Site icon Made Blog

10+ Gunung Tertinggi di Indonesia Yang Wajib Untuk Di kunjungi

Gunung Tertinggi di Indonesia – Menjelajahi gunung di Indonesia tentu menjadi kegiatan yang sangat menarik, apalagi jika Anda memang seorang pecinta alam yang hobi naik gunung. Indonesia kaya akan alamnya yang indah, termasuk gunung. Jadi, buat Anda yang hobi mendaki wajib banget menaklukan gunung tertinggi di Indonesia.

Ada banyak sekali gunung paling tinggi di Indonesia yang bisa Anda taklukan, dan Anda bebas mengeksplor seluruh bagian gunung tersebut. Kita juga bebas memilih gunung mana yang siap didaki.

Kumpulan Gunung Tertinggi di Indonesia yang Harus Anda Coba Jelajahi

Jika Anda terbiasa menjelajahi gunung yang ada di Indonesia, maka kini saatnya Anda menjelajahi gunung-gunung dengan tingkat ketinggian di atas rata-rata seperti gunung berikut ini:

  1. Gunung Puncak Jayawijaya

Gunung yang satu ini dikenal sebagai gunung paling tinggi di Indonesia dan dikenal di seluruh dunia. Bahkan nama Gunung Jayawijaya juga telah terdaftar UNESCO dan menjadi warisan dunia. Lokasi gunung ini berada di Kabupaten Puncak Jaya Papua.

Gunung Jayawijaya juga sering disebut sebagai gunung salju karena hanya di puncak gunung inilah salju turun di Indonesia. Selain itu, Gunung Jayawijaya juga menjadi satu-satunya gunung yang biaya pendakiannya sangat mahal. Biayanya mencapai puluhan juta untuk paket tour guide.

  1. Gunung Semeru

Gunung tertinggi di Indonesia yang lokasinya berada di Pulau Jawa adalah Gunung Semeru. Gunung Semeru terbentang pada dua lokasi sekaligus yaitu Kabupaten Malang dan Lumajang. Gunung yang satu ini selalu dikunjungi oleh para pendaki dari berbagai wilayah di Indonesia.

Jalur pendakiannya tidak rumit, walaupun jarak tempuhnya cukup panjang. Terdapat panorama yang sangat indah di Gunung Semeru ini. Selain dijadikan tempat mendaki, gunung tertinggi di Pulau Jawa ini juga menjadi tempat sakral bagi umat Hindu.

Menurut mereka, gunung ini menjadi tempat tinggal para Dewa seperti di Gunung Agung Bali.

  1. Gunung Kerinci

Gunung yang lokasinya berada di Taman Nasional Kerinci Jambi, bernama Gunung Kerinci. Gunung ini termasuk salah satu gunung api yang masih aktif dengan ukuran kawah yang ada di puncak sekitar 600 m.

Anda bisa memilih jalur Desa Kersik Tuo untuk mendaki ke Gunung Kerinci. Selain melihat pemandangan yang sangat indah di sekitarnya, Anda juga bisa melihat keindahan dari hamparan perkebunan teh Kayu Aro.

Perkebunan itu merupakan perkebunan paling tua di Jambi yang sudah ada sejak zaman Belanda.

  1. Gunung Puncak Mandala

Masih termasuk ke dalam jajaran Gunung Jayawijaya, Gunung Puncak Mandala juga dikategorikan sebagai gunung tertinggi di Indonesia. Bahkan Puncak Mandala juga sering disebut sebagai gunung tertinggi kedua di Indonesia.

Trek dan jalur pendakian untuk menuju ke puncak gunung ini cukup sulit ditaklukan. Hanya untuk para pendaki yang sudah terbiasa dan sudah paham rutenya saja yang bisa sampai ke Puncak Mandala ini.

  1. Gunung Rinjani

Keindahan yang terdapat pada gunung Rinjani ini tidak kalah cantiknya dengan gunung tertinggi di Indonesia lainnya. Rinjani terletak di Kabupaten Lombok Utara NTB. Gunung Rinjani dijuluki sebagai surga dunia karena memiliki keindahan yang tak terkira, dan sangat memesona.

Para pendaki yang mendaki ke gunung ini juga harus mematuhi sejumlah aturan pendakian di sana. Misalnya tidak boleh menyebut nama-nama hewan misalnya kambing, kerbau dan ayam ketika sedang mendaki.

Menurut warga atau masyarakat setempat, Gunung Rinjani menjadi tempat keramat yang dihuni oleh makhluk yang tak kasat mata. Itulah sebabnya setiap pendaki harus mendaki dengan sangat hati-hati.

