Macam Macam Ukuran ID Card, Kartu Nama beserta Cara Membuatnya

Ukuran iD card – ID card merupakan salah satu komponen perlengkapan dalam kesekretariatan yang biasanya digunakan di dalam suatu acara. Penggunaan ID card ini bertujuan untuk menunjukkan nomor, nama dan juga tugas. Selain digunakan untuk kegiatan atau acara-acara tertentu, ID card ini juga dipakai sebagai kartu identitas bagi pelajar atau mahasiswa, kartu identitas karyawan, kartu anggota organisasi dan masih banyak lagi kegunaannya.

Penggunaan ID Card di dalam suatu acara merupakan bagian penting yang tidak boleh dilewatkan karena termasuk dalam salah satu komponen perlengkapan bidang kesekretariatan. Penggunaan ID Card ini bisa dipakai untuk menunjukkan nama, nomor, maupun tugas dari pemakainya.

Selain dari kegunaannya untuk kegiatan-kegiatan tertentu, ID Card juga kerap dipakai sebagai kartu identitas bagi karyawan, pelajar atau mahasiswa, maupun kartu anggota dari suatu organisasi, dan banyak lainnya. ID card memiliki ukuran yang bervariasi yang disesuaikan dengan permintaan dari suatu lembaga atau instansi maupun oleh perorangan.

Saat ini jika di pikir-pikir tentunya akan banyak sekali orang-orang yang beranggapan bahwa proses pembuatan ID card itu tidak terdapat sebuah aturan. anggapan tersebut sebenarnya tidak benar karena ID card mempunyai ukuran khusus atau ukuran standar sendiri.

Bisa dikatakan bahwa pembuatan kartu atau ID card ini tidak secara asal-asalan. Sebab jika dibuat secara asal-asalan, maka bisa jadi tidak pas dengan case atau tempat id card yang dijual di pasaran.

Contents

ID Card dan Fungsinya

ID Card dan Fungsinya
solusiprinting.com

Siapa sih yang tidak tahu dengan ID card? Hampir semua orang tentunya sudah tahu dengan benda kecil yang memiliki fungsi sebagai tanda pengenal yang disebut dengan id card ini. Sudah sejak lama ID card ini dikenal, akan tetapi seiring berkembangnya zaman ini banyak dibutuhkan masyarakat.

ID card sendiri mempunyai fungsi yang sangat penting untuk melengkapi berbagai macam hal. ID card berfungsi sebagai tanda pengenal identitas diri dan juga bukti kepengurusan yang biasanya dipakai dalam kepentingan-kepentingan komersil.

Wujud dari kepentingan komersil tersebut berupa kartu kredit atau debit, kartu member keluaran dari suatu perusahaan perbelanjaan maupun kartu yang dipakai dalam permainan. Tanpa adanya ID card, maka bisa jadi kita semua akan merepotkan untuk menunjukkan tanda pengenal ataupun menandai jabatan dari suatu organisasi.

Apakah Anda pernah menjumpai orang yang mempunyai banyak id card di dompetnya? Bahkan dalam satu dompet terdapat berbagai ID card dengan berbagai ukuran. Semua id card dengan berbagai ukuran tersebut punya fungsi yang berbeda-beda.

ID card yang biasanya selalu ada di dompet yaitu KTP, SIM dan juga kartu kredit atau debit. Bahan dari id card itu sendiri biasanya kaku serta tebal yang terbuat dari kertas maupun karton. ID card ini biasanya juga kedap air karena unsur plastik yang terkandung di dalamnya supaya fungsi dari id card lebih optimal.

ID Card untuk Ukuran Kartu Nama

ID Card untuk Ukuran Kartu Nama
thegorbalsla.com

Salah satu tanda pengenal bagi orang-orang yakni kartu nama yang termasuk ke dalam golongan id card lunak yang di dalamnya berisikan identitas serta pekerjaan. Kartu nama sendiri biasanya dipakai sebagai alat untuk mempelancar dalam suatu pertemuan bisnis perusahaan.

Dengan kartu nama tersebut maka akan lebih memudahkan dalam menjalin komunikasi serta relasi yang baik, sebab di dalam kartu nama terdapat nomor telepon ataupun email yang bisa dihubungi. Pemakai kartu nama ini biasanya adalah orang-orang penting seperti direktur, CEO dan juga manager sebuah perusahaan.

Namun juga tak menutup kemungkinan bahwa kartu nama juga dipakai oleh kru mau masyarakat umum. Kartu nama tersebut bertujuan supaya bisa lebih memunculkan kesan profesional di dalam setiap pertemuan baik itu pertemuan nonformal maupun formal serta sebagai alat komunikasi dengan orang yang baru kenal.

