Cara Meracik Jamu Kunyit Asam Agar Nikmat Diminum dan Menyehatkan

Cara Meracik Jamu Kunyit Asam – Ada beragam cara yang dapat dikerjakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. Apalagi, di tengah kondisi yang tidak bersahabat yang dapat dengan mudah menyerang sistem kekebalan tubuh. Cara meracik jamu kunyit asam sendiri dibutuhkan karena sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Cara Meracik Jamu Kunyit Asam

Kunyit adalah bahan herbal yang sangat mudah ditemukan di lingkungan sekitar. Bahkan tanaman ini dapat tumbuh liar di kebun ataupun di lahan yang kurang mendapat asupan sinar matahari.

Jamu kunyit asam dibuat dari bahan dasar kunyit itu sendiri dan dengan dicampur oleh asam jawa. Minuman ini memiliki warna yang kuning pekat dengan rasa asam manis yang segar. Sehingga minuman ini dikenal sebagai minuman herbal yang nikmat dan kaya manfaat.

Manfaatnya seperti dapat mencegah dari penyakit panas dalam, sebagai obat sariawan, serta dapat menurunkan rasa sakit dari asam lambung. Namun, masih banyak lagi manfaat yang dapat digali dari cara meracik jamu kunyit asam ini.

Mudahnya Membuat Racikan Jamu Kunyit Asam

Jamu atau minuman herbal seringkali diidentikkan dengan minuman yang mempunyai rasa yang pahit. Namun, hal yang berbeda dengan minuman kunyit asam ini. Saat anda mencobanya, anda pasti akan merasakan rasa segar yang nikmat.

Kunyit asam terbuat dari bahan dasar kunyit dan asam jawa. Lalu ditambah dengan bahan-bahan seperti gula merah, gula pasir, dan juga sedikit garam. Kegunaan garam adalah sebagai pengikat rasa dan mengoptimalkan kandungan dari bahan lainnya.

Cara meracik jamu kunyit asam sendiri cukup mudah dilakukan, yaitu sebagai berikut.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah kunyit, asam jawa, gula pasir, gula merah, serta garam. Pertama, anda harus mencuci bersih kunyit dan membuang kulitnya. Lakukan juga pada asam, buang semua kulitnya.

Setelah itu, anda dapat menghaluskan dengan cara memarut atau memblendernya. Namun, untuk menghasilkan rasa yang lebih nikmat, maka sebaiknya diparut saja. Kemudian campur parutan kunyit bersama air.

Banyaknya air dapat disesuaikan dengan jumlah kunyit yang dipakai. Lalu saring kunyit tersebut. Selanjutnya, anda campur air kunyit tadi dengan semua bahan. Aduk hingga semua bahan larut ke dalam air.

Setelah itu, masak diatas api hingga mendidih. Selanjutnya, cara meracik jamu kunyit asam adalah anda saring ke dalam wadah yang bersih. Lalu sajikan atau minum selagi hangat.

Cara Meracik Jamu Kunyit Asam Agar Nikmat Diminum dan Menyehatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.