19 Aplikasi Edit Foto Terbaik dan Terbaru Untuk Android, iPhone, PC

Aplikasi edit foto – Saat ini ada banyak sekali aplikasi yang digunakan untuk mengedit foto. Mulai dari aplikasi edit foto untuk mengubah pemandangan dengan kontras yang tinggi untuk dijadikan sebagai gambar HDR sampai dengan aplikasi edit foto yang bisa untuk menggabungkan berbagai foto.

Bahkan saat ini sudah banyak sekali aplikasi yang bermunculan khusus untuk pengeditan seperti time-laps, pemandangan, potret dan bahkan bisa mengubah wajah Anda. Nah, kali ini kami akan memberikan ulasan singkat terkait dengan aplikasi edit foto yang kami pilih untuk merekomendasikan kepada Anda.

Jadi, selain Anda harus menyiapkan alat-alat  dasar, Anda juga harus punya fitur edit foto agar foto yang dihasilkan bisa lebih bagus.

Aplikasi Snapseed

Aplikasi Snapseed
teknologi.id

Ketika ada banyak sekali aplikasi yang tengah gagal untuk mencoba meniru aplikasi Instagram, hadir aplikasi Snapseed yang dirilis pada tahun 2011 yang lalu. Aplikasi ini memiliki pendekatan yang lebih untuk mengedit foto. Aplikasi ini adalah buatan Nik Software namun setelah berhasil diambil alih Google, kemudian aplikasi ini telah mendapatkan kelengkapan fitu-fitur baru yang tentunya jauh lebih menarik dan juga lebih mutakhir.

Kemampuan aplikasi Snapseed ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat dan membuatnya mampu mengedit foto dengan berbagai format seperti JPEG atau juga DNG. Tentunya hal tersebut akan sangat berguna apabila Anda mengambil foto dengan menggunakan mode RAW memakai smarthphone Anda.

Dengan adanya fungsi tersebut, maka Anda bisa melakukan pengeditan foto tanpa merusak foto asli dan bisa Anda simpan menggunakan format JPEG. Selain itu, terdapat fitur lainnya dari aplikasi Snapseed ini yang jumlahnya sangat banyak untuk disebutkan satu per satu.

Akan tetapi beberapa fitur berikut ini yang paling menonjol dari aplikasi Snapseed ini. Di dalam aplikasi Snapseed ini ada 29 filter serta alat-alat yang tersedia termasuk overlay dan efek warna. Dua hal tersebut telah menjadi fitur yang selalu dicari di dalam aplikasi Snapseed ini.

Selain itu ada juga efek serta tekstur yang bisa Anda pakai sebagai pelapis berbagai foto yang Anda edit. Fitur lainnya yang tak kalah canggihnya yaitu pengaturan setiap bagian, pembersihan luka, kuas filter, HDR, struktur serta pengaturan perspektif.

Untuk pengaturan per bagian ini yang Anda aplikasikan dengan kuas akan memudahkan Anda untuk mengatur segalanya. Mulai dari kontras, tingkat kecerahan, suhu, saturasi dan juga penyesuaian yang lainnya.

Aplikasi Prisma

Aplikasi Prisma
m.solopos.com

Aplikasi edit foto Prisma merupakan salah satu aplikasi yang sangat populer. Hal tersebut dikarenakan aplikasi ini telah menuai kesuksesan dalam memberikan banyak filter artistik yang disediakan.

Semua filter yang terdapat di aplikasi Prisma tersebut tidak ada di aplikasi lainnya dan semuanya merupakan hasil kreasi dari sesama pengguna aplikasi Prisma. Bukan hanya untuk melakukan pengeditan foto, aplikasi Prisma juga bisa digunakan untuk membagikan hasil editan foto Anda ke media sosial secara langsung.

Aplikasi PicsArt

Aplikasi PicsArt
www.maxmanroe.com

Siapa sih yang tidak tahu aplikasi edit foto yang satu ini. Hampir semua pemilik smarthphone pernah punya dan pernah menggunakan aplikasi all in one ini. Bukan hanya bisa untuk mengambil foto saja, Anda juga bisa membuat kolase, menambahkan efek, memproses gambar serta bisa Anda share hasil kreasi Anda tersebut.

Namun perlu Anda ketahui bahwasanya kamera bawaan pada aplikasi PicsArt ini tidak seberapa canggih jika tanpa adanya kontrol yang dilakukan secara manual. Akan tetapi aplikasi ini punya alat edit foto yang banyak sekali filternya yang membuat aplikasi edit foto yang satu ini semakin menonjol.

