21 Contoh Surat Tugas Resmi Guru, Dinas, Dokumen, Dll

Contoh Surat Tugas Resmi dan Profesional

Surat tugas adalah surat resmi yang di buat dan di keluarkan oleh seorang yang berwenang dalam suatu lembaga atau instansi tertentu. Isi dari surat ini adalah sebuah perintah tugas kepada seorang pegawai atau karyawan untuk melakukan suatu pekerjaan. Surat tugas di tujukan langsung kepada karyawan perusahaan dengan sebuah instruksi untuk melaksanakan tugas tertentu yang di buat oleh pimpinan perusahaan atau kepala lembaga.

Sekilas, surat tugas mirip dengan surat dinas. Namun, sebenarnya keduanya kedua surat ini memiliki perbedaan. Perbedaan yang mendasar adalah jika pada surat tugas hanya di gunakan untuk satu jenis pekerjaan saja, sedangkan apabila pekejaan tersebut adalah sesuatu yang rutin, maka akan di gunakan surat dinas.

Setelah pekerjaan atau tugas yang di berikan oleh pihak tertentu telah selesai, maka selesai pula masa berlaku dari surat tugas tersebut. Seringkali seorang pegawai, bawahan maupun staff memperoleh surat tugas dari atasannya. Surat tugas yang di peroleh menjadikan seorang bawahan mengemban tugas barunya di luar tugas hariannya. 

Contents

Fungsi Surat Tugas

FUNGSI SURAT TUGAS
www.romadecade.org

1. Pengesahan bersifat Formal dan Resmi

Karena sifatnya yang resmi dan formal di mana tugas yang di berikan pada pelaksana tugas harus di jalankan. Maka surat tugas dapat di fungsikan sebagai dokumen pengesahan.

2. Mempermudah Pelaksanaan Tugas

Seperti namanya surat tugas di buat tentu saja di gunakan untuk mempermudah pelaksanaan suatu tugas. Para pejabat pelaksana di berikan surat tugas untuk membantu dan mempermudah tugas mereka terkait dengan berbagai hal teknis ketika berada di instansi atau lembaga tempatnya bertugas.

3. Sebagai Bukti Legal

Karena termasuk dalam kelompok surat resmi yang berisi perintah tugas pada seorang pejabat atas suatu pekerjaan seperti yang yang tertuang pada surat tersebut, membuat surat tugas juga menjadi sebuah bukti legal atas suatu pekerjaan.

Surat Tugas yang Baik

SURAT TUGAS YANG BAIK
alfikeer.com

Surat tugas pada umumnya mempunyai ciri khusus yang sesuai dengan peruntukannya. Berikut ini adalah ciri-ciri sebuah surat tugas yang baik.

1. Tugas yang jelas

Seperti yang telah di sebutkan bahwa surat tugas di buat untuk memberikan tugas kepada seseorang yang di pilih sebagai penerima tugas. Surat tugas yang baik harus menjelaskan detail penugasan dan kriteria atau target yang harus di lakukan untuk pekerjaan tertentu.

2. Menggunakan bahasa baku

Sebagai surat resmi, maka dalam pembuataannya, surat tugas harus menggunakan bahasa yang baku. Surat tugas harus di sampaikan dengan lugas, dengan artian bahasa yang di gunakan tidak bertele-tele, tidak menggunakan terlalu banyak kata yang terkesan berbasa-basi, juga harus mengikuti perkembangan bahasa yang di pakai dalam surat tugas. Isi surat tugas perlu di tulis dengan singkat, padat, dan jelas.

3. Kelengkapan bagian surat tugas

Surat tugas yang baik harus di lengkapi dengan kop surat, nomor surat, judul, tanggal, isi surat, nama dan tanda tangan pejabat pemberi tugas berikut nama dan tanda tangan penerima tugas.

4. Isi surat tugas

Isi dari surat tugas menjadi bagian yang paling penting. Pada bagian isi surat tugas harus terdapat identitas pejabat pemberi tugas ataupun atasan, juga identitas dari pegawai atau staff yang di tugaskan. Tak hanya sampai di situ, di bagian isi ini juga perlu memuat materi dan detail tugas yang akan di laksanakan secara singkat, jelas dan tegas termasuk jangka waktu pelaksanaannya. Keterangan terkait tugas yang di berikan seperti pertanggung jawaban dan tugas juga perlu di cantumkan.

5. Stempel instansi

Surat tugas harus di bubuhi dengan stempel instansi sebagai tempat mengeluarkan surat tersebut. Guna mengetahui sebuah keaslian surat dan resmi tidaknya surat tersebut.

