22 Jurusan Kuliah Paling Tren Dan Lulusannya bergaji Tinggi

Jurusan Kuliah – Siswa yang sedang mengalami masa SMA dan sedang menanti kelulusan mungkin sudah mulai dibingungkan dengan jurusan kuliah. Kira-kira jurusan apa yang akan saya ambil setelah lulus?, di kampus mana saya akan kuliah? Dan lain sebagainya. Di Indonesia, tersedia banyak sekali jurusan kuliah yang mana bisa disesuaikan dengan bakat dan minat Anda. Meskipun begitu, nyatanya memilih jurusan kuliah tidaklah mudah. Pasalnya tidak hanya tentang bakat dan minat saja, tapi juga tentang penentuan masa depan.

Untuk itu, saat memilih jurusan kuliah usahakan berpikir sejak dini. Mengenai hal-hal yang bisa Anda lakukan setelah lulus, serta Apa yang dibutuhkan oleh masyarakat di lingkungan Anda. Setelah itu, Anda mungkin bisa mantap ingin mengambil jurusan apa nantinya. Jangan asal-asalan saat memilih jurusan kuliah, karena hal itu akan mempengaruhi masa depan Anda. Jurusan kuliah yang tidak sesuai bidang dan minat biasanya tidak dapat memberi motivasi.

Beberapa jurusan kuliah di bawah ini mungkin salah satunya merupakan jurusan yang cocok untuk Anda.

Jurusan Kuliah Arsitektur dan Pembangunan

JURUSAN KULIAH ARSITEKTUR DAN PEMBANGUNAN

Menjadi arsitek berarti akan disibukkan dengan perencanaan pembangunan, properti, desain interior maupun eksterior, dan lain sebagainya. Jurusan yang satu ini merupakan cabang ilmu tentang bagaimana memanfaatkan ruang dengan sebaik mungkin. Artinya, seorang lulusan arsitek dan pembangunan dituntut untuk merancang proyek dengan sebaik-baiknya.

Oleh karena itu, seorang arsitektur mendapatkan bayaran yang cukup besar tergantung sebesar apa proyek atau pembangunan tersebut. Selain itu, lulusan ini juga dapat bekerja sebagai konsultan dalam hal pembangunan, biro arsitek, dan lain sebagainya. Untuk Anda yang memiliki hobi melukis maupun desain tata ruang. Maka tidak ada salahnya mengambil jurusan kuliah arsitektur dan pembangunan.

Jurusan Kuliah Teknik Lingkungan

JURUSAN KULIAH TEKNIK LINGKUNGAN

Bagi Anda yang memiliki ketertarikan khusus pada alam maupun lingkungan sekitar Anda, tak ada salahnya jika mengambil jurusan teknik lingkungan. Pasalnya jurusan ini lebih terpusat tentang bagaimana menjaga lingkungan hidup untuk kesehatan manusia serta pemanfaatan sumber daya alam secara optimal. Selain itu, jurusan yang satu ini juga mempelajari tentang pencemaran lingkungan dan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Misalnya, air bersih di daerah tertentu kini menjadi hal yang sangat sulit didapatkan. Nah, peran seorang teknik lingkungan adalah memikirkan bagaimana cara menangani masalah tersebut.

Seorang teknik lingkungan biasanya dibutuhkan dibeberapa perusahaan air minum, atau instansi pengawasan dan pengelolaan lingkungan hidup. Selain itu Anda juga bisa menjadi konsultan industri atau memulai usaha mandiri yang masih berkenaan dengan lingkungan hidup.

Jurusan Kuliah Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika

JURUSAN KULIAH ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN MATEMATIKA

Bagi Anda yang memilih jurusan IPA saat SMA, maka pasti sudah tak asing lagi dengan jurusan kuliah yang satu ini. Seperti yang kita tahu, ilmu IPA berarti Ilmu yang mempelajari tentang fenomena alam. IPA juga mempelajari sebab-sebab terjadinya sesuatu di alam ini. Oleh sebab itu, dengan mengambil jurusan IPA Anda akan dilatih untuk meneliti benda dan fenomena alam.

