Site icon Made Blog

8 Ukuran Kertas Yang Paling Sering Di Gunakan Saat Ini

KERTAS

Ukuran Kertas – Sebetulnya perjalanan dari perkembangan kertas pun sangat panjang terlebih lagi perkembangannya juga mengikuti peradaban dari manusia. Sebab sebelum kertas ditemukan, rupanya bangsa-bangsa terdahulu ketika menulis memakai batu maupun tanah yang dibentuk menjadi tablet serta dibakar sehingga bisa menjadi media tulis. Dan hal tersebut umumnya akan ditemui ketika peradaban Sumeria yang sangat terkenal dengan prasasti batu, kayu, bambu, tulang binatang, kulit bahkan sampai sutra.

Peradaban dari Mesir kuno sendiri telah memakai papyrus yang untuk media tulis terlebih lagi ketika masa pemerintahan Firaun yang kemudian media pabrik tersebut telah menyebar ke semua wilayah Romawi, timur tengah, bahkan sampai wilayah Eropa. Namun setelah berada pada wilayah tertentu maka penyebutan dari papyrus sendiri juga akan berbeda seperti halnya di negara Inggris disebut sebagai paper dan di Belanda disebut dengan papier, sedangkan di negara Perancis virus tersebut disebut sebagai papel yang sama-sama memiliki arti kertas.

Sementara itu di negara Cina menggunakan media tulis bambu yang juga dapat disebut sebagai kertas. Yang mana penemuan tersebut selanjutnya sedikit demi sedikit telah menyebar ke seluruh wilayah Asia timur yang bersamaan dengan persebaran orang-orang Cina yang sebelumnya pembuatan dari kertas tersebut memang sangat dirahasiakan.

Kemudian pada akhirnya teknik untuk membuat kertas pun jatuh ke tangan orang Arab yang pada saat itu ada di masa dinasti Abbasiyah. Hal ini pun telah terjadi kurang lebih sekitar 751 masehi sesudah pasukan dinasti tang mengakui kekalahannya di dalam pertempuran. Dikarenakan kerajaan cina mengalami kekalahan ketika perang dengan dinasti Abbasiyah, maka secara tidak langsung dinasti tang mau tidak mau harus memberikan rahasia dalam pembuatan kertas kepada orang-orang Arab. Yang mana proses inilah kemudian mampu mewujudkan sebuah industri pembuatan kertas yang besar lalu menyebar hingga ke semua wilayah Eropa setelah terjadinya perang salib.

Kemudian kertas yang ada pada dinasti Abbasiyah memang memiliki bentuk yang belum sempurna akarnya tidak bisa dibuat secara berlebihan lembar. Karena pembuatan kertas hingga mencapai per lembar lembar dimulai ketika abad ke-19, lalu ditemukan mesin Fortuner pada tahun 1809 oleh Nicolaus Louis Robert.

Kegunaan Kertas Untuk Manusia

Kertas menjadi benda yang terbuat dari bahan pulp yang mana merupakan hasil dari pemisahan serat yang berasal dari bahan baku beserta contohnya saja seperti kayu dan lain sebagainya. Selanjutnya serat tersebut akan diolah dengan proses yang memakai mekanis, kemudian semi kimia dan yang terakhir ialah kimia.

Pada saat perkembangannya pada saat ini kertas bukan hanya dipakai untuk media menulis akan tetapi kerap kali dipakai memenuhi kebutuhan dari pembuatan tisu, bungkus makanan, pembuatan tas, dan masih banyak lagi. Namun berikut ini merupakan fungsi secara terperinci dari penggunaan kertas di dalam kehidupan sehari-hari:

Tentu Anda tahu dengan betul jika buku kerap kali dikaitkan dengan dunia pendidikan terlebih lagi buku sendiri yg terbuat dari kertas entah itu untuk buku bacaan ataupun buku tulis. Buku tulis pun juga kerap kali digunakan sebagai media mutlak dalam pembelajaran terlebih lagi di dalam sekolah. Sedangkan pada saat buku bacaan atau sering disebut sebagai buku cetak akan digunakan sebagai media baca dari semua kalangan.

Tanpa adanya kertas bisa jadi kita semua akan sangat kesulitan untuk menuangkan ide ataupun pikiran di dalam bahasa yang tertulis, terlebih lagi menulis adalah suatu hal yang sangat mudah untuk diingat. Bagi seorang penulis maka kertas adalah hal yang sangat penting guna menunjang dari profesi yang mereka miliki.

Untuk fungsi yang kedua ialah digunakan menjadi alat pembayaran. Hingga saat ini kebanyakan negara yang telah maju ataupun masih berkembang akan memakai kertas sebagai bahan mata uang yang tentunya memiliki aturan tertentu dalam pembuatannya. Walaupun kertas menjadi salah satu barang yang sangat murah bahkan sangat mudah untuk ditemui akan tetapi mempunyai nilai tersendiri pada saat telah menjadi alat pembayaran entah itu berupa uang, cek dan lain sebagainya.

