeliharaannya? Tentu saja sangat mudah, lho. Anda hanya perlu menyiapkan gedung yang memang jauh dari keramaian. Ketika burung telah memasuki gedung, maka secara otomatis burung akan menetap di sana, yang pada akhirnya akan menghasilkan liur.

Burung Kakak Tua

BURUNG KAKAK TUA

Tahukah kamu bahwa burung kakaktua ternyata bukan hanya sejenis saja, namun ada beberapa jenis. Selain itu, burung kakak tua juga termasuk sebagai burung yang cerdas, lho. Karena kecerdasan yang dimilikinya, burung ini pun dapat berbicara seperti halnya burung beo. Untuk posturnya sendiri lebih besar, dan ketika burung kakak tua dalam keadaan terbang, maka sayapnya dapat mencapai setengah meter. Bagaimana dengan habitatnya? Burung jenis ini tentunya menghuni hutan premier serta sekunder tinggi yang ada di tepi hutan, yaitu hutan tinggi bersemak.

Burung Elang Jawa

BURUNG ELANG JAWA

Burung garuda atau yang disebut juga dengan burung elang Jawa adalah burung endemik yang ada di Pulau Jawa. Tentu saja burung ini merupakan burung paling dilindungi karena populasinya di alam mengalami penurunan yang cukup drastis. Ciri fisik dari burung ini adalah kepalanya yang berwarna cokelat kemerahan serta memiliki jambul hitam dengan ujung putih. Kepalanya berukuran proporsional dan sedang, memiliki bentuk ekor yang sedikit lebih panjang jika dibandingkan dengan burung elang bontok. Selain itu, sayapnya agak membulat dan ujungnya sedikit menekuk saat sedang terbang. Dapat dikatakan bahwa burung ini cukup pendiam, namun akan sangat gagah ketika ia terbang.

Burung Beo

BURUNG BEO

Nah, siapa sih yang tidak mengenal burung yang satu ini?  Yang jelas burung ini sangat pintar dan pandai pula saat berbicara. Untuk wilayah penyebarannya meliputi Himalaya, Sri Lanka, Hindia ke timur sampai ke Filipina, kemudian Jawa hingga kepulauan sunda. Dapat dikatakan bahwa burung beo bisa anda temukan baik di dataran rendah maupun dataran tinggi yang mencapai 2000 meter. Dikarenakan burung ini sangat pintar dalam berbicara, tidaklah mengherankan banyak orang yang memeliharanya.

Burung Cendrawasih

BURUNG CENDRAWASIH

Sebagai burung asli dari Indonesia timur tepatnya di daerah Papua serta sebagian di daerah Australia timur, tentunya burung ini cukup terkenal sebagai salah satu burung tercantik, lho. Hal ini dikarenakan bulu yang dimilikinya terlihat halus dan bercorak warna-warni yang terlihat pada burung cendrawasih jantan. Selain itu, burung ini memiliki beberapa spesies tetapi yang bagus adalah yang warnanya merah. Walaupun begitu, burung ini ternyata sebagai salah satu burung yang dilindungi Indonesia. Sehingga untuk kamu yang ingin sekali memeliharanya, memang tidak mudah untuk memperolehnya.

Burung Dara

BURUNG DARA

Ternyata ada macam-macam jenis burung dara. Mulai dari dara pos, balap, jambul dan masih ada jenis lainnya. Tetapi diantara semua itu, ada burung dara yang cukup terkenal yang bernama burung dara balap. Yang jelas burung dara ini adalah burung dara yang makannya banyak. Sehingga untuk kamu yang ingin memeliharanya, maka tidak ada salahnya untuk sering mengikuti perlombaan. Ya, perlombaan tersebut adalah lomba balap merpati.