Bukan hanya itu saja, aplikasi PicsArt ini memiliki alat yang bisa untuk menyesuaikan curve, perspektif dan juga kloning selain dari berbagai penyesuaian dasarnya. Di dalam aplikasi ini terdapat banyak sekali efek digital atau filter.

Sebagaimana aplikasi edit foto lainnya yang punya kecanggihan sama dengan aplikasi PicsArt, ada juga elemen komunitas yang sangat kuat di aplikasi ini. Dengan demikian Anda bisa berbagi karya edit Anda kepada para pengguna lainnya dan bahkan secara rutin ada kompetisi yang diselenggarakan.

Aplikasi Aviary Photo Editor

Aplikasi Aviary Photo Editor
www.hipwee.com

Aplikasi edit foto Aviary Photo Editor merupakan aplikasi yang punya alat serta pilihan yang bisa Anda pakai dengan tersusun cukup rapi pada halaman utama aplikasi tersebut. Dengan demikian Anda tak perlu kesulitan dalam menemukan alat-alat yang Anda butuhkan.

Alat untuk mengedit foto pada aplikasi ini juga sangat banyak untuk pengeditan dasar. Akan tetapi ada beberapa di antara alat-alat tersebut yang patut untuk Anda perhitungkan sebab alat tersebut tak bisa ditemukan pada aplikasi edit foto lainnya.

Misalnya seperti fitur splash untuk melakukan pemilihan warna tertentu sehingga bisa ditonjolkan serta bisa untuk mengubah bagian-bagian lain yang ada di dalam foto tersebut secara otomatis sehingga menjadi berwarna monokrom.

Aplikasi VSCO

Aplikasi VSCO
blog.tribunjualbeli.com

Aplikasi edit foto VSCO sudah menyediakan versi gratis dengan dilengkapi 20 jenis filter. Semua filter tersebut bisa Anda aplikasikan terhadap gambar yang ada di smarthphone Anda. Setelah foto tersebut Anda masukkan ke dalam aplikasi VSCO, maka foto tersebut masih tetap ada di galeri aplikasi sehingga jika Anda mendadak keluar aplikasi tak perlu repot-repot lagi mencarinya.

Aplikasi VSCO ini juga telah menyediakan berbagai alat untuk melakukan pengeditan foto. Anda bisa memakai semuanya dengan bebas atau sesuai dengan filter yang ada. Semua hal dasar mengedit foto bisa Anda lakukan semua di aplikasi VSCO ini. Mulai dari fitur crop, kontras dan juga kecerahan.

Sebagaimana aplikasi Adobe, aplikasi VSCO ini juga menawarkan filter berbayar. Di dalam aplikasi ini ada berbagai macam koleksi filter yang bisa dibeli serta memiliki tema khusus seperti potret dan juga foto pemandangan. Semuanya itu bisa Anda beli dengan harga yang cukup terjangkau.

Aplikasi Facetune

Aplikasi Facetune
oketekno.com

Anda suka selfie dan ingin punya aplikasi khusus untuk kebutuhan selfie Anda tersebut? Maka Anda sangat tepat jika menggunakan aplikasi Facetune yang membuat foto selfie Anda menjadi lebih baik tanpa mengeditnya secara berlebihan.

Dalam aplikasi ini terdapat berbagai fitur retouch perataan warna kulit dan juga membentuk bagian tertentu. Namun ada fitur yang membuat aplikasi ini sangat menonjol yaitu tingkat kontrol yang disediakan membuat pengeditan foto tersebut tidak terlihat palsu namun masih bisa mendapatkan efek yang Anda inginkan.

Aplikasi PIxlr

Aplikasi PIxlr
rinusrnsweb.blogspot.com

Aplikasi berikutnya untuk mengedit foto yaitu  Pixlr yang bisa digunakan untuk smarthphone maupun dekstop. Aplikasi Pixlr ini bisa Anda dapatkan secara gratis akan tetapi di dalamnya terdapat iklan karena gratis tersebut. Nah, untuk menghilangkan iklan bisa membayar sekitar 20 ribu rupiah.

Walaupun aplikasi Pixlr ini bisa dipakai untuk mengontrol kamera smarthphone Anda, namun kontrol yang sediakan tersebut sangat terbatas. Dengan demikian Anda lebih disarankan untuk memakai aplikasi kamera bawaan smarthphone Anda atau aplikasi lainnya.

Aplikasi Pixlr ini lebih menonjolkan dirinya pada bidang pengeditan foto pada tablet maupun smarthphone saja.  Untuk tampilannya juga sangat jelas dan penggunaannya sangat mudah. Selain itu, fitur Pixlr ini juga telah menawarkan fitur Auto Fix serta tersedia berbagai filter digital.