Unsur-unsur Penyusun Surat Tugas

UNSUR UNSUR PENYUSUN SURAT TUGAS
organicvolunteers.com

Sebuah surat tugas, memiliki bagian-bagian penting yang harus di susun secara berurutan. Berikut ini adalah unsur penyusun atau bagian-bagian sebuah surat tugas yang baik dan benar:

  • Kepala Surat/ Kop Surat

Kop surat terletak bagian atas tengah surat. Kop surat berisi nama instansi, alamat, nomor telepon, dan logo instansi.

  • Judul dan Nomor Surat

Di bagian bawah Kop Surat terdapat judul yang di tuliskan yaitu “SURAT TUGAS” atau kalimat sejenis. Tepat di bawah judul ini, adalah nomor surat. Nomor surat ini berisi kode tertentu, seperti nomor urutan hingga tahun pembuatan.

  • Tanggal Surat

Tanggal pembuatan surat terletak setelah judul dan nomor surat. Tanggal surat ini menunjukkan waktu penulisan surat, contoh: 11 Januari 2019.

  • Lampiran Surat

Lampiran mmenunjukkan jumlah lembaran lain seperti berkas pendukung yang ikut di kirimkan selain surat tugas. Contohnya Lamp : 1 lembar.

  • Hal atau Perihal Surat

Hal ini berisi tujuan dan maksud untuk menunjukkan dengan segera kepada penerima tentang alasan surat tugas tersbut di buat.

  • Alamat Surat

Kepada siapa dan di mana surat tersebut di berikan. Contoh: Yth. Bpk. Agus Sulistyo, S.Pd. Jl. Widya Iswara I/98 Semarang.

  • Isi Surat

Terdapat tiga bagian dalam isi surat yakni pendahuluan, isi surat dan terakhir adalah penutup.

  • Penutup Surat

Bagian ini berisi nama, jabatan atau posisi serta tanda tangan pengirim surat.

Contoh Surat Tugas untuk Berbagai Acara

CONTOH SURAT TUGAS UNTUK BERBAGAI ACARA
www.romadercade.org

1. Contoh Surat Tugas untuk Guru Sekolah 

1. CONTOH SURAT TUGAS UNTUK GURU SEKOLAH 
www.romadecade.org

PEMERINTAH KABUPATEN BEKASI
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 7 BEKASI

 

SURAT TUGAS
Nomor : 339/1265/06/SMAN-7/2019

 

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Bekasi Kecamatan Rawabaru Kabupaten Bekasi memberikan tugas kepada :

Nama:Bambang Pracaya
NIP:1987081219961111
Tempat/Tgl Lahir:Bogor/21/09/1966
Pangkat/Gol. Ruang:Penata Muda/ III B
Jabatan:Guru
Unit Kerja:SMA Negeri 7 Bekasi

Untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Mata Pelajaran Akuntansi yang akan di laksanakan di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat tanggal 7 s/d 18 Maret 2019.

Demikian surat tugas ini  di keluarkan supaya dapat di laksanakan dengan baik. Pada peserta pelatihan di mohon setelah mengikuti kegiatan untuk menyerahkan laporan secara tertulis.

 

Bekasi , 4 Maret 2019
Kepala Sekolah SMA Negeri 7 Bekasi,

Bagus Wibowo, M.Pd.

2. Contoh Surat Tugas Pegawasan Proyek

2. CONTOH SURAT TUGAS PEGAWASAN PROYEK
www.romadecade.org

Surat tugas ini dapat berisikan penugasan untuk mengawasi sebuah pekerjaan atau proyek yang sedang berjalan, atau bisa juga sebagai perintah tugas untuk mewakili sebuah perusahaan yang akan menghadiri sebuah acara. 

SURAT TUGAS

Nomor : 104/S.Tu/WA/XII/2019

 

Berkaitan dengan telah di mulainya Pembangunan Apartmen Green Village yang berada di Jalan Mangga Besar No. 17 Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, bersama surat ini menugaskan kepada :

Nama:Teja Wijays
Jabatan:Petugas Lapangan

untuk melakukan pengawasan pada pekerjaan pembangunan Apartmen Green Village terhitung mulai tanggal 10 Maret 2019 s/d 10 Agustus 2019.

Semua biaya akomodasi dalam pelaksanaan tugas ini, akan di bebankan pada biaya proyek pembangunan. Hal ini berlaku untuk pihak yang bersangkutan sesuai dengan aturan yang ada.

Demikian surat tugas ini di buat dengan sebenar-benarnya. Di harapkan dapat melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab.

