20 Aplikasi Chatting Terbaik yang Bisa Anda Gunakan

Aplikasi chatting – Saat ini masyarakat Indonesia telah banyak yang menggunakan Smartphone, mulai dari kalangan anak muda hingga orang tua telah banyak yang menggunakan alat komunikasi yang satu ini. Dengan menggunakan Smartphone komunikasi jadi lebih mudah, kalau dulu harus ke wartel jika akan menghubungi keluarga atau teman, kini tinggal duduk manis di rumah Anda sudah bisa berkomunikasi dengan keluarga bahkan rekan kerja.

Bukan hanya memudahkan, Smartphone juga menyediakan berbagai layanan fitur panggilan suara atau video dan dapat menampilkan foto profil Anda.  Didalam perangkat android Anda dapat menemukan beberapa aplikasi chat yang memudahkan Anda untuk mengobrol dengan orang lain. 

Kini berbagai aplikasi chat sudah banyak tersedia, mulai dari aplikasi untuk mencari teman hingga aplikasi chat untuk mencari pasangan hidup. Tidak banyak digunakan dalam lingkup kecil, aplikasi chat dalam android juga bisa digunakan untuk mengobrol dengan orang yang berada di luar negeri.

Dengan fitur seperti itu Anda bisa menemukan teman dari negara lain.

Kumpulan Aplikasi Chatting Terbaik

Berikut fitur aplikasi chat yang bisa Anda gunakan :

Skype

Skype
www.itpro.co.uk

Aplikasi Skype merupakan salah satu aplikasi yang telah banyak digunakan oleh para pengguna Smartphone. Fungsi dari skype ini selain dapat mengirim pesan teks juga dapat menerima panggilan video dan juga dapat disambungkan dengan panggilan suara lain ketika sedang menerima panggilan.

Terdapat beberapa fitur tambahan didalam aplikasi ini, tergantung dari apa yang menjadi kebutuhan Anda. Kegunaan dari aplikasi skype ini adalah untuk mengobrol, dan juga dapat mengirim dokumen, foto, dan hal-hal lainnya.  Didukung pula dengan adanya lintas platform yang sangat baik didalam aplikasi ini.

Telegram

Telegram
www.coindesk.com

Aplikasi telegram di smartphone ini berbeda dengan telegram seperti jaman dulu, yang semua ejaannya harus di tulis. Telegram di sini merupakan salah satu aplikasi yang lumayan terkenal dan banyak digunakan. Layanan pesan teraman yang ada pada smartphone salah satunya adalah aplikasi telegram.

Telegram menawarkan enkripsi RSA 2048-bit dan  AES 256-bit simetri serta banyak yang lainnya lagi. Selain itu aplikasi telegram ini aplikasi messenger teraman yang bisa Anda gunakan untuk memiliki privasi.

Di dalamnya terdapat beberapa fitur yang telah disediakan, diantaranya adalah dapat mengirim file, gambar, dapat membuat grup dengan anggota yang tidak terbatas dan masih banyak yang lainnya lagi. Aplikasi telegram ini sudah cukup populer dan mulai banyak digunakan oleh beberapa orang.

Whatsapp Messenger

Whatsapp Messenger
kaltim.tribunnews.com

Siapa yang tak tahu aplikasi smartphone yang satu ini, ya aplikasi Whatsapp Messenger orang-orang biasa menyebutnya dengan WA. Aplikasi satu ini merupakan aplikasi chat yang paling banyak digunakan oleh orang-orang yang ada di Indonesia.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat melakukan video call ataupun mengirim pesan suara pada orang lain. Yang sangat menarik dari aplikasi Whatsapp Messenger adalah penambahan fitur privasi dan keamanan yang baik.  Fitur tambahan lainnya yaitu Anda dapat mengirim video, gambar, membuat status, dan juga bisa Anda gunakan untuk mengedit foto seperti Snapchat untuk senang-senang.

