Biodata Gus Azmi: Profil, Biografi, Fakta Unik, Lagu

Biodata guz azmi – Saat ini kita telah berada di era industri 4.0, dimana ilmu pengetahuan berkembang begitu pesat. Kita tahu bahwa pada era ini kita dituntut untuk lebih waspada pada hal-hal yang menuntut untuk di koreksi kembali. Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu telah kita ketahui adanya RUU permusikan yang akhirnya dibantah beberapa oknum.

Berbicara tentang permusikan atau kita sebut saja seni, terkadang bisa menimbulkan dampak positif maupun negatif. Sebagai manusia yang cerdas, kita diharuskan memilah mana yang benar-benar menuntun kepada kebaikan.

Sampai sekarang, telah banyak grub yang mulai exsis menyebarkan dakwah atau himbauan-himbauan melalui cara yang halus tapi berdampak luar biasa, yaitu melalui nada yang memuat lirik-lirik syahdu sebagai pengingat maupun penghiburan semata. Salah satu penyanyi yang banyak di gandrungi baik itu anak-anak, remaja, maupun orang dewasa adalah Gus Azmi yakni salah satu vokalis dari grup hadrah. Berikut biografinya!

Biodata Gus Azmi

Biodata Gus Azmi
www.dailysia.com

Nama lengkap: Muhammad Ulul Azmi Askandar al-Abshor

Nama panggung: Gus Azmi

Tempat, tanggal lahir: Probolinggo, 23 April 2004

Daerah asal: Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia

Umur: 15 tahun

Bakat: Menyanyi dan acting

Profesi: Penyanyi dari grup Syubbanul Muslimin

Status: Pelajar dan santri

Agama: Islam

Berasal dari pondok : Pondok Nurul Qodim Kalikajar Paiton, Probolinggo

Nama Wali: Ahmad Ulil Abshor Ishomuddin

Akun youtube: youtube.com/syubbandTV

Instagram grup: Instagram.com/Syubbanul_Muslimin

Instagram Pribadi: Instagram.com/Muhammad_Azmi_Iskandar

Biografi dari seorang yang dikenal dengan nama panggung Gus Azmi

Biografi dari seorang yang dikenal dengan nama panggung Gus Azmi
www.beritaislam.org

Di usianya yang sudah menginjak 15 tahun, seorang Gus Azmi sudah mampu menjadi inspirator banyak pihak. Padahal, jika kita telaah di jaman sekarang banyak anak yang seusia dengannya malah lebih senang bermain dan hidup di dunianya masing-masing.

Keadaan seperti ini seakan sangat kontras dengan dunia yang telah di geluti oleh salah satu santri dari Pondok Nurul Qodim Kalikajar Paiton, Probolinggo. Gus Azmi malah di sibukkan dengan dakwah melalui lagu-lagunya yang enak untuk di dengar.

Dikarenakan bakatnya, Gus Azmi seakan menjadi idola baru dalam dunia intertainment khususnya tarik suara. Fansnya pun sudah banyak berkembang dari semua kalangan dari berbagai daerah, bahkan provinsi. Hal ini menunjukkan betapa sangat di idolakannya seorang Gus Azmi.

Gus Azmi dan grupnya juga telah banyak diundang ke berbagai daerah di seluruh Indonesia. Telah banyak berkembang penikmat-penikmat musik yang menyaksikan melalui youtube sebagai pengganti menonton konser. Bahkan sampai saat ini aku youtube-nya telah banyak dikunjungi oleh pengguna sosial media.

