Apa yang Perlu Disiapkan Saat Pindah Rumah?

Apakah pernah merasa repot ketika harus pindah ke perumahan baru? Kamu tidak sendiri, semua orang pastinya merasakan kerepotan pada saat pindah rumah. Ketika pindah rumah, hal yang paling menguras tenaga adalah membereskan barang-barang di rumah lama dan membongkar serta menatanya lagi di rumah baru. Kerepotan dan kelelahan akibat pindah rumah disebabkan karena kamu mengerjakannya di hari-hari terakhir menjelang pindahan. Padahal, jika dilakukan jauh-jauh hari, kamu tidak akan kerepotan.

Nah, untuk membantumu mengurangi kerepotan pada saat akan pindah rumah, kamu perlu menyiapkan beberapa hal, seperti :

persiapan pindah rumah

Contents

Membuat Rencana

Pada saat akan pindah ke perumahan di Jakarta Selatan, menentukan hari yang tepat merupakan sebuah keharusan. Sebaiknya buat rencana yang matang agar proses pindah rumah tidak terkendala dan terkesan terburu-buru. Ada baiknya, waktu pindah disesuaikan dengan hari libur, atau kamu bisa mengambil cuti khusus untuk membereskan barang dan berangkat pindah. Sesuaikan juga dengan jadwal sekolah anak-anak, usahakan agar tidak mengganggu jadwal mereka. Dengan demikian, proses pindah rumah akan lancar, tanpa perlu khawatir sibuk.

Mengurus Perpindahan Barang

Barang-barang yang akan dibawa ke rumah baru juga harus diatur dengan cermat. Pengurusan pemindahan barang ini kamu bisa lakukan dengan menyewa jasa pindah rumah, menggunakan mobil pick up atau truk, bisa pula dengan meminta bantuan teman dan saudara terdekat untuk membantu. Sistem pemindahan barang ini jangan dilakukan secara mendadak, agar proses pindah rumah tetap rapi dan berjalan dengan baik.

Membuat Daftar Barang yang Dibawa

Pada saat pindah ke perumahan baru, kamu mungkin ingin membawa semua barangmu yang ada di rumah lama. Namun, sebaiknya hal ini tidak perlu dilakukan karena akan membuatmu bertambah repot. Tinggalkan barang-barang yang sekiranya sudah tidak dibutuhkan di rumah lama dan hanya bawa barang-barang yang pasti akan digunakan di rumah baru. Hal ini bisa kamu lakukan dengan membuat daftar barang yang akan dibawa. Selain itu, kamu juga perlu membuat daftar prioritas barang yang akan dibawa pindah.

Tanggung Jawab Kepada Barang Pribadi

Bagi kamu yang sudah berkeluarga, proses pindahan rumah pastinya akan sedikit menantang. Banyaknya anggota keluarga tentu diimbangi dengan banyaknya barang yang akan dibawa pindah. Oleh karena itu, sebelum pindah rumah, sebaiknya kamu sampaikan terhadap anggota keluarga agar membawa kotak yang berisi barang-barang pribadi mereka. Hal ini untuk mencegah barang tertinggal atau tertukar pada saat di rumah baru.

Hati-Hati Barang Pecah Belah

Pada saat akan mengangkut barang ke perumahan di Jakarta Selatan, kamu harus hati-hati terhadap barang pecah belah, seperti pajangan sampai alat makan. Barang-barang ini harus mendapatkan perhatian dan pengamanan khusus agar sampai di rumah baru dengan aman. Bungkus barang-barang pecah belah dengan koran atau bubble wrap agar aman dan mencegah pecah. Jika masih ada kardusnya, masukkan kembali ke kemasan kardusnya agar lebih aman. Tandai kemasan barang pecah belah agar mudah diketahui.

Pastikan Semua Barang Terangkut

Pastikan semua barang-barang terangkut ke rumah baru, tidak ada lagi barang yang tercecer atau tertinggal di rumah lama. Setelah semua barang sudah terangkut, kunci pintu rumah, jendela, dan gerbang agar aman. Perlu diingat, kamu juga wajib memutus aliran listrik dan air agar tidak ditagihkan kembali. Cek juga semua tagihan di rumah lama, sudah terbayar semua atau masih ada yang menjadi tunggakan.

Begitu menetap di perumahan baru, jangan lupa untuk mengganti informasi alamat di seluruh platform yang dimiliki, seperti kartu kredit, marketplace, dan lain-lainnya.

 

Apa yang Perlu Disiapkan Saat Pindah Rumah?

2 pemikiran pada “Apa yang Perlu Disiapkan Saat Pindah Rumah?”

Tinggalkan komentar