10 Contoh Resensi Novel Lengkap

Contoh Resensi Novel – Di era industri 4.0 kepraktisan dalam melakukan sesuatu semakin memudahkan para pengguna produk digital. Semua bia dicari hanya dengan modal telepon genggam dan jaringan internet. Maka tak heran hal itu mengikis peran buku sebagai media, meski begitu semua informasi yang ada tetaplah dicari melalui membaca. Membaca tak akan pernah bisa digantikan, karena segala bentuk kemudahan apapun tak akan bisa didapat jika orangnya sendiri malas untuk membaca. Padahal dengan membaca bukankah kita akan memiliki banyak pengetahuan?. Setelah membaca Anda pasti akan mengetahui kelebihan dan kekurangan buku tersebut.

Pengertian Resensi Buku

Kata yang berasal dari bahasa Belanda resentie ini berarti penilaian yang diberikan terhadap suatu karya. Suatu karya yang dinilai bisa berupa buku ataupun film. Secara lebih singkat resensi adalah isi dari sebuah karya sastra.

Resensi digunakan tidak hanya untuk menumbuhkan minat baca masyarakat, dalam suatu resensi buku atau film haruslah diberikan pula kelebihan dan kekurangan karya tersebut. Hal ini ditujukan agar pembaca mengetahui sejauh mana minat mereka terhadap karya tersebut. Menulis resensi buku sebaiknya Anda juga memberikan solusi mengenai apa yang mestinya diperbaiki agar dapat menjadi koreksi si pencipta atau pengarang. Sampaikanlah kritik Anda dengan sopan.

Pada kurikulum 2013 telah sering kita jumpai beberapa kegiatan meresensi dan bahkan sekolah yang masih menggunakan kurikulum 2006 juga menggunakan resensi sebagai bahan pembelajaran. Saat meresensi suatu karya haruslah didasari dengan kejujuran tanpa berniat mengada-ngada, tujuannya juga harus murni untuk mereview sebuah karya.

Untuk meresensi suatu karya hal pertama yang harus dilakukan adalah membaca karya tersebut dengan cermat. Resensi sebuah buku tidak boleh menggunakan dugaan atau firasat.

Unsur-Unsur Resensi Buku

UNSUR UNSUR RESENSI BUKU

  1. Identitas Buku

Sebelum membuat resensi dari sebuah buku, Anda harus mengetahui identitas buku tersebut. Mengenal identitas buku dirasa sangat penting sebagai bahan resensi agar Anda bisa mengetahui secara detail mengenai buku tersebut.

Beberapa identitas buku yang harus Anda ketahui adalah sebagai berikut:

  • Judul buku yang ingin diresensi
  • Nama pengarang buku tersebut
  • Nama penerbit buku yang akan diresensi
  • Jumlah halaman buku
  • Tahun terbit buku yang ingin diresensi
  • Nomer edisi terbit dari buku resensi

 

  1. Ikhtisar Buku

 

Ikhtisar dapat disebut debgai kesimpulan dari buku tersebut atau uraian akhir yang mengandung informasi dari keseluruhan karya. Isinya berupa fakta yang diberi pendapat. Penyajian secara singkat mengenai suatu karangan asli yang disajikan dengan proporsional.

 

  1. Pengarang

 

Untuk bagian penulisan pengarang biasanya berada di sampul buku paling depan. Ketika Anda menulis bagian pengarang Anda juga bisa menuliskan beberapa riwayat hidup atau latar belakang penulis. Anda dianjurkan untuk mengulik-ngulik kehidupan si pengarang yang akan memudahkan Anda dalam meresensi buku tersebut.

 

  1. Kelemahan dan keunggulan suatu karya

 

Inti dari sebuah resensi adalah menuliskan kelebihan dan kekurangan dari buku tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk melatih imajinasi Anda dan sikap kritis Anda terhadap segala hal.

Tujuan Resensi Buku Novel

Segala hal yang akan dilakukan pastilah harus memiliki tujuan yang pasti dan tidak mengambang. Ada banyak hal-hal yang harus diperhitungkan yang dimaksudkan agar menimbulkan semangat dalam proses pengerjaan suatu karya. Suatu tujuan akan memberikan motivasi pada Anda agar target segera tercapai dan memperoleh keberhasilan. Beberapa tujuan dalam resensi buku sebagai berikut:

  1. Memberikan dorongan kepada pembaca agar bersifat kritis terhadap segala hal khususnya sebuah buku yang mereka baca serta berharap agar resensi yang telah dibuat dapat menumbuhkan minat pembaca.
  2. Agar pembaca lebih kompetitif ketika kan membuat suatu karya
  3. Pembaca dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan buku tersebut
  4. Menjawab berbagai pertanyaan yang akhirnya dituangkan dalam sebuah resensi
  5. Untuk mencegah hal-hal buruk terjadi hal ini disebabkan karena sebelumnya pembaca telah diberikan gambaran suatu karya yang dituliskan melalui resensi

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa contoh resensi buku kategori novel yang dapat Anda simak sekaligus akan memberi pengetahuan pada Anda mengenai buku tersebut.