Nah, Anda juga harus mengetahui ukuran dari id card yang mana Anda merupakan calon orang profesional.  Berikut merupakan ukuran kartu nama id card yang paling umum dipakai oleh masyarakat.

Ukuran dari kartu nama yang beredar di Indonesia sendiri biasanya memiliki panjang 90 mm dengan lebar 55 mm serta ukuran panjang 80 mm dengan lebar 53 mm. Sebelum pencetakan kartu tersebut, dirancang dahulu dengan menggunakan ukuran pixel yakni 1063 pixels dengan 650 pixels yang mana telah menyesuaikan 300 dpi.

Ukuran ID Card dan Jenis-jenisnya

Ukuran ID Card dan Jenis-jenisnya
gudang-artikel-terbaru.blogspot.com

ID card sendiri mempunyai ukuran yang sangat beragam dan tergantung dari kegunaan dan jenisnya. Suatu kegiatan akan terasa kurang berjalan dengan baik tanpa adanya ID card sehingga keberadaannya tak bisa disepelekan.

Supaya lebih jelasnya, maka akan kami paparkan ukuran dan juga jenis id card yang selama ini beredar di masyarakat.

  • ID Card Organisasi

ID card organisasi menja6benda yang sangat penting seperti pada kepanitiaan maupun kepengurusan. ID card yang difungsikan sebagai name tag kepengurusan organisasi maupun kepanitiaan acara banyak varian ukurannya. Untuk ukuran id card atau kartu tanda peserta maupun panitia mempunyai panjang 97.00 mm dengan lebar 137.00 mm.

Selain itu ada juga ukuran yang lainnya yakni panjang 95.00 mm dengan lebar 119.00 mm, panjang 81.00 mm dengan lebar 112.00 mm dan juga ukuran panjang 58.00 mm dengan lebar 86 mm. Ukuran yang digunakan pada id card yang lainnya ternyata memakai standar penomoran.

Misalnya seperti ukuran B1 yang mempunyai panjang 102 mm dengan lebar 65 mm serta ukuran B2 dengan panjang 126 mm dengan lebar 79 mm. Masih ada banyak lagi ukuran ID card lainnya seperti B3 yang mempunyai panjang 126 mm dengan lebar 95 mm serta ukuran B4 dengan panjang 155 mm dan lebarnya 106 mm.

Jika ukuran ID card standar penomoran menggunakan potret, maka ada juga id card yang menggunakan bentuk landscape yakni ukuran A1 dan A2 yang masing-masing ukurannya panjang 100 mm dengan lebar 68 mm dan panjang 106 mm dengan lebar 82 mm.

  • KTP

Semua masyarakat Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas tentunya punya id card ini yaitu KTP. Sebab KTP merupakan benda yang sangat krusial untuk menunjukkan diri sebagai warga negara Indonesia. KTP yang ada di Indonesia sendiri saat ini sudah beralih menjadi e-KTP atau KTP elektronik yang masa berlakunya menjadi seumur hidup.

Ukuran dari e-KTP itu sendiri saat ini telah disesuaikan dengan standar ISO 7810 yakni berukuran panjang 85.60 mm dengan lebar 53.98 mm. Sedangkan KTP yang lama menggunakan satuan ukuran pixels yakni 1011 pixels serta 638 pixels.

ID Card Ukuran Standar Indonesia beserta Negara yang Lainnya

ID Card Ukuran Standar Indonesia beserta Negara yang Lainnya
pasberita.com

Setiap negara mempunyai standar yang berbeda-beda dalam ukuran id card serta terdapat karakteristik sendiri. Sebagaimana kartu nama yang memiliki peran penting dalam menunjukkan keprofesionalan serta penghubung komunikasi.

Kartu nama menggunakan ukuran sesuai dengan ISO termasuk juga desain serta material pembuatannya. Setiap kartu nama mempunyai ukuran yang berbeda-beda sesuai dengan aturan standar. Itu dikarenakan prinsip dalam pembuatan kartu nama di setiap negara biasanya berbeda-beda.

Misalnya seperti di Eropa dengan di Indonesia yang mempunyai perbedaan standar ukuran kartu nama. Contohnya kartu nama standar Asia dari Malaysia, China, Singapore serta Hongkong yang mempunyai ukuran kartu nama berdimensi panjang 90 mm dengan lebar 54 mm.

Beda lagi dengan ukuran kartu nama yang berasal dari negara-negara di kawasan Eropa mempunyai ukuran kartu nama dengan panjang 85 mm dan lebar 55 mm. Sedangkan kartu nama standar ukuran Australia, India, Denmark, Colombia, Indonesia, Taiwan, new Zealand, Norwegia dan juga Vietnam memiliki ukuran yang sama berdimensi panjang 90 mm dengan lebar 55 mm.

