Pengertian Arah Mata Angin, Manfaat dan Cara menentukannya

Arah mata angin atau yang sering di kenal dengan kompas merupakan hal yang sangat penting di dunia ini. Di mana keberadaannya sangat penting untuk menunjukkan arah tertentu. Nah, yang sering di gunakan dalam kehidupan sehari-hari ialah arah yakni Barat, Timur, Selatan dan Utara.

Nah, untuk menambah wawasan dan pengalaman Anda, tentu harus mengetahui 16 arah mata angin yang ada di dunia ini. Untuk penjelasannya simak ulasan berikut ini!

Pengertian Arah Mata Angin

Pengertian Arah Mata Angin

Point of the compass? Secara umum, pengertian arah mata angin ialah panduan atau yang di gunakan dalam menentukan sisi tertentu. Di mana, mata angin ini juga sering di sebut sebagai titik kompas, yakni satu titik dari beberapa tanda yang terdapat dalam putaran kompas, sebagai penunjuk haluan tertentu. Seperti, arah selatan, utara, barat dan timur.

Untuk penggunaannya, arah mata angin umumnya di gunakan dalam kompas, peta dan sistem navigasi lainnya, yang bertujuan untuk menentukan arah tertentu. Di dalam kompas, peta maupun sistem navigasi sendiri, hanya menggunakan 4 penjuru utama yakni Selatan, Utara, Barat dan Timur.

Jenis-Jenis Arah Mata Angin

Jenis-Jenis Arah Mata Angin

Dalam kehidupan sehari-hari, sebagian orang hanya menggunakan 4 penjuru utama dari 16 arah mata angin yang ada. Nah, dari 16 arah tersebut, di bagi menjadi 3 garis besar, yakni:

Mata Angin Primer

Untuk arah mata angin primer ini yang sering di gunakan dalam peta, navigasi, kompas. Di katakan sebagai primer, kerana 4 arah mata angin ini memang di fungsikan sebagai penjuru utama dalam menentukan arah. Adapun 4 penjuru tersebut ialah:

  • Utara
  • Selatan
  • Timur
  • Barat

Mata Angin Sekunder

Untuk arah mata angin sekunder ialah mata angin yang beroposisi diantar keempat mata angin primer tadi. Sebenarnya, mata angin sekunder ini juga bermanfaat dalam kompas, peta atau navigasi untuk membantu memperkarakan arah yang tepat.

Adapun yang termasuk ke dalam mata angin sekunder atau tengah yakni:

  • Tenggara (berada di antara timur dan selatan)
  • Barat Daya (berada di antara selatan dan barat)
  • Barat Laut (berada di antara barat dan utara)
  • Timur Laut (berada di antara timur dan utara).

Mata Angin Tersier

Jenis arah mata angin selanjutnya yakni mata angin tersier. Di mana posisinya berada di mata angin primer dan sekunder. Selain itu, di sebut sebagai mata angin tambahan, fungsinya yakni sebagai penunjuk arah tertentu secara lebih akurat.

Adapun yang termasuk ke dalam mata angin tersier atau tambahan ialah:

  • Timur Menenggara (berada di antara timur dan tenggara)
  • Timur-timur Laut (berada di antara Timur laut dan timur)
  • Selatan Menenggara (berada di antara tenggara dan selatan)
  • Selatan Barat Daya (berada di antara selatan dan barat daya)
  • Utara timur laut (berada di antara utara dan timur laut)
  • Utara Barat Laut (berada di antara barat laut dan utara)
  • Barat-barat Daya (berada di antara barat daya dan barat)
  • Barat-barat Laut (berada di antara barat dan barat laut).

Agar lebih jelas dalam menentukan arah mata angin, maka lihat tabel berikut ini:

Nama-Nama Arah Mata Angin Lengkap

No Indonesia Singkatan Inggris SIngkatan Sudut
1 Timur T East E 90
2 Timur Menenggara TM East Southeast ESE 112.5
3 Tenggara TG Southeast S 135
4 Selatan Menenggara TM South Southeast SSE 157.5
5 Selatan S South S 180
6 Selatan Barat Daya SBD South Southwest SSW 202.5
7 Barat Daya BD Southwest SW 225
8 Barat Barat Daya BBD West Southwest WSW 247.5
9 Barat B West W 270
10 Barat Barat Laut BBL West Northwest WNW 292.5
11 Barat Laut BL Northwest NW 315
12 Utara Barat Laut UBL North Northwest NNW 337.5
13 Utara U North N 0 atau 360
14 Utara Timur Laut UTL North Northeast NNE 022.5
15 Timur Laut TL Northeast NE 45
16 Timur Timur Laut TTL East Northeast ENE 67.5

Manfaat Arah Mata Angin

Manfaat Arah Mata Angin

Sebagai penunjuk arah, tentu arah mata angin memiliki manfaat yang sangat besar di dunia ini, apalagi untuk penjelajah di alam bebas. Nah, adapun manfaat mempelajari mata angin yakni:

