5+ Contoh Teks Ulasan Yang Baik Dan Benar

Contoh Teks Ulasan – Resensi atau ulasan adalah suatu teks yang tujuannya menilai suatu karya, dimana teks tersebut ditulis berdasarkan pengamatan terhadap suatu karya. Sehingga saat menilai suatu karya harus kritis, dimana setiap saran atau pendapat dikemukakan dengan bahasa yang baik agar karya dapat berkembang. Adanya teks ulasan mengenai suatu karya memiliki tuan diantaranya adalah:

  • Pembaca atau pemirsa lebih tahu mengenaik kelebihan dan kekurangan karya tersebut
  • Memberikan ulasan yang tentunya bersifat informative kepada khalayak
  • Penikmat karya dapt mempertimbangkan apakah karya tersebut memang layak untuk dibaca, dilihat ataupun didengar
  • Penilaian didasarkan pada opini penulis yang bersifat kritis

Contoh Teks Ulasan

Contoh Teks Ulasan Beserta Strukturnya

CONTOH TEKS ULASAN BESERTA STRUKTURNYA

  1. Orientasi

Sebelum menuju ke pembahasan perlu adanya orientasi terlebih dahulu. Orientasi ini adalah gambaran umum dari sesuatu yang akan diulas

  1. Tafsiran

Setelah teks ulasan dipaparkan secara umum, maka pada bagian tafsiran ulasan lebih dikhususkan lagi. Artinya dibuat lebih  spesifik mengenai apa yang diulas. Misanya ika Anda mengulas suatu karya maka pada bagian tafsiraan bisa diaparkan mengenai kelebihan karya tersebut.

  1. Evaluasi

Struktur teks ulasan selanjutnya adalah evaluasi yang berisi kritik dari penulis. Hal ini diselaraskan dengan pandangannya mengenai karya tersebut. Lebih  bersifat menilai apa yang kiranya kurang.

  1. Rangkuman

Setelah diulas secara gamblang pada bagian satu sampai tiga, maka rangkuman berisi kesimpulan mengenai hal yang telah diulas. Pada bagian ini penulis akan memberikan kritik dan saran. Opini dari penulis terlepas dari rasa egoism, sehingga harus bersifat alami. Hal-hal mengenai karya yang enak atau tidak untuk dibaca, dilihat, atau didengar.

Orientasi

Puisi yang berjudul “Ayah” oleh cantika Ayu telah terbit pada tahun 2017 silam. Puisi yang satu ini diterbitkan oleh salah satu majalah khusus anak dan remaja. Puisi “Ayah” seolah mengisahkan perjuangan seorang ayah untuk keluarga yang ia cintai. Selain itu, dalam puisi tersebut berkisah mengenai seorang ayah yang begitu mencintai seorang anak.

Tafsiran

Pusi ayah terperinci menjadi beberapa bait. Bait ertama seakan mengisahkan perjuangan yang harus dilalui oleh seorang ayah, tentang betapa berat dan besar beban tersebut. dimana seorang harus banting tulang untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Keringat bercucuran tiada henti hanya untuk memperoleh pundi-pundi rupiah. Meski panas begitu menyengat tubuh tidak memutus harapan sang ayah.

Kemudian dalam bait selanjutnya seakan menggambarkan kasih sayang seorang anak. Dimana ayah adalah cinta pertama mereka. Selain itu, dari ayah jugalah anak memperoleh kebahagiaan, sehingga ayah menjadi sosok yang begitu penting dalam kehidupan seorang anak.

Evaluasi

Puisi ayah dibuat dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Meski begitu kata-kata yang dibubuhkan sangat mendalam dan seolah menyatu dalam kehidupan nyata. Bait dalam puisi Ayah tidak begitu panjang, sehingga jika dilihat menurut kaidah penulisan puisi ini belum memenuhi syarat tersebut. Bisa dilihat pada bait kedua dan seterusnya, tidak begitu banyak kata yang ditulis, pasalnya di bait selanjutnya hanya ada dua baris dengan beberapa kata.

