Doa Pernikahan: Keutamaan. Adab, Hadist, Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Doa pernikahan – Sebuah pernikahan merupakan sebuah momen dimana sepasang laki-laki dan perempuan di sahkan menjadi suami istri menurut agama dan negara. Acara pernikahan merupakan acara yang sakral, dimana pengantin pria mengucapkan ijab qabul tidak hanya di hadapan Ayah dari mempelai perempuan, namun berjanji juga di hadapan Allah SWT. 

Momen pernikahan merupakan momen yang membahagiakan bagi kedua mempelai. Pernikahan merupakan momen yang menjadi kenangan seumur hidup. Karena di dalam sebuah pernikahan terdapat tujuan yang mulia yaitu melakukan ibadah sunnah yang dilakukan bersama yang mendatangkan sebuah pahala dan kebahagiaan, serta membuka pintu rezeki bagi yang menjalankannya.

Bukan hanya menyatukan dua insan, namun pernikahan juga menyatukan dua keluarga yang artinya dalam pernikahan akan menambah saudara. Acara pernikahan biasanya banyak didatangi oleh kerabat, keluarga, rekan, sahabat, dan sederet teman yang mungkin jarang berjumpa yang akhirnya dapat bersilaturahmi ketika menghadiri pernikahan. 

Akan lebih baik jika di dalam momen pernikahan terselip doa dan harapan yang tulus untuk kedua mempelai agar mencapai pernikahan yang sakinah, mawaddah, warahmah. Dan diridhoi oleh Allah rumah tangganya. 

Contents

Keutamaan Membaca Doa Pernikahan

Keutamaan Membaca Doa Pernikahan
tebuireng.online
  • Doa Termasuk Sebuah Ibadah

Kadang kala ketika menjalani sebuah kehidupan, seringkali manusia tidak memperdulikan apa yang akan terjadi mendatang karena sudah terlalu percaya diri bahwa dirinya akan mendapatkan kehidupan yang serba berkecukupan.

Sebagai seorang manusia, tentu kita tidak boleh sombong dengan mengatakan bahwa tidak membutuhkan siapa-siapa untuk memperoleh sesuatu termasuk sebuah kebahagiaan. Karena sebagai manusia kita perlu meminta pertolongan kepada Allah atas semua yang akan kita lakukan dan yang ingin kita dapatkan.

Meminta pertolongan kepada Allah sudah tentu caranya dengan melalui doa, begitu pula untuk menjalani sebuah bahtera rumah tangga. Berdoa kepada Allah adalah sebuah ibadah yang tentu mendatangkan pahala. Dalam hal ini berdoa untuk sebuah pernikahan, baik itu yang mendoakan adalah orang lain seperti teman, sahabat, kerabat atau saudara juga tetap dianggap sebagai sebuah ibadah.

  • Mendatangkan keberkahan didalam rumah tangga

Dalam menjalani sebuah rumah tangga tentu tidak hanya akan merasakan kebahagiaan saja, namun juga akan merasakan susah dan kecewa. Namun dengan memanjatkan doa dalam pernikahan memiliki arti untuk meminta keberkahan dalam menjalani rumah tangga.

Sehingga seberat apapun masalah kedepannya dalam mengarungi bahtera rumah tangga, kedua mempelai dapat menyelesaikan dengan beriringan dengan ridho Allah SWT.

  • Pengantar pernikahan

Doa pernikahan menjadi sebuah pengantar bagi kedua mempelai dari sanak saudara dan keluarga untuk memulai rumah tangga, agar saat menjalani pernikahan kedua pasangan agar selalu di kuatkan dalam segala kondisi yang akan di hadapi kedepannya.

 Karena seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa dalam mengarungi bahtera rumah tangga tentu tidak hanya rasa bahagia yang dirasakan. Namun ada hal-hal lain yang membuat kedua pasangan berantem atau mengalami masalah yang membuat keduanya berselisih.

