Doa Ulang Tahun Islami Untuk Ayah, Ibu, Anak, Sahabat, Pernikahan

Doa ulang tahun – Kodrat manusia adalah mengalami hidup dan mati. Mati adalah rahasia Tuhan dan hidup dihitung sejak seseorang lahir ke dunia. Ketika waktu ulang tahun telah tiba, segelintir doa akan di panjatkan untuk mendoakan orang yang umurnya telah bertambah tua.

Semakin dewasa dan kian bertambahnya usia, banyak tanggung jawab yang akan dibebankan, bisa jadi semakin besar dan strategis. Ada beberapa doa-doa ulang tahun yang di tujukan untuk saudara maupun rekan di hari peringatan kelahiran mereka.

Terutama bagi anak-anak dan orang tersayang, pastikan untuk memberi doa yang terbaik ketika mereka berulang tahun sebagai ungkapan kasih. Hadiah atau kado yang diberikan tidak harus berupa barang, apalagi yang bernilai tinggi.

Hal yang paling berkesan adalah yang diberikan dengan kasih sayang beserta ucapan selamat ulang tahun, dan tentunya panjatan doa-doa baik untuk waktu yang akan datang. Berikut adalah beberapa doa yang dapat di panjatkan ketika anak, kerabat, maupun kolega sedang berulang tahun.

Doa Ulang Tahun Mohon Panjang Umur

www.islamsuciberiman.com

Urusan tentang rezeki maupun wafatnya seseorang telah diatur sebagaimana mestinya berdasarkan takdir dari Allah SWT. Maka dari itu, manusia wajib menjaga kondisi kesehatannya sendiri, dan memperbanyak amal sholeh dengan melaksanakan perintah-perintah dari Allah SWT.

Lalu yang tak kalah penting, seiring dewasanya manusia hendaknya lebih bijak dan menghindari larangan-larangan Allah SWT. Umur yang dimiliki setiap orang pastilah akan berkurang seiring berjalannya waktu. Hanya manusia bijak yang dapat memahami berbagai arti kehidupan dengan kebijaksanaan yang ia miliki.

Untuk membacakan doa untuk memohon umur yang panjang, kita dapat mengajarkannya kepada anak-anak kita. Berikut adalah doa memohon umur panjang yang berbahasa Arab beserta artinya. 

Artinya:

“Ya Allah, anugerahi kami umur yang panjang, raga yang sehat, hati yang terang, kukuhkan iman kami, baguskan amalan kami, berikan rejeki yang luas, dekatkan kami kepada segala yang baik dan hindarkan dari segala yang buruk, wujudkan seluruh keperluan kami baik dalam hak agama, dunia, serta akhirat yang kekal. Sesungguhnya Engkau adalah Yang Maha Kuasa atas segala urusan.”

Doa Ulang Tahun Memohon Kemuliaan Keluarga

ilhamteguh.com

Keberuntungan dan kemuliaan keluarga dalam menjalani  kehidupan perlu untuk didoakan. Maka dari itu, doa untuk kemuliaan keluarga juga afdol untuk di panjatkan ketika hari ulang tahun tiba. Berikut ini adalah doa untuk memohon kemuliaan keluarga saat sedang berulang tahun. 

Artinya:

“Ya Tuhan kami, berikan kepada kami, istri-istri dan anak cucu keturunan kami sebagai pelipur hati, dan jadikanlah kami imam yang baik, untuk umatmu yang bertaqwa.”

Doa Ulang Tahun Memohon Keselamatan dan Kesejahteraan Dunia Akhirat

tirto.id

Doa lain yang afdol dan mustajabah ketika sedang berulang tahun adalah berdoa untuk kesejahteraan dan keselamatan dunia akhirat. Kesejahteraan hidup disini berorientasi kepada stabilitas kondisi duniawi dan ragawi kita, misalnya bertambahnya ilmu yang bermanfaat, bertambahnya rezeki, dan agar di perlancar segala urusan maupun pekerjaan.