Kedua fitur tersebut bisa dipakai secara bersamaan untuk menghasilkan kesan yang sangat unik. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan berbagai fitur lainnya seperti stiker, bingkai maupun teks. Bahkan Anda juga bisa membuat kolase foto menggunakan aplikasi Pixlr ini.

Aplikasi Camera+

Aplikasi Camera+
tekno.compas.com

Aplikasi Camera+ merupakan aplikasi edit foto yang dibuat secara khusus bagi pengguna iPhone yakni untuk Ios 8.0 ke atas.

Sampai saat ini, aplikasi Camera+ ini telah berhasil mendapatkan predikat sebagai aplikasi kamera yang terbaik. Hal tersebut memiliki alasan yaitu adanya tambahan fitur yang tidak bisa ditemukan pada kamera lainnya seperti kamera bawaan. Fitur tambahan tersebut ialah kecerahan, fokus manual, ISO, kecepatan shutter serta white balance.

Di samping itu, aplikasi Camera+ ini juga menyediakan alat untuk digunakan sebagai pemroses gambar yang lebih lanjut serta bisa digunakan untuk membagikan gambar. Untuk versi terbarunya, aplikasi Camera+ ini juga telah menyediakan fitur penstabil gambar untuk bisa menajamkan gambar tersebut.

Ada juga alat clarity yang digunakan untuk memperbaiki fokus. Mode shutter lambat juga telah disediakan dalam aplikasi Camera+ ini untuk bisa Anda manfaatkan saat dibutuhkan.

Aplikasi Camera FV-5

Aplikasi Camera FV-5
apkpure.com

Aplikasi edit foto yang satu ini merupakan salah satu aplikasi yang sengaja didesain khusus bagi para fanatik fotografi. Dalam aplikasi ini juga telah menyediakan kontrol secara manual pada kamera dengan sebanyak mungkin.

Akan tetapi kemampuan yang dimiliki aplikasi Camera FV-5 ini cukup berbeda dengan perangkat Android. Selain itu fitur yang paling canggih dari aplikasi ini yaitu kecepatan shutter manualnya serta mode RAW hanya bisa Anda pakai pada perangkat Android yang spek nya lebih canggih saja. 

Jika Anda ingin mengetahui kecocokan aplikasi Camera FV-5 dengan perangkat Android Anda, maka Anda bisa mencari tahunya di situs web pengembangnya. Jika Anda sudah memasang aplikasi ini, maka Anda pasti langsung bisa menggunakannya karena memang penggunaannya yang mudah bagi siapa saja.

Walaupun Anda masih belum bisa memakai beberapa fitur di perangkat Android Anda, namun Anda masih tetap bisa mengatur white balance, mode metering, sensitivitas dan juga mode time-lapse. Di samping itu, Anda bisa memakai tombol volume untuk digunakan sebagaimana mengatur IOS.

Aplikasi Fotor

Aplikasi Fotor
thegorbalsla.com

Aplikasi Fotor merupakan aplikasi edit foto yang cukup lengkap. Di dalam aplikasi ini terdapat alat edit yang mana alat tersebut tidak dimiliki oleh aplikasi sejenisnya. Alat edit tersebut seperti kontrol RGB, pengaturan curve, efek tilt-shift serta terdapat 13 mode pemandangan yang otomatis akan menyesuaikan gambar milik Anda untuk bisa menghasilkan gambar terbaik.

Selain itu, Anda juga akan dihadapkan dengan banyaknya berbagai pilihan seperti untuk melakukan penyesuaian dasar serta banyaknya filter yang bisa Anda pakai dengan bersamaan. Anda juga bisa melakukan hal lainnya seperti menambahkan stiker, bingkai maupun kolase dari beberapa foto. Meskipun di dalam aplikasi Fotor ini masih ada bawaan kamera, namun hanya ada sedikit kontrol manual yang akan ditawarkan.

Mungkin bagi Anda lebih baik pakai aplikasi kamera bawaan di smarthphone Anda. Nah, jika sudah selesai memperbaiki dan mempercantik foto, maka Anda sudah bisa langsung membagikannya ke media sosial Anda seperti Facebook, Instagram maupun twitter.

Aplikasi EyeEm

Aplikasi EyeEm
thegorbalsla.com

Aplikasi edit foto yang satu ini diluncurkan pada tahun 2011 dan merupakan aplikasi dalam komunitas online pertama yang berhasil menghubungkan para pecinta fotografi ponsel.