  • Mendoakan agar kedua pasangan saling percaya

Di dalam menjalankan sebuah pernikahan, rasa saling percaya menjadi salah satu cara untuk melanggengkan rumah tangga. Dan juga kedua pasangan suami istri juga harus saling menerima kelebihan dan kekurangan diantara keduanya, karena sejatinya pasangan itu adalah sebuah pelengkap untuk kekurangan dan kelebihan masing-masing. Karena hakekat kesempurnaan adalah milik Allah SWT.

  • Untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT

Doa yang tulus dan ikhlas akan semakin menambah ketaqwaan kita terhadap Allah SWT. Mendoakan pasangan yang baru saja menikah juga akan menambah iman dan taqwa.

Sebuah doa senantiasa akan selalu beriringan dengan kehidupan baik lahir maupun batin. Usaha tanpa doa hanyalah sebuah kesia-siaan, untuk itu mendoakan pasangan yang baru saja melangsungkan pernikahan merupakan sebuah bentuk usaha.

Usaha melalui doa juga bisa dilakukan oleh teman atau kerabat agar kedua pasangan tersebut dapat menjalankan sebuah pernikahan yang bahagia dunia akhirat. Usaha tanpa doa akan menjauhkan dari kehidupan yang di berkahi oleh Allah SWT. 

  • Doa ketika mengalami perasaan senang dan sedih

Berdoa ketika acara pernikahan juga bertujuan agar ketika kedua mempelai nanti berada di kondisi senang maupun sedih, keduanya tetap di beri ketenangan dan keberkahan ketika melaluinya. Sepertihalnya doa pernikahan yang pernah disampaikan oleh Rasulullah SAW, dimana sebuah doa pernikahan ini mengandung keberkahan untuk berumah tangga.

Keberkahan dalam menjalankan rumah tangga bukan hanya ketika merasa senang saja, namun doa ini diharapkan membawa keberkahan di kala mengalami kesedihan dan hal yang tak disenangi ketika menjalankan rumah tangga.

Adab Ketika Membaca Doa Pernikahan

Adab Ketika Membaca Doa Pernikahan
hatma.net
  • Tidak membedakan ketika berdoa

Hakekat kedudukan manusia di hadapan Allah adalah sama. Apalagi kita yang hanya seorang makhluk tentu tidak boleh membeda-bedakan diantara sesama manusia. Sama halnya dengan berdoa dalam sebuah acara pernikahan, maka tidak boleh melihat latar belakang dari kedua mempelai.

Seperti misalnya Anda mendapatkan sebuah undangan pernikahan di dua tempat, satu dari orang yang berkecukupan dan satunya dari orang yang kurang berkecukupan. Tidak boleh ketika Anda berdoa di antara kedua tempat pernikahan tersebut dengan isi doa yang berbeda. 

Juga ketika akan datang di kedua tempat acara pernikahan, lebih baik Anda datang terlebih dahulu ke acara pernikahan yang undangannya sampai lebih dulu ke rumah Anda. Dan niatkan ketika datang dalam sebuah acara pernikahan adalah untuk menghormati saudara dan kedua mempelai.

  • Tidak menunda

Sesuatu yang baik itu tidak boleh di tunda, termasuk dalam halnya berdoa untuk sebuah pernikahan. Sama halnya ketika akan menghadiri undangan acara pernikahan, lebih baik untuk tidak menunda-nundanya. Diperbolehkan menunda ketika memang terdapat alasan yang memang jelas, seperti dapat mempengaruhi kesehatan atau merusak agama.

  • Paham dengan doa yang makruh

Selain ada doa yang memang dianjurkan ketika menghadiri sebuah pernikahan, ternyata juga ada doa yang di hukumi makruh ketika diucapkan menurut Rasulullah SAW. Doa yang di hukumi makruh untuk pernikahan ialah doa agar bahagia dan memiliki banyak anak.

