Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Kembung dengan Bahan Herbal

Penyebab dan cara mengatasi perut kembung – Flatulensi atau yang sering disebut dengan perut kembung adalah gangguan yang terjadi di dalam tubuh, yang disebabkan oleh peningkatan jumlah gas atau udara di saluran pencernaan. Biasanya, gejala yang paling sering terjadi ialah berupa perut terasa mual.

Penyebab terjadinya perut kembung yaitu karena tidak sengaja menelan gas eksogen, atau gas yang tertelan saat makan dan minum seperti biasa saat terjadi peningkatan air liur berlebihan. Selain itu, perut kembung juga bisa terjadi karena adanya penyakit Gastreosophageal reflux.

Namun, jangan khawatir jika Anda mengalami hal tersebut karena sekarang ada beberapa cara mengatasi perut kembung dengan mudah. Sebelum itu, simak dulu dibawah ini mengenai tanda-tanda dan gejala yang akan timbul saat perut sedang kembung seperti.

  • Munculnya rasa sesak di bagian perut.
  • Terasa mulas bahkan sampai diare
  • Sering mengeluarkan gas saat sedang memakan sesuatu bahkan setelah beberapa saat sesudah makan
  • Meski belum makan namun, perut sudah terasa kenyang
  • Sebah atau terasa nyeri dibagian perut.

Saat gejala tersebut menimpa Anda, jangan terburu-buru untuk mengkonsumsi obat yang terbuat dari bahan kimia. Jika Anda terburu-buru untuk mengkonsumsinya, bukannya lekas sembuh tapi malah tambah parah penyakitnya.

Untuk mengatasi perut kembung, Anda bisa mengkonsumsi obat herbal alami yang sudah tersedia di dapur Anda. Penasaran dengan bahan-bahan nya? Yuk, simak di bawah ini mengenai cara mengatasi perut kembung dengan bahan herbal.

Beberapa Cara Mengatasi Perut Kembung

Beberapa Cara Untuk Mengatasi Perut Kembung
hellosehat.com

1. Jahe, Jeruk Nipis dan Madu

Jahe, Jeruk Nipis dan Madu
www.hipwee.com

Cara mengatasi perut kembung yang pertama dengan menggunakan bahan yang mudah didapatkan. Bahkan semua orang pasti memiliki bahan ini di dapurnya. Cara membuat ramuan nya pun sangat mudah hanya dengan mencampurkan ketiga bahan tersebut yaitu madu, perasan air jeruk nipis dan madu.

Kemudian aduk rata menggunakan gelas yang sudah diisi dengan air hangat. Lalu, minum ramuan tersebut selagi airnya hangat. Di jamin manjur deh obat herbal nya. Jika Anda mengalami perut kembung segera buat ramuan tersebut!

2. Susu dan Ketumbar

Susu dan Ketumbar
bp-guide.id

Untuk cara mengatasi perutĀ  kembung yang kedua adalah dengan cara membuat ramuan denganĀ  bahan dasar susu dan ketumbar. Cara membuatnya sangat mudah loh. Anda hanya perlu menyiapkan satu sendok teh ketumbar yang sudah di haluskan.

Kemudian, campurkan ketumbar halus tersebut dengan segelas susu hangat. Jika kedua bahan tersebut sudah tercampur rata, minum ramuan tersebut selagi hangat. Setelah itu, Anda bisa berbaring sebentar sampai tubuh terasa lebih baik.

3. Daun Mint

Daun Mint
hellosehat.com

Selanjutnya, cara mengatasi perut kembung adalah dengan menggunakan daun mint. Siapa sangka jika daun mint bisa digunakan untuk mengatasi perut kembung. Daun yang biasa digunakan untuk toping makanan ini ternyata adalah daun serbaguna.

Salah satu fungsi dari daun ini adalah untuk mengatasi perut kembung. Caranya adalah dengan mencampurkan 4 helai daun mint dalam segelas teh panas. Kemudian, diamkan beberapa saat hingga teh panas tersebut berubah menjadi hangat.

Setelah itu, minumlah teh yang sudah dicampur dengan daun mint hingga habis. Selain menggunakan cara tersebut, ada juga cara lain yang bisa digunakan untuk memanfaatkan daun mint loh. Anda bisa langsung mengunyah daun mint dan telan sarinya. Untuk hasil yang lebih baik, konsumsi secara rutin setelah makan malam.

Baca Juga Manfaat temulawak

Nah, seperti itulah cara mengatasi perut kembung yang sangat efektif. Cara tersebut bisa Anda coba di rumah. Dengan mengkonsumsi obat herbal tersebut, Anda tidak perlu khawatir akan terjadinya efek samping yang berbahaya. Jika Anda merasa perut tidak enak atau mengalami perut kembung, Anda bisa mencoba salah satu cara seperti di atas.

Tinggalkan komentar