Pengikutnya pun semakin bertambah seiring berjalannya waktu, hal ini tidak terlepas dari faktor bakat yang dimiliki juga wajah tampan. Seperti yang tertera dalam beberapa biodata yang telah kami tuliskan tadi, Gus Azmi adalah salah satu santri dari pondok pesantren Nurul Qodim Kalikajar Paiton, Probolinggo.

yang oleh KH. Hafidzoel Hakim Noer sebagai pengasuhnya. Gus Azmi juga seorang vokalis dari grup Syubbanul Muslimin yang menjadi titik sorot mayoritas orang di Indonesia. Syubbanul Muslimin sendiri sudah terbentuk sejak tahun 2005 yakni setahun setelah Gus Azmi lahir, yang berarti pada waktu itu Gus Azmi masuh berusia 1 tahun.

Nama Grup ini sebenarnya lahir karena keprihatinan yang dirasakan oleh pengasuh pesantren terhadap tingkah laku para pemuda di sekitar pondok pesantren yang cenderung menyimpang dari ajaran islam. Oleh karena itu lahirlah satu nama yaitu “Syubbanul Muslimin” yang berarti “Pemuda Islam.

Yang dampaknya semoga dapat memberi edukasi kepada seluruh pemuda islam. Lebih dari pada itu, lantunan nada dengan lirik-lirik islami ini diharapkan dapat menjadi media agar para pemuda khususnya yang ada di Indonesia mencintai Rasulullah SAW. 

Sholawat dari Gus Azmi yang Populer

Sholawat dari Gus Azmi yang Populer
www.idntimes.com

Alunan music modern dan lirik yang mendidik seakan menjadi sarana  dakwah yang sangat efektif di era sekarang. Hal inilah yang sudah dilakukan oleh seorang anak yang bahkan saat ini masih berusia 15 tahun yaitu Gus Azmi bersama Grup musiknya.

Mungkin tidak terkira seberapa bangganya memiliki anak yang tampan dan cerdas dalam bidang agama seperti Gus Azmi. Anak dengan suara merdu ini telah banyak menyenandungkan beberapa lagu yang membuat namanya dikenal di awal waktu kemunculannya, antara lain: cinta dalam istikharah, ya asyiqal musthofa, al-Fatihah untuk mu, ibu aku rindu, annabi shollu alaih, dan masih banyak lagi. Sungguh pencapaian yang bagus untuk anak seusia itu.

Terkadang Gus Azmi juga memasukkan lirik dalam lagu-lagu modern, seperti beberapa judul di bawah ini

  • Syiir tanpo waton
  • Ya rasulallah dengan melantunkan nada dangdut secawan madu
  • Lagu Cinta terlarang dengan lirik Ya robbi 
  • Al fatihah untukmu
  • Hayyul hadi (minal qudusi)
  • Turi putih versi Madura
  • Astaghfirullah- kelangan 
  • Annabi shollu alaih

Seperti yang tersebut di atas Anda pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan judul lagu-lagunya. Mungkin juga tidak akan ada kata bosan untuk terus mendengarkan suara yang menentramkan hati dan akrab dengan telinga. Karena itu pula pondok tempatnya menimba ilmu seakan ikut menjadi sorotan para awak media di Indonesia.

Grup Syubbanul muslimin inilah yang telah membesarkan nama Gus Azmi di dunia entertaint. Sebab segala pencapaian tersebut tidak terlepas dari faktor pendukung yang tidak lain adalah orang-orang terdekat Gus Azmi. Pemilik akun instagram Muhammad_Azmi_Iskandar ini telah menjadi idola baru di dunia tarik suara.

Pengikut di instagramnya pun telah menjadi semakin banyak. Gus Azmi terkadang juga tidak segan untuk memposting segala kegiatannya baik itu bersama sahabat, keluarga, grup syubbanul Muslimin ataupun dengan fans-nya. Setelah terkenal, Gus Azmi tidak merasa tinggi hati.

Bahkan sering kali terlihat tersenyum di beberapa foto yang banyak beredar di sosial media. Hal ini menunjukkan bahwa Gus Azmi adalah sosok yang ramah dan friendly. Gus Azmi seakan tidak mau menyia-nyiakan bakatnya tersebut sehingga Gus Azmi terus berkembang dalam dakwahnya melalui nada-nada syahdu.