Dengan demikian membuat mereka bisa melakukan sharing serta saling melihat hasil bidikan milik orang lain. Sampai saat ini aplikasi ini sudah banyak digunakan oleh lebih dari 13 juta orang terdaftar. Walaupun di dalam aplikasi EyeEm ini masih menggunakan aspek komunitas sebagai bagian utamanya.

Aplikasi EyeEm ini sudah berhasil melebarkan sayapnya untuk penjualan foto. Ada keuntungan sebesar 50% yang ditawarkan oleh aplikasi ini dari berbagai foto yang dijualnya. Nah, jika Anda punya bakat fotografi ponsel dan tertarik, maka Anda bisa melakukan pendaftaran pada aplikasi EyeEm ini dengan memasukkan data diri Anda dan Anda sudah bisa mulai menjual hasil bidikan Anda di aplikasi tersebut.

Meskipun aplikasi EyeEm ini tidak punya kamera sendiri, akan tetapi Anda masih bisa menggunakan aplikasi kamera lainnya. Bukan hanya itu saja, Anda bisa menggunakan foto yang sudah ada di galeri smarthphone Anda. Di dalam aplikasi ini tersedia 24 filter digital dan dilengkapi dengan berbagai alat edit dasar.

Aplikasi Cymera

Aplikasi Cymera
android-indonesia.com

Aplikasi Cymera merupakan aplikasi yang multi fungsi seperti aplikasi PicsArt. Bukan hanya menyediakan berbagai alat pengeditan foto, aplikasi Cymera juga menyediakan 2 macam kamera bawaannya yaitu mode beauty dan mode normal.

Alat-alat pengeditan foto dalam aplikasi Cymera ini punya banyak opsi, mulai dari penyesuaian warna kulit, mosaik sampai dengan tekstur. Membuat kolase foto juga bisa dibuat dengan aplikasi Cymera dan bisa menambahkan teks pada foto yang Anda edit. Yang menarik dari aplikasi Cymera lainnya yaitu terdapat fitur deteksi wajah secara otomatis untuk menambah fitur makeup secara otomatis pada foto selfie Anda.

Aplikasi Camly

Aplikasi Camly
thegorbalsla.com

Salah satu aplikasi edit foto dari Camly ini bisa dikatakan yang paling sederhana namun kegunaannya yang sangat dibutuhkan. Meskipun tampilannya sederhana, namun yang paling menarik yaitu terdapat berbagai fungsi yang lengkap untuk Anda gunakan mengedit foto secara keseluruhan.

Jika Anda ingin melakukan pengaplikasian efek ke dalam hitungan detik seperti yang Anda inginkan, maka Anda bisa menggunakan aplikasi ini. Selain itu terdapat banyaknya stiker serta teks yang bisa Anda tambahkan ke dalam foto yang Anda edit menjadi salah satu alasan lainnya untuk mencoba aplikasi Camly ini.

Aplikasi Toolwiz Photos – Pro Editor

Aplikasi Toolwiz Photos – Pro Editor
thegorbalsla.com

Bisa dikatakan bahwa aplikasi edit foto Toolwiz Photos Pro Editor ini cukup lengkap seperti halnya gabungan dari beberapa aplikasi terbaik seperti Aviary, Snapseed dan juga Prisma.

Aplikasi ini memiliki alat pengeditan foto dalam satu set yang sangat lengkap. Semua alat pengeditan foto di dalam aplikasi ini tersusun sangat rapi seperti retouch, penyesuaian warna dan juga penambahan teks. Selain itu terdapat fitur lainnya yang menambah kelengkapan aplikasi ini seperti layout, stiker, bingkai, jenis font dan lain sebagainya.

Terdapat fitur yang seru dalam aplikasi ini di antaranya efek kulit lembut, penukar wajah dan bahkan pelangsing tubuh.

Aplikasi Afterlight

Aplikasi Afterlight
apk.seciko.net

Apakah Anda butuh aplikasi pengeditan foto dasar yang tidak terlalu banyak membutuhkan fitur? Nah, aplikasi Afterlight ini sangat cocok untuk Anda miliki. Di dalam aplikasi ini tersedia berbagai kumpulan filter yang diberikan oleh para pengembang serta dari para pengguna instagram.

Selain itu ada beraneka tekstur yang cantik serta efek cahaya buatan yang bisa membuat foto Anda menjadi lebih menarik. Bukan hanya digunakan sebagai pengeditan foto, aplikasi Afterlight ini bisa dibuat langsung membagikan hasil editan foto Anda ke sosial media seperti Instagram maupun Twitter.

Nah, jika Anda sudah kehabisan ide untuk mengedit foto Anda, maka Anda bisa mengunjungi akun instagram milik Afterlight untuk melihat-lihat referensi edit foto menggunakan aplikasi Afterlight.