 

Sleman, 25 Februari 2019
Manajer Proyek,

Budi Sugiono, M.T.

3. Contoh Surat Tugas Karyawan Perusahaan Penyedia Jasa Telepon

3. CONTOH SURAT TUGAS KARYAWAN PERUSAHAAN PENYEDIA JASA TELEPON
www.romadecade.com

Surat Tugas Karyawan

Yang bertanda tangan di bawah ini Manajer Operasional yang bertugas atas nama PT. LANCAR JAYA SENTOSA :

Nama:Patrick Emanuel
Jenis Kelamin:Laki-laki
Jabatan:Manajer Operasional
Alamat:Jl. Rindang Selatan, No. 134 Surabaya

Bersama surat ini memberikan tugas kepada karyawan dari PT. LANCAR JAYA SENTOSA:

Nama:Marwoto
Jenis Kelamin:Laki-Laki
Jabatan:Kepala Subbag Teknik
Alamat:Jl. Melati Putih No. 21 Surabaya

Untuk melaksanakan proyek pemasangan instalasi jaringan kabel teepon rumah yang berada di daerah Malang. Selain itu, saudara tersebut juga bertanggung jawab atas ketertiban, keamanan, kebersihan dan hal-hal yang bersangkutan dengan tugas tersebut.

Demikian Surat Tugas ini saya buat dengan sebenar-benarnya, agar di pergunakan sebagaimana mestinya dengan penuh tanggung jawab.

 

Surabaya, 19 Maret 2019
Mengetahui,
Manajer Operasional,

Patrick Emanuel

 

4. Contoh Surat Tugas Dinas

4. CONTOH SURAT TUGAS DINAS
www.romadecade.org

 SURAT TUGAS DINAS

Nomor : 34/STDN/14/SMK-Purworejo/2019

 

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Sekolah Menengah Kejuruan 1 Watuireng Kabupaten Purworejo, menugaskan:

Nama:Prabu Negara
NIP:1958080719671212
Tempat/Tgl Lahir:Jakarta, 8 Juni 1958
Pangkat/Gol. Ruang:Penata Muda/ II D
Jabatan:Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Unit Kerja:SMK Negeri 1 Watuireng

Untuk mengikuti acara Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang akan di selenggarakan di P4TK Jawa Tengah dari tanggal 24 Maret 2019 sampai dengan 5 April 2019.

Demikian surat tugas ini saya buat agar dapat di laksanakan dengan penuh tanggung jawab. Setelah selesai mengikuti acara tersebut, mohon untuk menerahkan laporan dalam format tertulis.

 

Purworejo, 15 Maret 2019,
Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Watuireng

Yuli Hartono, M.Pd.

 

5. Contoh Surat Tugas Penuntasan Proyek

5. CONTOH SURAT TUGAS PENUNTASAN PROYEK
balubu.com

 

 SURAT TUGAS
Nomor : 34/SHT/011/XI/2019

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini bertindak atas nama PT. Usaha Cipta Karya :

Nama:Setyo Nugroho
Jenis Kelamin:Laki-laki
Jabatan:Presiden Direktur
Alamat:Jl. Raya Transyogi No. 45 Cibubur

dengan surat ini memberi tugas kepada karyawan PT. Usaha Cipta Karya

Nama:Maulana Malik Ibrahin
Jenis Kelamin:Laki-laki
Jabatan:Kepala Bagian Operasional dan Pengawas Lapangan
Alamat:Jl. Raya Kranggan No. 18 Cibubur

Surat ini menjadi surat keterangan mengenai pemberian tugas kepada karyawan yang tersebut di atas agar dengan segera menuntaskan proyek pembangunan Instalasi Pemgolah Air Limbah (IPAL) di Kec. Jatijajar, Kab. Majalengka. Yang bersangkutan juga harus menjaga keamanan, kebersihan, ketertiban, dan semua hal yang berkaitan dengan tugas di laksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Demikian surat tugas ini saya buat harap dapat di pergunakan dengan sebagaimana mestinya juga dengan penuh rasa tanggung jawab.

 

Cibubur, 25 Februari 2019
Pemberi Tugas,
Presiden Direktur,

Setyo Nugroho

 

6. Contoh Surat Tugas Pelatihan Guru

6. CONTOH SURAT TUGAS PELATIHAN GURU
sahabatnesia.com

PEMERINTAH KABUPATEN SALATIGA
DINAS PENDIDIKAN
SMK Negeri 5 Salatiga
Jalan Yos Sudarso 3 Salatiga

SURAT TUGAS
Nomor : 12/STU/VII/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala SMK Negeri 5 Salatiga memberikan tugas kepada :

Nama:Fitri Cahyanti, S. Pd.
NIP:1978090719901210
Tempat/Tgl Lahir:Surabaya, 20 Maret 1978
Pangkat/Gol. Ruang:Pembina Muda/ III B
Jabatan:Guru Mata Pelajaran Bahasa Jawa
Unit Kerja:SMK Negeri 5 Salatiga

Untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Mata Pelajaran Bahasa Jawa yang sedianya akan di laksanakan di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah mulai tanggal 21 Maret 2019 sampai dengan 30  Maret 2019.