Rangkuman

Mesi belum sempurna dalam kaidah penulisan, puisi yang berjudul “Ayah” tersebut layak untuk diterbitkan. Hal ini juga didukung oleh tema yang diambil dalam puisi tersebut yang memang dekat dengan kehidupan. Mengambil tema tentang ayah puisi ini bisa dijadikan sebagai suatu peringatan. Dimana pembelajaran yang bisa diambil dari puisi “Ayah” adalah tentang perjuangan seorang ayah yang tidak pernah mengeluh meski banyak kesulitan yang ia hadapi. Selain itu, seorang anak juga harus bisa menghargai segala jerih payah orang tuanya terutama ayah.

Contoh Teks Ulasan

CONTOH TEKS ULASAN

Sepatu Dahlan

Judul    : Sepatu Dahlan

Penulis : Khrisna Pabichara

Tahun Terbit   : 2012

Penerbit          : Noura Books

Halaman         : 369 hlm

 

Sepatu Dahlan  pernah diirealisasikan menjadi film. Novel yang satu ini ditulis oleh Khrisna Pabichara yang menceritakan secara terperinci kisah seorang Dahlan Iskan. Dimana Dahlan adalah seorang yang pernah menjabat sebagai menteri BUMN dengan prinsip “Hidup, bagi orang miskin, harus dijalani apa adanya”. Dahlan melewati masa hidup yang cukup sulit, meski begitu hal tersebut tidak menyurutkan niatnya untuk terus menuntut ilmu.

 

Sepatu Dahlan menceritakan secara gamblang perjuangan beliau untuk sampai di sekolah. Diceritakan bahwa Dahlan memiliki 3 saudara dan dia adalah anak ketiga. Untuk sampai di sekolah Dahlan harus menempuh rute berkilo-kilo meter jauhnya. Tidak jarang kakinya melepuh dan lecet dimana-mana karena tidak menggunakan alas kaki.

 

Saat duduk di bangku SMP Dahlan berhasil menjadi ketua dari tim voli sekolah. Hal ini membuatnya ingin segera memiliki sepatu. Namun sungguh malang ketika ibunya yang saki-sakitan dan meninggal. Meski begitu kejadian tersebut tidak membuat Dahlan seketika berputus asa, ia tetap berjuang dan akhirnya menjadi pelatih tim voli. Upah yang didapat dari melatih tersebut berhasil mewujudkan impian dahlan untuk memiliki sepatu baru.

 

Novel yang satu mengajarkan kepada pembaca bahwa hidup harus dilalui dengan perjuangan. Meski dalam keadaan tersulit sekalipun asa harus tetap ada. selain itu, niat serta motuvasi sangat diperlukan untuk mewujudkan mimpi. Hanya saja novel Sepatu Dahlan memiliki alur yang tidak menentu. Meski begitu novel ini memiliki amanat yang luar biasa.

 

Contoh teks ulasan film

CONTOH TEKS ULASAN FILM

Informasi umum

Judul    : Dilan 1990

Penulis : Pidi Baiq

Sutradara        : Fajar Bustomi

Produser          : Ody Mulya Hidayat

Durasi              : 1 jam 50 menit

Rilis                 : Januari 2018

Bahasa                        : Indonesia

 

Pemain

  • Iqbaal Diafakhri Ramadhan
  • Vanesha Prescilla
  • Gusti Rahyan
  • Debo Andryos Aryanti
  • Brandon Salim
  • Zulfa Maharani

Film layar lebar yan berjudul Dilan 1990 ini sebenarnya diambil dari karya fenomenal Pidi Baiq. Kemudian disutradarai oleh Fajar Bustomi yang akhirnya film ini pun sukses menghiasi jagat perfilman Indonesia. Dimana dalam periode penayangannya film Dilan 1990 berhasil meraih lebih dari enam juta. Film ini berkisah tentang lika-liku percintaan remaja yang saat itu pola pikirnya masih hanya sebatas teman, sahabat, dan orang yang dicintai.

Film ini mengisahkan tentang seorang perempuan benama Milea, dia adalah siswi pindahan dari Jakarta yang akan bersekolah di Bandung, tempat Dilan juga bersekolah. Sebaliknya Dilan disebut sebagai panglima tempur, seorang anak geng motor yang ayahnya adalah tentara. Keduanya bertemu di jalan menuju sekolah. Dilan menyapa Milea terlebih dahulu saat itu, dengan sangat percaya diri Dilan meramal bahwa mereka akan bertemu di kantin. Tentu saja hal ini disambut tatapan heran dari Milea.