Aplikasi Adobe Photoshop Express/Lightroom

Aplikasi Adobe Photoshop Express/Lightroom
www.makintahu.com

Adobe memang terkenal sebagai aplikasi dan software edit foto. Aplikasi ini telah mengeluarkan dua macam aplikasi edit foto yaitu Photoshop Express serta Photoshop Lightroom. Tentunya kedua aplikasi edit foto tersebut punya kelebihan masing-masing.

Namun yang membedakan dari kedua aplikasi tersebut yaitu yang pertama bisa melakukan pengeditan melalui smarthphone dan yang kedua yaitu harus menggunakan dekstop untuk melakukan lightroom supaya fitur yang didapatkan lebih lengkap.

Untuk rekomendasinya maka kembali lagi ke kebutuhan Anda. Namun kebanyakan para pengguna adalah Photoshop Express karena alatnya juga sudah lengkap dan mudah digunakan kapan saja. Namun jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih bagus, maka Anda bisa menggunakan dekstop dengan aplikasi lightroomnya.

Walaupun kedua aplikasi tersebut punya perbedaan, akan tetapi kedua aplikasi tersebut banyak menawarkan penyesuaian dengan berbagai filter di dalamnya. Kedua aplikasi tersebut sama-sama bisa digunakan untuk file Adobe DNG.

Aplikasi PhotoDirector

Aplikasi PhotoDirector
apkpure.com

Aplikasi PhotoDirector merupakan salah satu aplikasi edit foto yang masih jarang didengar, namun sudah terbukti akan kemampuannya. Tampilan pada aplikasi PhotoDirector ini terlihat cukup minimalis dengan dilengkapi alat-alat pengeditan foto mulai dari efek, filter, cahaya serta beberapa tambahan alat-alat lainnya guna menghidupkan gambar editan Anda.

Berbagai fitur pengeditan foto tersedia di aplikasi PhotoDirector ini dan salah satu fitur yang paling menarik yaitu terdapat alat untuk menghapus suatu obyek atau menghilangkannya. Selain itu terdapat fitur pada kamera yang membuat aplikasi ini terlihat menonjol.

Filter lensa pada kamera bawaan aplikasi PhotoDirector ini memiliki intensitas yang bisa Anda sesuaikan untuk digunakan. Ada juga fitur deteksi wajah pada kameranya

Aplikasi Vignette

Aplikasi Vignette
pandudroid.com

Berbagai aplikasi edit foto yang Anda simpan di ponsel Anda mungkin akan memiliki fitur yang hampir sama meskipun aplikasinya berbeda. Akan tetapi jika Anda ingin sesuatu yang berbeda dalam pengeditan foto, maka Anda bisa menggunakan aplikasi Vignette dan tanpa menghilangkan fungsi dasarnya.

Sebenarnya tidak ada sesuatu yang spesial dari aplikasi Vignette ini, akan tetapi tampilan serta susunannya yang membuat aplikasi edit foto yang satu ini terlihat berbeda dari yang lainnya. Walaupun aplikasi Vignette tidak banyak memberikan efek dan juga filter, namun ketersediaan alat untuk melakukan pengeditan foto dasar akan membuat Anda terbantu untuk bisa menyelesaikan pengeditan foto dengan hanya dalam hitungan menit saja.

Aplikasi Lens Distortions

Aplikasi Lens Distortions
thegorbalsla.com

Aplikasi Lens Distortions merupakan aplikasi edit foto yang tak biasa karena di dalamnya terdapat efek-efek yang membuat foto Anda sangat menarik. Beberapa efek tersebut misalnya seperti sumber cahaya, hujan dan juga kabut. Efek-efek tersebut jika digunakan akan tampak realistis.

Selain itu Anda juga bisa menambahkan beberapa lapisan efek dan akan sangat menguntungkan bagi Anda dalam pengeditan foto dengan maksimal. Untuk bisa memperoleh efek premium, maka Anda bisa berlangganan dengan aplikasi ini secara bulanan. Untuk aplikasi versi Android masih menggunakan aplikasi versi beta namun dirasa sudah cukup baik untuk digunakan.

Baca Juga Aplikasi Musik

Nah, aplikasi mana yang sudah Anda punya untuk melakukan pengeditan foto? Lalu aplikasi edit foto mana saja yang ingin Anda coba? Semua itu bisa Anda dapatkan secara gratis di Google Play Store maupun di App Store. Tunggu apa lagi, yuk nikmati pengeditan foto dengan menyenangkan dan dapatkan hasil foto yang menarik.  

Tinggalkan komentar