Contoh Resensi Novel Dear Nathan

CONTOH RESENSI NOVEL DEAR NATHAN

  1. Identitas buku
  • Judul: Dear Nathan
  • Penerbit buku : Best Media
  • Tahun penerbitan : Maret 2016
  • Jumlah Halaman: 528 halaman
  • Nomor Edisi: ISBN 978-602-6940-14-8
  1. Sinopsis

 

Novel yang memiliki genre roman ini menceritakan tentang beberapa remaja yang masih dalam lingkup anak SMA. Terdapat dua tokoh utama dalam novel tersebut, kedua tokoh tersebut memiliki karakter atau watak yang jauh berbeda bagaikan langit dan Bumi. Salma, murid pindahan yang dalam novel tersebut ditempatkan di sekolah yang kebanyakan siswanya suka dengan tawuran dan urakan. Salma adalah seorang gadis lugu yang segala tindakannya harus sempurna karena dia takut jika berbuat kesalahan di sekolah barunya.

 

Di hari pertama ia bersekolah Salma sudah terlambat upacara bendera jadi gerbang sekolah sudah dalam keadaan terkunci, Salma pun tak bisa masuk. Namun tiba-tiba ada seorang remaja laki-laki yang menghampirinya, remaja itu bernama Nathan yang akhirnya membantu Salma mengatasi masalahnya karena Nathan menunjukkan sebuah jalan rahasia untuk masuk sekolah tanpa melalui gerbang depan. Di suatu waktu akhirnya Salma tahu bahwa cowok yang menolongnya dari keterlambatan adalah salah satu murid di sekolah tersebut yang dikenal suka bikin ulah dan hobi berkelahi.

 

Waktu berjalan semakin cepat, Nathan merasa canggung dirinya sendiri, ia seakan tak mengenal dirinya. Nathan heran kenapa saat ia dekat dengan Salma ada sambutan halus dari hatinya. Seakan ada kebahagiaan tersendiri yang ia rasakan.

 

Entah apa yang terjadi hubungan Nathan dan Salma menjadi semakin dekat. Nathan yang sebelumnya dikenal siswa urakan telah banyak mengalami perubahan, Nathan menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Meski begitu, Nathan tak pernah mampu mengungkapkan perasaannya pada Salma karena menurutnya Salma selalu jutek jika bicara dengannya. Lalu bagaimana dengan Salma? Apakah Salma juga memiliki rasa yang sama seperti apa yang dirasakan Nathan terhadap dirinya?

 

  1. Kelebihan

 

Dengan berlatar anak SMA novel ini sangat akrab untuk anak-anak remaja. Penulis novel menggambarkan karakter tokoh-tokohnya dengan jelas. Sosok Nathan digambarkan sebagai sosok yang aktif dan unik sehingga membuatnya sulit ditebak. Meskipun begitu dalam novel ini Nathan adalah seorang laki-laki yang tidak suka melihat perempuan diremehkan dan disakiti. Hal ini bisa dilihat dari rangkaian kata-kata yang tertulis dalam novel Dear Nathan.

 

  1. Kekurangan

 

Kaidah literasi yang digunakan kurang baik, ada beberapa kata yang dinilai tidak baku dan tidak efisien. Penggunaan diksi dalam novel Dear Nathan juga terkadang tidak pas. Novel yang diangkat dari waatpad ini juga menggunakan sapaan saya-kamu untuk tokoh Nathan yang dirasa pembaca sangat tidak cocok untuk karakter seorang Nathan yang sebelumnya digambarkan sebagai bad guy.

Contoh Resensi Novel Laskar Pelangi

CONTOH RESENSI NOVEL LASKAR PELANGI

  1. Identitas buku
  • Judul Buku: Laskar Pelangi
  • Nama Penerbit: Yogyakarta, Bandung Pustaka
  • Tebal Halaman: 529 halaman
  • Nomor Edisi: ISBN 970 – 3062 – 79 – 7
  • Nama Pengarang : Andrea Hirata
  • Tahun Terbit Buku: 2005

 

  1. Sinopsis

 

Novel ini mengisahkan tentang sepuluh orang anak yang tinggal di pulau Belitung, Desa Gantung, Kabupaten Gantung yang bersekolah di sekolah Muhammadiyah. Yakni sekolah yang akan segera dibubarkan oleh depdikbud setempat karena tak layak sebagai tempat pendidikan. syarat yang diberikan oleh depdikbud adalah murid yang dimiliki sekolah tersebut haruslah sepuluh orang dan jika kurang dari itu maka sekolah akan dibubarkan. Padahal di daerah tersebut hanya sekolah Muhammadiyah yang dipilih sebagai tempat pendidikan.

 

Pengelola sekolah Muhammadiyah yakni pak Hafran menginformasikan syarat dari depdikbud tersebut kepada para wali murid bahwa jika tahun ini tidak memiliki 10 murid maka sekolah akan dibubarkan. Diantara ketegangan yang terjadi pada saat itu, datanglah Harun murid kesepuluh dari sekolah Muhammadiyah yang datang bersama ibunya.