Ada juga fitur emoticon yang lucu-lucu yang bisa dikirim ke teman lewat aplikasi ini. Anda bisa membuat panggilan atau mengirim pesan dengan menggunakan koneksi internet yang ada di perangkat seluler.

Line

Line
dailysocial.id

Salah satu aplikasi yang sangat populer di Indonesia adalah aplikasi line, aplikasi ini terkenal terutama pada negara-negara di Asia. Penggunanya mencapai lebih dari 600 juta orang.

Selain terdapat fitur standar seperti untuk mengirim pesan, ada fitur lain yang mirip dengan facebook yang gunanya adalah Anda dapat memposting sesuatu lalu kemudian teman Anda dapat mengomentari postingan. Anda dapat menggunakan secara gratis untuk panggilan ke telepon rumah, panggilan video atau suara line to line.

Dan juga terdapat toko stiker yang lucu yang banyak di sukai oleh pengguna aplikasi ini, stiker dikemas dengan karakter line. Anda juga dapat melakukan obrolan grup dengan anggota di dalamnya berjumlah hingga 200 orang, didukung pula dengan adanya obrolan yang terenkripsi atau terprivasi.

Facebook Messenger

Facebook Messenger
beritagar.id

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang sangat populer tidak hanya bagi orang Indonesia, namun populer juga bagi orang-orang di dunia. Di dalam aplikasi facebook ini,  terdapat dua aplikasi yang digunakan untuk mengobrol yaitu mencakup semua fitur seperti adanya stiker, obrolan dan juga yang lainnya.

Aplikasi facebook sendiri juga dapat di unduh dengan versi lite yang didalamnya hanya berupa aplikasi chat dasar. Dan pada versi lite ini MB-nya lebih kecil dan ringan. Tetapi jika Anda ingin menggunakan aplikasi reguler, Anda dapat menggunakan yang facebook messenger.

Anda bisa menggunakan facebook versi lite jika Anda jarang berinteraksi dengan menggunakan aplikasi ini. Apabila menggunakan facebook dengan versi lite Anda akan menemukan iklan. Selain itu menggunakan aplikasi ini memang perlu bersabar, karena facebook juga memiliki beberapa masalah keamanan.

BBM (BlackBerry Messenger)

BBM (BlackBerry Messenger)
www.xda-developers.com

BlackBerry pernah menjadi salah satu ponsel yang sangat populer dan banyak dimiliki oleh beberapa orang, namun kini telah tergeser karena kehadiran dari smartphone. Yang menjadi andalan dari BlackBerry adalah adanya aplikasi BlackBerry Messenger.

Tetapi kini aplikasi BBM telah tersedia di android dan bisa di download di playstore. Di dalam aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) terdapat beberapa fitur yang bisa Anda gunakan seperti mengirim status, membuat panggilan suara dan video secara gratis, dan juga fitur yang mengetahui jika pesan kita telah dibaca. Selain itu terdapat pula stiker dan emoticon.

Terdapat pula fitur-fitur bagus dan juga menarik lainnya seperti mengambil foto atau berbagi lokasi Anda. Namun yang disayangkan, aplikasi ini memiliki iklan, sehingga membuat tidak nyaman ketika menggunakan aplikasi ini. Anda dapat menghapus iklan dengan mengeluarkan biaya.

Wechat

Wechat
aceh.tribunnews.com

Aplikasi wechat merupakan aplikasi terpopuler yang banyak digunakan di negara Cina dan juga sempat menjadi trend di Indonesia, karena banyak orang-orang Indonesia yang menggunakan aplikasi ini.

Fitur yang terdapat didalam aplikasi ini diantaranya adalah chat, bisa berbagi foto, dan juga bisa menggunakan panggilan video ataupun suara. Ada yang menarik jika Anda menggunakan aplikasi wechat ini, karena pada aplikasi ini Anda bisa memiliki fitur friend radar yaitu Anda dapat mengetahui orang-orang terdekat yang ada di sekitar Anda yang juga sama-sama menggunakan aplikasi ini.