Dilan dengan segala bujuk rayunya mencoba terus mendekati Milea, sehingga gombalan demi gombalan dilontarkan. Namun ternyata bukan hanya Dilan yang menyukai Milea, sebab Nandan teman sekelas Milea juga menyukainya. Sampai pada saatnya Dilan beranggapan bahwa Nandan dan Milea telah berpacaran. Hal inilah yang membuat Dilan sedikit menjauh dari Milea. Milea yang heran dengan sikap Dilan pun mulai merasa dijauhi, akhirnya ia menemui Piyan (sahabat Dilan) agar mengatakan pada Dilan bahwa ia dan Nandan tidak memiliki hubungan apapun selain teman.

Saat mengetahui hal itu, Dilan kembali bergerak maju mendekati Milea. Hari demi hari yang dilewati Dilan dan Milea seolah menjadi hari impian mereka. Sampai akhirnya mereka resmi berpacaran, deklarasi tersebut dibaca lantang oleh Dilan di warung Bi Eem. Ungkapan perasaan yang dilakukan oleh Dilan juga terkesan unik, Dilan menulis deklarasi cintanya ke dalam buku yang kemudian dibubuhi materai. Tulisan itu berisi peresmian hubungan mereka beserta tanggal jadian.

Film DIlan 1990 ini sangat erat kaitannya dengan percintaan remaja. Hal-ha seperti gaya berpacaran sampai aktivitas remaja yang kadang tidak terkontrol seperti tawuran, konflik sesama teman dan tentu saja pacaran. Oleh sebab itu Dilan 1990 sukses meraik penonton begitu banyaknya sebab banyak sekali yang penasaran dengan filmnya. Apalagi untuk anak-anak remaja yang suka melihat film percintaan. Dilan 1990 berhasil membuat baper para pemirsanya. Dimana Dilan dianggap laki-laki idaman melalui kata-katanya, caranya mencintai Milea dan lain-lain. Film ini mengambil latar di Bandung saat tahun 90 an, sehingga baik itu view yang diambil dan properti yang dipakai semuanya berbau tahun 90 an.

Film DIlan bukanlah satu film yang menceritakan dari awal hingga akhir, sebab novelnya pun ada tiga bagian. Oleh sebab itu, Dilan 1990 masih menyimpan misteri di akhir cerita sehingga terkesan “nanggung”. Meski begitu film Dilan 1990 sukses mengotak-atiik perasaan pemirsanya apalagi kalangan remaja. Selain itu, film ini juga mengingatkan tentang Bandung dan era 90 an, dimana orang dewasa pun seolah dibawa kembali ke masa silam.

Contoh Teks Ulasan Novel

CONTOH TEKS ULASAN NOVEL

Menemuimu dalam Doa

Novel yang satu ini ditulis oleh Hamida Surya yang mengisahkan seorang perempuan bernama Indah. Indah adalah seorang perempuan yang sedang berusaha melupakan mantan kekasihnya. Namun setiap harinya Indah selalu terbayang akan kenangan bersama sang mantan. Meski berbagai cara telah dilakukan semua kenangan itu tetap saja tidak bisa terlupakan begitu saja. bahkan ia pun sudah berusaha menjalani berbagai kesibukan dan membuka hati untu pria lain, namun sia-sia.

 

Saat itu Indah adalah seorang gadis yang baru berumur 19 tahun, kehidupannya berkecukupan. Indah juga menjalani hidupnya seperti remaja pada umumnya. Namun semua itu seakan berubah ketika ia mengenal seorang pemuda bernama Galih. Perkenalan mereka dimulai dari sosial media, yang pada saat itu keduanya tidak sadar bahwa perkenalan tidak sengaja tersebut akan memunculkan kisah baru. Setelah ditelusuri ternyata Galih adalah sepupu dari sahabat Indah.

 

Seiring dengan berjalannya waktu perkenalan tersebut berubah menjadi status baru yang dinamakan pacaran. Setelah setahun menjalani hubungan tersebut, Indah dan Galih harus putus sehingga membuat keduanya saling menjauh. Indah dan Galih seakan memulai kehidupannya masing-masing, kembali ke masa mereka belum saling mengenal.

