Site icon Made Blog

Tari Zapin : Sejarah, Makna, Konsep, Gambar dan Penjelasan

Tari zapin – Bagi Anda orang Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah lagu zapin atau Tari Zapin. Ya, jenis tari ini merupakan sebuah tari tradisional yang berasal dari suku melayu. Adapun jenis tari ini sendiri berasal dari Riau yang merupakan salah satu provinsi yang ada di Pulau Sumatera.

Tari Zapin sendiri merupakan tari tradisional khas Ratu yang jika dilihat dari sejarahnya berasal dari akulturasi dua buah budaya. Kedua buah budaya ini adalah budaya melayu dan budaya arab di masa lalu.

Ini karena orang-orang Riau zaman dahulu kebanyakan adalah orang-orang yang berasal dari Arab, sehingga dalam hal ini perpaduan dua buah kebudayaan ini terjadi. Adapun Tari Zapin sendiri merupakan sebuah tari yang dimainkan dengan berpasang-pasangan.

Tari ini juga dijadikan sebagai sebuah tari pertunjukan yang dijadikan hiburan bagi masyarakat Riau. Sebenarnya, tidak hanya di riau saja tari ini eksis. Namun, juga ada di beberapa wilayah lainnya seperti di Sumatera, Jawa dan juga kalimantan. Saking populernya, Tari Zapin ini juga terkenal di luar negeri lho.

Beberapa negara yang tahu dan suka dengan tari ini seperti Brunei Darussalam, Malaysia dan juga Singapura. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan tari ini, kali ini akan di kupas secara tuntas informasi lengkap seputar Tari Zapin.

Sejarah Tari Zapin

gilangrahmtul.blogspot.com

Bicara soal sejarahnya, tari ini sendiri pada awalnya merupakan sebuah tari yang hanya khusus dimainkan oleh orang istana saja terutama di masa kesultanan Yaman, Timur tengah, adapun nama zapin sendiri berasal dari kata “Zafn” yang memiliki arti gerak cepat dalam bahasa Arab.

Pada awalnya, jenis tarian ini dibawa oleh para pedagang Arab yang datang ke Indonesia pada abad ke 16. Selanjutnya, Tari Zapin ini mengalami akulturasi budaya, sehingga jadilah sebuah tari yang seperti sekarang ini.

Makna dan Tema Tari Zapin

www.riaumagz.com

Tarian zapin mengusung tema hubungan pola hidup dari masyarakat Melayu. Dalam setiap gerakkan dalam tarian ini mengandung nilai filosofis di dalamnya yang berkaitan dengan masyarakat melayu. Meskipun awalnya tarian ini dijadikan sebagai hiburan saja.

Namun, saat ini tari ini menjadi sebuah ikon yang menunjukkan kemajuan dari masyarakat Riau. Adapun hal-hal yang menyentuh dalam tarian ini adalah betapa kentalnya nilai pendidikan dan agama yang tersirat dalam setiap syair yang mengiringi tarian ini.

Konsep Tari Zapin

www.kamerabudaya.com

Berbicara soal konsepnya, konsep tari ini sangat menarik. Bahkan, setiap orang yang melihatnya akan merasa penasaran dan ingin tahu lebih dalam. Mau tahu apa saja konsep tari ini, yuk langsung saja simak penjelasan konsep yang diusung dari setiap gerakannya.

Pada gerakan tarinya, Tari Zapin ini dibagi menjadi tiga buah gerakan yaitu gerakan pembuka, gerakan inti dan juga gerakan penutup. Ketiga gerakan ini memiliki gerakan lain yang dibagi menjadi 19 gerakan lagi.

Nah, setiap gerakan ada tari ini memiliki makna tersirat di dalamnya. Pada saat tari ini ditampilkan, maka Anda bisa melihat sendiri bagaimana berirama nya dan berpolanya gerakan ini.

Ada tahun sebelum 1960-an, tari ini hanya boleh ditampilkan oleh para pria saja dan dilakukan secara berkelompok. Namun karena perkembangan zaman kini tari ini dibuat dengan berbagai jenis versi.