Google Hangouts

Google Hangouts
www.businessinsider.com

Google Hangout merupakan aplikasi yang telah tersedia pada semua ponsel android. Aplikasi ini bisa dikatakan sebagai aplikasi default di dalam android. Anda juga dapat mendownloadnya di play store atau bisa juga Anda gunakan di PC atau laptop.

Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengobrol dengan teman ataupun keluarga, karena aplikasi ini menjadi aplikasi yang ideal untuk hal itu. Namun jika Anda belum memiliki akun google, Anda perlu membuatnya terlebih dahulu. Karena untuk menggunakan aplikasi  Google Hangout Anda harus memiliki akun google.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat membuat panggilan video, bisa berbagi foto, GIF atau juga bisa membuat panggilan grup. Aplikasi Google Hangout ini dapat digunakan di desktop serta perangkat seluler Anda, kelebihan itu yang menjadikan aplikasi ini sangat populer.

Snapchat

Snapchat
fortune.com

Salah satu aplikasi messenger yang ada di perangkat android adalah aplikasi snapchat. Terdapat beberapa fitur yang bisa Anda gunakan dengan aplikasi ini diantaranya adalah pesan video, pesan suara, mengirim foto, dan pesan teks. Juga tersedia layanan untuk menghapus pesan setelah Anda melihat pesan yang dikirim pada Anda.

Selain itu aplikasi ini juga didukung dengan fitur untuk membuat status yang  bisa dilihat oleh orang yang mengikuti Anda. Sama halnya dengan membuat status pada aplikasi whatsapp, jika Anda membuat status makan akan bertahan hingga 24 dan setelahnya akan hilang dengan sendirinya.

Aplikasi ini masih cukup populer dan digunakan oleh anak muda, walaupun sebagian besar fitur pada aplikasi ini banyak meniru dari aplikasi yaitu instagram.

Google Allo

Google Allo
style.tribunnews.com

Google mengeluarkan aplikasi terbaru yaitu allo. Yang menjadi daya tarik utama dari aplikasi ini adalah adanya fitur Asisten baru Google. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat berkomunikasi langsung dengan asisten Google, sungguh spesial bukan.

Dengan menggunakan Aplikasi Allo, membuat penggunanya untuk bisa menikmati Google Assistant. Selain itu juga aplikasi ini menawarkan beberapa fitur seperti emoji, stiker dan juga Anda dapat berbagi foto. Namun yang menjadi fitur utama pada aplikasi ini adalah Asisten.

Slack

Slack
www.uctoday.com

Jika Anda seorang pebisnis, maka aplikasi Slack ini menjadi rekomendasi yang pas untuk Anda. Karena aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi obrolan yang lebih baik jika digunakan untuk berbisnis. Tampilan yang terdapat pada aplikasi Slack ini sangat profesional.

Terdapat beberapa fitur yang ada pada aplikasi ini, seperti Anda dapat membuat saluran grup, atau bisa juga melakukan panggilan suara, dan fitur yang lainnya. Selain itu, aplikasi Slack ini didalam juga terdapat aplikasi lain seperti aplikasi google drive, Giphy, Asna, dan aplikasi yang menyenangkan atau aplikasi yang sering digunakan oleh kebanyakan orang lainnya. 

Sama halnya dengan Discord, aplikasi Slack dapat digunakan dengan gratis sepenuhnya. Anda dapat menggunakannya tanpa adanya pembelian didalam aplikasi. Jika Anda ingin lebih banyak menikmati fitur dan opsional lainnya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

KIK

KIK
www.cnbc.com

Jika Anda termasuk orang yang tidak suka memakai nama asli untuk profil di media sosial, Anda bisa menggunakan aplikasi KIK. Karena aplikasi Kik merupakan aplikasi messenger yang bisa Anda gunakan tanpa menggunakan nama asli. Para gamers ataupun orang-orang yang senang mengobrol asal biasanya banyak menggunakan aplikasi ini.