Salah satu lagu yang paling mencuri perhatian adalah Cinta dalam Istikharah. Di era 4.0, sosial media seakan menjadi sarana paling tepat untuk menyebarkan hal-hal positif. Oleh karena itu grup syubbanul Muslimin telah memiliki akun youtube yakni SyubbandTV.

Anda bisa mencarinya langsung di google, di dalamnya akan memuat banyak kegiatan Syubbanul Muslimin yang tentunya ada Gus Azmi sebagai sorotan utama. Gus Azmi memiliki ayah yang bernama Ahmad Ulil Abshor, terbukti dari beberapa unggahan yang ada di instagram Gus Azmi sendiri maupun di dalam Instagram sang ayah.

Syubbanul Muslimin dan Gus Azmi seakan sedang naik daun. Mereka banyak diundang ke acara besar seperti tablig akbar, maulud nabi, dan acara-acara besar yang lain.

Gus Azmi Dan Pergaulannya

Gus Azmi Dan Pergaulannya
thegorbalsla.com

Tidak hanya wajahnya yang tampan yang kerap mencuri perhatian, segala tindak tanduknya pun sering menjadi bahan perbincangan. Apalagi mengenai pergaulannya yang seolah-olah dikelilingi para orang-orang hebat.

Seperti remaja pada umumnya, Gus Azmi juga kerap tampil dengan gaya busana modern, seperti memakai jaket atau T-shirt pendek. Hal ini terlihat dari berbagai foto mengenai dirinya  yang beredar di media masa atau bahkan di akun instagram nya sekalipun. Gus Azmi juga sering kali tertangkap kamera sedang melakukan kegiatan seperti remaja seusianya.

Terlepas dari padatnya aktivitas yang dilakukannya Gus Azmi mampu memanajemen waktunya dengan baik. Bagaimana tidak gus Azmi bahkan bisa menyelaraskan waktu untuk bermain, berdakwah, dan tidak lupa pula mengenai pendidikannya.

Karena pendidikan menjadi satu hal yang sangat penting dalam menghadapi era millennial yang semuanya serba praktis dan cepat, yang jika tidak diimbangi dengan pengetahuan yang memadai pasti akan menyesatkan banyak para pemuda islam.

Selain menjadi remaja berpeci, Gus Azmi juga sering kali menggunakan topi bergaya modern seperti topi bass ball dengan jaket keren seperti bomber dengan bahan kulit dan atau berkemeja dengan dilapisi jas hitam yang semakin menambah keren penampilannya. Selain itu, sorban yang dililitkan dibagian leher sering kali terlihat berwarna monokrom.

Aksesoris di wajahnya pun sering kali menarik perhatian, seperti kacamata yang lagi ngetrend saat ini. Yakni kacamata berbentuk bulat atau bermodel round. Bukankah ini juga menunjukkan bahwa Gus Azmi mengikuti perkembangan zaman dalam konteks positif. 

Gus Azmi memiliki 2 saudara yaitu Alfyna Fatimah Ayu Kirana dan Naufal Asyja’I Bani. Di akun instagramnya Gus Azmi terlihat sangat menyayangi saudara-saudaranya. Keluarga ini termasuk keluarga yang aktif di media sosial. Gus Azmi merupakan anak pertama dari pasangan Laila Syadzilli Askandar dan Ahmad Ulil Abshor Isomuddin.

Bahkan keluarga ini mendapat julukan Aznovara Noufal Rara al-Abshor. Sangat unik bukan. Dengan keadaan seperti ini potret keluarga ini seakan bisa menjadi contoh keluar-keluarga lain di luar sana bagaimana mendidik seorang anak agar berguna bagi bangsa dan Negara.