 

Di novel ini juga dikisahkan mengenai seorang guru perempuan yang bernama bu Muslimah atau yang biasa disapa BU Mus yang akhirnya menyebut kesepuluh orang tersebut sebagai laskar pelangi. Tidak hanya mengisahkan tentang Borek si ceroboh, Lintang yang cerdas, pekerja keras dan tidak mudah menyerah, mahar yang ternyata memiliki bakat luar biasa dan Ikal yang mengalami peristiwa jatuh cinta.

 

Nama Laskar Pelangi diberikan oleh Bu Musk arena melihat semangat belajar para muridnya meski sekolah mereka adalah bangunan yang bahkan hampir roboh. Semangat yang ditunjukkan dapat dilihat saat Lintang tengah mengikuti olimpiade melawan sekolah-sekolah yang lebih berkelas Lintang mampu mengalahkan Drs. Zulfikar yang memiliki jabatan tinggi di PN dan dikenal memilikiotak yang luar biasa. Serta Mahar yang berhasil menang dalam acara memperingati kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus.

 

Bukan hanya tentang perjuangan seorang guru yakni juga perjuangan seorang untuk memperoleh pendidikan. mulai dari kisah Lintang yang dijuluki Einstein kecil karena kecerdasannya namun ternyata harus putus sekolah sejak kematian ayahnya. Tak lama setelah Lintang putus sekolah, Ikal ternyata harus mengucapkan selamat tinggal pada Belitung karena harus melanjutkan sekolah di kampung halamannya di luar Belitung.

 

  1. Kelebihan

 

Andrea Hirata memang penulis yang sudah tak asing lagi. Karya-karyanya sungguh fantastis karena bahasa yang digunakan sungguh menarik. Laskar Pelangi adalah novel Andrea Hirata yang mengusung sentuhan etnis melayu yang sangat kental. Laskar Pelangi sangat cocok untuk dibaca oleh anak-anak mapun orang dewasa karena mengisahkan tentang sebuah perjuangan menggapai mimpi dan hari esok yang belum pasti.

 

  1. Kekurangan

Penulisan waktu yang kurang jelas menjadi kekurangan tersendiri dari novel ini. Novel yang di tulis berdasarkan kisah nyata ini seolah tak dijelaskan secara gamblang kapan hal itu terjadi sehingga mengaburkan latar waktunya. Hal ini dilakukan seolah-olah ingin melindungi kepemimpinan pada waktu itu. setelah hadirnya novel ini mulai muncul banyak kritikan dari berbagai pihak yang mengetahui bahwa hal ini adalah kisah nyata dan mengecam perlakuan pemerintah saat itu.

 

 

Contoh resensi novel 5 cm

CONTOH RESENSI NOVEL 5 CM

  1. Identitas buku

Judul : 5 CM

Pengarang : Donny Dirgantoro

Penerbit : Grasindo

Tahun penerbitan : 2007

Tebak buku : 381 hlm

Nomor Edisi : ISBN 9797591514

 

  1. Sinopsis

 

Tentang Arial, Riani, Zafran, Ian, dan Genta yang menjalin persahabatan sejak bangku sekolah. Lima orang sahabat ini digambarkan sebagai orang baik-baik yang menyukai music, ngobrol absurd, film dan lain-lain. Semua genre film pun mereka sukai kecuali film india. 5 sahabat ini beranggapan memang semua permasalahan yang ada di dunia ini pastilah memiliki solusi, namun yang pasti menurut mereka solusinya bukanlah dengan berjoget dan bernyanyi di jalanan.

 

Ada lagi satu film yang tak mereka sukai yaitu film silat hal ini disebabkan bahwa dikisahkan mereka semua tak ada yang jago bela diri. Karena bagi mereka pembelaan diri yang paling ampuh di dunia ini adalah dengan mengatakan ‘maaf saya lagi khilaf’.

 

Persahabatan yang terjalin selama tujuh tahun membuat mereka saling memahami satu sama lain. Tentang Arial yang paling tampan, dengan tubuh atletisnya Arial tak pernah lupa menggunakan sepatu basketnya kemanapun ia pergi. Arial juga dikenal sebagai sosok dengan penjiwaan yang tenang dan ramah serta jarang khilaf. Tentang Riani yang merupakan satu-satunya perempuan dari keempat sahabatnya, cantik, cerdas dan tak lupa dengan kaca mata yang selalu bertengger di hidungnya. Riani adalah aktivis kampus, dan dengan hobi membacanya ia merupakan wanita yang berwawasan luas.