Doa tersebut di hukumi makruh karena menurut pendapat para ulama ucapan tersebut bukan doa yang tepat bagi kedua mempelai. Didalam agama Islam memang memiliki banyak anak merupakan sebuah hal yang baik. Namun mendoakan pasangan pengantin dengan mengucap “semoga kalian bahagia dan memiliki banyak anak” adalah doa yang tidak tepat ketika pernikahan

Hadist Tentang Pernikahan

Hadist Tentang Pernikahan
islamidia.com

Pernikahan adalah sebuah ibadah sunnah yang di anjurkan oleh Agama Islam.  Rasulullah SAW juga melangsungkan pernikahan, yang mana hal itu sebagai contoh bagi kita sebagai umatnya. Terdapat sebuah hadist yang pernah dikatakan oleh sahabat Rasulullah SAW mengenai pernikahan.

Dari Anas  bin Malik RA mengatakan, bahwa Rasulullah Shallallaahu’alaihi wa sallam pernah bersabda :

مَنْ تَزَوْجَ فَقَدِاسْتَكْمَلَ نِصْفَ الْإِيْمَانِ, فَلْيَتَّقِ اللهَ فِي النَّصْفِ الْبَاقِى

Artinya : “siapa orang yang melakukan pernikahan, maka berarti telah melengkapi setengah dari keimanannya”.

Makna dari hadis diatas yaitu menjelaskan bahwa dalam agama Islam sebuah pernikahan merupakan sebuah ikatan yang sah yang sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan As-Sunnah. Maka dari itu sebuah ikatan pernikahan merupakan sarana bagi manusia untuk beribadah, karena menjalankan pernikahan sebanding dengan separuh iman.

Dan ada hadis lain yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : 

مَنْ رَزَقَهُ اللهُ امْرَأَةًصَالِحَةً فَقَدْ أَعَانَهُ اللهُ عَلَى شَطْرِدِيْنِهِ, فَلْيَتَّقِ الشَّظرِالثَّانِى

Yang artinya : “barang siapa yang diberi oleh Allah wanita yang menjadi istri shalihah, maka benar-benar Allah telah membantunya untuk menjalankan separuh agamanya”.

Dari hadist tersebut kita bisa mengambil arti jika dengan menjalankan sebuah pernikahan maka akan sangat membantu untuk melaksanakan separuh Agama Islam. Maka karena itu, menjalankan pernikahan juga bagian dari menjaga keimanan kepada Allah SWT.

Agama Islam adalah agama yang fitrah atau suci, Allah SWT sudah menciptakan manusia juga telah sesuai dengan fitrahnya. Allah SWT telah memerintahkan kepada manusia untuk selalu berdiri pada agama yang fitrah. Hal itu karena agar manusia tetap menapaki kehidupan sesuai dengan fitrahnya.

Dan menjalankan ikatan pernikahan adalah salah satu jalan fitrah manusia. Sebuah pernikahan merupakan sunnah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dan yang telah di anjurkan oleh beliau. Maka dari itu, agama Islam telah menganjurkan untuk mencari pasangan dan melangsungkan pernikahan.

Tujuan dari pernikahan sendiri adalah untuk menjaga manusia dari nafsu yang tidak di ridhoi oleh Allah, dan juga memperkuat hubungan dengan sesama manusia. Dan juga termasuk bagian dari menjalankan fitrah sebagai manusia.

Memaknai Sebuah Doa Pernikahan

Memaknai Sebuah Doa Pernikahan
vncojewellery.com

Pernikahan merupakan salah satu momen yang sangat penting dalam perjalanan hidup manusia, dan juga pernikahan juga menjadi momen bersejarah bagi kedua mempelai yang menjalankannya. Didalam sebuah ikatan pernikahan, sepasang suami istri akan menemukan semua kebaikan, ketentraman dan juga ketenangan hati.

Kata sakinah, mawaddah, dan warahmah juga bisa dikatakan sebagai doa untuk kedua pasangan pengantin. Kalimat tersebut memiliki makna agar kedua mempelai ketika mengarungi bahtera rumah tangga agar di naungi dengan kasih sayang, cinta dan kedamaian serta keberkahan dari Allah SWT.

Anda juga bisa mengucapkan kalimat doa pernikahan seperti yang diatas atau bisa juga dengan doa baik yang lainnya. Karena hakekat terpenting dari doa adalah agar kedua pasangan selalu dilingkupi dengan kebaikan.