Karena jurusan IPA ini mempelajari tentang sebab akibat terjadinya sesuatu secara real, maka diperlukan ilmu pasti yang mengiringinya. Ilmu pasti yang dimaksud adalah matematika. Pasalnya matematika adalah ilmu dasar yang biasa digunakan pada setiap mata kuliah. Melalui ilmu matematika lah Anda bisa melakukan penghitungan saat meneliti dan melakukan analisis data. Ilmu matematika akan memberikan Anda kepastian sehingga pemikiran tersebut bersifat logis dan objektif. Beberapa hal yang akan Anda pelajari melalui MIPA adalah sebagai berikut:

  1. Fisika
  2. Geologi
  3. Geofisika
  4. Matematika
  5. Astronomi
  6. Fisika
  7. Biologi
  8. Kimia
  9. Geografi

Jurusan Kuliah Astronomi

JURUSAN KULIAH ASTRONOMI

Seperti yang kita tahu, dunia ini memiliki banyak misteri yang belum terpecahkan. Adanya benda-benda langit di luar angkasa pun sering menjadi perbincangan. Nah, ilmu astronomi berkutat pada hal-hal tersebut. Yang mana mempelajari serta menyelidiki benda-benda langit.

Selain itu, ilmu astronomi juga menjadi ilmu perhitungan dalam menentukan bulan hijriyah, serta beberapa fenomena terjadinya gerhana dan lain sebagainya. Pada jurusan ini Anda akan mempelajari ilmu perbintangan, mekanika benda langit dan masih banyak lagi. Anda pun bisa bekerja di Observarium Boscha ITB maupun di Planetarium.

Jurusan Kuliah Pertanian

JURUSAN KULIAH PERTANIAN

Seperti yang kita ketahui, pertanian kini telah banyak ditinggalkan oleh para millenials. Hal ini disebabkan mereka lebih condong kepada jurusan perkantoran atau yang membawa mereka bekerja di dalam ruangan. Padahal, pertanian akan sangat menguntungkan jika mengikuti perkembangan teknologi. Menjadi seorang petani juga berarti menjadi pemasok makanan pokok bagi masyarakat Indonesia.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang tertarik dengan pekerjaan ladang ataupun suka bercocok tanam. Jurusan pertanian layak untuk Anda pilih. Pasalnya, dalam perkuliahan Anda akan dibekali ilmu agar menjadi petani millenials.

Ada beberapa kemungkinan kerja yang Anda dapatkan jika memilih jurusan pertanian, yaitu:

  1. Ilmu Arsitektur lanskap
  2. Beberapa hal mengenai hama dan penyakit pada tanaman
  3. Cara memproteksi tanaman dari gulma
  4. Ilmu mengenai tanah dan cara merawatnya
  5. Agribisnis atau sosial ekonomi dalam bidang pertanian
  6. Cara budidaya atau agronomi

Jurusan Kuliah Sastra Inggris

JURUSAN KULIAH SASTRA INGGRIS

Bahasa inggris merupakan bahasa internasional. Dimana kita dituntut untuk bisa berbahasa inggris. Hal seperti inilah yang menjadikan jurusan ini memiliki masa depan yang menjanjikan. Ada beberapa orang yang memilih sastra  inggris menjadi bidang pendidikan sehingga hal itu akan membawanya untuk menjadi guru di sekolah-sekolah maupun kursus.

Namun, jurusan sastra inggris tidak begitu memadai karena hanya ada beberapa kampus saja yang menyediakan jurusan ini. Padahal jurusan ini bisa membawa ke beberapa jenis pekerjaan yang menjanjikan. Misalnya Anda bisa menjadi penerjemah di acara-acara seminar, ataupun menjadi Tour Guide untuk para turis.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menjadi tenaga kependidikan Bimbel yang pastinya memiliki keuntungan yang besar. Pekerjaan lain seperti menjadi penyunting bahasa, pustakawan akademik, penerjemah, atau bahkan wartawan. Karena saat ini juga sudah banyak Koran besar di Indonesia yang menggunakan bahasa Inggris dalam penulisannya.

Jurusan Kuliah Hukum

JURUSAN KULIAH HUKUM

Jurusan hukum juga menjadi jurusan kuliah yang bisa Anda pilih jika Anda tertarik dengan hukum-hukum perdata maupun pidana. Mengambil jurusan hukum akan memberikan Anda profesi sebagai pengacara dimana tugasnya adalah menangani permasalahan-permasalahan yang berkenaaan dengan undang-undang. Seseorang dari jurusan hukum akan lebih cepat mendapat pekerjaan jika ia mau mengambil peluang yang ada. Karena tak sedikit pula orang dari jurusan hukum yang akhirnya menjadi pengangguran disebabkan oleh kemalasan untuk memulai.