Di Jepang memiliki standar ukuran kartu nama yang berbeda lagi yakni memiliki panjang 91 mm dengan lebar 55 mm. Berbeda pula di negara-negara barat seperti Belanda, Amerika dan juga Kanada yang kartu namanya berukuran panjang 89 mm dengan lebar 51 mm. 

Khusus kartu nama yang dibuat di negara Hungaria dan juga Republik Ceko ID Cardnya berukuran dengan panjang 90 mm dan lebar 50 mm. Di Inggris, Spanyol, Perancis dan juga Italia memiliki dimensi kartu nama dengan panjang 85 mm dan lebar 55mm.

ID Card Ukuran Standar Internasional

ID Card Ukuran Standar Internasional
www.subur.co.id

Salah satu hal yang sangat penting yakni mengetahui berbagai jenis ukuran dari id card yang sudah ditetapkan secara global. Standar ukuran yang telah mendunia dari id card sendiri telah diatur oleh International Organization of Standard atau ISO yakni sebuah badan International yang bekerja di dalam pencetusan pengaturan standar termasuk ukuran id card.

Seluruh ukuran sebaiknya disesuaikan dengan jenis ukuran kertas sebagaimana yang telah disarankan oleh ISO. Dengan demikian bisa memudahkan proses pencetakan karena ukuran standar dari mesin printer sendiri juga berbeda pada ukuran bidang kertas yang akan dicetak.

Ukuran ID card pertama yakni ukuran 000 atau yang lebih dikenal dan disebut dengan ukuran ID card 4 atau juga tipe CR80. Tipe ukuran tersebut merupakan ukuran yang paling kecil dari standar ISO yakni hanya berdimensi 15 mm x 25 mm atau sama dengan 1,5 cm x 2,5 cm.

Ukuran terkecil tersebut mempunyai ciri khas yaitu telah terpotongnya satu sudutnya sepanjang 3 mm. Ukuran ini biasanya dipakai sebagai standar pembuatan kartu seluler, chip maupun identitas berbasis data digital. Ukuran tipe CR80 ini wujudnya seperti kartu SIM handphone.

Ada ukuran lainnya yang paling banyak dipakai dari antara ukuran ID card lainnya dan menjadi patokan pembuatan id card sebagai kartu identitas seperti KTP, kartu SIM, kartu BPJS, kartu debit dan kartu lainnya yakni id card 1. Id card 1 tersebut telah menjadi patokan untuk pembuatan name tag sebuah organisasi maupun tanda pengenal bagi perusahaan.

Ukuran id card ini juga dijadikan sebagai standar ukuran pembuatan kartu nama dan juga kartu  mahasiswa. Ukuran id card 1 ini yaitu mempunyai panjang 85.60 mm dengan lebar 53.98 mm. Id card 2 adalah ukuran yang selanjutnya uang mana leebih populer hanya di beberapa negara saja.

Bahakn ukuran id card 2 ini sudah mulai banyak ditinggalkan karena penyimpanannya dianggap tidak praktis. Dimensi yang dimiliki oleh id card 2 ini yaitu 105 mm x 74 mm atau setara dengan 10,5 cm x 7,4 cm. Id card 2 ini digunakan di negara Jerman, Kroasia dan juga Luxembourg sebagai standar ukuran KTP.

Terdapat ukuran id card lainnya yakni id card 3 yang umumnya banyak dipakai sebagai patok 5 ukuran pembuatan visa dan juga paspor di banyak negara termasuk Indonesia. Dimensinya adalah 125 mm dengan lebar 88 mm atau setara panjang 12,5 cm dengan lebar 8,8 cm. Id card 3 ini telah dianggap ukuran yang cukup besar serta penyimpanannya tidak praktis.

Membuat ID Card di Photoshop

Membuat ID Card di Photoshop
thegorbalsla.com

Jika pembuat id card mempunyai daya kreativitas dalam mendesain yang cukup tinggi, maka sebaiknya id card dibuat dengan aplikasi Photoshop. Sedangkan dalam pengerjaannya harus dilakukan dengan serius supaya hasilnya optimal. Lebih disarankan untuk memakai standar ukuran id card yang telah diakui oleh ISO maupun standar nasional.

Akan tetapi jika masih ragu-ragu atau masih belum faham dengan cara pengaturan ukuran pada id card yang dibuat di Photoshop, sebaiknya ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Bukalah aplikasi Photoshop versi berapa pun yang sudah terinstall, baik itu di laptop maupun di komputer.
  • Kemudian buatlah layer atau lembar kerja baru dengan menekan secara bersamaan pada tombol CTRL+N. Atau cara manualnya dengan memilih menu bar “file” dan klik “New” yang terdapat di bagian kiri atas. 
  • Selanjutnya jendela baru pada Photoshop tersebut dibuat dengan pengaturan height dan width sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan. Anda juga bisa melakukan searching di internet untuk mengetahui standar ukuran pada id card supaya dimensi panjang dan lebarnya bisa sesuai.
  • Kemudian tekan OK dan jadilah lembar kerja baru sesuai ukuran id card. Selanjutnya siap untuk didesain. Sedangkan cara mendesain id card sendiri juga cukup mudah yakni hanya dengan men-drag foto yang dipilih untuk dicetak ke dalam lembar kerja baru atau layer tersebut.