Demikian surat tugas ini di buat agar dapat menjadi perhatian dan di laksanakan dengan penuh tanggung jawab. Di mohon untuk menyerahkan laporan dalam format tertulis setelah mengikuti kegiatan tersebut.

 

Salatiga, 15 Maret 2019
Pemberi Tugas,
Kepala Sekolah SMK Negeri 5 Salatiga

Fredi Jayanto, M. Pd.

 

7. Contoh Surat Tugas Guru Pengganti Sementara

7. CONTOH SURAT TUGAS GURU PENGGANTI SEMENTARA
www.romadecade.org

 KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 149 KOTA JAKARTA TIMUR
Jalan Mawar Raya No. 29 Jakarta Timur

SURAT TUGAS

Nomor : 049/ST/XVI/25
Perihal : Tugas Guru Pengganti Sementara

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Benedict Cumberict, M. Pd
NIP:1967060519950906
Pangkat/Golongan:Pembina/ IVA
Jabatan:Kepala Sekolah SMA Negeri 149 Jakarta Timur

memberi tugas kepada :

Nama:Anggia Lestari, S. Pd
NIP:1976040719991204
Pangkat/Golongan:Penata Muda/ III A
Jabatan:Guru Mata Pelajaran Matematika SMA Negeri 149 Jakarta Timur

untuk menerima tugas sebagai guru pengganti sementara mata pelajaran matematika di SMA Negeri 234 Jakarta Timur terhitung sejak tanggal 16 Maret 2019 sampai dengan 29 Juni 2019, atau sampai ada guru tetap baru di SMA Negeri 234 Jakarta Timur tersebut.

Demikian surat tugas ini di tulis dengan sebenar-benarnya. Besar harapan yang bersangkutan dapat melaksanakan tugas tersebut dengan baik dan bertanggung jawab.

 

Jakarta, 8 Maret 2019,
Kepala Sekolah SMA Negeri 149 Jakarta Timur,

Benedict Cumberict, M. Pd.

8. Contoh Surat Tugas Pelatihan Sertifikasi Guru

8. CONTOH SURAT TUGAS PELATIHAN SERTIFIKASI GURU
www.romadecade.org

Program serifikasi adalah sebuah program yang di tujukan untuk para guru. Seorang kepala sekolah dapat memberi surat tugas kepada guru yang di tunjuk untuk mengikuti pelatihan serifikasi supaya dapat meingkatkan kompetensinya dan dapat mendapatkan upah kerja yang lebih baik.

 

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA Negeri 12 Bengkulu
Jalan Surya Kencan No. 16 E Bengkulu

SURAT TUGAS

Nomor : 54/ST.SMAN/II/2019
Perihal : Pendidikan dan Pelatihan

 

Sehubungan dengan adanya agenda peningkatan kualitas guru sekolah menengah atas Kota Bengkulu dalam rangka terselenggaranya suatu kegiatan pendidikan formal yang berkualitas dan untuk terlaksananya program kerja Pemerintah Kota Bengkulu untuk mewujudkan ikon Kota Bengkulu Cerdas 2025, maka dengan ini Kepala SMA Negeri 12 Bengkulu memberikan tugas kepada :

Nama:Adib Cahyanto S. Pd
NIP:1969090719940305
Jabatan:Guru Bahasa Jerman SMA Negeri 12 Bengkulu

Untuk mengikuti kegiatan pelatihan sertifikasi dan juga pendidikan bagi guru yang akan di selenggrakan dari tanggal 13 Februari 2019 sampai dengan 13 Maret 2019 di Balai Pelatihan Dinas Pendidikan Kota Bengkulu.

Demikian surat tugas ini di ajukan, dengan harapan dapat di laksanakan dengan sebaik-baiknya. Setelah tugas ini berakhir, yang bersangkutan agar menyampaikan laporan tertulis hasil pendidikan dan pelatihan sertifikasi tersebut. Laporan paling lambat di serahkan satu minggu setelah kegiatan berakhir.