Meskipun begitu, lulusan hukum memag banyak dibutuhkan dalam dunia kerja maupun sosial. Misalkan saja orang-orang besar di perusahaan-perusahaan tertentu pastilah memiliki pengacara pribadi. Artinya Anda bisa menjadi konsultan hukum maupun pembela bagi orang lain yang berhubungan dengan penyelesaian kasus.

Jurusan Kuliah Ekonomi

JURUSAN KULIAH EKONOMI

Jurusan ekonomi adalah jurusan yang memiliki banyak peminat. Jurusan non eksakta ini mampu menyingkirkan berbagai macam jurusan lain. Terkait dengan lulusannya kini telah banyak dicari. Sehingga seorang lulusan ekonomi menjadi semakin mudah untuk mendapatkan pekerjaan.

Mahasiswa lulusan ekonomi biasanya akan mendapatkan pekerjaan menjadi akuntan atau pengelola keuangan. Selain itu, dengan pandai mengelola pemasukan dan pengeluaran Anda juga bisa membuka usaha atau bisnis sendiri berbekal keilmuan tersebut.

Jurusan Kuliah Teknik Elektro

JURUSAN KULIAH TEKNIK ELEKTRO

Jurusan teknik elektro lebih diminati oleh kaum pria alih-alih wanita. Padahal jurusan teknik elektro ini mampu memberikan keuntungan loh. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini gadget menjadi barang yang diperlukan setiap orang. Nah, pastinya akan banyak yang ingin berkonsultasi mengenai gadget ataupun memperbaiki barang elektro mereka.

Jurusan Kuliah Matematika

JURUSAN KULIAH MATEMATIKA

Matematka merupakan ilmu dasar disetiap perkuliahan. Matematika sering dianggap rumit oleh mayoritas orang. Padahal matematika merupakan ilmu pasti yang sangat dibutuhkan. Selain itu, lulusan matematika pun bisa menjadi seorang akuntan.

Perhitungan sangat dibutuhkan di banyak perusahaan. Khususnya untuk mengelola keuangan mereka. Lulusan matematika menjadi andalan untuk menganalisa serta menyusun strategi di suatu perusahaan. Kini juga telah banyak yang mengambil jurusan matematika dalam ranah keguruan yang nantinya akan menjadi tenaga pendidik di sekolah maupun bimbel.

Jurusan Kuliah Teknik Mesin

JURUSAN KULIAH TEKNIK MESIN

Anda akan mempelajari beberapa mata kuliah seperti pemantauan dan pemeliharaan kondisi mesin, mekatronika, teknik tenaga listrik dan lain sebagainya. Lapangan pekerjaan yang membutuhkan lulusan teknik juga telah beredar di Indonesia. Selain itu, untuk bisa memasuki jurusan teknik Anda harus melalui persaingan yang cukup sulit. Hal  ini dikarenakan banyak peminat yang ingin masuk dalam jurusan ini.

Jurusan Kuliah Psikologi

JURUSAN KULIAH PSIKOLOGI

Psikologi berasal dari dua kata yaitu Psiko yang berarti jiwa, dan logi dari kata logos yang berarti ilmu. Artinya psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kejiwaan yang mana objeknya adalah manusia. Dalam jurusan psikologi Anda akan dibekali ilmu tentang memahami sifat dan karakter seseorang. Jurusan psikologi sendiri termasuk jurusan terpopuler di Inggris. Maka tak heran jika psikologi menjadi jurusan yang banyak diminati.

Bagi Anda yang berminat mengambil jurusan psikologi tak usah khawatir tentang pekerjaan. Karena telah banyak dibutuhkan mahasiswa lulusan psikologi untuk menjadi konselor di sekolah-sekolah. Perlu diingat bahwa lulusan psikologi tidak hanya dihubungkan dengan gangguan jiwa seseorang, namun juga tentang masalah-masalah tertentu yang berkaitan dengan kondisi manusia tersebut. Jika dalam sekolah maka tentang kesulitan-kesulitan belajar siswa, kenakalan remaja, dan lain sebagainya. Bahkan dinas sosial juga membutuhkan lulusan psikologi untuk mempelajari karakter dan perilaku manusia untuk dijadikan acuan penentuan hukum.

Jurusan Kuliah Geografi

JURUSAN KULIAH GEOGRAFI

Jurusan geografi dianggap jurusan yang membosankan, oleh karenanya jurusan ini memiliki sedikit peminat. Seperti yang diketahui geografi mempelajari keadaan alam dimana berfungsi untuk mengenali gejala-gejala alam seputar geosfer dengan sudut pandang kelingkungan (ekologis). Untuk prospek kerjanya sendiri Anda bisa bekerja di Bappenas, kementrian kelautan dan perikanan, BPS, dan masih banyak lagi.