Sebagai umat Islam, kita dianjurkan untuk berdoa doa yang afdol ketika saat ulang tahun tiba. Berikut doa untuk memohon keselamatan di dunia maupun akhirat yang disajikan dalam bahasa Arab beserta artinya. 

Artinya:

“Ya Allah, kami meminta kepada Engkau keselamatan dalam agama, dan kemakmuran pada badan, dan perluas ilmu, dan rejeki yang berkah, serta kesempatan bertobat sebelum ajal dan rahmat di saat meninggal dan ampunan setelah mati.”

Doa Ulang Tahun Agar Anak Menjadi Semakin Sholeh atau Sholehah

thegorbalsla.com

Sebagai orang tua, hendaknya tentu mendoakan anak-anak mereka agar menjadi sholeh atau sholehah ketika ia berulang tahun dan semakin dewasa. Salah satu doa ini afdol untuk di panjatkan ketika anak sedang berulang tahun.

Tidak hanya di panjatkan saat ulang tahun, tetapi doa ini juga afdol di panjatkan saat selesai menunaikan sholat. Nah, berikut ini merupakan doa agar anak kita dapat menjadi anak yang sholeh atau sholehah di waktu yang akan datang. 

Artinya

“Ya Rabb, berikan aku dari sisi-Mu seorang anak yang sholeh dan atau sholehah. Sebenar-benarnya Engkau Maha Pendengar doa (hambamu).”

Doa Ulang Tahun Ditambahkan Rejeki Halal

www.dream.co.id

Allah SWT telah menetapkan serta membagikan rezeki umatnya secara proporsional dan sesuai kehendak-Nya. Akan tetapi, rezeki setiap manusia tidak semata-mata atas pemberian Allah SWT saja, tetapi juga harus diraih dengan perjuangan keras serta dibantu dengan ilmu yang bermanfaat.

Semua perjuangan maupun kerja keras manusia juga harus diiringi dengan panjatan doa yang tulus agar rezekinya senantiasa di berkahi oleh Allah SWT. Berikut adalah doa yang dapat di panjatkan setiap saat untuk meminta rezeki yang halal lagi berkah. 

Artinya:

“Ya Rabbi, hamba memohon kepada Engkau agar diberikan rezeki yang halal, luas, dan baik tanpa kerepotan serta tanpa kemiskinan juga tanpa keberatan. Sesungguhnya Engkau adalah yang berkuasa akan segala sesuatu.”

Doa Ulang Tahun Pernikahan

thegorbalsla.com

Momen ulang tahun pernikahan merupakan hal yang sangat indah bagi suami istri, terlebih lagi bagi mereka yang baru menikah. Doa baik akan senantiasa melanggengkan hubungan pernikahan hingga akhir hayat, bahkan hingga kelak saat di akhirat.

Doa tersebut akan memberi ketenangan antara suami maupun istri, serta menghilangkan hal maupun perasangka buruk diantara keduanya. Kata yang sangat dianjurkan ketika telah tiba ulang tahun pernikahan dalam ajaran Islam adalah “Barakallahu Laka”, yang artinya “Semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan”.

Doa tersebut pernah di panjatkan Rasulullah SAW, saat menghadiri pernikahan Abdurrahman Bin Auf selaku sahabatnya. Hal tersebut juga berkaitan dengan isi surat Ar-Rum ayat 21 yang merupakan firman Allah SWT tentang pernikahan, adapun firman beserta artinya adalah sebagai berikut. 

Artinya:

“Dan di antara berbagai tanda kekuasaan Allah SWT adalah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu, agar kau merasa aman dan damai terhadapnya, dan dijadikan pula oleh-Nya di antara kalian limpahan rasa kasih dan cinta. Sebenarnya di dalam hal-hal yang demikian itu terdapat tanda nyata bagi kaum yang berpikir.”

Doa Ulang Tahun untuk Suami Maupun Istri

www.romadecade.org

Momen ulang tahun semakin terasa apabila orang-orang terdekat dapat memberi kejutan dan merayakan hari bahagia bersama. Walaupun sederhana, kebersamaan menjadi penting dalam satu perayaan acara ulang tahun Kita.