  • Mata angin memberikan pengetahuan pada seseorang mengenai suatu lokasi yang akan di tuju karena terdapat pedoman arah yang sudah tentu.
  • Membantu perjalanan seseorang dalam menentukan arah, terlebih ketika menjelajah alam bebas agar tak sesat.
  • Khusus untuk umat muslim, mata angin ini memiliki peran yang besar, yakni sebagai penunjuk arah kiblat guna melaksanakan salat.
  • Untuk para nelayan, kegunaan arah mata angin ini mampu di gunakan sebagai patokan untuk menentukan lokasi serta waktu berlayar secara tepat agar memperoleh hasil tangkapan yang banyak.
  • Dalam bidang dirgantara, adanya arah mata angin ini mampu membantu sang pilot untuk mengarahkan pesawat menuju lokasi secara benar dan tepat.
  • Untuk kehidupan sehari-hari, mata angin ini juga bisa di gunakan guna mendeteksi atau memprediksi cuaca yang akan terjadi.
  • Dan masih banyak manfaat mempelajari arah mata angin lainnya dalam kehidupan ini.

Cara Menentukan Arah Mata Angin

thegorbalsla.com

Untuk menentukan arah mata angin, tentu bisa di lakukan dengan sangat mudah, terutama jika menggunakan kompas. Namun bagaimana jika Anda melakukan perjalanan bebas tapi tak memiliki kompas?  Ada cara mudahnya lho, ini dia tipsnya:

Memperhatikan Arah Matahari

Jika Anda sedang melakukan perjalanan dan tak tahu arah, maka bisa menggunakan arah matahari. Nah, matahari terbit dari arah timur dan tenggelam ke arah barat. Dengan patokan inilah, tentu Anda bisa mengetahui mana arah barat dan mana arah timur sesuai dengan pergerakan matahari.

Lalu bagaimana untuk arah utara dan selatan? Caranya sangat mudah. Ketika Anda telah memahami mana arah timur (matahari terbit) dan mana arah barat (matahari tenggelam), coba posisikan diri untuk menghadap ke arah matahari terbenam (barat). Nah, sebelah kanan Anda adalah arah selatan, sedangkan sebelah kiri adalah arah utara. Sangat mudah bukan?

Menggunakan Bayangan Tongkat/Kayu

Berbeda dengan melihat pergerakan matahari, selain itu Anda juga bisa mengetahui arah menggunakan tongkat atau kayu dengan bantuan sinar matahari, yakni memperhatikan bayangan dari tongkat. Cara mudahnya yakni:

  • Pertama, persiapkan tongkat yang berukuran 60 cm-150 cm, lalu tancapkan pada tanah dengan posisi tegak lurus.
  • Kemudian tandai ujung bayangan pertama tongkat tersebut, menggunakan benda bebas, misalnya batu.
  • Lalu, tunggu sekitar 10-15 menit, maka lihat perubahan bayangan tongkat. Dan tandai kembali ujung perubahan bayangan tersebut menggunakan batu lainnya.
  • Untuk memastikan kembali arah yang benar, coba tunggu lagi selama 15 menit dan lihat bayangan tongkat serta tandai menggunakan batu kembali.
  • Terakhir, coba hubungkan ujung bayangan tongkat yang telah di hasilkan tersebut dengan cara menarik garis lurus. Perlu di ketahui, bahwa bayangan tongkat ini berlawanan dengan arah matahari, maka Anda bisa menentukan mana arah barat dan timur. Untuk titit awal, adalah arah barat, sedangkan titik berikutnya adalah arah timur.

Memperhatikan Arah Kuburan Orang Islam

Kuburan orang islam bisa menentukan arah? Ya, tanpa ilmu astronomi atau keahlian khusus, hanya dengan memperhatikan kuburan orang islam Anda bisa menentukan arah secara tepat. Bagaimana caranya?

Perlu di ketahui, bahwa setiap kuburan orang islam, pasti melintang dari utara ke selatan. Yakni bagian nisan adalah utara, sedangkan bagian bawah adalah arah selatan. Mengapa demikian? Sebab orang yang meninggal akan di hadapkan ke kiblat atau arah timur. Secara tak langsung, maka Anda juga bisa menentukan mana arah barat dan mana arah timur bukan?

Membuat Kompas Sederhana

Ketika Anda sedang menjelajah alam bebas dan lupa tak membawa kompas, maka bisa membuatnya sendiri secara sederhana. Bahkan ini bisa di gunakan dimana pun dan kapan pun sesuai kebutuhan.

Akan tetapi, untuk membuat kompas ini memang memerlukan beberapa alat penunjang, seperti jarum, gabus atau sedotan atau juga benda lainnya yang bisa mengapung, dan wadah untuk menampung air. Untuk langkah-langkahnya yakni:

  • Pertama, gosoklah jarum pada suatu permukaan yang kering, guna memperoleh gaya magnetik.
  • Kemudian, letakkan jarum pada gabus, lalu apungkan di atas air yang telah di sediakan dalam wadah.
  • Nah, sekarang cobalah perhatikan ujung arah jarum tersebut. Maka Anda bisa mengetahui mana arah utara dan selatan.

Bisa di lihat bahwa arah mata angin memberikan manfaat yang besar untuk kehidupan di dunia ini. Dengan cara mudah menentukannya tersebut, maka kini Anda tak takut tersesat lagi bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.