Pengertian Komunikasi : Unsur-Unsur beserta Tujuannya

Pengertian Komunikasi – Mendengar istilah komunikasi tentunya Anda sudah tidak asing lagi bukan? Bahkan, hampir setiap hari sebagai manusia melakukan aktivitas yang di sebut dengan komunikasi. Dengan adanya komunikasi, Anda bisa mengerti dan di mengerti oleh orang lain.

Melalui komunikasi juga, Anda bisa menyampaikan apa yang menjadi aspirasi Anda, menyatakan perasaan Anda dan lain sebagainya.

Menurut Kamus besar Bahasa Indonesia pengertian komunikasi adalah pengiriman serta penerimaan sebuah pesan atau berita dari dua orang atau lebih agar pesan yang di maksud bisa di pahami.

Di dalam komunikasi terdapat unsur-unsur komunikasi. Tanpa adanya unsur-unsur ini tidak akan tercipta apa yang di sebut dengan komunikasi. Namun tahukah Anda apa saja yang termasuk ke dalam unsur-unsur komunikasi? Yuk simak ulasannya lebih dalam berikut ini!

Pengertian Komunikasi

Pengertian Komunikasi
belapendidikan.com

Secara umum pengertian komunikasi adalah sebuah interaksi atau proses simbolik di mana orang-orang memiliki kemampuan untuk mengatur lingkungan hidupnya dengan membangun sebuah hubungan antar sesama manusia. Selain pengertian tersebut beberapa ahli juga mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian komunikasi. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Raymond S. Ross

Menurut Raymond S. Ross, pengertian Komunikasi adalah sebuah proses menyaring, memilah, dan memberikan berbagai simbol dalam bentuk sedemikian rupa yang mana dapat memudahkan penyimak membangkitkan arti maupun respon dari pikiran yang sama dengan yang di kehendaki komunikator.

William Albig

Menurut William Albig, pengertian komunikasi adalah rangkaian tahapan transfer kata yang memiliki makna yang di lakukan oleh antar individu ataupun lebih.

William I. Gordon

Menurut William I. Gordon, pengertian komunikasi adalah sebuah pertukaran dinamis yang meliputi perasaan serta gagasan.

Redi Panuju

Menurut Redi Panuju, pengertian Komunikasi adalah arus sistem yang melekat serta kinerja antar bagian-bagian organisasi yang mengeluarkan suatu keharmonisan.

Murphy & Mendelson

Menurut Murphy & Mendelson, pengertian komunikasi adalah sebuah upaya yang di lakukan untuk mempertahankan dan menjalin hubungan interpersonal.

Rogers dan D. Lawrence Kincaid

Menurut Rogers & D. Lawrence Kincaid, definisi komunikasi adalah sebuah tahapan dimana dua orang atau lebih saling bertukar informasi satu sama lain, yang pada pokoknya akan muncul saling pengertian yang bersifat mendalam.

Djenamar SH

Menurut Djenamar SH, pengertian komunikasi adalah seni dalam menyampaikan gagasan, informasi, yang di lakukan seseorang terhadap orang lain.

Everett M. Rogers

Menurut  Everett M. Rogers, pengertian komunikasi adalah proses pengalihan ide dari satu sumber ke satu penerima atau lebih dengan tujuan agar mengubah tingkah laku.

James A. F. Stoner

Menurut James A. F. Stoner, pengertian komunikasi adalah suatu proses pada seseorang yang berusaha untuk memberikan pengertian dan informasi dengan cara menyampaikan pesan kepada orang lain.

Prof. Drs. H. A. W. Widjaya

Menurut Prof. Drs. H. A. W. Widjaya, arti Komunikasi adalah hubungan kontak antar dan antara individu maupun kelompok.

Anderson

Menurut Anderson, pengertian Komunikasi adalah rangkaian langkah serah terima maksud yang terjadi dengan dinamis serta konstan berubah sesuai dengan kondisi yang berlaku.

Lexicographer

Menurut Lexicographer, definisi komunikasi adalah upaya yang bertujuan untuk memberi dan meraih kebersamaan. Tujuan yang ingin di inginkan kedua belah pihak akan tercapai bila mereka berkomunikasi dan memiliki pemahaman yang selaras tentang informasi yang saling di transfer.

Aristoteles

Menurut Aristoteles, definisi komunikasi adalah usaha yang berfungsi sebagai alat warga masyarakat dalam berperan serta dalam demokrasi.

Hoben

Menurut Hoben, definisi komunikasi adalah suatu proses transfer pemikiran maupun ide dan gagasan yang di utarakan secara lisan.

William F. Glueck

Menurut William F. Glueck, definisi komunikasi dapat di bagi menjadi dengan dua bentuk, diantaranya:

  • Komunikasi Antar Pribadi

Komunikasi Antar Pribadi (Interpersonal communications) adalah proses saling bertukar informasi serta pemindahan pengertian antara dua individu atau lebih di dalam suatu kelompok kecil manusia.

  • Komunikasi Dalam Organisasi

Komunikasi Dalam Organisasi (Organization Communications) adalah proses dimana pembicara memberikan informasi secara sistematis dan memindahkan pengertian kepada orang-orang di dalam organisasi dan juga kepada orang-orang dan lembaga-lembaga di luar organisasi namun masih terkait dengan organisasi tersebut.

Shannon dan Weaver

Menurut Shannon dan Weaver, pengertian Komunikasi adalah wujud interaksi manusia yang keduanya ada ikatan dan saling mempengaruhi satu sama lain, baik sengaja atau tidak sengaja. Komunikasi tidak hanya dalam bentuk verbal saja, namun termasuk ekspresi muka, teknologi dan lukisan seni.