 

Kepala Sekolah,

Ahmad Arif, M. Pd

 

9. Contoh Surat Tugas Mengikuti Bimbingan Guru

9. CONTOH SURAT TUGAS MENGIKUTI BIMBINGAN GURU
www.romadecade.org

 KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA Negeri 59 Semarang
Jalan Kolonel Sugiono No. 12 Semarang

SURAT PERINTAH TUGAS
Nomor : 43/S.Tu/III/2019

 

Dengan ini Kepala SMA Negeri 12 Semarang menugaskan kepada :

Nama:Priyo Santoso, S. Pd
NIP:1969030519930209
Pangkat/Golongan:Penata Muda/ III A
Jabatan:Guru Mata Pelajaran Sosiologi

Untuk mengikuti kegiatan Bimbingan Penulisan Teknis Laporan Penelitian Tindakan dan Afektif  Kelas, yang akan di selenggarakan pada:

Hari/Tanggal:Rabu/ 19 Februari 2019
Tempat:Ruang Auditorium Dinas Pendidikan Kota Semarang
Waktu:Pukul 09.00 WIB – selesai

Demikian surat tugas ini di buat agar dapat di laksanakan dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab. Sekembalinya dari tugas, yang bersangkutan di harapkan menyerahkan laporan hasil kegiatan dalam watu satu minggu.

 

Semarang, 14 Februari 2019,
Kepala Sekolah,

Baihaqi Ahmad, M. Pd

 

10. Contoh Surat Tugas untuk Perubahan Jabatan Pegawai

10. CONTOH SURAT TUGAS UNTUK PERUBAHAN JABATAN PEGAWAI
beritagar.id

TERANG SAMPURNA

Jalan Ahmad Yadi No. 21 Depok Telp. 200300

SURAT TUGAS
Nomor : 34/S.Tgs/VC/XIII/2019

 

Surat tugas kerja ini di tujukan kepada :

Nama:Zaky Muslimim
Jabatan Terakhir:Kepala Bagian Pengelolaan Gudang
Lokasi Kerja Terakhir:Bandung, Jawa Barat

Terhitung sejak tanggal 10 Maret 2019 saudara Zaky Muslimim di berikan tugas sebagai Koordinator Operasional serta Koordinator Pengelolaan Gudang.

Surat Tugas ini berlaku terhitung sejak tanggal 5 Maret 2019, dan bisa di lakukan peninjauan sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan dan kebijaksanaan perusahaan.

Demikian Surat Tugas Kerja ini  kami ajukan agar dapat dilaksanakan dengan sebenar-benarnya dan dipahami oleh pihak terkait.

 

Depok, 5 Maret 2019

Presiden Direktur CV. Terang Sampurna,

 

Karim Malek

 

11. Contoh Surat Tugas Pelatihan Kompetensi untuk Guru

11. CONTOH SURAT TUGAS PELATIHAN KOMPETENSI UNTUK GURU
romadecade.org

 PEMERINTAH KABUPATEN KULON PROGO
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 TULANG BAWANG
Alamat : Jl. Nyi Pembayun No. 15 Tulang Bawang

SURAT TUGAS
Nomor : 235/STU/III/SMAN-1/2019

 

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tulang Bawang Kecamatan Tulang Bawang, Kabupaten Kulon Progo memberi tugas kepada :

Nama:Cahyo Nugroho, S. Pd
NIP:3409834
Pangkat/Golongan:Penata Muda/ IIIA
Jabatan:Guru Mata Pelajaran Bahasa Jepang SMA Negeri 1 Tulang Bawang

untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Peningkatan Mutu dan Kompetensi Guru Mata Pelajaran Bahasa Jepang yang akan diselenggarakan di Dinas Pendidikan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta mulai dari tanggal 25 Maret 2019 sampai dengan 5 April 2019.

Demikian surat tugas ini dibuat agar dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab. Setelah selesai mengikuti acara tersebut, yang bersangkutan dimohon untuk menyerahkan laporan dengan format tertulis dalam waktu satu minggu.

 

Tulang Bawang, 15 Maret 2019
Kepala Sekolah,

Abraham Jaya Negara, M. Pd

 

12. Contoh Surat Tugas Pengawasan Pembanguan

12. CONTOH SURAT TUGAS PENGAWASAN PEMBANGUAN
neuhauslabs.com

Seorang pimpinan perusahaan dapat membuat surat tugas untuk memberikan perintah kepada seorang pengawas untuk mengawasi pelaksanaan sebuah proyek.