Saat mengucapkan doa, niatkan doa dengan hati yang tulus dan ikhlas. Rangkai ucapan doa dengan perkataan yang indah di dengar agar bisa di terima dengan senang oleh kedua mempelai, karena ucapan doa yang baik insya Allah akan di terima dan di kabulkan oleh Allah.

Bagi yang sudah menjalankan pernikahan, maka sudah seharusnya untuk menjalankan dengan penuh rasa ikhlas dalam hati untuk menerima kelebihan dan kekurangan dari pasangan kita. Karena menjalankan sebuah pernikahan berarti juga menyatukan dua sifat yang berbeda. Maka saling melengkapi adalah kunci dari pernikahan.

Pernikahan merupakan hal yang fitrah bagi manusia, untuk itu agama Islam menganjurkan bagi laki-laki dan perempuan yang sudah mampu menjalankan sebuah pernikahan maka segera melangsungkan fitrah tersebut. Pernikahan juga menjauhkan kita dari hubungan yang dilarang oleh Agama Islam yaitu perbuatan zina.

Menikah adalah salah satu perbuatan sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Beliau Rasulullah SAW bersabda :

فَمن رغب عن سنّتي فليس منّي

Yang artinya : “barang siapa yang benci kepada sunnahku, maka ia bukan bagian dari umatku”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Untuk itu, ketika kita mendoakan untuk pasangan yang sedang melangsungkan sebuah pernikahan, hendaklah kita berdoa dengan mengucapkan kalimat yang baik dan diiringi rasa ikhlas dalam hati agar rumah tangga keduanya selalu di jaga oleh Allah SWT.

Ketika menjalankan sebuah rumah tangga tentu juga mengharapkan keberkahan dari Allah. Keberkahan artinya menambah sebuah kebaikan. Telah dijelaskan oleh ulama bahwa berkah adalah segala sesuatu yang banyak dan juga melimpah.

Keberkahan disini termasuk berkah secara materi maupun secara spiritual atau berkah lahir batin. Contoh dari keberkahan seperti diberikan kesehatan, perasaan aman, rasa tenang, hadirnya anak, dan usia. Dan tentunya hal-hal tersebut semakin mendekatkan kita kepada Allah SWT.

Doa Untuk Pernikahan

Doa Untuk Pernikahan
thegorbalsla.com

Di sunnahkan bagi kita yang beragama Islam ketika menghadiri sebuah acara pernikahan untuk memanjatkan doa yang baik bagi pasangan pengantin. Berikut ini beberapa doa yang bisa di ucapkan ketika menghadiri sebuah pernikahan saudara, teman atau sahabat.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَهُمْ, وَارْحَمْهُمْ, وَبَارِكْ لَهُمْ فِيْمَارَزَقْتَهُمْ

Artinya : “Ya Allah, ampunilah segala kesalahan mereka, kasih sayangilah mereka dan berkahilah mereka dengan apa yang Engkau karuniakan untuk mereka” (HR. Ahmad)

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَافِي خَيْرٍ

Artinya: “semoga Allah SWT memberi keberkahan kepadamu, baik ketika kamu dalam keadaan senang atau kamu sedang dalam keadaan susah. Dan Allah SWT selalu menempatkan kalian berdua pada situasi yang baik”. (HR Abu Dawud)

اَللَّهُمَّ أَظْعِمْ مَنْ أَظْعَمَنِيْ, وَاسْقِ مَنْ سَمَّانِي

Artinya : “ ya Allah berikanlah makan pada orang yang sudah memberikan makan kepadaku. Dan berikan keberkahan minum pada orang yang sudah memberi minum kepadaku”. (HR. Muslim)

اَلَّهُمَّ بَارِكَ لَهُمْ فِيْمَارَزَقْتَهُمْ, وَاغْفِرْلَهُمو وَارحَمْهُمْ

Artinya : “ Ya Allah, berkahilah segala apa yang Engkau karuniakan untuk mereka, dan berikan ampun bagi mereka dan sayangilah mereka”. (HR Muslim)

Doa Dalam Sebuah Penikahan Menjadi Hal Yang Penting

Doa Dalam Sebuah Penikahan Menjadi Hal Yang Penting
mommiesdaily.com

Perlu diketahui oleh kita,  bahwa pengertian pernikahan merupakan hal yang sangat penting. Telah dijelaskan menurut makna secara bahasa bahwa An-Nikah menurut bahasa Arab memiliki arti menghimpun. Arti untuk kedua suami istri yang telah sah secara akad atau tubuh.