 

Kesibukan yang mereka jalani membawa Indah dan Galih bertemu dengan orang dan menjalin hubungan dengan orang yang berbeda. Hal ini juga membuat mereka menjadi semakin jauh, meski begitu rasa cinta tetap terlindung di hati dan segala kenangan yang telah mereka lalui. Sampai suatu ketika mereka saling menyapa kembali setelah 4 tahun lamanya. seolah mengulang pada kisah mereka yang pertama, Indah dan Galih dipertemukan kembali melalui dunia maya.

 

Selanjutnya hubungan antara Indah dan Galih kembali terjalin menjadi hubungan berpacaran. Hingga hubungan itu sampai pada usia 2 tahun. Selanjutnya indah yang merasa pendapatnya tidak didengar oleh Galih memutuskan untuk pergi meninggalkan pria tersebut. Perginya Indah dari kehidupan Galih bukan karena benci atau hilangnya cinta dari hati sang wanita. Namun Indah lebih memilih untuk melindungi dirinya sendiri dengan cinta yang masih tersimpan rapi dalam hatinya. Indah memilih untuk menemui Galih dalam setiap doa yang ia panjatkan.

 

Novel yang berjudul Menemuimu dalam Doa dikemas dalam bahasa yang santai dan dekat dengan kehidupan para remaja. Sehingga bahasa yang digunakan pun lebih mudah dimengerti. Kisah cinta yang begitu sederhana namun juga syarat akan makna, sehingga siapapun yang telah merasakan cinta seolah ditarik kembali. Novel ini seolah ingin mengaduk-aduk emosi pembacanya antara melupakan atau bertahan dalam kesemuan. Dua hati yang ingin bersatu namun juga penuh dengan gonjang-ganjing. Sehingga diantara keduanya lebih memilih apa yang telah Tuha takdirkan.

 

Mengambil tema romantis, penulis ingin menitik beratkan emosi atau gejolak dalam hati dan pikiran. Dimana disini menggambarkan bahwa otak dan hati terkadang tidak sejalan. Kejadian yang diveritakan pun dekat dengan kehidupan remaja di masa sekarang. Namun dari segi cover buku, novel yang satu ini kurang menarik. Sampul buku tersebut terkesan monoton, tidak sesuai dengan isi bacaan yang begitu menarik.

 

Contoh Teks Ulasan Buku

CONTOH TEKS ULASAN BUKU

Cinta Brontosaurus

  1. Identitas buku

Judul buku       : Cinta Brontosaurus

Pengarang       : Raditya Dika

Penerbit          : Gagas Media

Genre              : Komedi, percintaan

Tebal Buku      : 160 hlm

  1. Sinopsis buku

Dalam buku ini mengisahkan tentang seorang pria bernama Dika yang baru saja dilanda putus cinta. Dika adalah seorang penulis yang percaya bahwa cinta adalah suatu hal yang bisa kadaluarsa. Sehingga Dika pun mulai tidak mempercayai cinta. Namun agen naskah Dika yang bernama Kosasih beserta istrinya, berusaha meyakinkan Dika kembali mengenai cinta. Usaha tersebut kemudian membawa Dika ke sebuah kencan demi kencan paling absurd di hidupnya.

 

Namun seperti biasa bahwa cinta datang tanpa bisa diduga dan direncanakan. Dika dipertemukan dengan serorang wanita bernama Jessica, yang pola pikirnya sama-sama aneh menurutnya. Dika dan Jessica semakin akrab dan saling bertemu, sedikit demi sedikit DIka mulai ragu akan pernyatannya, sehingga Dika berpikir apa benar cinta bisa kadaluarsa? Saat masa inilah buku yang Dika tulis digaet oleh Mr. Soe untuk dijadikan film layar lebar, buku itu berjudul Cinta Brontosaurus.

 

Selanjutnya Dika mulai tergiur untuk mengambil jobbtersebut, sehingga ia pun mulai menulis skrip demi skrip, naskah demi naskah untuk keperluan pembuatan film. Namun saat sudah sampai di tengah, konflik mulai muncul kembali, dimana semua naskah yang Dika tulis diubah menjadi film horror yang saat itu sedang marak. Buku yang yang berjudul Cinta Brontosaurus terinspirasi dari kehidupan pribadi Dika, tentang Jessica, teman serta keluarga.

