Cara Membuat Desain Iklan Agar Lebih Efektif

Sudah umum bagi kita melihat iklan bertebaran di sosial media, hasil mesin pencarian, video Youtube, TV, billboard dan masih banyak lagi. Ketika melihatnya berulang-ulang, iklan tersebut tiba-tiba saja terpikirkan oleh kita meskipun disaat kita sedang tidak melihatnya. Bahkan, iklan pun bisa menjadi viral layaknya trend di Tiktok maupun di Instagram. Pastinya kalian akan bertanya-tanya, mengapa iklan bisa berdampak sampai seperti itu yah?

Tahukah kamu bahwasannya iklan sendiri memang dibuat untuk menarik perhatian serta dari orang yang melihatnya sehingga mereka seperti terhipnotis untuk ingin lebih mengenal produk yang diiklankan atau bahkan membelinya. Desain dan pesan dari iklan itu sendirilah yang mampu mengendalikan emosi orang yang melihatnya sehingga mereka bisa lebih terikat lagi dengan produk yang diiklankan. Jadi, pastikan untuk membuat desain iklan beserta copywriting yang semenarik mungkin sebelum memasang iklan tersebut. Terlebih lagi jika kalian ingin memasang iklan dengan jasa SEM yang harus mengeluarkan beberapa jumlah budget.

Contents

Seperti Apa Desain Iklan Yang Efektif Itu?

Seperti Apa Desain Iklan Yang Efektif Itu?
(istockphoto)

Kita tidak mungkin membuat iklan hanya dengan menampilkan logo brand kita di ads banner dan billboard. Iklan yang baik merupakan iklan yang mampu menarik perhatian para audiens. Oleh karena itu, penting untuk kita untuk mengetahui seperti apa behaviour dari audiens iklan kita. Peran dari graphic designer pun dalam pembuatan iklan menjadi sangat dibutuhkan, karena mereka lah yang dapat menuangkan berbagai pesan yang ingin disampaikan dalam suatu gambar namun tetap menarik.

Pelajari Tentang Audiens Anda

Pelajari Tentang Audiens Anda
(istockphoto)

Untuk mendapatkan ide iklan terbaik, Anda bisa mempelajari mengenai audiens Anda, seperti berapa umur mereka, apakah iklan ditujukan untuk laki-laki, perempuan atau keduanya, melihat dari sisi generasi mereka (gen z atau baby boomers?), apa yang mereka sukai, apa hobi mereka, dimana mereka tinggal dan dimana mereka bekerja. Intinya semua aspek harus kalian tentukan terlebih dahulu agar bisa menemukan desain yang sangat efektif.

Tetap Konsisten Dengan Pesan Yang Disampaikan

Hal penting lainnya dalam sebuah iklan yang berhasil adalah seberapa konsisten pesan yang tersampaikan. Pesan disini bukan berarti kata-kata yang disampaikan harus sama, melainkan lebih ke maksud dan tujuan yang sama.

Gunakan Tanda Panah Atau Penunjuk

Gunakan Tanda Panah Atau Penunjuk
(istockphoto)

Penggunaan tanda panah atau penunjuk ini bisa merepresentasikan hal yang paling harus diketahui oleh audiens. Sebagai contoh, tanda panah pada billboard di jalan bisa menjadi tanda mengenai lokasi dari toko yang baru saja dibuka karena penting untuk orang tahu bahwa ada sebuah toko yang baru saja dibuka di dekat jalan tersebut. Lalu, penggunaan panah yang lain bisa digunakan untuk menunjukkan diskon dari suatu produk, sehingga orang yang melihatnya langsung terfokus dengan harga yang didiskon.

Membangun Emosi

Selain visual yang menarik, emosi juga mempunyai peranan penting dalam tingkat keberhasilan iklan. Dalam membuat desain iklan, pusatkan perhatian Anda kepada penggunaan emosi dalam mempengaruhi perasaan serta pikiran dari target market seperti bagaimana respon orang-orang terhadap pesan yang disampaikan, apakah warna cerah mampu membuat kebanyakan orang menjadi bahagia, dan bagaimana musik sedih bisa membuat orang menjadi merasa sedih. Dengan memikirkan hal-hal tersebut, Anda jadi bisa menentukan reaksi emosional dari para audiens yang memang cocok untuk brand Anda. Bukannya harus selalu bisa mengontrol suasana hati setiap orang yang melihat iklan Anda, tetapi setidaknya Anda bisa mengetahui respon dari audiens dan bagaimana cara meningkatkan sisi emosi itu di masa depan.

Buatlah Cerita

Hal yang tidak boleh terlupakan saat membuat iklan yaitu membuat cerita menarik yang dapat menjawab kegundahan audiens. Dengan membuat cerita yang seperti itu, mereka pun akan merasa penasaran dan akhirnya mengklik iklan atau mencari tahu tentang produk yang diiklankan segera mungkin. Jika cerita dari iklan itu cukup berarti bagi audiens, mungkin saja kita bisa mendapatkan share gratis di Instagram mereka.

buatlah cerita
(istockphoto)

Begitulah yang harus dilakukan agar bisa mendapatkan keberhasilan saat memasang iklan. Walaupun terlihat simpel, namun iklan sendiri memiliki peranan yang cukup penting terhadap keberlangsungan perusahaan. Dengan adanya iklan yang menarik, maka akan banyak pula penjualan yang didapatkan. Pada dasarnya, kita juga harus tau peletakan iklan yang sesuai, seperti dimana kita harus meletakan iklan di jalan, dan keyword apa saja yang harus dipakai untuk pasang iklan Google ads. Sekian, semoga pembelajaran ini dapat dipahami dengan sebaik-baiknya yah!

Tinggalkan komentar