Untuk yang berikutnya kertas pun juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan kemasan karena dimanfaatkan sebagai bahan kemasan kertas, misalnya saja sebagai kemasan makanan, kemudian pembuatan tas kertas yang memiliki banyak fungsi, lalu kemasan minuman seperti susu dan lain sebagainya. Tentu hal tersebut dikarenakan kertas memiliki keunggulan tersendiri karena sangat murah, efisien, dan yang pasti ramah lingkungan.

Kertas juga seringkali digunakan sebagai kemasan yang beraneka macam, entah itu kemasan dengan ukuran tebal, mempunyai motif dan lain sebagainya dimana kemasan kertas tersebut sudah sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Kemudian seperti yang telah kita ketahui jika surat kabar pada saat ini sudah sering beredar yang biasanya dilakukan pada media kertas. lalu gulungan kertas yang panjang dan lebar selanjutnya akan diisi dengan adanya tulisan yang merupakan berita terkini. Kemudian kertas yang telah terisi dengan muatan berita tersebut lanjutnya akan dicetak selanjutnya akan disebar kepada semua kalangan masyarakat untuk bisa mendapatkan informasi yang baru.

Selain itu kertas putih yang kosong pun juga dapat menjadi sarana dalam menulis beberapa hal contohnya saja seperti pengumuman, kemudian poster, memo dan juga surat. Penggunaan dari kertas memang sangat gencar sebelum munculnya era digital pada saat ini.

Nah, demikian itulah kertas yang menjadi benda penting pada kehidupan manusia yang tentunya kertas tersebut tidak akan pernah bisa lepas dari keseharian manusia karena memiliki berbagai macam fungsi. Nah, dalam masalah kepentingan kantor, bisnis, dan juga sekolah pun bisa memanfaatkan kertas tersebut.

Ternyata kertas yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan tersebut pun juga memiliki varian ukuran. Yang mana pada setiap ukurannya juga akan mempengaruhi masalah pemakaiannya. Jadi sangat penting untuk mengetahui apa saja jenis dari ukuran kertas.

Pertama, Ukuran Kertas Pada Seri A

Kertas untuk hari ini adalah kertas yang memang sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. tak hanya itu masyarakat Indonesia pun juga kerap kali menggunakan kertas jenis ini terlebih lagi kertas A4, yang mana keras ini kerap kali dipakai dalam pembuatan makalah, pembuatan skripsi dan masih banyak lagi. Kertas seri A juga mister internasional ISO 216 dan juga per standar Jerman DIN 476.

Bahkan pada sebagian negara seperti Amerika bahkan sampai Eropa juga menggunakan kertas dengan seri A. Sedangkan pada kawasan Eropa sendiri pun diadopsi dan menjadi standar resmi pada abad ke-20 pertengahan yang kemudian telah menyebar sampai ke seluruh dunia. Bukan hanya itu saja untuk kertas seri ini terlebih lagi pada kertas A4 juga menjadi standar dari ukuran dalam penulisan surat di beberapa negara seperti Inggris dan juga negara Australia.

Dan berikut ini ialah ukuran dari kertas seri A:

Kedua, Ukuran Kertas Jenis Seri B

Nah, untuk yang kedua merupakan kertas seri b di mana kertas yang satu ini kerap kali dipakai dalam pencetakan lukisan dinding ataupun poster. Ukuran dari kertas dari b sendiri ukurannya kurang lebih sekitar dua kali lipat dibandingkan dengan ukuran pada kertas jenis seri A. Jadi kertas hari ini pun memang cenderung jauh lebih besar Apabila dibandingkan dengan ceria dan hal ini pun telah dibuktikan dengan berbagai macam ukuran dari kertas seri B di bawah ini:

Ketiga, Ukuran Kertas Jenis Seri C

Untuk yang ketiga ini merupakan kertas seri C yang mana kerap kali dipakai dalam pembuatan kartu pos, pembuatan amplop dan juga pembuatan map. untuk kertas dari jari-jari ini mempunyai luas yang rata-rata gabungan antara kertas seri A dan juga kertas seri b

B pada nomor indeks yang sama.

Contohnya saja apabila dirumuskan Maka luas dari kertas C4 tersebut sama dengan kertas seri A4 yang ditambahkan dengan luas kertas kemudian kertas tersebut akan dibagi menjadi dua. Selain itu luas dari kertas hari ini pun juga dapat diukur, yang cara kerjanya ialah dengan memasukkan kertas dari seri A tentang itu dilipat ataupun tidak ke dalam amplop yang berasal dari kertas seri C. jadi bisa dipastikan jika kertas seri C ini memang jauh lebih besar apabila dibandingkan dengan kertas seri A dan juga serie B.

Nah, berikut ini merupakan jenis-jenis varian dari kertas C beserta dengan ukurannya:

Ke empat, Ukuran Kertas Jenis Seri F

Nah, untuk yang berikutnya ini adalah kertas seri F yang umumnya dipakai pada tempat fotokopian maupun kantor-kantor. di mana kertas ini disebut sebagai kertas HVS atau folio yang mempunyai ukuran 215 x 330 mm atau juga memiliki ukuran 8,5 x 13 inci.