 

Tentang Zafran, si pembuat syair dan sering galau. Zafran digambarkan sebagai sosok yang selalu terus terang meski sedikit kocak kalau sudah bareng sama Riani. Badannya kurus dengan rambutnya yang gondrong. Tentang Ian, badannya paling gemuk diantara keempat sahabatnya. Supporter bola sejati, digambarkan dalam novel waktu Ian banyak digunakan untuk bermain bola dan ngefens berat sama Happy Salma. Tentang Genta, yang berwibawa sehingga sering dianggap sebagai pemimpin, seorang aktivis kampus dengan tubuh lumayan besar dan rambut berjambul

 

Persahabatan kelima orang ini selalu solid dan setiap orangnya punya ambisi masing-masing. Mereka berlima selalu mengagendakan pertemuan dan pergi bersama-sama. Namun, kejenuhan itu tiba-tiba datang dan setiap dari mereka memutuskan untuk tidak bertemu beberapa waktu dan tidak boleh ada komunikasi.

 

Tiga bulan terlewati dengan aktivitas mereka masing-masing. Kelima sahabat ini pun bertemu kembali dan berkumpul bersama. Mereka pun mengagendakan untuk pergi mendaki ke gunung yang merupakan puncak tertinggi Jawa. Dengan menaiki kereta ekonomi mataramaja untuk sampai di kota Malang, mereka disuguhkan dengan pemandangan indah disetiap perjalanan yang ditempuh.

 

Perjalanan menuju puncak tertinggi Jawa pun dimulai. Pukul 05.00 dari Ranu Pane Mahameru terlihat berkabut, angin dingin seolah menusuk kulit mereka. Pendakian berangsur dramatis, dan mereka pun akhirnya sampai di puncak Mahameru meski perjalanannya terdapat beberapa kecelakaan. Para pendaki berbaris teratur dengan menghadap ke arah bendera merah putih. Secara serentak mereka mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya di puncak tertinggi Jawa.

 

  1. Kelebihan

 

Tema yang diambil sungguh menarik, tentang kebersamaan, persahabatan, usaha, dan lain sebagainya. Donny pun agaknya memberikan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak berbelit-belit. Penggambaran karakter yang kuat pada setiap tokohnya. Penulis seolah ingin memberi pesan pada pembaca untuk tidak menyerah apapun yang terjadi.

 

  1. Kekurangan

Meski berakhir dengan bahagia, ada sedikit kejadian yang masih menggantung. Mengenai keturunan mereka yang memiliki umur yang sama, akhir ceritanya terlihat begitu dipaksakan.

 

Contoh resensi novel dilan

CONTOH RESENSI NOVEL DILAN

  1. Identitas buku
  • Penulis: Pidi Baiq
  • Judul Buku: Dilan 1990
  • Penerbit Buku: Pastel Books
  • Tebal Halaman: 332 hlm
  • Nomor Edisi: ISBN 978 – 602 – 7870 – 41 – 3
  1. Sinopsis

Mengangkat kisah percintaan pada masa putih abu-abu, Pidi BAiq mengisahkan tentang sepasang muda-mudi yang bernama Dilan dan Milea. Karakter Dilan digambarkan sebagai seorang remaja yang memiliki kepridaian sedikit aneh karena geng motor yang dipimpinnya, serta tukang bikin ulah di sekolah. Meski begitu Dilan adalah murid yang selalu menjadi peringkat pertama di kelas. Milea yang merupakan sosok murid baru di sekolah tersebut mulai penasaran dengan sosok Dilan yang dikenal urakan namun pandai berpuisi dan menyukai sastra yang kadangkala Dilan berikan pada Milea.

 

Novel yang berjudul Dilan ini lebih menggambarkan tentang bagaimana perasaan Milea yang terhanyut oleh kata-kata Dilan yang kadang absurd itu. kebingungan juga terkadang hinggap pada hati Milea, Pasalnya ungkapan perasaan dari Dilan seolah mengambang tanpa menemukan titik temu, sebab Mile merasa tak mendapat kepastian.

 

Cowok penyuka sastra seperti Dilan memiliki cara tersendiri dalam menyatakan cintanya pada Milea. Kisah yang berlatarkan tahun 90-an ini dikemas secara berbeda dan telah diangkat menjadi film layar lebar. Kisah romansa yang unik dan membuat pembaca semakin tertarik.

 

  1. Kelebihan

 

Pidi Baiq seolah berhasil memainkan emosi pembacanya sehingga terlarut dalam kisah cinta dua remaja SMA ini. Bahasanya ringan sehingga mudah dipahami, novel yang diangkat dari kisah nyata ini benar-benar telah mempengaruhi pembacanya dengan begitu besar. Mereka seolah dibuat bertanya-tanya tentang kebenaran sosok Milea dan Dilan. Pidi Baiq juga menyisipkan beberapa gambar dalam novelnya sehingga pembaca tidak cepat bosan dan ingin terus menikmati alur cerita yang disajikan.

 

  1. Kekurangan

 

Tidak ada kejelasan di akhir cerita jadi seolah kisahnya menggantung di tengah-tengah. Banyak cuplikan-cuplikan yang masih belum terjawab. Tentang kemana Dilan dan lain sebagainya. Konfliknya juga seolah belum terselesaikan, mungkin penulis juga ingin membuat rasa penasaran pembacanya semakin tinggi.