Burung Hantu

BURUNG HANTU

Jenis burung yang satu ini memiliki berbagai varian ukuran. Ada yang berukuran jumbo maupun yang berukuran kecil. Tahukah kamu ternyata burung ini di Indonesia sendiri disimbolkan juga sebagai burung kematian, lho. Wah, mengerikan ya! Namun berbeda di dunia barat, yang mana simbol dari burung ini adalah sebagai burung kebijaksanaan.

Perlu kamu ketahui bahwa burung ini termasuk sebagai jenis burung buas karena ia pemakan daging. Selain itu, burung hantu beraktivitas di malam hari, namun sebagian ada pula yang berburu pada siang hari misalnya saja burung hantu yang habitatnya di salju yang berwarna putih. Berbeda pula dengan burung hantu khas dari Indonesia yang tubuhnya kecil dan berwarna cokelat, ia tidak dapat melihat matahari terang. Kehebatan yang dimiliki oleh burung ini yaitu kepalanya yang dapat berputar sampai 190°.

Burung Cucak Rawa

BURUNG CUCAK RAWA

Dalam bahasa Sunda burung ini disebut sebagai cangkurawah, sedangkan dalam bahasa Jawa disebut sebagai cucak rowo. Nah, burung ini sendiri merupakan burung asli Asia Tenggara seperti Malaysia dan Indonesia. Karena sering diburu, habitatnya semakin terancam. Nah, sesuai dengan namanya bahwa burung ini sering kali menghabiskan waktunya di sungai, danau, hutan, maupun rawa-rawa. Adapun jenis pakannya yaitu aneka serangga hingga buah-buahan. Mereka biasanya terbang pada dataran rendah.

Burung Kacer

BURUNG KACER

Pernahkah kamu mendengar burung yang satu ini? Tentu saja burung kacer adalah salah satu jenis burung pengicau. Nah, ciri khas dari burung ini adalah memiliki warna hitam putih dengan ekor yang panjang. Ketika ia bertengger di pohon ataupun sedang mencari makan, maka ekornya akan berdiri lho ke atas. Selain itu, burung kacer sangat suka menjelajahi lingkungan, bahkan kecepatan terbangnya pun cukup gesit.

Burung Gelatik

BURUNG GELATIK

Nah, burung yang satu ini merupakan burung khas dari Indonesia, tepatnya dari Pulau Jawa. Tubuhnya yang kecil dengan corak warna yang begitu mengkilau tentu saja membuat kebanyakan orang ingin sekali memilikinya. Sehingga tidaklah mengherankan jika habitatnya kini sudah mulai punah. Wah, kasihan ya? Namun bagaimana dengan makanannya? Burung ini pemakan serangga kecil hingga biji-bijian.

Burung Kenari

BURUNG KENARI

Burung yang satu ini memang bukan asli Indonesia, karena pertama kali ditemukannya burung kenari adalah seorang pelaut Perancis. Ia sangat tertarik dan suka dengan suara burung tersebut yang merdu. Ditambah lagi bulunya cukup indah, sehingga sangat cocok untuk dibudidayakan. Nah, burung kenari yang terdapat di Indonesia adalah hasil perkawinan kenari-kenari liar, yang kemudian menghasilkan jenis scoth fancy, bolder fancy, norwich, dan sebagainya. Selain itu, kenari ini juga sangat banyak peminatnya dari mulai kalangan remaja sampai orang tua. Ditambah lagi perawatannya pun tidak terlalu ribet.

Burung Pleci

BURUNG PLECI

Walaupun badannya kecil, namun jangan menganggap remeh suaranya, ya! Ditambah lagi burung pleci cukup laku lho di pasaran, bahkan ada pula komunitasnya. Agar bisa mendapatkan suara yang bagus, perawatannya cukup mudah, kok. Kamu hanya perlu menjemurnya setiap hari dan untuk makanannya jangan lupa memberikan telur, gula merah, dan kacang hijau, ya.

Bagaimana sudah tahu kan macam-macam jenis burung? Semoga bermanfaat!

Yuk Mengenal Macam-Macam Jenis Burung Cantik dan Suaranya Merdu

Tinggalkan komentar