BERJUANG BERSAMA

Jalan Melati No. 25 Palembang
Telp. 988766

SURAT TUGAS
Nomor : 567/S.Tu/BB/VII/2019

Berkaitan dengan sudah di mulainya Pembangunan Jaringan Air Limbah yang berada di Jalan Raya Sudirman-Monumen Pancasila, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, maka dengan ini memberi tugas kepada:

Nama:Candra Hidayat
Jabatan:Pengawas Lapangan

Untuk melakukan pengawasan terhadap pekerjaan pembangunan Jaringan Air Limbah, terhitung sejak tanggal 18 Maret 2019 sampai dengan 29 Maret 2019.

Segala biaya yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas ini akan di tanggung oleh biaya proyek pembangunan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Demikian surat tugas ini di ajukan supaya dapat di jalankan dengan penuh rasa tanggung jawab.

 

Palembang, 10 Maret 2019
Manajer Pelaksana,

Kasim Cahyadi

13. Contoh Surat Tugas untuk Mengikuti Workshop Pengajar

13. CONTOH SURAT TUGAS UNTUK MENGIKUTI WORKSHOP PENGAJAR
sahabatnesia.com

Surat tugas juga dapat berfungi untuk menugaskan salah satu guru untuk menghadiri kegiatan workshop sebagai perwakilan dari dari setiap sekolah yang di undang. Seorang kepala sekolah dapat memberikan sebuah surat tugas.

 PEMERINTAH KABUPATEN MAGELANG
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 5 MAGELANG
Alamat : Jl. Brigjen Katamso No. 6 Kecamatan Panggang Sewu, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

SURAT TUGAS
Nomor : 66/XIV/SMKN5/2019

 

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala SMK N 5 Magelang memberikan tugas kepada:

Nama:Hamdani Ahsan, S. Pd
NIP:1977020319990805
Tempat/Tgl Lahir:Yogyakarta, 20 Juli 1977
Pangkat/Golongan:Penata Muda/ III A
Jabatan:Guru Mata Pelajaran Sosiologi
Unit kerja:SMK Negeri 5 Magelang

Untuk mengikuti kegiatan workshop dengan tema “Pentingnya Pendekatan Sosial bagi Siswa” yang di selenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kebudayaan Kabupaten Magelang di Aula SMK Negeri 8 Magelang mulai dari 15 Maret sampai dengan 22 Maret 2019.

Demikian surat tugas ini di ajukan, di harapkan dapat di laksanakan dengan semestinya dan penuh rasa tanggung jawab. Setelah selesai mengikuti workshop harap menuliskan laporan secara tertulis.

 

Magelang, 5 Maret 2019,

Kepala Sekolah,

 

Wahab Sulaiman, M. Pd

 

14. Contoh Surat Tugas Guru untuk Siswa

14. CONTOH SURAT TUGAS GURU UNTUK SISWA
www.romadecade.org

 SURAT TUGAS
Nomor : 67/VI/S.Tu/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Sekolah SMA Negeri 6 Surabaya, memberi tugas kepada siswa-siswa berikut:

NamaKelas
Sinta Setya WilujengXI IPA 1
Anggi PertiwiXI IPA 2
Denis SaputraXI IPA 2

Untuk mengikuti acara Seminar Pendalaman Saintis dan Lakmud (Latihan Kader Muda) Pimpinan Cabang ASD-APPN Kota Surabaya yang akan diselenggarakan besok pada :

Hari/Tanggal:Selasa, 8 April 2019
Pukul:08.00 WIB – selesai
Tempat:Auditorium Universitas Negeri Surabaya

Demikian surat tugas ini di buat, agar di pergunakan semestinya dan di laksanakan dengan penuh tanggung jawab.

 

Surabaya, 2 April 2019,

Yang Menugaskan,
Kepala SMA Negeri 6 Surabaya,

Mufti Anam, M.Pd.

 

15.Contoh Surat Perintah Tugas Penyelesaian Proyek

15.CONTOH SURAT PERINTAH TUGAS PENYELESAIAN PROYEK
www.bagi-in.com

MENTARI NASIONAL

SURAT TUGAS

Nomor : 78/BM/S.Tu/VIII/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini bertindak atas nama PT. Mentari Nasional :

Nama : Putra Septian, S.T.
Jenis Kelamin : Laki-laki
No. Induk Karyawan : 9980
Jabatan                   : Manajer Operasional dan Jaringan
Alamat                 : Jalan Mawar Raya No. 77, Jatimulyo, Klaten, Jawa Tengah

Dengan ini menugaskan karyawan PT. Mentari Nasional:

Nama : Sandy Alvian S.T.
Jenis Kelamin     : Laki-laki
No. Induk Karyawan : 10997
Jabatan               : Kepala Subbag Operasional Lapangan
Alamat           : Jalan Mawar Raya No. 77, Jatimulyo, Klaten, Jawa Tengah

Untuk segera menyelesaikan proyek pembangunan kios pasar di Kec. Jatimulyo, Klaten, Jawa Tengah. Yang bersangkutan harus bertanggung jawab atas keamanan, ketertiban, kebersihan, dan hal-hal yang berhubungan dengan tugas tersebut.

