9 Inspirasi Tanaman Gantung yang Cocok Untuk Mempercantik Rumah

Tanaman gantung – Memberikan sentuhan bunga atau tanaman di rumah tentunya akan membuat rumah terlihat lebih segar. Namun, apa jadinya jika rumah yang Anda miliki ini tidak memiliki taman yang cukup luas untuk menanam tanaman.

Jika sudah demikian, apakah mimpi untuk memiliki rumah yang indah dengan tanaman yang cantik tidak akan terwujud? Jangan khawatir, karena saat ini Anda bisa memberikan sentuhan tanaman pada rumah dengan menggunakan tanaman gantung.

Jenis tanaman yang satu ini tentunya jauh lebih praktis, tidak banyak makan tempat dan tentunya akan membuat rumah Anda semakin indah. Adapun jenis tanaman yang bisa Anda gunakan di sini seperti tanaman hias maupun bunga yang cocok untuk dijadikan tanaman gantung.

Nah, bagi Anda yang masih bingung memilih referensi tanaman ini yang seperti apa, yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Macam-macam Tanaman Gantung

1. Kembang Anting-Anting atau Fusciha

Kembang Anting-Anting atau Fusciha
www.yayaazura.com

Pernahkah Anda mendengar sebuah nama tanaman yang disebut dengan bunga anting-anting. Ya, di Indonesia bunga yang satu ini sangatlah terkenal. Namun, ternyata di luar negeri bunga anting-anting memiliki nama yakni fuschia. Jenis tanaman yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan tanaman gantung.

Hal ini karena saat ditanam posisi dari tanaman ini akan menggantungkan bunganya yang mirip dengan sebuah anting-anting. Jenis bunga yang satu ini juga mudah untuk tumbuh dan ia juga berbunga sepanjang tahun. Jenis bunga yang satu ini juga sangat mudah untuk ditemukan di pasaran lho.

Beberapa warna yang bisa Anda temukan pada bunga ini seperti putih, merah, ungu dan ada juga warna kombinasi. Jika Anda menggunakan bunga ini sebagai tanaman gantung, pastikan jika Anda merawatnya dengan sungguh-sungguh, pastikan bahwa Anda selalu rajin menyiramnya agar hasilnya lebih bagus dan rumah Anda juga lebih indah.

2. Tanaman Begonia

Tanaman Begonia
www.tanamanhias.web.id

Tanaman gantung berikutnya yang sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias di rumah adalah tanaman begonia. Jenis tanaman yang satu ini biasa tumbuh di negara tropis seperti Indonesia. Jenis bunga yang satu ini memiliki banyak variasi yang berbeda, jenis bunga ini memiliki pucuk dengan warna dan juga bentuk yang berbeda.

Ia juga hadir dengan warna yang lengkap lho. Salah satu jenis bunga yang terkenal dari jenis bunga ini adalah begonia rex. Jenis bunga yang satu ini memiliki ciri khas yakni daunnya berukuran besar dengan bunga hijau dan merah. Ada juga bunga lain dari jenis ini yakni Begonia cane yang biasanya dijuluki dengan nama sayap malaikat.

Berbagai jenis bunga ini bisa dijadikan tanaman gantung. Dengan kecantikan yang dimiliki inilah membuat bunga ini sangat cocok untuk dijadikan penghias rumah yang semakin cantik.

3. Lili Paris

Lili Paris
rumahlia.com

Jenis bunga berikutnya yang bisa Anda jadikan tanaman gantung adalah bunga lili paris. Jenis bunga yang satu ini sangatlah cantik dan cocok untuk menghiasi rumah Anda. Jenis bunga yang satu ini sangat tahan panas lho dan bisa beradaptasi dengan lingkungan.

Bunga ini juga memiliki warna daun yang sangat cantik dan bisa tumbuh ke bawah lho. Nah, bagi Anda yang akan menanam tanaman ini dengan menggunakan pot. Ada baiknya jika Anda menanamkan dengan menggunakan tanah liat. Jangan lupa untuk meletakkan tanaman ini di daerah yang mendapatkan sinar matahari yang cukup.

4. Bunga Petunia

Bunga Petunia
bibitbunga.com

Jenis bunga yang satu ini berasal dari Amerika Serikat. Biasanya jenis bunga yang satu ini memiliki ketinggian antara 6 sampai 30 cm. Sebagai tanaman gantung, bunga petunia ini memiliki kelopak bunga yang memiliki bentuk yang mirip seperti terompet.

Dengan tampilannya yang seperti ini menjadikan bunga ini terlihat sangat cantik. Karena itulah wajib hukumnya bagi Anda untuk menanam tanaman ini. adapun bunga ini sendiri tampil dengan warna yang sangat menarik.

Diantara warna yang bisa Anda pilih seperti kuning, merah, putih, ungu dan juga biru. adapun bunga ini sendiri termasuk bunga semusim, namun kadang ia juga sering berbunga. Adapun biasanya tanaman ini berdomisili di daerah seperti Bogor dan Bandung.