Penyanyi Lagu Islami Lainnya

Penyanyi Lagu Islami Lainnya
www.kepogaul.com

Sebelum terkenalnya nama Gus Azmi dan Syubbanul Muslimin. Di Indonesia telah banyak penyanyi-penyanyi religi berbakat yang menyiarkan agama lewat lagu dan suara yang syahdu. Bahkan mungkin ada yang masih mengingat nama-nama mereka dan masih menyukai untuk mendengarkan lagu-lagu mereka. Di antaranya adalah:

Sulis

Sulis adalah penyanyi kelahiran Solo, 23 Januari 1990, 29 tahun silam. Bahkan nama Sulis semakin melejit kala berduet dengan salah satu penyanyi yang terkenal juga. Beberapa lagunya juga masih bisa didengarkan sampai sekarang. Seperti “ya toyyiba”, “ummi”, “Pesan Rasul”, “Merindu-Mu”, “Dzikir Anak”, dan masih banyak lagi.

Debut pertamanya dimulai saat usianya baru menginjak 9 tahun yang saat itu masih sekolah dan berada di kelas 3 SD. Mungkin ini termasuk pencapaian yang luar biasa mengingat usianya pada saat itu masih terlalu dini. Teman duetnya pun juga banyak daro orang-orang terkenal seperti Haddad Alwi, Opick, Grup Band Wali, Fadhly, Kristina, Iis Dahlia, dan lain-lain.

Haddad Alwi

Haddad Alwi adalah salah satu penyanyi religi yang terkenal di jamannya. Beliau lahir di Banjarnegara, 53 tahun silam. Salah satu albumnya yang terkenal adalah Cinta Rasul yang sebar luaskan pada 1999 yang pada saat itu menjadi album terlaris di sejarah music Indonesia. Dan mulai tahun 2005, Haddad Alwi mulai masuk label rekaman Sony Music dan merilis album yang berjudul Dalam Simthud Duror yang semuanya menggusung tema bahasa Arab.

Sampai saat ini Haddad Alwi sudah mengeluarkan 11 album bersama cinta Rasul dan 14 album solo. Sungguh pencapaian yang mengagumkan. Setidaknya beliau patut menjadi contoh tauladan bagi para pemuda pada zaman ini. Dimana kemampuan atau bakat yang dimiliki diharuskan mampu dikembangkan dan saling berbagi ilmu.

Opick

Seorang penyanyi yang biasa kita kenal dengan nama panggung Opick sebenarnya memiliki nama asli yaitu Ainur Rofiq Lil Firdaus yang sudah terkenal sejak tahun 2011. Mengikuti Hadad Alwi, Opick juga telah mengeluarkan banyak album yang telah disukai banyak kalangan. Dengan nada dan instrument yang ramah di telinga, lagu-lagu Opick berkembang cepat, bahkan sampai sekarang masih sering kita dengar apalagi saat menjelang atau telah sampai di bulan Ramadhan.

Opick mulai merilis album pada tahun 2005, dan ini merupakan album pertamanya. Meskipun menjadi album pertama, angka penjualannya mencapai lebih dari 800 ribu penjualan dan album ini nyatanya mendapatkan lima platinum, luar biasa bukan. Pada tahun 2006, album lain yang berjudul Semesta Bertasbih telah resmi rilis. Opick juga sering kali di gandeng ataupun menggandeng penyanyi lain seperti Melly Goeslaw

Nissa Sabyan

Nama yang akrab dipanggil Nissa Sabyan ini memiliki nama Khoirunnisa, nama Sabyan diambil dari nama Grup yang memilih nisa sebagai vocal utamanya. Dengan ciri khas suara yang lembut dan ketepatannya dalam bernyanyi ataupun penghayatan yang luar biasa sabyan mulai dikenal di banyak kalangan.

Perempuan kelahiran tahun 1999 ini seakan menjadi idola dengan penampilan berhijabnya juga kaca mata bulat yang semakin membuat ayu dan imut parasnya. Grup Sabyan sendiri juga telah meraih penghargaan pada 1439 H tepatnya dalam acara Anugerah Syair Ramadhan.