Demikian surat tugas ini di buat supaya di pergunakan sebagaimana mestinya dan dengan penuh tanggung jawab.

Pemberi Tugas

Putra Septian, S.T.

 

16.Contoh Surat Tugas Pelatihan dan Peningkatan Mutu Guru

16.CONTOH SURAT TUGAS PELATIHAN DAN PENINGKATAN MUTU GURU
sahabatnesia.com

PEMERINTAH KABUPATEN BOJONEGORO

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMK NEGERI 3 BOJONEGORO

Jalan Dewi Sartika No. 7 Bojonegoro Telepon: 0274500600

SURAT TUGAS
Nomor : 12/S.TU/MM/IV/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala SMK Negeri 3 Bojonegoro menugaskan:

Nama   : Gustian Okta, M.Si.
NIP        1959030719880809
Tempat, Tanggal Lahir  Malang, 15 Juni 1959
Pangkat/Gol. Ruang   : Pembina/ IV A
Jabatan                       : Guru Mata Pelajaran Kimia
Unit Kerja                 : SMK Negeri 3 Bojonegoro

Untuk mengikuti kegiatan Pelatihan dan Peningkatan Mutu serta Kompetensi Guru Mata Pelajaran Kimia yang akan di selenggarakan di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur mulai tanggal 1 April 2019 sampai dengan 6 April 2019.

Demikian surat tugas ini di buat agar dapat di laksanakan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab. Yang bersangkutan di mohon menyampaikan laporan dalam format tertulis setelah mengikuti kegiatan tersebut.

Bojonegoro, 27 Maret 2019
Kepala SMK Negeri 3 Bojonegoro

Muhammad Nur Kholis, M.Pd.

17. Contoh Surat Tugas Pengurusan Dokumen

17. CONTOH SURAT TUGAS PENGURUSAN DOKUMEN
www.bagi-in.com

SETIA JAYA TERNAK

Jl. Bougenvile Raya No. 81 Tangerang, Jawa Barat Telepon 021777666


SURAT TUGAS

Nomor: 32/STU/BN/XIV/2019

 

Yang bertanda tanda di bawah ini:

Nama  : Satria Abimanyu
Jabatan          : Direktur Utama
Nama Perusahaan : PT. Setia Jaya Ternak
Alamat          : Jl. Bougenvile Raya No. 81 Tangerang, Jawa Barat

Dengan surat ini memberi tugas serta tanggung jawab kepada :

Nama      : Rendy Ardian
Jabatan  : Staff Marketing
Alamat    : Jl. Bougenvile Raya No. 81 Tangerang, Jawa Barat
Nama Perusahaan : PT. Setia Jaya Ternak

Untuk segera melaksanakan pengurusan dokumen karantina ternak di Balai Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Ternak dan Karantina Hewan Ternak, Kelas I Tangerang.

Pemberi tugas bertanggungjawab atas segala segala kewajiban berkaitan dengan surat tugas tersebut di atas.

Tangerang, 2 April 2019
Penerima Tugas, Pemberi Tugas,

Rendy Ardian Satria Abimanyu

 

18. Contoh Surat Perintah Pemindahan Posisi Kerja

18. CONTOH SURAT PERINTAH PEMINDAHAN POSISI KERJA
juraganesia.net

Surat tugas juga di perlukan ketika seorang karyawan di butuhkan untuk mengisi posisi tertentu yang sedang kosong. Berikut adalah contoh surat tugas untuk pemindahan posisi kerja di sebuah perusahaan untuk sementara waktu.

SATYA GUNA MAHESA

TANGERANG SELATAN

SURAT TUGAS

Nomor: 19/VB/STU78/IV/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini selaku Presiden Direktur PT Satya Guna Mahesa, Tangerang Selatan, menugaskan pada:

Nama   : Didi Yadi Sujaya

Jabatan  : Staff bagian pergudangan

Terhitung mulai tanggal 8 Maret 2019 sampai dengan 23 Maret 2019 untuk dapat menggantikan posisi Kepala Pergudangan di gudang pabrik 3 di Cibubur, Bekasi.