 

Contoh resensi novel London Love story

CONTOH RESENSI NOVEL LONDON LOVE STORY

  1. Identitass Buku

 

  • Judul Buku : London Love Strory
  • Nama penerbit : Loveable
  • Tahun Penerbitan : 2015
  • Pengarang : Tisa TS dan didampingi oleh Stanley MAulen
  • Tebak Buku : 192 hlm
  • Nomor Edisi : ISBN 978 – 602 – 72989 – 7 – 2

 

  1. Sinopsis

 

London loe story adalah sebuah film yang kemudian dibuat dalam bentuk novel karena saking banyaknya permintaan yang bermunculan. Penulis novel Tisa TS akhirnya membuat buku dengan judul yang sama dengan didampingi oleh Stanley Maulen yang membantunya mengedit novel tersebut.

 

Berbeda dengan film yang sudah ditayangkan, versi novel London Love Story mengisahkan tentang cinta yang akan terjadi di masa depan. Tentang seorang yang dituntut untuk memperjuangkan cintanya juga tentang bagaimana cara memperjuangkan cinta untuk masa yang akan datang. Novel romansa ini juga membubuhkan hal mengenai persahabatan

 

Meski sangat didominasi dengan kisah percintaan, namun novel ini juga mengisahkan tentang bagaimana membuka hati agar terus melangkah maju dan percaya akan adanya kesetiaan. Penulis mengambil Kota Londo sebagai latar tempat dalam cerita tersebut. Tentang beberapa tempat yang indah, kesejukan udaranya dal lain sebagainya.

 

  1. Kelebihan

 

Ceritanya unik dan sedikit nyentrik. Tempat yang digambarkan juga sangat sesuai dengan aslinya. Meski beguti pengarang London Love Story juga tak lupa membubuhkan alam Indonesia dalam karyanya. Dengan mengangkat genre romansa penulis tak segan membubuhinya dengan kisah persahabatan yang terjalin erat.

 

  1. Kekurangan

 

Kekurangan dari novel London Love Story. Tidak ada kejelasan kenapa tiba-tiba Caramel yakni salah satu tokoh dalam novel tersebut menghilang tanpa alasan. Juga terdapat bberapa typo dalam kata-katanya. Setidaknya novel ini diberi rentang umur, agar dengan himbauan bahwa anak dibawah umr dilarang untuk membaca novel tersebut.

Contoh Resensi Novel Assalamualaikum Beijing

CONTOH RESENSI NOVEL ASSALAMUALAIKUM BEIJING

  1. Identitas Buku

Judul buku : Assalamualikum Beijing

Pengarang : Asma Nadia

Penerbit : Nourabooks

Tebal buku: 360 halaman

Nomor edisi : ISBN 978 – 602 – 9055 – 25 – 2

Tahun Penerbitan : Oktober 2013

 

  1. Sinopsis

 

cerita ini diperankan oleh dua tokoh yang bernama Dewa dan Ra, yakni sepasang kekasih yang sudah menjalin cinta sejak mereka duduk di bangku kuliah. Namun keretakan itu terjadi disebabkan kesalahan yang dilakukan Dewa dengan seorang wanita bernama Anita – rekan kerja Dewa- yang menyebabkan pernikahan yang akan berlangsung sebulan kemudian harus dibatalkan

 

Meski begitu Dewa terus saja berusaha mengejar kembali kepercayaan Ra dan agar Ra tidak membatalkan pernikahan mereka. Namun semua itu tak berhasil, kini seorang Ra telah berganti sebagai Asma.

 

Keergian Asma ke Beijing dikarenakan adanya tawaran pekerjaan sebagi reporter yang ditawarkan oleh sahabatnya yang bernama Sekar. Asma pun memutuskan untuk menerima tawaran itu. selain itu tujuan Asma menerima tawaran tersebut adalah agar tidak berlarut-larut dalam kesedihan akibat pengkhianatan Dewa. Dalam salah satu perjalanan Asma di Beijing ia bertemu dengan seorang lelaki bernama Zhongwen. Zhongwen adalah lelaki yang tampan, gagah, santun, dan Zhongwen lah yang mengenalkan Asma pada kisah Ashima sang ratu Yunani.

 

Sejak Zhongwen bertemu dengan Asma, Zhongwen banyak menerima hal-hal tentang Islam. Sebab itulah yang memberikannya hidayah untuk masuk Islam dan menjadi muallaf. Zhongwen dan Asma menjadi semakin akrab dan saat itulah Asma mulai membuka hatinya kembali hanya untuk Zhongwen.

 

Namun, tiba-tiba petaka itu datang. Asma didiagnosis menderita sindrom darah kental atau sindrom Sindrom Antibodi Antifosfolipid (APS) yang menyebabkan Asma sulit hamil bahkan melahirkan.