Agama Islam menjadikan sebuah pernikahan ini merupakan sebuah ikatan yang telah sah berdasarkan kepada Al-Quran dan As-Sunnah. Dimana sebuah pernikahan menjadi ikatan satu-satunya yang telah sah untuk bisa memenuhi kebutuhan naluriah manusia baik kebutuhan lahir maupun batin.

Dan juga ikatan pernikahan menjadi sebuah jalan bagi pasangan suami istri untuk dapat membangun keluarga yang Islami. Agama Islam menempatkan sebuah pernikahan menjadi kedudukan yang cukup besar dan penting. Pernikahan dalam Islam disejajarkan dengan separuh agama.

Maka dari itu doa dalam sebuah pernikahan menjadi satu hal yang penting dalam Islam. Untuk itu, alangkah sangat baik jika ketika menghadiri sebuah acara pernikahan untuk bersedia memanjatkan doa untuk kebaikan kedua pasangan. 

Hukum Menjalankan Pernikahan

Hukum Menjalankan Pernikahan
dalamislam.com

Didalam Agama Islam menjalankan sebuah pernikahan mempunyai hukum yang sesuai dengan kondisi atau situasi orang yang akan melangsungkan pernikahan. Ada beberapa hukum pernikahan yang perlu kita ketahui.

  • Wajib

Melangsungkan pernikahan hukumnya wajib bagi orang yang dirasa sudah mampu untuk menjalankan pernikahan karena jika ia tidak segera menikah di khawatirkan akan membawa sesuatu yang buruk bagi dirinya.

  • Sunnah

Menikah hukumnya sunnah bagi orang yang sudah mampu untuk melangsungkan pernikahan namun apabila tidak melangsungkan pernikahan tidak akan membawa ia kepada sesuatu yang buruk, seperti berbuat zina.

  • Makruh

Pernikahan di hukumi makruh apabila seseorang hanya ingin menikah karena hanya ingin merasakan kesenangan semata, bukan untuk diniatkan sebagai ibadah.

  • Haram 

Pernikahan di hukumi haram apabila seseorang yang akan menjalankan masih belum mampu dan juga di khawatirkan ketika nanti ia menikah, ia akan menelantarkan anak dan istrinya. Atau masih belum bisa memenuhi kewajiban seorang suami kepada istri.

Keutamaan Menjalankan Sebuah Pernikahan

  1. Dengan menikah kita dapat terhindar dari perbuatan zina atau maksiat. Baik itu zina hati, pikiran, maupun anggota badan.
  2. Dengan menikah maka akan membuka pintu rezeki dari Allah SWT.
  3. Melangsungkan pernikahan merupakan jalan satu-satunya untuk memenuhi kebutuhan naluri manusia dengan cara yang halal dan sah menurut agama dan negara.
  4. Dengan menikah maka akan memperoleh kehidupan yang akan di berkahi dari Allah SWT.
  5. Melangsungkan pernikahan juga bisa menjadi sarana untuk membina sebuah keluarga di jalan yang Islami.
  6. Dengan melangsungkan pernikahan maka bisa membuka jalan silaturahmi untuk keluarga, kerabat, teman, sahabat. Dan silaturahmi menurut agama Islam bisa membuka pintu rezeki
  7. Dengan melangsungkan pernikahan juga akan mendapatkan sebuah kebahagiaan baik di dunia maupun kelak di akhirat.

Baca Juga Tata Cara Mandi Wajib

Itu tadi beberapa hal yang telah kita bahas mengenai doa pernikahan, hadis tentang pernikahan dan lainnya. Maka, ucapkan doa yang sudah di anjurkan oleh Rasulullah SAW agar pernikahan kedua pasangan dapat di berkahi oleh Allah SWT.

Tinggalkan komentar