Kertas ini sendiri memiliki ukuran yang seperti kertas folio tersebut pun adalah ukuran dari kertas tradisional yang sudah digunakan di kawasan Eropa beserta The British Commonwealth. Yang kemudian kertas ini pun secara perlahan telah diganti dengan kertas ukuran seri A yang sudah berstandar internasional seperti halnya yang telah diterangkan di atas.

Ke lima, Ukuran Kertas jenis seri R

Untuk yang berikut ini merupakan kertas seri r yang kerap kali dipakai dalam pencetakan foto seperti halnya yang kita ketahui seperti ukuran 5R, ukuran 10R dan lain sebagainya. Jenis dari kertas hari ini pun sebetulnya memang cukup banyak seperti halnya kertas glossy, kelebihan kertas inkjet, lalu ada kertas matte dan kertas kanvas. Sehingga kertas dengan ukuran tersebut pun akan seringkali ditemui pada lokasi print foto dan juga gambar.

Dan berikut ini merupakan jenis-jenis dari ukuran kertas seri R:

Keenam, Ukuran Kertas Dari Amerika Utara

Sedangkan untuk orang-orang yang merdeka Utara sendiri memiliki standar ukuran kertas khusus yang mana kertas tersebut memang sangat umum dipakai di Amerika serikat, Kanada dan juga Meksiko. Dimana kertas tersebut merupakan kertas legal, kertas letter, kertas letter dan juga kertas tabloid di mana jenis-jenis dari kertas tersebut memang menjadi keperluan sehari-hari di negara Amerika Utara tersebut.

Sebuah asosiasi yakni American forest and paper association memberikan pendapatnya tentang dimensi ukuran dari kertas letter yang sebetulnya berasal dari masa pembuatan kertas yang masih memakai tangan atau konvensional. Mengenai masalah ukurannya sendiri merupakan 11 inchi yang cara penghitungannya memakai tangan lengan dari seorang pekerja yakni tepatnya pada seperempat tangan.

Kertas ukuran letter sendiri mempunyai nama lain yakni American Quatro, yang mana dapat memiliki ukuran hampir sama yakni seperempat dari ukuran kertas Inggris kuno yang saat itu disebut sebagai Demy 4to.

Kemudian ada pula kertas yang mempunyai sebutan government letter yang secara khusus dipakai pada surat pemerintahan resmi akan tetapi seiring berjalannya waktu dipakai pada pembuatan buku baca bagi anak-anak, dimana awal mula diperkenalkan nya keras ini dilakukan oleh Herbert hoover. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, proses tersebut saat ini pun dipakai sebagai buku tulis dari anak-anak yang ada di Kanada dan juga Amerika serikat.

Sedangkan pada Amerika serikat sendiri juga mempunyai ukuran kertas khusus yang mempunyai nama US paper size. yang mana kertas tersebut adalah standar dari beberapa negara lain seperti Chile dan juga Filipina. Sedangkan pada kawasan Kanada, mengenai standar dari kertas Amerika serikat tersebut menjadi standar dari de facto.

Akan tetapi selain memakai letter Amerika kawasan dari Meksiko juga menggunakan kertas dengan ukuran ISO. Tapi, sangat susah menemui pemakaian dari ukuran kertas ISO di kawasan Meksiko. Bahkan untuk masyarakat Columbia sendiri pun juga memakai ukuran kertas Amerika.

Ke tujuh, Ukuran Kertas Jenis Anci

Dan perlu Anda ketahui pada daerah Amerika mempunyai standar sendiri yang dinamakan standar ANSI, atau mempunyai kepanjangan American national standards institute yang memang hampir sama dengan de facto. Dimana ukuran l adalah 8 ½ x 11 inchi yang juga diberi nama sebagai Ansi A.

Sebetulnya kertas ini pun memang masih memiliki kemiripan dengan standar ISO yang mana pada saat proses memotong satu ukuran kertas, yang selanjutnya akan menghasilkan dua bagian kertas dengan ukuran yang sama. Namun perbedaan yang bisa dilihat berasal pada rasio aspek arbitrary karena pada periode ini mempunyai dua opsi pada rasio aspeknya.

Ke delapan, Ukuran Kertas Di Negara Indonesia

Sebetulnya di negara ini sendiri memang masih memakai ukuran kertas dari standar ISO akan tetapi masyarakat dari Indonesia sendiri kerap memakai ukuran kertas A4, kertas folio, dan juga kertas A3 beserta dengan kertas quarto.

Mengenai ukuran dari kertas A4 sendiri kerap kali dipakai pada keperluan pencetakan skripsi, paper dan juga majalah. kemudian mengenai pemakaian dari kertas ukuran HVS dan juga Vario kerap kali dipakai pada kebutuhan fotocopy dokumen dokumen khusus.

Tentu dengan mengetahui apa saja jenis-jenis ukuran kertas akan membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan, Namun yang pasti wawasan anda pun akan bertambah dengan ulasan tersebut.

8 Ukuran Kertas Yang Paling Sering Di Gunakan Saat Ini

Exit mobile version