 

Zhongwen yang tidak tahu menahu tentang penyakit Asma dan Zhongwen tak tahu bahwa ternyata Asma telah kembali ke Indonesia. Zhongwen kelimpungan mencari sosok Asma tentang dimana Asma berada, sehingga ketika ia mendapat petunjuk tentang keberadaan Asma Zhongwen memutuskan untuk langsung terbang ke Indonesia. Dalam perjuangan melawan penyakit yang dideritanya Asma selalu mendapat dukungan dari Zhongwen dan keluarga nya. Sebab kesabaran dan perjuangan itulah Asma dan Zhongwen menikah dan memutuskan untuk tinggal di Beijing.

 

  1. Kelebihan

 

Kisah nya dibuat mengakir apa adanya sehingga pembaca dapat menikmati setiap alurnya dengan tanpa kebingungan. Banyak beberapa plot yang menggambarkan keberagaman suku dan ras. Novel Assalamualaikum Beijing mengajarkan tentang kesetiaan yang memang tidak boleh dipermainkan. Serta perjuangan seorang wanita dalam mengatasi sakit hatinya.

 

  1. Kekurangan

 

Tidak adanya konflik antara Dewa dengan Zhongwen yang padahal saat itu Dewa masih sangat mencintai Asma, serta ada beberapa kata yang disebutkan secara berulang, contohnya pemuda jangkung, wanita cantik, dan lain-lain.

 

Contoh Resensi Novel Senior

CONTOH RESENSI NOVEL SENIOR

  1. Identitas Buku
  • Judul Buku : Senior
  • Pengarang : Eko Ivano Winata
  • Nama penerbit : Mizan Puataka
  • Tahun penerbitan : 2018
  • Nomor Edisi : ISBN 978 – 602 – 6716 – 22 – 4
  • Tebal buku : 320 halaman

 

  1. Sinopsis

 

Berlatarkan sebuah SMA yang bernama SMA Sevit, yakni sekolah yang ada di kota Bandung dan sekolah ini menjadi sekolah impian anak SMA. Menurut banyak orang, SMA Sevit adalah sekolah yang menyenangkan, namun bebrbeda dengan Aluna, menurutnya SMA Sevit adalah sekolah yang memberinya penderitaan tersendiri. Hal ini dikarenakan sejak pertama kali ia masuk ke sekolah ini OSIS SMA Sevit sudah menunjukkan taringnya sejak masa orientasi.

 

Sebab Aluna yang terlalu tergesa-gesa saat berjalan ia pun menabrak seorang ketua OSIS dan ia pun mendapat hukuman dari seniornya. Hukumannya itu mengharuskan Aluna untuk mengelilingi lapangan sebanyak enam kali. Sejak peristiwa ini kebencian mulai hinggap pada diri Aluna, ia menjadi sangat benci pada seniornya telebih pada Nakula sang ketua OSIS SMA Sevit.

 

Nakula adalah senior Aluna yang dikenal cerdas dan namun pendiam. Sebab kecerdasannya juga wajah yang memadai membuat Nakula menjadi idaman para perempuan di SMA Sevit. Seiring berjalannya waktu Aluna dan Nakula saling mengenal. Aluna kini menjadi satu-satunya orang yang mengetahui sisi gelap dari seorang nakula yang kemudian membuat Aluna berfikir apa yang harus ia lakukan. Haruskah Aluna membantu Nakula atau memaklumi kekurangan tersebut.

 

Keakraban di antara nereka berdua semakin dekat dan akrab komunikasi terus terjalin dan mereka berdua melewati kisah indah bersama-sama. Nakula yang digambarkan memiliki perseteruan dengan ayahnya karena kesalahpahaman dapat diperbaiki oleh Aluna. Aluna menjadi sosok yang penting dalam kehidupan Nakula karena membuat Nakula berubah menjadi lebih baik.

 

Hubungan mereka terus berlanjut sampai ada hal dan peristiwa yang membuat mereka menjalin hubungan jarak jauh atau LDR.

 

  1. Kelebihan

 

Bahasa yang digunakan ringan dan memngikuti zaman karena masih berlatarkan kehidupan remaja. Novel yang sangat menarik untuk dibaca ini memberikan alur yang sungguh berkesinambungan. Sehingga membuat pembacanya terhanyut dalam kisah perjalanan Aluna dan Nakula.

 

  1. Kekurangan

 

Salah satu kekurangan dari novel ini adalah mengenai akhir cerita yang dirasa masih menggantung. Nakula dan Aluna memang disebutkan menjalin hubungan namun sekiranya ada yang masih janggal.

 

Contoh Resensi Novel Perahu Kertas

CONTOH RESENSI NOVEL PERAHU KERTAS

  1. Identitas Buku

 

Judul buku : Perahu Kertas

Penulis Buku : Dewi Lestari

Tebal Halaman : 444 hlm

Nama Penerbit : Treudee Pustaka dan Bentang Pustaka

Tahun Penerbitan : 2010

 

  1. Sinopsis

 

Salah satu karya dari Dewi lestari ini sudah diangkat menjadi film layar lebar. Mengisahkan tentang seorang pria bernama Keenan yang telah menyelesaikan pendidikannya di Belanda yang bercita-cita menjadi seorang seniman lukis. Namun, ayah Keenan tidak mengijinkan dan lebih menginginkan Keenan untuk belajar di perguruan tinggi fakultas ekonomi.