Media untuk Membuat ID Card

Media untuk Membuat ID Card
www.pranataprinting.com

Peralatan pendukung harus disiapkan dalam pembuatan id card yaitu berupa laptop atau komputer, kamera, printer khusus id card, alat plong, mesin laminating, id card hold maker, case id card serta tali.

Kamera tersebut dipakai  untuk memotret orang yang akan dibuatkan id card. Kamera yang digunakan biasanya DSLR supaya hasil gambarnya lebih jelas. Peralatan tambahan yang diperlukan saat pengambilan gambar dalam pembuatan id card yakni background, tripod dan juga lampu blitz tambahan.

Sedangkan pada saat proses editing diperlukan satu set alat berupa komputer mauoun laptop. Hal tersebut dikarenakan dalam pengolahan image maupun desain dari id card itu sendiri memerlukan aplikasi Adobe Photoshop yang hanya bisa dipakai pada laptop maupun komputer.

Di samping itu, ada beberapa alat yang digunakan untuk mendukung proses pencetakan id card yakni mesin printer khusus id card. Selain printer id card, diperlukan juga mesin laminating yang digunakan sebagai alat untuk melapisi id card menggunakan plastik PVC.

Kemudian mesin laminating sendiri dibagi ke dalam tiga jenis yang berdasarkan atas ukuran yaitu mesin laminating untuk id card atau KTP, mesin laminating berdasar ukuran A3 serta mesin laminating untuk kertas berukuran 450 cm.  Ada 2 macam tombol sistem pemanas yang terdapat di mesin laminating yakni tombol hot shoe (tube) yang kecepatan pemanasannya yang tinggi dan juga sistem Mica Heating yakni tingkat pemanasannya lebih stabil.

Untuk id card yang sudah diproses di mesin laminating tersebut kemudian akan dimasukkan ke dalam mesin plong. Penggunaan alat plong ini dipakai secara manual tanpa menggunakan aliran listrik. Pemotong id card ini memiliki ukuran 54 mm x 86 mm untuk dipakai supaya hasil pemotongan pada id card lebih halus dan rapi.

Cara Membuat ID Card

Cara Membuat ID Card
iamcontoh.blogspot.com

Pada umumnya, pembuatan ID card harus menyesuaikan ukuran dengan kebutuhan dari para penggunanya. Sedangkan masalah desain sendiri, maka pembuatan kartu nama tersebut bisa dipercayakan kepada ahlinya  yakni pada desainer.

Untuk hal-hal yang wajib dicantumkan di dalam id card adalah data diri lengkap seperti nama, alamat, kontak serta judul kartu nama tersebut. Kartu nama yang ada di Indonesia dengan berdasarkan standar ukuran id card biasanya memiliki dimensi kurang lebih panjang 90 mm dengan lebar 55 mm.

Sedangkan versi konvensi Indonesia atau versi percetakan, maka ukuran yang digunakan dalam pembuatan kartu nama ada yang mengatakan panjang 88 mm dengan lebar 53 mm. Akan tetapi ukuran kartu nama sendiri sebenarnya terserah dengan diri kita akan memakai standar ukuran yang mana.

Apakah menggunakan standar versi percetakan atau SNI (standar nasional Indonesia). Jika dibutuhkan lubang pada bagian badan id card, maka kami sarankan bagi Anda untuk memakai hole maker yang biasanya dijual di pasaran dengan ciri-ciri berbentuk 2 lubang bulat dan oval.

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam pembuatan id card yakni bahan plastik PVC id card yang tersedia dalam 3 pilihan warna yakni polos, gold dan juga silver. Bahan PVC id card itu sendiri memiliki lapisan sampai 3 lapis. Lapisan pertama yakni bahan yang tebal untuk wadah menempelkan lapisan satu dengan lapisan yang lainnya.

Baca Juga Contoh Notulen Rapat

Untuk kedua lapisan sejenis dari plastik transparan memiliki ketebalan 0,15 mm yang dipakai sebagai media cetak. Supaya tampilan pada id card terlihat bagus, maka sebaiknya diberikan case atau tempat id card supaya bisa untuk melindungi id card itu sendiri.

Bisa juga ditambah dengan tali gantungan supaya tidak jatuh.Dari semua pemaparan di atas, tentunya saat ini Anda menyadari bahwasannya id card dibuat dengan berdasarkan ukuran yang telah disediakan. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan komentar