Cara Mengolah Daun Kelor yang Mudah Sebagai Obat Herbal

cara mengolah daun kelor – Dunia kesehatan saat ini tidak hanya serta merta berkaitan dengan obat resep dokter, perawatan medis, dan semacamnya. Ada banyak jenis tanaman yang dapat kita jadikan sebagai obat herbal. Salah satunya adalah daun kelor. Lalu bagaimana cara mengolah daun kelor agar menjadi obat herbal?

Cara Mengolah Daun Kelor yang Mudah Sebagai Obat Herbal

Cara Mengolah Daun Kelor yang Mudah Sebagai Obat Herbal

Daun kelor memiliki segudang manfaat, terutama untuk menyehatkan tubuh. Bahkan para ilmuwan mengatakan bahwa daun kelor ini merupakan pohon ajaib atau miracle tree.

Di dalam daun kelor terdapat berbagai macam kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Misalnya saja kalsium, potasium, vitamin A, vitamin C, antioksidan, protein, dan kandungan nutrisi lainnya.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengkonsumsi daun kelor ini. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa cara sederhana untuk mengolah daun kelor. Mari kita simak ulasan selengkapnya.

Cara Mengolah Daun Kelor Menjadi Teh

Cara Mengolah Daun Kelor Menjadi Teh

Sebenarnya, daun kelor ini dapat dikonsumsi secara langsung. Namun, ada cara yang lebih asyik untuk mengkonsumsinya, yaitu dengan cara dijadikan teh.

Agar dapat memperoleh teh daun kelor ini, maka yang perlu anda siapkan adalah bubuk daun kelor kering. Bubuk daun kelor ini harus disimpan di tempat sejuk. Hal ini bertujuan supaya enzim oksidatif yang terkandung di dalamnya bisa hilang.

Cara untuk mengkonsumsi teh berbahan dasar daun kelor ini yaitu ambil 1 atau 2 sendok makan daun kelor bubuk. Kemudian seduh dengan menggunakan air panas.

Bila menginginkan teh daun kelor dengan rasa yang lebih manis, tambahkan saja madu sesuai selera. Konsumsi herbal teh daun kelor ini selagi hangat.

Cara Mengolah Daun Kelor Menjadi Sayur Bening

Cara Mengolah Daun Kelor Menjadi Sayur Bening

Daun kelor ini juga bisa dijadikan bahan untuk membuat sayur bening. Cara membuatnya pun cukup mudah.

Siapkan daun kelor yang masih muda sebanyak satu mangkok. Kemudian beri bahan-bahan lainnya seperti jagung manis, wortel, irisan oyong, tomat, dan daun kemangi.

Sedangkan untuk bumbunya, siapkan empat siung bawang merah yang sudah diiris halus, temu kunci, gula pasir, serta garam secukupnya. Masak hingga matang, sayur bening daun kelor pun siap disantap. Bagaimana menurut anda? Cara mengolah daun kelor yang mudah dan menyehatkan bukan?

Cara Mengolah Daun Kelor yang Mudah Sebagai Obat Herbal

Tinggalkan komentar