Sebelumnya grup yang di vokali oleh nissa juga sering kali mengcover lagu-lagu religi yang dimuat dalam akun youtube Sabyan Gambus. Yang sampai saat masih sering dikunjungi oleh penikmatnya. Terlihat dari banyaknya pencarian mengenai grup ini

Keempat figure di atas sebenarnya hanya sebagian kecil dari para musisi religi Indonesia dan masih banyak lagi para pendakwah melalui music. Gus Azmi sendiri yang nyatanya masih berusia 15 tahun dapat menjadi seterkenal sekarang dan kemampuannya seakan tidak bisa diragukan lagi.

Gus Azmi juga seakan menjadi paket komplit pemuda idaman penakluk masa depan. Usianya yang saat itu masih 12 tahun masih di tingkat SMP debutnya pun dimulai. Usia 12 tahun adalah waktu produktivitas dan dapat terus berkembang jika dibarengi dengan usaha dan dukungan. Gus Azmi dan Grupnya telah menginspirasi.

Foto-Foto Dari Gus Azmi

Foto-Foto Dari Gus Azmi
www.youtube.com

Banyaknya foto yang beredar di sosial media menandakan bahwa Gus Azmi adalah sosok anak remaja yang sering membagikan kegiatannya di sosial media. Mulai dari kegiatan sehari-hari hingga kegiatan bersama keluarganya. Gus Azmi juga sering mengcover beberapa lagu yang kemudian di unggah di akun media sosialnya.

Foto dengan temannya

Jika ingin melihat beberapa teman-teman Gus Azmi ada beberapa foto yang di unggah oleh Gus Azmi yang pada saat itu ada beberapa teman yang menyertainya. Yang mayoritas menggunakan koko, peci dan menggunakan sarung ala santri. Dengan kebahagiaan yang terpancar dari senyumannya foto ini menjadi menarik untuk terus dilihat.

Momen dengan keluarga

Banyak foto yang menunjukkan potret bersama keluarganya. Gus Azmi merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Banyak foto yang menampakkan posenya bersama keluarganya seperti ayah, ibu dan kedua saudaranya (laki-laki dan perempuan).

Pose foto sendiri

Meski sering kali dijumpai banyak foto dengan teman-teman sepergaulannya Gus Azmi juga Nampak sering berpoto selfie dan berpose sedemikian rupa. Terkadang menggunakan peci ataupun topi bergaya yang sedang ngetrend, dan atau memakai sarung ala santri

Sebagai seorang yang mulai dikenal, Gus Azmi tidak melupakan posisinya sebagai seorang santri. Gus Azmi selalu mengedepankan akhlaknya dalam hal pergaulan dan tingkah lakunya. Untuk itu sebagai pemuda islam yang dituntut untuk terus berkembang perbaikan akhlak sangatlah diperlukan untuk menghadapi perkembangan zaman.

Gus Azmi layak menjadi figure percontohan dan kepribadiannya layak untuk ditiru. Dengan usahanya menyebarkan dakwah islam segala pencapainnya layak untuk di apresiasi. Untuk para orang tua yang ingin memiliki anak seperti Gua Azmi baik perangainya maupun prestasinya mari bimbing anak tersebut ke jalan kebaikan dan di ridhoi oleh Allah SWT.

Baca Juga Biografi Ra Kartini

Demikian biografi yang telah kami sajikan mengenai Muhammad Ulul Azmi Askandar al-Abshor atau yang biasa kita sapa Gus Azmi. Semoga bermanfaat untuk para orang tua maupun generasi millennial. Semoga dapat mencontoh segala kebaikan yang dimiliki oleh gus Azmi. Gunakan sosial media dengan sebaik-baiknya agar mendapat manfaat yang sebanyak-banyaknya.

Tinggalkan komentar