 

Dikisahkan pula seorang perempuan yang bernama Kugy dengan pembawaan ceria dan periang juga sangat menyukai dongeng. Kebiasaannya adalah menuliskan segala perasaannya pada kertas yang kemudian di bentuk seperti perahu lalu ia akan menghanyutkannya di sungai berharap Dewa Neptunus membacanya.

 

Kugy memiliki dua orang sahabat yang bernama Eko dan Noni, mereka berteman sejak masih kecil. Mereka jugalah yang mempertemukan Keenan dan Kugy yang kemudian berakhir saling menyukai namun keduanya memilih untuk tak mengungkapkan perasaan masing-masing. Hal ini dikarenakan Kugy sudah memiliki Joshua dan Keenan dijodohkan dengan Wanda.

 

Kugy kembali ke Jakarta setelah menamatkan pendidikannya dan bekerja sebagai copywriter. Sedangkan Keenan memiliki tekad untuk menjadi pelukis meski ditentang ayahnya. Keenan memutuskan untuk pergi ke Bali dan menemui sahabta ibunya yang bernama Pak Wayan, lalu bertemulah ia dengan Luhde Laksmi yang membuatnya jatuh cinta.

 

  1. Kelebihan

 

Kelebihan buku ini adalah para karakternya sangat kuat, penulis menggambarkan setiap karakternya begitu unik dan penuh kesan. Tak hanya mengisahkan tentang percintaan tapi juga tentang persahabatan yang membuat alurnya semakin menarik. Ceritanya pun tak berbelit-belit sehingga mudah dipahami

 

  1. Kekurangan

 

Alurnya mudah ditebak sebab mengangkat kisah-kisah umum yang terjadi dalam persahabatan.

 

Contoh Resensi Novel Sang Pemimpi

CONTOH RESENSI NOVEL SANG PEMIMPI

  1. Identitas buku
  • Judul Buku: Sang Pemimpi
  • Tahun penerbitan : 2011
  • Penerbit buku: Bentang Pustaka
  • Penulis: Andrea Hirata
  • Jumlah Halaman: 248 halaman

 

  1. Sinopsis

 

Mengisahkan tentang perjuangan seorang pemuda untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Andrea menggambarkan bahwa cita-cita haruslah setinggi mungkin tapi dengan tekad yang kuat tak ada yang mustahil. Selain itu, novel ini juga mengisahkan tentang sulitnya mendapat pendidikan pada masa itu.

 

Karena cita-cita yang harus digapai tokoh dalam novel ini bertekad untuk masuk ke sekolah negeri di tingkat SMA nantinya dirasa akan menghantarkan mereka ke luar negeri yakni Perancis tepatnya kota Sorbenne. Setiap orang mempunyai hak untuk bermimpi tak terbatas pada financial atau dari golongan mana ia berada. Hal itu yang mencoba dituangkan oleh penulis melalui novel ini.

 

Karena mimpi yang besar akhirnya tokoh dalam novel ini berhasil masuk ke sekolah SMA Negeri, namun perjuangan terus berlanjut. Perjuangan mereka untuk bersekolah di SMA Negeri mengaharuskan mereka tinggal di tempat kumuh yang ada di daerah pasar. Selain itu mereka juga harus rela bekerja sambilan sebagai kuli ngambat di pasar itu agar bisa tetap menjalani kehidupan mereka.

 

Tokoh-tokoh yang ada dalam novel Sang Pemimpi diantaranya Jimbron yang teguh dalam agama dan akidahnya meski sedari kecil sudah dididik oleh seorang pendeta, Arai yang hidupnya memang sudah sebatang kara, juga Ikal yang orang tuanya dinyatakan bangkrut.

 

Dari sekian peristiwa-peristiwa yang terjadi membuat mereka membulatkan tekad untuk bermimpi serta memperbaiki hidup mereka. Mulai dari Arai yang mulai berangan dan kemudian disusul oleh Ikal dan JAmbron. Ketiga sahabat ini berjuang bersama meraih mimpi mereka dan rela meninggalkan kampung halaman mereka. Terdapat pula beberapa kisah cinta yang diselipkan dalam novel ini yakni kisah para tokohnya ketika tengah mengejar mimpinya.

 

  1. Kelebihan

 

Novel ini mengisahkan tentang tekad yang tak pernah putus dan keinginan luar biasa untuk memperbaiki diri jadi sangat tepat jika dibaca untuk anak muda jaman sekarang. Novel Sang Pemimpi ini seolah menyadarkan para pembacanya bahwa financial bukan menjadi halangan untuk bermimpi setinggi mungkin

 

Setiap orang memiliki hak yang sama dalam kehidupan, ia bebas untuk bermimpi dan mewujudkan mimpinya. Ambisi yang dituangkan dalam novel ini seolah memupuk anak-anak pada saat itu tentang tak malu untuk terus berjuang, tak terpuruk pada keasaan dan lain sebagainya. Penggambaran tokohnya juga sangat kuat, sehingga pembaca seolah dituntut untuk merasakan perasaan setiap tokohnya. Tentang tiga orang sahabat yang berani bermimpi meski masalah datang silih berganti.