Apabila telah berkeluarga, hendaklah memberikan sebuah kejutan atau kado sederhana dan doa yang terbaik bagi pasangan hidup Kita. Hadiah yang diberikan bertujuan agar perayaan ulang tahun semakin meriah dan berkesan bagi diri beserta pasangan. 

Selain membuat hubungan dengan pasangan semakin harmonis, doa juga dapat membuat hubungan semakin barokah dan lancar rezekinya. Kebahagiaan dalam berkeluarga dapat tercurah dari doa yang selalu di panjatkan dengan tulus dan ikhlas. Berikut adalah doa ulang tahun bagi pasangan hidup dan dapat diterjemahkan dalam bahasa apapun selain bahasa Indonesia.  

“Ya Allah Tuhan kami, hamba memohon agar senantiasa diberikan rasa kasih sayang dan selalu dilingkupi kebahagiaan dalam menjalani bahtera rumah tangga. Hamba juga berharap supaya dianugerahi rezeki yang kian berlimpah dan halal. Hamba pun berharap supaya kami sekeluarga selalu berada di dalam perlindungan-Mu Ya Allah dan mendapatkan hidayah-Mu.“

Adapun terdapat doa lain yang di panjatkan untuk keberlangsungan hidup pasangan dan hubungan yang lebih harmonis, doanya dapat dilihat di bawah ini.

“Ya Allah, kami mengerti jikalau pernikahan merupakan hal yang disarankan untuk menyempurnakan agama. Selain itu, pernikahan jua dianjurkan untuk dikerjakan agar memperoleh ketenangan hati. Semoga dengan kian bertambahnya umur pasangan hamba, Engkau selalu mencurahkan kesehatan dan keberkahan pula. Selain itu, Engkau juga senantiasa melimpahkan ridho terhadap kami, sehingga kami tetap berada di jalan yang benar.”

Doa Ulang Tahun untuk Sahabat

www.makintahu.com

Sahabat, seorang yang setia menemani di kala diri sedang merasakan kebahagiaan, maupun ditimpa kesusahan. Sahabat juga adalah orang yang sangat memahami tabiat maupun segala pikiran, serta dapat mengayomi dalam berbagai situasi dengan perhatian maupun kasih sayang yang mereka miliki.

Sahabat adalah aset berharga dalam hidup, dan pastilah mereka adalah orang yang paling dekat. Sebaiknya ketika sahabat Kita berulang tahun, kirimkanlah doa terbaik demi kebaikan mereka sebagai tanda syukur, dukungan, dan kasih sayang. Doa tersebut dapat diucapkan dalam berbagai bahasa yang telah dipahami.

Berikut adalah contoh doa untuk sahabat ketika berulang tahun dalam bahasa Indonesia: 

“Selamat ulang tahun, wahai sahabatku. Aku berharap agar kamu panjang umur, urusanmu dimudahkan dalam segala hal baik, dan mampu lebih taat lagi dalam urusan agama. Semoga kita dapat menjadi sahabatku selamanya sampai kelak berjumpa di surga lagi.”

“Aku berharap supaya kamu senantiasa diberi rezeki, rahmat, dan juga hidayah oleh Allah SWT. Semoga di waktu yang tepat kamu bisa mencapai semua yang kau cita-citakan dan kita akan sukses bersama. Semoga kamu dapat menjadi orang yang pantang menyerah dalam mengejar cita-cita.”

“Aku memang bukan sosok sahabat yang mampu menghadiahkan benda-benda yang mewah. Akan tetapi, aku selalu berusaha memberikan yang terbaik yang dapat aku berikan. Aku selalu berharap supaya doa kamu selalu dikabulkan dan diberikan segala sesuatu yang di cita-citakan. Dan pastinya aku akan senantiasa mendoakanmu agar menjadi orang yang semakin bertaqwa dan sukses dunia akhirat.”

“Halo sahabatku, aku ikut berbahagia di hari ulang tahunmu. Terima kasih telah menemani hari-hariku sejauh ini dan semoga tetap seterusnya. Aku berharap semoga kamu senantiasa diberikan nikmat kesehatan, rezeki, dan dapat menjadi orang yang bertambah dewasa sehingga mampu mengemban tanggung jawab yang lebih besar dari sebelumnya.”

