Burung Cenderawasih: Burung Cantik dari Surga Indonesia

Burung Cenderawasih – Burung cenderawasih merupakan burung yang sangat indah, karena keindahannya yang termasyhur inilah semakin hari perburuan burung cenderawasih semakin meningkat. Meskipun banyak sekali macam – macam jenis burung yang anda di dunia tampaknya Cenderawasih masih menjadi burung incaran.

Habitat Burung Cenderawasih

Burung ini merupakan burung yang khas terdapat di daerah Papua, umumnya burung cenderawasih merupakan jenis burung yang menyukai habitat yang memiliki vegetasi lebat dan biasanya terdapat di daerah hutan hujan tropis. Nah, biasanya mereka juga sangat suka untuk bertengger di atas pohon beringin serta pohon pala.

Ciri Khas Burung Cenderawasih

Burung ini memiliki ciri khas yang bisa digunakan untuk membedakan antara burung cenderawasih jantan dengan burung cenderawasih betina. Burung cenderawasih jantan secara tampak akan terlihat memiliki gabungan bulu – bulu yang berwarna – warni dan cukup cerah. Ciri khas yang dimiliki oleh burung cenderawasih jantan yakni memiliki warna gabungan hitam, merah, biru, hijau serta warna kuning. Nah, hal yang cukup menarik dari burung cenderawasih jantan yakni mereka akan melakukan tarian – tarian menarik dengan tujuan memikat lawan jenis pada musim kawin.

Burung Cenderawasih Botak

Jenis burung pertama yakni Wilson’s bird of paradise burung ini dikenal sebagai burung yang memiliki ukuran tubuh kecil serta memiliki panjang kurang lebih 21 cm saja. Biasanya burung ini akan lebih mudah ditemukan di daerah dataran rendah di bagian wilayah Papua Barat.

Burung cenderawasih botak jantan umumnya memiliki bulu yang berbeda warna di berbagai area tubuhnya. Nah, burung ini memiliki badan yang hitam serta tengkuk kuning, biasanya memiliki ekor ungu yang melingkar. Cukup cantik.

Red Bird of Paradise

Burung ini sesuai dengan namanya memang memiliki wanra merah biasanya memiliki sedikit warna kuning pada bagian leher hingga bagian dada. Umumnya kulit burung ini memiliki warna hijau dengan paruh yang tampak kuning terang. Biasanya ekor burung ini menjuntai dan didominasi warna merah dengan sedikit warna putih di bagian ujungnya. Anda bisa menemukan burung ini di daerah Raja Ampat.

Ribbon-tailed Astrapia

Sesuai namanya burung ini cukup unik karena memiliki ekor yang cukup panjang. Nah, burung ini memiliki ciri khas yakni ekor putih dan berbentuk seperti pita. Bahkan ekor burung ini bisa tumbuh hingga 3 kali dari ukuran tubuhnya.

Blue Bird of Paradies

Cenderawasih biru memiliki ukuran tubuh kurang lebih 31 cm dan bulunya berwarna biru pada bagian sayap namun pada bagian kepala hingga leher memiliki warna hitam. Burung ini bisa ditemukan dengan mudah di area Papua Nugini. Masih ada cukup banyak jenis burung cenderawasih menarik yang bisa anda temukan namun dilarang untuk memeliharanya ya!

Burung Cenderawasih: Burung Cantik dari Surga Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.