  1. Gunung Sanggar

Gunung yang berlokasi di wilayah NTB ini dinamakan Gunung Sanggar, yang juga menjadi gunung paling tinggi di Indonesia. Walaupun tidak sepopuler Gunung Rinjani, tetapi keindahan yang dimiliki oleh gunung ini tak kalah bagusnya dengan Rinjani.

Bahkan ada jutaan keindahan yang menakjubkan di Gunung Sanggar tersebut. Apabila Anda berniat untuk mendaki Gunung Sanggar, bersiap-siaplah untuk dibuat terpesona dengan visual awan yang sangat indah dan membentang di sepanjang puncak gunung.

  1. Gunung Slamet

Gunung yang letaknya di Provinsi Jawa Tengah ini menjadi salah satu gunung berapi yang masih aktif. Kawah yang ada di gunung ini masih aktif hingga sekarang. Apabila Gunung Slamet meletus maka Pulau Jawa bisa terbelah menjadi dua.

Hal itu merupakan perkiraan jika suatu hari nanti Gunung Slamet meletus. Letak Gunung Slamet ini memang sangat dekat dengan Pulau Jawa dan berada di tengah Pulau Jawa.

Gunung Slamet memang menjadi gunung tertinggi di Indonesia, tetapi jarang direkomendasikan sebagai gunung yang siap didaki atau ditaklukan karena ada banyak sekali jalur yang tertutup oleh kabut di gunung tersebut.

Tak heran jika banyak pendaki yang tak sampai di puncak gunung karena kesulitan melewati jalur yang tertutup oleh kabutnya.

  1. Gunung Sumbing

Masih berlokasi di Jawa Tengah, gunung tertinggi lainnya yang ada di Indonesia adalah Gunung Sumbing. Gunung yang satu ini terbentang di tiga wilayah Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Temanggung, Magelang serta Wonosobo.

Terdapat tiga buah jalur pendakian yang bisa Anda lewati untuk menuju ke Gunung Sumbing ini. Tiga jalur pendakian itu diantaranya adalah jalur Bogowongso, Cepit Parakan, dan jalur Desa Garung.

  1. Gunung Latimojong

Gunung Latimojong merupakan gunung tertinggi di Indonesia yang ada di urutan ke 9. Letak gunung ini yaitu di tengah Sulawesi Selatan Kabupaten Enrekang. Ada sekitar tujuh pos pendakian untuk menuju ke Gunung Latimojong ini.

Pos pendakian tersebut bisa menjadi tempat untuk beristirahat pada saat pendaki sedang menjelajahi gunung. Titik awal pos gunung di kawasan pendakian gunung ini ada di Desa Karangan. Sedangkan untuk akhir pendakiannya ada di Puncak Latimojong Bulu Rante Mario.

Anda bisa melihat segala jenis fauna unggulan jika sudah sampai di kawasan pendakian Gunung Latimojong, seperti anoa atau babi hutan.

  1. Gunung Ngga Pilimsit

Masih di kawasan Papua, ada juga gunung tertinggi lainnya selain Gunung Jaya Wijaya. Nama gunungnya adalah Gunung Ngga Plimsit. Gunung yang satu ini berada di jajaran Pegunungan Maoke Papua.

Awalnya nama yang aneh dan unik yaitu Ngga Plimsit ini diambil dari nama Mount Idenberg, yang berasal dari nama Alexander Willem Frederik Idenburg.

Alexander ini adalah salah satu Gubernur Jendral yang pernah berkuasa secara penuh diantara tahun 1906-1916 silam, pada zaman Hindia Belanda. Nama pendaki pertama yang mampu mendaki dan mencapai puncak Gunung Ngga Plimsit adalah Heinrich Harrer dan Philip Temple.

Mereka berhasil mendaki gunung ini pada tahun 1962. Ada pula Danau Idenberg dengan warna hijau tua yang sangat memukau di bagian dasar gunung. Namun, Danau idenberg ini tidak memiliki aliran air yang masuk atau keluar.

Itulah sebabnya ketika musik kemarau tiba, danau akan sangat kering dan hanya ada tumbuhan ganggang saja di dasar danau tersebut.

Dari sekian banyak gunung tertinggi di Indonesia yang diuraikan dengan lengkap di atas, Anda bisa memilih gunung mana yang paling cocok untuk ditaklukan.

10+ Gunung Tertinggi di Indonesia Yang Wajib Untuk Di kunjungi

 

Exit mobile version