Doa Ulang Tahun untuk Ibu

www.makintahu.com

Ibu, seorang yang begitu besar jasa dan pengorbanannya dalam mengayomi dan membesarkan anaknya. Betapa mulia ia di sisi Allah SWT. Perjuangan ibu berpengaruh terhadap moral anaknya dalam menjalani kehidupan. Tidak hanya itu, banyak pengorbanan ibu baik dalam hal materiil atau non-materiil, entah dana atau waktu demi mendidik dan membesarkan anaknya yang ia sayangi. 

Alangkah baiknya anak dapat memberikan sesuatu yang berkesan dan berharga bagi Ibu mereka terutama ketika sedang merayakan hari ulang tahun. Alangkah lebih baik lagi jika dapat memanjatkan doa sebagai seorang anak yang berbakti kepada ibu. Berikut adalah contoh doa yang bisa di panjatkan ketika ibu berulang tahun.

“Ya Allah, berkahi ibu hamba dengan rahmat-Mu dan bimbinglah beliau untuk selalu berada di jalan-Mu yang kau ridhoi. Ya Allah Tuhan kami, berikan umur yang panjang dan kesempatan pada ibu supaya bisa berbuat baik dengan cara menyehatkan jasmani rohaninya. Ya Allah, terimalah semua kata taubat beliau.”

“Ya Allah, hamba sadar jikalau telah melakukan amat banyak kesalahan terhadap ibu hamba. Ampunilah hamba dan ibu hamba, baik atas kesalahan yang dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja. Mudahkanlah langkah kami supaya bisa selalu memilih jalan yang lurus yakni jalan orang-orang yang Engkau ridhoi.”

“Ya Allah, ibu hamba memang bukanlah manusia sempurna. Ia melakukan banyak khilaf serta kesalahan. Ampunilah dosa-dosa yang ia kerjakan tersebut. Terima amal baiknya dan berikan waktu hidup yang panjang supaya bisa berbuat baik lebih banyak lagi.”

“Ya Allah, berikanlah Ibu nikmat berupa kesehatan jasmani dan rohani. Sabarkanlah hatinya dalam menapaki lika-liku kehidupan dunia ini. Ringankanlah jalannya supaya bisa berbuat kian banyak kebaikan. Terimalah setiap amal perbuatan baiknya dan mohon ampunilah seluruh dosanya.”

Doa Ulang Tahun untuk Ayah

titikdua.net

Alangkah baiknya bagi seorang muslim dapat memperbanyak doa ketika dirinya maupun orang terdekatnya sedang berulang tahun. Ayah adalah seorang yang telah membesarkan anak dan menafkahi keluarga agar tetap bertahan hidup.

Begitu besar pengorbanan ayah demi mengayomi keluarga tercinta yang ia miliki dan ia pimpin. Akan lebih berkesan, selain memberikan hadiah fisik, kita memberikan doa terbaik untuk ayah. Hal tersebut hendaknya dilakukan karena doa ketika seseorang sedang berulang tahun tergolong sebagai doa yang mustajabah.

Adapun doa kepada ayah ketika sedang berulang tahun adalah sebagai berikut:

“Ya Allah, ampuni segala dosa ayahku dan terimalah segala amal baiknya. Berikanlah beliau umur panjang, kesehatan, rezeki yang halal dan melimpah.”

“Ya Allah, jadikanlah ayah sosok public figure yang baik untuk keluarga kami. Semoga ayah kami semakin taat kepada-Mu. Semoga ayah kami diberikan umur yang bermanfaat, senantiasa diberikan kesabaran dan kemudahan untuk mendapatkan rezeki halal.”

Doa Ulang Tahun untuk Anak

goodminds.id

Dalam merayakan ulang tahunnya, anak hendaknya diberi wawasan tentang bagaimana cara merayakan ulang tahun secara bijak. Anak tidak harus merayakan ulang tahun dengan pesta meriah atau perayaan lain yang ribet dan terkesan boros. Apalagi, Allah SWT tidak suka dengan umatnya yang berperilaku boros.