Jurusan Kuliah Fisika

JURUSAN KULIAH FISIKA

Fisika diklaim sebagai salah satu jurusan yang rumit. Oleh karena itu tidak banyak yang mengambil jurusan fisika. Padahal banyak peluang lulusan fisika dalam dunia kerja. Bahkan Anda juga bisa menjadi seorang peneliti jika Anda mengambil fisika murni.

Untuk Anda yang ingin menjadi pendidik bisa mengambil jurusan Fisika di bidang keguruan. Sama seperti matematika Andapun bisa mengajar di sekolah maupun tempat bimbel umum. Mengingat pula fisika menjadi mata pelajaran yang diujikan saat Ujian Nasional.

Jurusan Kuliah Ilmu Komunikasi

JURUSAN KULIAH ILMU KOMUNIKASI

Anda yang menyukai berhubungan dengan manusia atau lebih mudah berinteraksi, jurusan yang satu ini mungkin saja cocok. Ilmu komunikasi sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang, apalagi bagi perusahaan yang memerlukan staff untuk menghadapi tamu-tamu penting. Sehingga, menjadi hal yang tak mengherankan jika jurusan ini diminati banyak orang.

Salah satu cabang dari ilmu komunikasi adalah broadcasting yang mana berhubungan dengan dunia penyiaran. Maka sangat cocok bagi Anda yang memiliki cita-cita sebagai seorang penyiar maupun reporter. Selain itu, lulusan ilmu komunikasi juga dapat bekerja sebagai jurnalistik ataupun komunikasi bisnis. Bahkan Anda pun bisa mewawancarai tokoh terkenal dalam dunia pertelevisian.

Jurusan Kuliah Teknik Perminyakan dan Pertambangan

JURUSAN KULIAH TEKNIK PERMINYAKAN DAN PERTAMBANGAN

Jurusan yang satu ini hanya dimiliki oleh beberapa universitas saja. Selain itu, jurusan teknik perminyakan dan pertambangan juga tidak banyak diminati oleh calon mahasiswa. Untuk prospek kerja sendiri jurusan yang satu ini berkaitan dengan kegiatan pengeboran, eksplorasi, dan ekonomi migas. Meski sepi peminat, jurusan yang satu ini dibutuhkan diberbagai bidang.

Penghasilan yang didapatkan juga terbilang cukup besar, hal ini selaras dengan harga bahan bakar yang juga semakin membengkak. Salah satu pekerjaan lulusan teknik perminyakan dan pertambangan adalah pengolahan sumber daya alam di berbagai daerah yang memiliki SDA minyak dan gas.

Jurusan Kuliah Ilmu Pendidikan dan  Pelatihan

JURUSAN KULIAH ILMU PENDIDIKAN DAN  PELATIHAN

Jurusan yang mengarahkan mahasiswa menjadi pendidik ini dari dulu hingga sekarang tidak pernah sepi peminat. Apalagi banyak jurusan keguruan yang bisa Anda pilih sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Pendidik yang profesional bahkan tidak hanya menjadi guru namun juga bisa menjadi pengurus dibidang kependidikan daerah.

Jika Anda yang dulu pernah memiliki cita-cita untuk menjadi guru dalam berbagai mata pelajaran, maka Anda bisa mengambil jurusan Ilmu Pendidikan dan Pelatihan. Meski kini para peserta didik dapat belajar melalui gadget, namun pendidik tetap diperlukan secara konvensional.

Jurusan Ilmu Komputer

JURUSAN ILMU KOMPUTER

Kemajuan ilmu teknologi membuat komputer telah banyak digunakan di lembaga-lembaga pendidikan. bahkan, seperti yang kita tahu Ujian Nasional saat ini pun menggunakan komputer alih-alih kertas seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal ini lah yang menyebabkan jurusan komputer banyak diminati. Apalagi mengingat dunia kerja yang sudah semakin canggih dalam menggunakan teknologi, menuntut seseorang untuk bisa mengoperasikan alat elektronik yang satu ini.