  1. Penilaian

Pada bagian pertama yaitu tampilan atau cover depan, buku yang satu ini memiliki tampilan yang menarik dan berwarna. Hal ini tentu saja dapat menarik minat pembaca. Selanjutnya pada bagian inti atau isi buku. Seperti yang telah disebutkan di awal, bahwa Cinta Brontoosaurus bergenre komedi, percintaan, sampai pada keseharian tokoh utama. Selain itu, isi buku juga sangat menarik dan akrab dengan kahidupan di masa sekarang.

Dari segi kebahasaan CInta Brontosaurus emnggunakan bahasa yang ramah di kalangan anak muda, lenih  menggunakan bahasa gaul. Seperti menyebut para tokohnya dengan sapaan loe, gue dan lain-lain. Selain itu, bahasa yang digunakan juga tidak sesuai dengan EYD, hal ini selaras dengan tema yang diangkat yaitu kehidupan remaja.

Kelebihan:

  • Tema yang diusung membuat buku lebih akrab di kalangan anak muda
  • Bukan hanya tentang keseharian atau percintaan saja, tapi juga berbagai jokes yang mengundang tawa

Kekurangan:

  • Banyak sapaan atau kata vulgar dalam buku ini, dan semuanya itu tidak disensor
  • Pada bagian akhir buku tidak diceritakan secara jelas bagaimana akhir dari kisah Dika, sehingga cenderung membuat pembaca penasaran akan kisah selanjutnya
  1. Kesimpulan

Seperti karakter atau karya pada umumnya tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Meski begitu buku yang berjudul CInta Brontosaurus berhasil menarik minat pembaca yang penasaran akan kisahnya. Tentu saja hal ini tidak terlepas dari latar belakang penulis buku tersebut yaitu Raditya Dika yang namanya sudah terkenal di kalangan para penulis. Raditya Dika adalah seseorang yang humoris dan semua itu ia bubuhkan ke dalam karyanya.

 

  1. Contoh Teks Ulasan Puisi

CONTOH TEKS ULASAN PUISI

Ibu

Ibu adalah susunan bait puisi yang ditulis oleh Cantika Ayu yang berhasil terbit di sebuah majalah usia menengah. Puisi yang satu ini berisi tentang doa yang dipanjatkan seorang anak untuk sosok ibu. Penulis menggambarkan sosok ibu dalam puisi adalah orang yang sangat berjasa bagi anak-anaknya.

 

Dari bagian awal puisi sampai pada bait ketiga, karya Cantika ini mengungkapkan tentang rasa terima kasih anak kepada ibunya. Dalam puisi tersebut juga menggambarkan betapa kasih dan cinta tersurahkan dari sosok ibu. Sehingga sekedar ucapan terima kasih dirasa tidak cukup untuk membalasnya. Selain itu, puisi “Ibu” mengisahkan tentang kehidupan yang tidak jauh dari kenyataan.

 

Meski memang memiliki kekurangan, namun puisi yang satu ini kiranya layak untuk dibaca dan dipahami maknanya. Sekaligus dijadikan referensi untuk mencoba menulis puisi. Teknik kebahasaan yang dipakai juga mudah dipahami. Penulis berhasil menghadirkan kesan betapa besar pengorbanan ibbu selama ini. Sehingga seorang anak diharapkan lebih menghormati ibunya dan mewanti-wanti agar tidak melukai hati ibu.

 

  1. Contoh Teks Ulasan Cerpen Singkat

CONTOH TEKS ULASAN CERPEN SINGKAT

Aku, Ibu Dan Takdir

 

Aku, Ibu dan Takdir adalah sebuah cerpen singkat yang ditulis oleh Bahtari Anugerah. Karya yang satu ini berhasil terbit di tahun 2015 yang bertemakan keluarga dan kehisupan sosial. Bahtari mengisahkan seorang tokoh utama perempuan bernama Bella yang harus terus melalui kehidupan yang begitu keras. Bella adalah perempuan yang ditakdirkan berpisah dari ibu kandungnya dan harus melalui kehidupan yang tidak mudah.