5. Ragam Cantik Bunga Lobelia

Ragam Cantik Bunga Lobelia
tanamanhiasan.com

Bunga yang satu ini terkenal dengan keindahan bunganya yang sangat cantik dan beraneka ragam. Jenis bunga yang satu ini akan membuat rumah Anda semakin cantik dan menarik. Bunga ini hadir dengan warna yang cantik seperti ungu, merah, biru dan juga putih.

Tidak hanya cantik bunga ini juga tidak memerlukan perawatan yang khusus lho. Selain itu dia juga bisa dengan mudah tumbuh subur. Karena itulah jenis bunga yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai tanaman gantung di rumah Anda.

Untuk Anda yang ingin menanam tanaman ini caranya juga sangat mudah dimana Anda bisa menanamnya dengan menaburkan bibit. Jika tanaman ini sudah mulai tumbuh baru saja dipindahkan ke pot untuk dijadikan sebagai tanaman gantung.

6. Bunga Geranium

Bunga Geranium
saktidesain.com

Pernahkah Anda mendengar istilah bunga geranium? Ya, bunga yang satu ini memang sangat terkenal dengan kemampuannya yang ampuh untuk mengusir nyamuk. Bunga ini ternyata sangat cantik dan cocok untuk dijadikan tanaman gantung di rumah.

Pada umumnya, jenis bunga yang satu ini tampil dengan warna merah dan ungu. Ia juga memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Adapun salah satu keunggulan yang dimiliki oleh bunga ini adalah kemampuannya yang dapat menghalau nyamuk.

Tidak hanya itu saja, jenis serangga yang berkaki enam juga tidak suka dengan bau dari bunga ini. Namun, bagi Anda yang berencana menjadikan bunga ini sebagai tanaman di rumah. perlu Anda tahu bahwa bunga geranium hanya bisa tumbuh dan berbunga di daerah yang sejuk.

Untuk melakukan perawatan juga harus dilakukan secara ekstra agar ia bisa tumbuh dengan optimal. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan rajin menyiraminya secara teratur. Tidak hanya itu, Anda juga harus menjaga kelembaban dan suhu serta rajin memberikan pupuk agar bunga ini bisa berbunga secara optimal.

7. Bunga Pukul Sembilan atau Portulaca

Bunga Pukul Sembilan atau Portulaca
www.dekoruma.com

Bagi Anda masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing dengan bunga pukul sembilan ini. bunga ini memiliki bentuk yang pendek namun hadir dengan bunga yang berwarna warni. Karena itulah bunga pukul sembilan sangat cocok untuk dijadikan hiasan di rumah.

Kelebihan yang dimiliki oleh bunga ini adalah ia bisa tumbuh dengan cepat dan mudah tanpa harus membutuhkan penyiraman secara rutin. Bunga ini juga sangat minim perawatan lho. Karena itulah bunga yang satu ini bisa dijadikan salah satu pilihan praktis tanaman gantung yang bisa Anda pilih.

8. Bunga Anggrek

Bunga Anggrek
kaltim.tribunnews.com

Anda tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya bunga anggrek. Jenis bunga yang satu ini terkenal dengan keindahan bunganya yang cantik dan mempesona. Saking indahnya, tidak heran jika tanaman yang satu ini kerap dijadikan bunga gantung.

Selain memiliki nilai estetika yang tinggi, menggunakan bunga ini juga akan memberikan tampilan rumah yang lebih indah lho. Tidak hanya itu saja, untuk menemukan bunga anggrek juga sangat mudah lho. Dengan memberikan sentuhan bunga anggrek, maka ini juga bisa mengurangi polusi udara di rumah.

9. Bunga Lantana

Bunga Lantana
egangardens.com

jenis bunga selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan untuk mempercantik rumah adalah bunga lantana. Bunga yang satu ini merupakan bunga yang berasal dari Amerika.

Bunga ini memiliki bentuk yang sangat cantik dimana ia memiliki bentuk seperti sebuah payung. Tidak hanya itu, ia hadir dengan berbagai pilihan warna seperti pink, kuning, ungu, merah tua, putih dan juga warna kombinasi. Jenis bunga yang satu ini akan tumbuh dengan cepat yang disesuaikan dengan kondisi iklimnya.

Lantana juga memiliki kemampuan yang dapat mengundang kupu-kupu untuk datang lho. Karena hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa Anda harus memilih bunga lantana untuk hiasan di rumah.

Bukankah ke 9 bunga yang sudah disebutkan di atas ini sangat cocok untuk menghiasi rumah Anda? Yuk jadikan rumah Anda lebih indah dan menarik meskipun tidak memiliki tanaman yang luas. Bagaimana caranya? Caranya sangat mudah yakni dengan memberikan sentuhan tanaman gantung yang sudah disebutkan di atas. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat ya.

Tinggalkan komentar