Site icon Made Blog

Ternak Modal 1 Juta, Memang Ada?

ternak modal 1 juta – Memiliki bisnis sendiri menjadi kebanggaan setiap orang. Namun, ada saja kendala yang membuat orang yang ingin memulai bisnis menjadi terhambat. Salah satunya adalah masalah modal. Biasanya, modal adalah alasan utama orang menunda memulai usaha.

Berikut adalah usaha ternak modal 1 juta yang bisa Anda coba.

Ternak ikan lele

Ternak ikan lele menjadi salah satu jenis usaha yang paling sesuai jika Anda tinggal di daerah yang mudah dalam mendapatkan air. Biaya operasional ternak lele cukup rendah, selain itu perawatannya pun mudah. Caranya adalah dengan membuat kolam buatan, yang terbuat dari terpal, ataupun menggunakan drum dan tong, Anda sudah bisa beternak lele di pekarangan rumah.

Ternak ikan lele juga cenderung cepat dipanen, apalagi bagi Anda yang memulainya dengan fokus pada pembibitan. Anda bisa memanen ikan lele sekitar 40-50 hari.

Ternak jangkrik

Bagi Anda yang dekat di wilayah pemelihara burung dara, maka Anda bisa mencoba peluang beternak jangkrik. Jangkrik biasanya dicari oleh orang-orang yang memelihara burung, sebagai pakan mereka. Ternak ini cukup murah dan bisa dimulai dengan modal 1 jutaan. Ini karena kandang jangkrik tidak membutuhkan area yang luas.

Harga jangkrik di pasaran juga cukup bersaing, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan merugi. Caranya, Anda hanya perlu membeli bibit jangkrik dan dikembangkan pada media kotak dengan ukuran cukup besar. pakan dari ternak jangkrik juga cukup terjangkau, yaitu seperti dedaunan kering, sayuran, ataupun umbi-umbian.

Ternak ikan hias

Selain sebagai hobi, ikan hias juga bisa dijadikan sebagai usaha ternak. Usaha ini juga cukup dianggap menguntungkan, dengan penghasilan besar dan modal yang minim. Ikan hias sendiri jika sudah dibesarkan bisa mencapai jutaan rupiah. Sebagai contoh, jenis ikan hias yang bisa anda kembangkan sebagai ternak modal 1 juta adalah ikan koi, ikan mas ikan betta, dan sebagainya.

Peralatan yang perlu Anda siapkan di antaranya adalah akuarium, ini pun bisa diganti dengan bak plastik ataupun tangki fiberglass. Selain itu, yang paling penting adalah adanya alat pengukur suhu supaya ikan dapat dengan mudah beradaptasi.

Ternak entok

Entok bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin usaha ternak unggas. Ternak ini cukup langka di masyarakat, maka bisa menjadi peluang bagi Anda yang ingin mengembangkan usaha ini. ternak entok juga cenderung lebih murah dibandingkan dengan ternak ayam. Hal ini karena biaya pakan entok cenderung lebih murah.

Entok mudah dalam perawatan, dan tahan terhadap penyakit yang sering menyerang unggas. Inilah mengapa risiko kematian entok cukup kecil. Ternak ini bisa dikembangkan meskipun hanya dengan modal 1 juta rupiah saja.

Ternak cacing

Selanjutnya adalah ternak cacing yang bisa dikembangkan dengan modal 1 juta. Peluang ternak cacing bisa tinggi jika Anda berada di daerah yang banyak memiliki usaha ikan, karena cacing bisa dijadikan sebagai pakan alternatif baik untuk ikan konsumsi maupun untuk ikan hias.

Cacing yang bisa dikembangkan adalah jenis cacing Lumbricus sp., ataupun jenis cacing tanah. Anda hanya perlu menyiapkan media tinggal yang sederhana untuk membudidayakannya dengan biaya minim. Pakan cacing juga cukup mudah, yaitu hanya dengan pemberian kotoran ternak.

Sekian informasi mengenai ternak modal 1 juta yang bisa coba Anda kembangkan di daerah Anda. Tentu sebelum memulai, pertimbangan lokasi dimana Anda akan mengembangkan usaha, untuk melihat prospek dan peluang usaha ternak tersebut ke depannya.

Ternak Modal 1 Juta, Memang Ada?

Exit mobile version