Salah satu versi yang paling populer dari tari ini adalah versi di mana tari ini dimainkan secara berpasangan oleh pria dan wanita. Dalam pertunjukan [panggungnya jumlah penari tidak dibatasi. Biasanya jumlah penari akan disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan maupun sesuai dengan besarnya panggung.

Selain itu, hal yang menarik lain dari Tari Zapin juga bisa dilihat dari musiknya. Adapun musiknya sendiri dibagi menjadi dua alem yakni dari alat musik yang di tabuh serta syair melayu yang dinyanyikan. Setiap musik yang dihadirkan memiliki pesan moral tersendiri.

Adapun untuk Tari Zapin yang murni dan berasal dari Arab ini dibagi menjadi dua buah alat musik saja yang mengiringi. Kedua alat musik ini adalah gambus dan marawis.

Sedangkan Tari Zapin yang telah mengalami akulturasi budaya dan perkembangan dai corak melayu biasanya diiringi dengan menggunakan alat musik seperti marawis, rebana, gitar, akordeon, gendang dan juga gembos. Biasanya syair-syair yang dinyanyikan dalam tarian ini merupakan lagu yang diciptakan oleh tengku mansor.

Adapun beberapa judul yang populer seperti Ya salam, tale-Yale, tanjung Seindit, gambus Palembang, Lancang Kuning, Sri Pekan dan juga Lancak Daik. Nah, sebelum lagu-lagu ini ada pada zaman dahulu Tari Zapin diiringi dengan lagu lama seperti pelut Hitam, basmalah, anak Ayam Patah, Zapin Asli, gendang Rebana, Lancang Balai, Sayang Sarawak dan masih banyak lainnya. Nah, setia lagu ini memiliki pesan moral di dalamnya.

Para penari zapin menggunakan tata busana dan rias yang sedemikian rupa agar terlihat tampan dan cantik. Adapun untuk busana yang digunakan oleh penari pria adalah menggunakan serangkaian pakaian adat dari Melayu.

Beberapa jenis pakaian yang digunakan seperti baju kurung, lekat, cekak musang, kopiah, songket, bros, dan bawahan seluar. Sedangkan pakaian yang digunakan pada penari wanita sendiri menggunakan pakaian khas melayu juga.

Diantara pakaian tersebut seperti kain songket, selendang tudung mantol, kain samping, kalung dan anting-anting, serta hiasan kemban goyang dan masih banyak lainnya. Adapun salah satu ciri khas yang dikenakan oleh para penari ini menggunakan pakaian dengan warna kuning, merah biru maupun hijau.

Selain busana, properti tari juga sangat penting dalam penampilan tari ini. ada dasarnya tari ini sendiri tidak menggunakan properti apapun dalam pertunjukannya. Namun, beberapa kali ditemukan para penari zapin menggunakan properti seperti selendang dan biasanya ini digunakan oleh para penari perempuan.

Tujuannya sendiri adalah untuk memperindah setiap gerakkan yang dilakukan. Sebenarnya selendang juga bukan dikatakan sebagai properti dan kalaupun disebut sebagai properti maka ini adalah properti yang paling sederhana.

Dengan beragam hal menarik yang dimiliki oleh Tari Zapin, tidak heran jika jenis tari ini sangat terkenal tidak hanya di riau saja, tarian yang sangat indah ini mengajarkan banyak hal tentang kehidupan. Setiap gerakkan menggambarkan nilai-nilai moral yang memiliki filosofi tersendiri di dalamnya.

Meskipun merupakan sebuah tarian tradisional, namun menyaksikan Tari Zapin tidak menimbulkan rasa yang bosan. Bahkan Anda malah ingin memperdalam tarian ini lebih dan lebih lagi. Apalagi semuanya diperhatikan dengan detail menjadikan tarian ini semakin terlihat sempurna.

Baca Juga Pengertian Seni

Sebagai sebuah tarian adat, tari ini diangkat dari tari yang mengusung tema akulturasi budaya yang sangat menarik. Sebagai generasi muda, sudah sepantasnya kita mempelajari dan mulai melestarikan tarian ini. jangan sampai tarian ini diakui oleh negara lain baru kita mau mempelajarinya. Semoga adanya informasi seputar Tari Zapin ini bisa memberikan banyak manfaat.

Exit mobile version