Di dalam aplikasi Kik ini terdapat beberapa fitur yang bisa Anda nikmati, seperti mengirim emoji, stiker, melakukan panggilan video ataupun melakukan obrolan grup. Anda harus melakukan pembelian aplikasi untuk stiker jika ingin mendapatkan stiker tambahan. 

MeetMe

MeetMe
kiwisearches.com

Salah satu aplikasi yang cukup populer yang bisa digunakan untuk mengobrol dengan orang ading di Android atau iOS adalah aplikasi MeetMe. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat dibantu untuk menemukan orang asing di sekitar Anda untuk bisa mengobrol lewat aplikasi ini. 

Selain itu Anda juga dapat bertemu dengan orang itu melewati aplikasi ini. Aplikasi MeetMe selain mudah digunakan juga gratis, sehingga Anda bisa dengan mudah berkenalan dan bertemu dengan orang baru melewati aplikasi ini.

Di dalam aplikasi ini, Anda juga dapat memilih ingin menggunakan bahasa apa karena di dalamnya terdapat setting untuk bahasa yaitu bahasa Indonesia, Inggris, dan juga bahasa yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan beberapa opsi untuk berlangganan yang telah menyediakan fitur tambahan. Fitur tambahan ini berguna bagi Anda yang ingin bisa mengobrol dengan orang asing.

BeeTalk

BeeTalk
thegorbalsla.com

Aplikasi untuk chating gratis lainnya adalah BeeTalk. Aplikasi ini memudahkan Anda untuk dapat dengan mudah mengobrol dan juga bertemu dengan orang-orang disekitar Anda yang juga menggunakan aplikasi ini.

Ketika sedang mengobrol dengan teman-teman Anda melalui aplikasi ini, Anda bisa menggunakan doodel dan beberapa stiker luar biasa. Aplikasi Beetalk juga menyediakan fitur untuk membuat grup, sehingga Anda dapat menggunakan aplikasi ini jika ingin melakukan obrolan grup.

Anda bisa dengan mudah untuk bisa bergabung dengan grup yang Anda sukai. Yang beda dari aplikasi dengan aplikasi chat yang lainnya yaitu ketika Anda membuat pesan untuk orang lain, maka pesan yang Anda kirim bisa hilang dengan sendirinya jika telah dibaca oleh yang menerima.

HI5

HI5
www.lifewire.com

Aplikasi Hi5 merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mengobrol dengan orang asing lewat media online. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa dengan mudah untuk dapat menemukan teman lama atau juga  jika ingin mencari teman baru untuk mengobrol.

Aplikasi Hi5 dilengkapi dengan fitur yang bagus, yaitu dapat memfilter orang berdasarkan dengan usianya, lokasi tempat Anda tinggal atau yang lainnya. Dengan begitu Anda dapat membuat obrolan dengan orang asing yang sesuai dengan kriteria Anda.

Keamanan pada aplikasi Hi5 ini menjadi salah satu fitur terbaik yang dipunyai aplikasi ini. Misalnya seperti Anda dapat menyembunyikan letak lokasi Anda, menyembunyikan nama atau informasi diri Anda untuk orang lain, sehingga orang lain tidak bisa melihatnya tanpa seizin dari Anda.

Viber

Viber
wincamp.org

Aplikasi Viber merupakan salah satu aplikasi messenger terpopuler yang pernah adam walaupun kini aplikasi Viber tidak cukup terkenal di beberapa negara. Fitur yang terdapat pada aplikasi Viber ini diantaranya adalah obrolan grup, obrolan lewat video, membuat panggilan, dan membuat pesan dan masih banyak fitur yang lainnya lagi.

Terdapat pula fitur tambahan yang bisa Anda gunakan di aplikasi ini, seperti berita-berita di seluruh dunia, stiker dan masih banyak lagi. Sebagian besar paket stiker yang terdapat di aplikasi Viber ini dikenai biaya tambahan dan juga terdapat fitur pembelian di dalam aplikasi ini.

Dibandingkan dengan kebanyakan aplikasi obrolan yang lainnya, aplikasi Viber ini terbilang sedikit mahal. Jika Anda termasuk orang yang menyukai aplikasi gratis, maka aplikasi Viber ini kurang cocok untuk Anda gunakan.