Dari berbagai teori yang di kemukakan oleh para ahli tersebut tentunya Anda sudah bisa menyimpulkan apa pengertian dari komunikasi. Komunikasi tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak terdapat unsur-unsur komunikasi di dalamnya. Unsur komunikasi tersebut harus terpenuhi agar tujuan komunikasi bisa tercapai.

Tujuan Komunikasi

Tujuan Komunikasi
ilhamteguh.com

Sebelum mengenal unsur-unsur komunikasi secara lengkap, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa tujuan komunikasi. Sehingga Anda bisa memahami secara dalam tentang komunikasi secara utuh. Adapun tujuan komunikasi, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Menggerakkan Orang Lain

Salah satu tujuan di adakannya sebuah komunikasi adalah mampu menggerakkan orang lain dari sebuah pesan yang Anda sampaikan. Pesan yang di sampaikan ini bisa bersifat persuasif atau dapat mempengaruhi orang lain.

Misalnya seorang pemimpin demo melakukan sebuah orasi untuk bisa mempengaruhi para anggotanya. Atau seorang guru yang memerintahkan kepada anak didiknya untuk melakukan sebuah tugas tertentu, dan lain sebagainya.

  • Agar Dimengerti Orang Lain

Pentingnya sebuah komunikasi adalah agar bisa saling mengerti antar sesama. Tanpa adanya komunikasi yang baik, seseorang sering terjadi kesalah pahaman yang dapat berakibat fatal. Kesalah pahaman ini seharusnya bisa di komunikasikan dengan baik agar bisa mengerti keinginan satu sama lain.

Melalui komunikasi, Anda bisa menyampaikan gagasan, perasaan, keinginan yang Anda miliki dan lain sebagainya. sehingga orang lain mampu menerima pesan yang Anda sampaikan dan mengerti apa keinginan Anda.

  • Agar Mengenal Satu Sama Lain

Tujuan komunikasi selanjutnya adalah agar bisa mengenal satu sama lain. Komunikasi akan mendorong interaksi antar sesama manusia. Sehingga antara satu dengan yang lainnya membangun sebuah hubungan untuk saling mengenal, saling membaca dan memahami satu dengan yang lain.

  • Agar Pendapat Anda Diterima Orang lain

Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwasanya dengan adanya komunikasi, seseorang bisa di terima pendapat dan gagasannya. Tanpa adanya komunikasi, orang lain tidak akan mengerti apa saja keinginannya. Yang ada hanya akan terjadi kesalah pahaman antara satu dengan yang lainnya.

Unsur-Unsur Komunikasi

Unsur-Unsur Komunikasi
inspirilo.com

Sebuah komunikasi tidak akan bisa berjalan sempurna apabila tidak terpenuhinya unsur-unsur komunikasi di dalamnya. Menurut Aristoteles, setidaknya terdapat tiga unsur komunikasi yang harus di penuhi, yaitu apa yang di bicarakan, siapa yang bicara dan siapa yang mendengarkan.

Sementara menurut para ahli komunikasi mengenai pendapat dari Aristoteles ini adalah pandangan Aristoteles ini akan lebih tepat untuk mendukung suatu proses komunikasi publik dalam bentuk retorika atau pidato. Hal ini terjadi karena pada zaman itu, retorika menjadi salah satu bentuk komunikasi yang paling banyak di gunakan di Yunani.

Unsur komunikasi menurut Claude Shannon dan Warren weaver adalah penerima, pengiriman, transmitter, tujuan dan signal. Kesimpulan ini di dapatkan oleh mereka berdasarkan penelitian yang mereka lakukan pada pengiriman pesan telpon dan radio.

Unsur-Unsur Komunikasi menurut Charles Osgood gerald Miller dan Melvin L de Fluer adalah memperkuat pendapat yang di sampaikan oleh para ahli sebelumnya. Hanya saja kedua ahli ini menambahkan umpan balik atau efek sebagai salah satu dari unsur-unsur komunikasi.

Nah dari berbagai pendapat para ahli di atas, secara umum unsur komunikasi antara lain adalah sebagai berikut:

  • Komunikator

Unsur komunikasi yang pertama adalah komunikator. Komunikator merupakan seseorang atau sekelompok yang bertugas menyampaikan sebuah pesan dalam proses komunikasi. Atau bisa di katakan bahwa komunikator adalah sumber dalam hubungan interaksi.

  • Pesan

Unsur komunikasi selanjutnya adalah pesan. Pesan merupakan sebuah informasi yang di sampaikan oleh komunikator. Pesan ini bisa dalam bentuk gambaran, kata-kata verbal, tulisan dan lain sebagainya.

  •  Sarana Komunikasi

Sarana komunikasi merupakan media yang di pakai untuk penyalur pesan tersebut dalam proses komunikasi. Dalam hal ini bisa menggunakan HP, televisi, radio, internet, koran, lukisan dan lain sebagainya.

  • Komunikan

Komunikan adalah orang atau kelompok yang menerima pesan yang di sampaikan oleh komunikator. Dalam komunikasi, komunikan  memiliki peranan penting karena menjadi sasaran dalam berkomunikasi.

  • Feedback

Umpan balik atau feedback merupakan jawaban yang di berikan oleh komunikan kepada komunikator terhadap pesan yang di sampaikan.

  • Dampak

Dampak adalah efek perbedaan yang terjadi  pada komunikan selepas menerima pesan tersebut dari komunikator. Ada yang memberikan dampak yang baik. Ada pula yang memberikan dampak yang buruk.

Nah itulah unsur-unsur komunikasi dan penjelasannya. Sejatinya komunikasi yang baik sangatlah penting untuk di lakukan. Pasalnya, berawal dari buruknya komunikasi bisa menyebabkan kesalah pahaman yang dapat berakibat fatal.

Tinggalkan komentar