Demikian surat tugas ini di buat supaya menjadi perhatian dan di laksanakan dengan baik. Besar harapan saudara dapat menjalankan amanah dengan penuh tanggung jawab. Atas perhatiannya, di ucapkan terima kasih.

Tangerang, 2 Maret 2019

PT Satya Guna Mahesa

Presiden Direktur,

 

Elsa Prabawati

 

19. Contoh Surat Penugasan Anggota Organisasi

19. CONTOH SURAT PENUGASAN ANGGOTA ORGANISASI
celticstown.com

Surat tugas ini biasanya di buat oleh ketua organisasi untuk anggotanya atau kepala seksi. Contoh surat tugasnya sebagai berikut.

IKATAN MAHASISWA ALUMNUS UNIVERSITAS NUSA JUANG

DI SUMATERA UTARA

Sekretariat: Jalan Gedung Juang No. 13 Palembang

 

SURAT PENUGASAN ANGGOTA

Nomor: 65/SPA/45/X/2019

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini, ketua Ikatan Alumnus Universitas Nusa Juang Palembang, Sumtera Selatan memberikan mandat pada:

Nama              : Reza Pahlavi, S.H

Jabatan           : Kepala Seksi Pengembangan Masyarakat

Untuk memberikan keterangan dan informasi lebih lanjut pada seluruh anggota berkaitan dengan kegiatan galang dana “Universitas Nusa Juang Bangun Indonesia” yang akan di sumbangkan kepada korban bencana banjir di Papua.

Informasi yang perlu di sosialisasikan mengenai cara pemberian dana bagi anggota yang ingin membantu dan berpartisipasi berikut ketentuan penyaluran dana tersebut.

Demikian surat tugas ini di buat agar dapat di laksanakan dengan penuh tanggung jawab. Atas perhatian dan kerjasama saudara, kami ucapkan terima kasih.

Palembang, 19 Maret 2019

Ketua Ikatan Alumnus

 

Aditya Rendra

 

20. Contoh Surat Tugas Perintah Kerja

20. CONTOH SURAT TUGAS PERINTAH KERJA
www.bagi-in.com

JINGGA REKAH GANDA

Alamat: Jalan Kemuning Utara No. 19 Jakarta Barat Telp: 021 100200

 

SURAT TUGAS

Nomor: 734/ON/TL/XIV/2019

Dengan hormat,

 

Surat tugas ini di tujukan kepada:

Nama   : Brian Rahadian

Jabatan  : Kepala Bagian Administrasi Keuangan

Yang bersangkutan di pindah atau naik pangkat menjadi Manajer Keuangan PT. Jingga Rekah Ganda terhitung mulai 17 April 2019. Yang bersangkutan di mohon untuk segera menghadap Bapak Rudi Sutiyoso selaku Direktur Utama PT. Jingga Rekah Ganda, mengingat pentingnya mandat baru yang di berikan

Demikian surat tugas kerja ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasama saudara kami ucapkan terima kasih.              

Jakarta Barat, 11 April 2019

Direktur Utama PT. Jingga Rekah Ganda

Rudi Sutiyoso

 

21. Contoh Surat Tugas Perintah Pemeriksaan Alat

21. CONTOH SURAT TUGAS PERINTAH PEMERIKSAAN ALAT
www.romadecade.org

SENDANG TANI

Alamat: Jalan Jejer Lesan No. 72 Parikesit, Cirebon

Telp: 3425-3452 Fax: 2000-1000

 

SURAT TUGAS

Nomor: 87/ST/SPT/XI/2019

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama  : Sucipto, S.T

Nomor Induk Karyawan        : 10397

Jabatan  : Kepala Teknisi Perlengkapan

Alamat : Jalan Jejer Lesan No. 72 Parikesit, Cirebon

 

Memberi perintah kerja kepada:

Nama  : Wahyu Nugroho

NIK   : 110788           

Jabatan : Staff Teknisi

Alamat  : Jalan Jejer Lesan No. 72 Parikesit, Cirebon

Untuk segera melakukan pemeriksaan beberapa mesin di pabrik. Pemeriksaan di harapkan di lakukan secara menyeluruh dan segera di perbaiki jika di temui kerusakan.

Demikian surat tugas ini di buat untuk di laksanakan dan di tindak lanjuti oleh yang bersangkutan. Atas perhatiannya, di ucapkan terima kasih.

Cirebon, 21 Maret 2019

  1. Sendang Tani

 

Sucipto, S.T

Kepala Teknisi Perlengkapan

 

Itulah beberapa contoh surat catatan tugas yang resmi dan profesional. Semoga bermanfaat!

 

Tinggalkan komentar