Badoo

Badoo
apkpure.com

Badoo merupakan aplikasi yang terdapat di android yang merupakan aplikasi baru dan lumayan populer. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa bertemu dengan orang-orang baru yang sebelumnya belum Anda kenal.

Pengguna dari aplikasi ini terdapat sekitar lebih dari 300 orang, hal itu dapat memudahkan Anda untuk bisa berjumpa dengan orang asing. Jika Anda mempunyai keinginan untuk bertemu orang baru dan berkenalan dengan mereka, maka aplikasi gratis ini mudah di gunakan dan memungkinkan Anda untuk mewujudkan hal itu. 

Lovoo

Lovoo
hackthepalnetbook.com

Lovoo merupakan salah satu aplikasi untuk chat yang bisa Anda gunakan untuk berjumpa dengan orang asing dengan mudah dan melalui media online. Aplikasi Lovoo ini merupakan aplikasi gratis sehingga Anda bisa dengan mudah untuk bisa menemukan orang asing melalui aplikasi ini untuk bisa bertemu, chattingan, atau mengobrol lewat video call.

Anda juga bisa dengan mudah bertemu dengan orang yang memiliki minat yang sama dengan Anda untuk diajak sharing atau mengobrol hal yang disukai. Terdapat fitur yang luar biasa yang ada pada aplikasi ini, yaitu fitur radar yang berfungsi untuk Anda bisa lebih mudah siapa yang berada dekat sekitar Anda dan memiliki minat yang sama dengan Anda.

GroupMe (Android, Ios : Gratis)

GroupMe (Android, Ios : Gratis)
thegorbalsla.com

Seperti namanya, aplikasi Groupme ini merupakan aplikasi chat yang digunakan untuk melakukan percakapan grup. Anda bisa mudah membuat grup dengan cara akun pengguna, Anda tinggal menambahkan teman yang kontaknya ada di ponsel Anda. Atau Anda bisa membuat grup melalui alamat email teman-teman Anda. Membuat grup melalui aplikasi ini dapat dilakukan dengan mudah.

Terdapat beberapa pengaturan fitur yang bisa Anda gunakan di aplikasi ini, seperti stiker, emoji, GIF, atau meninjau konten URL yang dikirim di obrolan. Yang berbeda di aplikasi ini, Anda bisa membuat obrolan grup melalui SMS untuk melakukan obrolan dengan anggota keluarga yang tidak menggunakan ponsel android.

Chatous

Chatous
retnowati148.blogspot.com

Aplikasi Chatous ini memudahkan Anda jika ingin menemukan dan mengobrol dengan orang asing yang sebelumnya belum dikenal. Didalam aplikasi ini juga disediakan fitur untuk berbagi foto untuk dikirimkan pada orang asing atau yang baru Anda jumpa di aplikasi ini.

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat menemukan orang baru yang sesuai dengan kriteria Anda sehingga bisa mengobrol satu sama lain melalui aplikasi ini. Cara untuk menemukan orang baru di aplikasi ini, yaitu dengan Anda memiliki #hashtag dan secara otomatis Anda bisa terhubung dengan orang asing yang juga memilih hashtag yang sama dengan Anda.

Fitur terbaik yang dimiliki aplikasi ini adalah Anda dapat menyambungkan atau menyinkronkan obrolan Anda dengan aplikasi yang lainnya. 

Baca Juga Aplikasi Ibu Hamil

Dengan adanya aplikasi chat pada smartphone memang sangat memudahkan dan memanjakan orang-orangnya yang menggunakan aplikasi tersebut. Berbagai macam fitur yang disediakan dalam beberapa aplikasi chat bisa sangat memanjakan dan membuat senang para penggunanya. Itu tadi beberapa aplikasi chat yang populer dan banyak di gunakan, sehingga dapat Anda jadikan referensi untuk memilih aplikasi mana yang akan Anda gunakan.

Tinggalkan komentar