 

  1. Kekurangan

 

Sama dengan novel LAskar pelangi, meski diambil berdasarkan kisah nyata penulis seyogyanya enggan untuk memberi tahu kapan tepatnya hal itu terjadi. Sehingga membuat penasaran pembaca.

 

Contoh Resensi Surat Kecil Untuk Tuhan

CONTOH RESENSI SURAT KECIL UNTUK TUHAN

  1. Identitas Buku

Penulis: Agnes Davonner

Judul dari buku : Surat Kecil untuk Tuhan

Jumlah halaman : 232 halaman

Tahun Penerbitan: 2008

Penerbit Buku : Inandra Published

 

  1. Sinopsis

 

Mengisahkan tentang seorang gadis yang berjuang melawan kanker ganas yang terus saja menggerogoti tubuhnya. Novel yang diambil dari kisah nyata ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Keke yang pada masa putih abu-abunya sudah mengidap penyakit mematikan tersebut. Dokterpun sudah bayak yang memprediksi bahwa umurnya sudah tak lama lagi, namun Keke tetap berjuang dan tidak putus asa. Keke memiliki 6 sahabat yang selalu menemaninya dan mendukungnya, di sekolah ia bahkan aktif dalam kegiatan intra maupun ekstra sehingga gadis periang ini memiliki banyak teman.

 

Sejak divonis mengidapkanker, Keke tetap ingin bersekolah. Namun seiring waktu berjalan kanker dalam tubuhnya seolah menggerogoti secara perlahan, wajahnya yang semula cantik dan tersenyum manis kini berubah menjadi mengerikan bak monster. Hal itu tak membuat Keke menyerah untuk segera sembuh dari penyakitnya. Pengobatan yang dijalaninya pun membuat system imun Keke memburuk, rambutnya rontok dan Keke terlihat pucat. Rambut yang terus-terusan mengalami kerontokan akibat kemotrapi membuat Keke harus menggunakan rambut palsu setiap harinya.

 

Ayah Keke yang melihat penderitaan yang dialami anaknya merasa prihatin din ia pun berusaha sekuat tenaga untuk bisa menyembuhkan Keke, putrid kesayangannya. Sedangkan untuk mengangkat sel kanker harus dilakukan operasi pada wajahnya dan Ayah keke merasa tak tega. Sehingga Keke di bawa oleh ayahnya berobat ke berbagai tempat alternative dan berharap segera mendapatkan obat yang cocok untuk kanker yang diderita Keke. Namun nyatanya tak membuahkan hasil semakin hari kanker itu semakin ganas. Hal inilah yang membuat ayah Keke mengambil langkah medis untuk kesembuhan putrinya, dan diceritakan pula bahwa setelah menjalani kemotrapi sel kanker tersebut telah benar-benar hilang dari tubuh Keke.

 

Kehidupan berjalan seperti biasa, Keke bersekolah seperti biasanya. Namun tak berselang lama bahagia itu ada hal yang lebih mengerikan lagi terjadi padanya. Disini juga mengisahkan ke enam sahabat Keke yang terus mendukung dan menemaninya ketika berjuang melawan kanker.

 

Keke dinyatakan meninggal pada tahun 2006 sebab penyakit yang dideritanya. Kesedihan melingkupi teman-teman sekolahnya terutama orang tua Keke yang sebelumnya telah bercerai dan hidup masing-masing. Setelah kepergian Keke pengumuman hasil ujian pun keluar dengan Keke sebagai peraih nilai tertinggi di sekolahnya. Sungguh perjuangan sampai titik akhir penghidupan.

 

  1. Kelebihan

 

Novel ini sungguh layak untuk dibaca karena mengisahkan tentang perjuangan yang tak pernah putus. Penulis juga seolah berhasil memainkan emosi para pembacanya untuk merasakan kesedihan tokohnya. Serta memberikan pesan moral bahwa meski keadaan tidak memungkinkan masih ada harapan karena kita diwajibkan untuk ikhtiyar. Pembaca juga seolah dibuat salut dengan anak yang dalam novel disebut sebagai Keke. Novl ini pun diangkat menjadi film layar lebar dengan judul yang sama.

 

  1. Kekurangan

 

Setiap karya pastilah memiliki kekurangan yang berhasil ditemukan adalah kiasan yang digunakan terkadang membuat pembaca kebingungan dan berimajinasi tentang maksud penulis.

 

Nah, itu tadi pengertian, tujuan dan contoh resensi buku. Dalam memberikan kritik hendaklah dengan bahasa yang sopan agar tak menyinggung sipembuat karya. Dengan sering meresensi sebuah buku akan melatih kejelian dan cara pandang Anda.

10 Contoh Resensi Novel Lengkap

Tinggalkan komentar