 

Diceritakan Bella yang saat itu duduk di bangku SMA memiliki paras yang cantik dan senyum menawan. Selain itu Bella juga merupakan sosok murid yang pandai. Namun ia hanya hidup dengan seorang nenek yang sudah tua. Nenek itulah yang merawat Bela dari kecil setelah Bela ditinggalkan oleh ibunya. Cerita awalnya adalah saat Bela masih kecil, ibunya Bella menitipkannya kepada seorang nenek untuk bekerja, Belajuga tidak tahu dimana ayahnya.

 

Namun ketika dua tahun sudah berjalan, tiba-tiba ibunya tidak kembali lagi. Saat itu Bela masih berusia 4 tahun masih kecil, sehingga nenek tersebut dengan sabar merawat Bela sejak ibunya pergi. Saat usianya menginjak 15 tahun Bela mulai mengeri tentang alur hidupnya, ia pun berniat mencari sang ibu dengan bertanya kepada sang nenek. Namun alangkah sialnya ingatan nenek tersebut telah pudar dimakan usia. Pencarian yang dilakukan Bela dimulai dengan bertanya kepada tetangga sekitar sampai ia menemukan titik terang mengenai keberadaan sang ibu. Ketika Bela sudah berhasil menemui sang ibu, ternyata ibunya sudah berupa jasad yang terbujur kaku. Meski begitu Bela tetap bahagia, karena setidaknya ia tahu bagaimana wajah ibu kandungnya.

 

Cerpen singkat berjudul Aku, Ibu dan Takdir memiliki akhir yang tidak bahagia. Meski begitu urutan kejadiannya dibuat begitu runtut dan bahasa yang digunakan mudah untuk dicerna. Namun masih ada yang janggal dari cerpen yang satu ini, yaitu alasan mengapa sang ibu meninggalkan anaknya. Kisah masa lalu sang ibu tidak diceritakan dalam cerpen singkat ini. sehingga pembaca harus menebak-nebak kiranya apa yang terjadi.

 

Di samping beberapa kekurangan tersebut, cerpen pendek Aku, Ibu dan Takdir layak mendapat apresiasi sebab memberi pelajaran kepada pembaca untuk selalu menghargai apa yang telah ia punya. Semua yang terjadi dalam hidup tentu memiliki alasan, sehingga tidak ada unsur menyalahkan takdir. Selain itu pembaca bisa lebih memperhatikan sosok ibunya.

 

  1. Contoh Teks Ulasan Album Lagu

CONTOH TEKS ULASAN ALBUM LAGU

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan nama bang Kotak. Dimana dalam band ini terdapat vocal perempuan bernama Tantri dengan dua personil lainnya. Chua berposisi sebagai bassist dan Cello adalah gitaris band tersebut. pada tahun 2008 Kotak berhasil menerbitkan sebuah album yang bernama Kotak Kedua melalui Warner Music Group.

 

Album Kotak Kedua memiliki 12 lagu diantaranya adalah Tinggalkan Saja, Kosong Toejoeh, Beraksi, berbeda, Lagi-lagi, dan sebagainya. Album tersebut berhasi menaikkan daya tarik permusikan Indonesia, sehingga sempat mendapat penghargaan di AMI Awards sebagai Album Rock Terbaik.

 

Dengan hadirnya penghargaan tersebut maka dapat menjadi bukti bahwa album tersebut berhasil menyedot perhatian masyarakat. Bahkan sampai saat ini musik-musik yang ada di album tersebut masih sering diperdengarkan di acara-acara musik. Padahal tanggal liris album adalah tahun 2008, berarti sudah 12 tahun lamanya sejak album dirilis.

 

Karena meraih banyaknya peminat, album yang satu ini memiliki berbagai keunggulan dan keunikan. Apalagi jika Anda termasuk orang yang menyukai musik rock. Lagu-lagi yang ada di album Kotak Kedua dibawakan dengan begitu ekspresif dan bersemangat. Sehingga hal itu seolah ikut mengipnotis para pendengar setianya. Sangat rugi jika tidak membeli album penuh sensasi ini.

Beberapa contoh teks ulasan mengenai beberapa karya diatas bisa Anda jadikan refensi untuk menilai suatu karya. Meski bersifat opini namun ulasan yang ditulis harus didasarkan kepada fakta.

5+ Contoh Teks Ulasan Yang Baik Dan Benar (Lengkap)

Tinggalkan komentar