Hampir semua pekerjaan kini telah dialihkan fungsinya menggunakan komputer. Dokumen-dokumen yang ada pun diedit melalui komputer dan dicetak sedemikian rupa. Misalnya teknik informatika, jurusan ini mengacu pada penggunaan teknologi yang dapat menjadi sumber informasi. Kini telah banyak perusahaan yang mulai merekrut orang-oang dari jurusan informatika sebagai tenaga kerja mereka. Pasalnya, kini informasi menjadi hal yang sangat penting apalagi untuk meningkatkan kualitas perusahaan.

Jurusan Kuliah Teknik Kimia

JURUSAN KULIAH TEKNIK KIMIA

Sama halnya dengan jurusan matematika dan jurusan fisika, hal itu berlaku pula untuk jurusan kimia yang sepi peminat. Pasalnya teknik kimia dianggap sebagai jurusan yang rumit dan cukup sulit. Padahal jika mau belajar bukankah semuanya akan menjadi mudah.

Lulusan kimia pun kini banyak dibutuhkan untuk meneliti beberapa inovasi baru dibidang produksi kecantikan dan kesehatan. Dimana tugasnya adalah menganalisa beberapa senyawa yang ada dan apa pengaruhnya bagi makhluk hidup. Sebut saja perusahaan produksi pasta gigi, shampoo, lotion dan masih banyak lagi.

Jurusan Kuliah Teknik Arsitektur

JURUSAN KULIAH TEKNIK ARSITEKTUR

Bagi Anda penyuka seni dan berbakat dalam hal menggambar, jurusan kuliah yang satu ini bisa menjadi pilihan Anda. tidak hanya akan menjadi pelukis saja, namun jurusan ini mengantarkan Anda untuk membangun gedung-gedung pencakar langit yang memiliki gaji selangit. Jurusan teknik arsitektur ini menggabungkan dua bidang ilmu yaitu seni dan bangunan. Sehingga Anda pun harus menguasai ilmu berhitung, karena dalam membuat bangunan tak mungkin dilakukan dengan asal-asalan.

Oleh karena itu, selain dituntut untuk sekreatif mungkin, Anda juga harus mempunyai inovasi-inovasi baru dalam hal pembangunan. Anda pun bisa bekerja di dunia industri, desain rumah, desain visual, dan lain sebagainya. Melalui jurusan teknik arsitektur juga, Anda diharapkan mampu memberikan keindahan dalam segala hal di bidang pembangunan.

Jurusan Kuliah Kedokteran

JURUSAN KULIAH KEDOKTERAN

Menjadi seorang dokter banyak diimpikan oleh mayoritas orang. Selain pekerjaan yang mulia, menjadi seorang dokter juga menjadi profesi yang menjanjikan. Meski memang persaingan dalam dunia kedokteran itu sangat besar, namun tetap menjadi pilihan banyak orang. karena masa depan yang terjamin itulah untuk memasuki jurusan kedokteran diperlukan biaya yang tidak sedikit. Namun, tak usah khawatir, kini telah banyak bermunculan program beasiswa untuk siswa yang berprestasi di bidangnya.

Selain biaya yang banyak, dalam dunia kedokteran Anda juga dituntut untuk memiliki kemampuan yang memadai. Seorang dokter memang banyak dibutuhkan dimana-mana, baik itu di kota-kota besar, sebuah desa maupun pulau-pulau terpencil. Kini telah banyak kampus yang memiliki jurusan kedokteran. Pilihlah sesuai dengan klasifikasi yang dibutuhkan.

Jurusan Kuliah Biologi

JURUSAN KULIAH BIOLOGI

Mungkin Anda sudah tak asing lagi dengan ilmu biologi. Dimana ilmu ini mempelajari tentang pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Untuk Anda yang menyukai alam maupun tertarik dengan fenomena makhluk hidup, jurusan ini mungkin tepat untuk dipilih.

Menjadi mahasiswa bukan hanya tentang mencari pekerjaan. Namun lebih kepada ilmu yang akan didapat. Lalu, ilmu tersebut akan digunakan untuk memberi manfaat kepada orang lain alih-alih mencari keuntungan untuk diri sendiri. Selain berilmu, maka bekali diri Anda dengan iman agar tidak mudah terpengaruh oleh budaya yang tidak baik.

Nah, itu tadi beberapa jurusan kuliah yang bisa Anda pilih sesuai dengan bakat dan minat yang Anda miliki. Masih ada banyak lagi jurusan yang bisa Anda pilih, kenali diri Anda terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan.

22 Jurusan Kuliah Paling Tren Dan Lulusannya bergaji Tinggi

Tinggalkan komentar