Masih ada cara lain yang notabene lebih dewasa dalam merayakan ulang tahun anak-anak. Memang hadiah maupun kejutan, ataupun perayaan yang spesial kadang perlu diberikan saat anak berulang tahun sebagai tanda kasih sayang. 

Namun ada sesuatu yang begitu berkah ketika anak sedang berulang tahun. Doakanlah mereka dan beri wawasan agar selalu berdoa ketika merayakan ulang tahun. Berikut ini merupakan beberapa contoh doa bagi anak ketika ia sedang berulang tahun. 

“Ya Allah ya Tuhan kami, berikanlah hamba anak-anak yang baik. Semoga mereka tumbuh menjadi hamba-Mu yang baik. Lindungilah mereka dan bimbing supaya mengetahui yang mana jalan yang engkau ridhoi.”

Ada juga doa yang dapat di panjatkan dengan bahasa yang universal, termasuk bahasa Indonesia atau bahasa daerah yang kita miliki masing-masing. Berikut adalah doanya. 

“Ya Allah, jadikanlah anak yang kami besarkan sukses baik dalam urusan dunia maupun di akhirat. Hamba berdoa supaya Engkau senantiasa sadarkan dirinya untuk membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Hamba jua senantiasa berdoa supaya anak hamba bisa selalu mencintai dan mengingat Engkau.”

Keutamaan Membaca Doa Saat Ulang Tahun

thegorbalsla.com

Setiap doa yang di panjatkan pasti memiliki keutamaan bagi diri sendiri atau bagi orang yang ia kirimi doa. Terlebih lagi jika doanya di ijabah oleh Allah SWT, pastilah hidup orang yang di kirimi doa akan menjadi berkah dan senantiasa bermanfaat. Secara implisit, diri sendiri atau orang yang didoakan saat berulang tahun akan terpancing untuk melakukan introspeksi.

Semakin dewasanya seseorang haruslah melakukan introspeksi agar langkah ke depannya semakin tertata dan senantiasa berada di jalan Allah SWT. Introspeksi diri atau yang juga dikenal sebagai muhassabah merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan rasa kedewasaan yang ada pada diri manusia. 

Sebuah keutamaan lain ketika seseorang sedang berulang tahun adalah bisa lebih memekakan diri terhadap kematian seiring usia yang bertambah. Waktu yang tidak bisa diputar kembali membuat ia harus dimanfaatkan sebaik mungkin, pun dengan kematian yang semakin dekat dan tidak diketahui pasti kapan datangnya.

Maka dari itulah, penting untuk berdoa ketika berulang tahun agar senantiasa menjaga amal baik dalam mempersiapkan ajal yang sewaktu-waktu dapat menghampiri. Keutamaan ketika kita merayakan ulang tahun dengan cara berdoa adalah tidak menumbuhkan sifat boros dalam diri.

Artinya, seseorang dapat menabung dan menggunakan harta yang mereka miliki untuk kebutuhan atau kegiatan lain yang jauh lebih bermanfaat. Suatu  perayaan ulang tahun, terutama yang meriah dan berlebihan, dapat memicu terjadinya suatu kesenjangan sosial.

Di sekitar mungkin masih ada kondisi orang yang belum bisa merayakan ulang tahun karena adanya suatu keterbatasan yang mereka miliki. Merayakan ulang tahun dengan sederhana seperti memanjatkan doa baik juga akan menumbuhkan rasa rendah hati dalam diri sendiri.  

Baca Juga Sunan Giri

Akan lebih baik daripada seseorang berfoya-foya dalam merayakan sebuah pesta ulang tahun, ia dapat bersedekah kepada orang-orang terdekat. Sebagai contoh ia dapat mengadakan syukuran dengan keluarga atau sahabat-sahabat terdekat atau menyantuni anak yatim. Dengan begitu tidak hanya orang yang ulang tahun saja yang berbahagia, orang lain juga ikut merasakan kebahagiaan dan bisa turut memanjatkan doa. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *