89+ Ucapan Belasungkawa Untuk Sahabat, Orang Tua, Dan Berbagai Agama

Ucapan Belasungkawa – Semua makhluk yang bernyawa akan menemui ajal. Kematian tidak bisa diprediksi oleh siapapun. Maka dari itu, ketika kematian menjemput orang terdekat atau yang Anda kenal, akan ada rasa kehilangan. Semakin dekat dengan yang meninggal, perasaannya akan semakin berat. Anda bisa mendatangi atau menghubungi keluarga yang ditinggalkan untuk memberi ucapan belasungkawa.

Terdapat berbagai cara mengucapkan belasungkawa. Ada yang singkat maupun panjang. Ada yang relijius ataupun umum. Akan tetapi intinya tetap sama, menunjukkan kasih dan penghargaan untuk yang meninggal dan berempati serta menguatkan pihak yang ditinggalkan. Contoh-contoh ujaran belasungkawa telah tertera di sini.

Ucapan Belasungkawa Singkat

Sebagian orang kurang suka berkata terlalu banyak. Ucapan belasungkawa pun tidak harus panjang, yang penting berasal dari hati. Apabila diucapkan secara tidak langsung melalui pesan, Anda bisa menyisipkan emoji yang sesuai atau membubuhkan stiker. Sementara itu, jika Anda mengucapkannya pada yang meninggal, katakan lisan atau dalam hati sembari menambahkan doa. Mengenai opsi kata-katanya bisa Anda temukan di bawah ini:

  1. Turut belasungkawa atas wafatnya (sebut siapa yang meninggal)mu. Semoga kalian sekeluarga diberi ketabahan.
  2. Saya ikut berduka cita atas kehilangan yang menimpa keluarga kalian.
  3. Tidak ada yang dapat kukatakan selain turut berduka cita.
  4. Ini rencana Tuhan. Semoga dia mendapat tempat terbaik.
  5. Selamat jalan. Kami senantiasa berdoa untukmu.
  6. Kami ikut berbelasungkawa. (Sebut nama yang meninggal) adalah orang baik.
  7. Tetaplah bersabar menjalani ketentuan-Nya. Mari bersama doakan kedamaian kuburnya.
  8. Keluarga kami turut berduka. Kami percaya kalian kuat menghadapi kondisi ini.
  9. Semoga amal dan ibadahmu semasa hidup diterima oleh-Nya. Selamat jalan.
  10. Selamat tinggal. Kuharap kita akan bertemu lagi di surga.

Ucapan Belasungkawa untuk Keluarga

Ketika kabar duka melanda keluarga, ucapan belasungkawa menjadi salah satu penguat mereka yang ditinggalkan. Terlebih lagi jika sebagai keluarga besar, Anda berada dekat secara lokasi maupun secara emosi dengan mereka. Kalian sama-sama kehilangan. Pilih kata-kata yang menenangkan dan bantu pihak yang ditinggalkan. Anda bisa memodifikasi kata-kata yang tercantum berikut:

  1. Semoga almarhum/almarhumah diterima di sisi-Nya. Semoga dosanya diampuni, kebaikannya diterima, amal jariyah mengalir, dan kematian tidak meninggalkan hutang. Semoga keluarga dan orang-orang terdekatnya dianugerahi kesabaran dan kekuatan.
  2. Turut berduka cita atas meninggalnya beliau. Mari menyimpan rapat setiap keburukan, jangan diungkit kembali. Dan mudah-mudahan kita bisa meneladani sikap dan perbuatan baiknya selama masih hidup.
  3. Kami berduka sedalam-dalamnya untuk almarhum. Semoga segala perbuatan baik almarhum diridhoi oleh Tuhan. Semoga dia memperoleh tempat yang tenang di sisi-Nya. Semoga dosa yang ia perbuat di dunia diampuni. Semoga kami dipertemukan di surga sebagai keluarga kembali.
  4. Saya mengenalnya sejak kecil dan menjadi saksi bahwa (sebut namanya) adalah orang yang sangat baik. Selamat jalan, (sebut namanya). Kami akan terus mengenang kebaikan hatimu dan keakraban kita. Saya sekeluarga berdoa untukmu dengan setulus hati. Semoga engkau mendapatkan kebaikan di alam-alam yang akan datang. Kami memang bersedih dan kehilangan, tetapi kami akan tabah menghadapi kepergianmu.
  5. Kepergian almarhum adalah takdir yang digariskan. Keluarga kami berbelasungkawa mendalam. Semoga almarhum lapang di alam kubur dan berat timbangan amal baiknya kelak. Semoga kami selalu tabah menjalani hidup sepeninggal beliau.
  6. Semoga kuburnya diterangkan, ibadahnya diterima, dosanya dihapuskan, dan kebaikannya diteladani. Dia dipanggil dahulu sebab Allah menyayanginya. Rasa belasungkawa kami tidak sebanding dengan cinta-Nya.
  7. Kami yakin kalau Allah SWT tidak akan pernah memberi ujian di luar batas kemampuan, maka kami akan berusaha tetap tegar. Kami memang merasa sedih dengan kepergiannya, tetapi kami percaya semuanya akan indah di waktu yang tepat.
  8. Yang lahir akan mati, tetapi yang tak ada bukan berarti dilupakan. Kami rela melepas keluarga yang kami sayangi untuk menghadap Sang Maha Penyayang. Semoga dia yang kami sayangi memperoleh kedamaian karena dia berhak atas hal tersebut.
  9. Kami merasa belasungkawa terkait kematiannya. Semoga wafatnya keluarga kami menjadikan kami lebih kuat menjalani hidup, tidak memupuskan persaudaraan dan kekeluargaan, serta meningkatkan amal baik sebagai bekal menunggu kematian.
  10. Atas nama keluarga besar, kami berterima kasih atas rasa belasungkawa yang disampaikan. Apabila almarhum pernah menyakiti kalian, kami mohon maafkan dia. Apabila dia masih menyisakan hutang, sampaikanlah pada kami. Semoga almarhum mendapatkan tempat terbaik yang tepat untuknya.

Ucapan Belasungkawa untuk Teman dan Sahabat

Kehadiran teman dan sahabat membuat hidup Anda semakin berwarna. Kepergian mereka tentu membuat Anda merasakan duka mendalam. Sampaikanlah ucapan belasungkawa dan selamat jalan untuknya. Tak lupa panjatkan doa-doa yang baik. Apabila Anda bingung merangkai kata, silakan mengadopsi beberapa ucapan ini:

  1. Kamu adalah sahabat baik saya. Selamat tinggal. Semoga kelak kamu ditempatkan di surga-Nya yang paling indah. Aamiin.
  2. Tanpa sadar tangisku mengalir di hari kematianmu. Sahabat, aku teramat kehilanganmu. Namun, aku ikhlas melepasmu untuk selamanya. Semoga amal ibadahmu mampu menerangi serta melapangkan kuburmu. Selamat jalan.
  3. Tuhan, ampunilah dosa sahabatku, sayangi dia. Hindarkanlah dia dari azab kuburnya. Perkenankanlah ia kelak menghuni surga-Mu.
  4. Aku tahu kesedihanku takkan mengubah kondisi, kamu takkan hidup kembali. Namun kali ini biarkan aku bersedih sejenak. Aku dan semuanya mencoba terus tegar. Semoga kamu bahagia di kehidupan yang akan datang.
  5. Semoga kau dilancarkan menuju surga. Kami akan berusaha tidak berlarut-larut menangisi kematianmu. Sebagai sahabat, kami akan selalu melantunkan doa baik untukmu.
  6. Kami tak menyangka kau akan pergi secepat ini, Kawan. Semoga ibadahmu diterima di sisi-Nya. Semoga keluargamu tetap tabah.
  7. Teman, kenangan kita begitu banyak hingga saat ini. Terima kasih sudah bersamaku tumbuh dewasa. Aku takkan melupakanmu. Kini, kudoakan kita bisa bermain bersama di surga.
  8. Dia teman yang menyenangkan, namun tetap tak ragu saling mengingatkan. Kami senang mengenal orang sepertinya. Kami juga percaya dia akan mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa.
  9. Selamat jalan, temanku. Doaku pasti terus menyertaimu walau kita kini telah berbeda alam.
  10. Sebenarnya ada rasa tak rela melepasmu secepat ini, tapi kusadari bahwa aku harus melakukannya. Aku takkan melupakanmu dan persahabatan kita. Semoga ibadahmu diterima dan amal jariyah terus mengalir.

Ucapan Belasungkawa untuk Guru

Sosok guru di hidup seseorang betul-betul seperti orang tua kedua. Mereka tidak sekadar mengajari sesuai silabus kurikulum, tetapi juga mendidik karakter muridnya. Selama hidup, manusia mengenal banyak guru. Ketika kabar duka tentang guru terdengar, hendaknya murid memberi ucapan belasungkawa terbaik dan melayat ke kediaman mendiang tersebut. Beberapa referensi ucapan belasungkawa untuk guru bisa dibaca di sini:

  1. Anda adalah figur yang takkan bisa terganti. Pengabdian sebagai guru teramat berharga. Nasehat Anda terbawa ke mana pun kami melangkah. Semoga doa-doa kami bisa membantu menerangi kubur Anda.
  2. Tidak ada materi atau harta yang bisa mengganti ketulusanmu selama menjadi guru. Bapak/Ibu ibarat pahlawan kami. Semoga Bapak/Ibu nanti masuk surga.
  3. Engkau mengajarkan ilmu sebagai bekal dewasa kami. Sekarang kepergianmu menyisakan luka bagi kami yang menyayangimu. Tangis tercurah iringi pemakamanmu. Semoga Tuhan mudahkan langkahmu ke surga.
  4. Engkau tak cuma guruku. Ikatan antara kita sudah seperti keluarga. Jasamu kan selalu kukenang. Untukmu doa rutin kupanjatkan. Selamat tinggal, guru tercinta. Semoga kau diberikan singgasana terelok.
  5. Terima kasih untuk kebaikan dan jasamu yang tiada terhingga. Ilmu darimu amat berguna untuk hidupku. Nasehatmu pun memperkaya pengalamanku. Maaf untuk kenakalan kami di waktu-waktu yang lampau. Sekarang izinkan kami mengungkapkan selamat tinggal. Semoga Tuhan berkenan menerima amal baikmu.
  6. Bagi kami, Anda adalah sosok yang amat mengagumkan. Anda ibarat kompas yang menunjukkan arah yang tepat. Anda juga adalah pemimpin yang menjadikan kami calon-calon pemimpin di masa depan. Kami sangat bersedih atas kematian Anda, tetapi kamu tahu dan berusaha mengikhlaskannya. Selamat jalan, guru kebanggaan kami. Semoga Tuhan senantiasa menjagamu dan menyiapkan segala yang indah untuk menyambutmu di alam sana.
  7. Engkau bagaikan katalisator peradaban manusia bumi. Tanpa adanya guru, masyarakat akan bodoh dan terbelakang. Dengan adanya guru, beragam tenaga professional seperti dokter dan insimyur bermunculan. Jasamu amat berguna bagi kehidupan kami dan bangsa ini. Selamat jalan, pak/Bu Guru. Walau sudah berbeda alam, kenangan dan kebaikanmu abadi.
  8. Kami menangis deras di hari di mana engkau berpulang ke haribaan-Nya. Kami berbelasungkawa sebesar-besarnya. Terima kasih untuk semua bekal ilmu yang kaucurahkan pada kami anak-anakmu. Kami takkan lupa terhadap semua yang dulu kita lewati. Cuma doa yang mampu kami sampaikan untuk kau yang jauh di alam sana.
  9. Serupa lilin, kau membawa terang untuk jalan kami yang suram. Lalu kau pulang ke tempat muasal cahaya diciptakan. Selamat tinggal, pahlawan tanpa tanda jasaku. Semoga Tuhan senantiasa menjagamu dan berkenan menerima amalmu. Kami juga akan berjuang untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi tanah air dengan bekal pemberianmu.
  10. Guru adalah sosok yang keren, engkau siap mengajar namun tetap mau belajar. Kepergianmu membuat hati kami dilanda pilu. Kami ingin lantunkan doa buatmu. Terima kasih untuk segalanya. Semoga Allah akan menerima amal baikmu.

Ucapan Belasungkawa untuk Tetangga

Kehidupan sosial antar tetangga memang ada naik turunnya. Akan tetapi, bagaimana pun tetangga, mereka adalah orang terdekat yang mudah dijangkau selain keluarga. Terlebih lagi tetangga akan kerap bertemu satu sama lain. Ekspresikan rasa belasungkawa yang tulus kepada tetangga Anda. Disarankan pula Anda melayat dan membantu persiapan lanjutan seperti mengiringi ke pemakaman serta ‘rewang’ untuk tahlilan:

  1. Kalian harus bersabar menghadapi musibah ini. Yang datang memang pasti pergi. Namun, tidak mustahil berharap ada pertemuan kembali. Yakinlah, Allah SWT menyiapkan hikmah di balik duka dan luka. Kita hanya perlu berjuang semaksimal mungkin di setiap detiknya.
  2. Kami sekeluarga menyampaikan turut berduka cita atas wafatnya (sebutkan nama tetangga Anda). Semoga keluarga kalian dianugerahi kesabaran dan kekuatan menjalani hidup.
  3. Aku ikut merasa berbelasungkawa terhadap wafatnya (sebutkan namanya). Semoga dia mendapat tempat terbaik di kehidupan yang lebih abadi. Semoga seluruh keluarga yang ia tinggalkan tetap bersabar. Ingatlah jika Allah menyertai mereka yang sabar.
  4. Kami atas nama keluarga besar menyampaikan duka cita atas kepergian (sebut namanya). Ia adalah orang yang penyayang dan murah hati. Semoga keluarga yang ia tinggalkan selalu tabah dan kuat menjalani hidupnya. Relakan kepergiannya karena ia pasti tidak ingin keluarganya terus bersedih.
  5. Aku akan rindu berbincang dan bercanda denganmu. Namun aku tahu, Tuhan jauh lebih merindukanmu hingga memanggilmu pulang. Semoga kuburmu dilapangkan dan diterangkan. Semoga yang kautinggalkan tetap kuat bertahan.
  6. Selamat tinggal, tetanggaku yang baik. Meski terpukul, kami mengikhlaskanmu. Semoga kau merasa damai di sana.
  7. Saya turut berduka atas kematian (sebut namanya). Bersabarlah, saudaraku, kepergiannya adalah ujian bagi kita semua.
  8. Saya bersedih atas kepergian (sebut namanya). Saya rasa di sini kami semua merasa kehilangan dia.
  9. Semoga dia damai di alam sana. Mari kita anggap kematiannya sebagai pengingat bahwa kodrat makhluk bernyawa adalah mengalami hidup dan mati.
  10. Mari mengusap tangis demi saudara kita yang hari ini pergi. Tangis berlebihan kita malah menyulitkan perjalanan barunya.

Ucapan Belasungkawa Islami

Umat Islam biasa mengucapkan “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un” yang artinya sesungguhnya segala sesuatu berasal dari Allah SWT, dan hanya kepadanya kami akan kembali. Kalimat ini disebut pula sebagai kalimat tarji atau istirja. Di dalam Al-Qur’an, istirja dijumpai sebagai penggalan ayat ke-156 Surat Al Baqarah. Pada ayat tersebut terdapat himbauan untuk mengucapkan istirja ketika mengalami atau menerima kabar musibah.  Contoh kalimat turut berduka secara Islami ada di bawah ini:

  1. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un selamat jalan saudara yang kami cintai dan akan kami rindukan. Kami percaya Allah dapat mempertemukan kita kembali di dunia yang kekal.
  2. Setiap hal yang bernyawa tentu punya batas waktu. Tetaplah berbaik sangka pada rencana-Nya. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un semoga (sebut nama yang meninggal) diterima di sisi-Nya.
  3. Bersabarlah terhadap musibah yang melanda keluarga kalian. Ingatlah jika hal yang Allah SWT tetapkan pasti merupakan ketetapan terbaik-Nya. Di balik duka ini pun akan ada hikmahnya.
  4. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un aku tidak menduga kau akan pergi secepat ini. Semoga Allah SWT menerima ibadahmu, meridhoi amalmu, dan memberikanmu tempat di surga.
  5. Kami mengungkapkan rasa belasungkawa atas wafatnya (sebut nama). Semoga seluruh amalnya diterima oleh Allah SWT dan dosa-dosanya diampuni. Aamiin ya Robbal Alamin.
  6. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un hidup dan mati adalah kodrat. Semoga keluarganya dianugerahi kesabaran menghadapi ujian ini.
  7. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un saya mewakili (sebut nama sekolah atau instansi) menyampaikan duka cita atas meninggalnya murid/kolega kami. Mudah-mudahan amal baiknya mampu menjadi berkah serta wasilah supaya menikmati surga.
  8. Kami ikut berbelasungkawa terhadap wafatnya kawan (sebut nama). Semoga kuburnya terang dan lapang. Semoga dijauhkan dari siksa kubur dan neraka kelak.
  9. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un mewakili keluarga besar, saya mengucapkan turut belasungkawa setinggi-tingginya pada musibah yang menimpa keluarga Anda.
  10. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan dan kesabaran pada mereka yang ditinggalkan. Semoga almarhum atau almarhumah selalu bersemayam di benak kita semua.

Ucapan Belasungkawa Kristiani

Untuk umat Kristiani seperti penganut Kristen Protestan dan Kristen Katolik, terdapat beberapa ayat yang bisa dikutip dalam ucapan belasungkawa. Ayat-ayat ini dapat Anda pilih sesuai kondisi dan apa yang ingin ditegaskan. Mereka berduka cita, tetapi mereka juga yakin jika Yesus Kristus mampu menghibur dan menguatkan. Berikut merupakan beberapa ucapan bela sungkawa yang bernuansa Kristiani:

  1. Turut belasungkawa atas berpulangnya (sebut siapa orangnya) ke sorga. Semoga ia memperoleh tempat yang terindah. Semoga kiranya Tuhan Yesus menguatkan dan memberi penghiburan kepada mereka yang ditinggalkan.
  2. Rasa sakit kehilangan orang tersayang akan lebih sakit apabila kita enggan merelakannya pergi. Biarkan ia tenang di alam berikutnya. Semoga Yesus Kristus menghapus semua dosanya.
  3. Tuhan, sabarkan keluarga (sebut nama yang meninggal) yang ditimpa musibah. Kiranya Engkau berkenan menyambut arwah sahabat kami dengan tangan-Mu lalu menempatkannya di sisi-Mu.
  4. Rencana Tuhan selalu melampaui pemikiran kita. Kami ikut berbelasungkawa untuk kepergiannya. Mudah-mudahan ia damai di dalam surga Bapa.
  5. Tuhan menyapa ciptaan-Nya melalui beragam cara, termasuk kematian. Sesungguhnya kepergian sahabat kita justru membahagiakan baginya. Sebab Tuhan menyapanya dan ajal membawa dia ke pada-Nya. Mari berdoa agar dia layak untuk surga.
  6. Selamat tinggal, Kawan. Tuhan Maha Baik, semoga bagi-Nya kau pantas mendapat tempat terbaik.
  7. Kematian bukan sebuah akhir, tetapi awal dari kehidupan yang kekal. Jangan larut dalam rasa kehilangan. Tetap jalankan bagian kalian, sebab dia yang meninggal pun sudah melakukan bagiannya.
  8. Kami sekeluarga menyampaikan duka cita. Namun tetaplah mengingat bahwa ia yang pergi adalah orang yang baik. Di mata Tuhan, kematian orang yang dikasihi oleh-Nya amat berharga. Percayalah pada Mazmur 116:15.
  9. Terkait musibah yang kalian alami, yakinlah Tuhan telah menyiapkan rencana baik setelah kesedihan kalian usai. Jangan putus harapan kepada kasih-Nya.
  10. Matius 5:4 mengatakan jika mereka yang berduka cita patut berbahagia, sebab mereka akan dihibur oleh-Nya. Berdoalah. Jangan sedih dan resah berkepanjangan.

Ucapan Belasungkawa Hindu

Ketika mendapat kabar duka, umat Hindu biasa mengatakan dumogi amor ring acintya. Kurang lebih artinya adalah semoga menyatu dengan kedewataan. Acintya merujuk pada Yang Maha Suci dan takkan tersentuh pikiran. Amor ring acintya merupakan cita-cita kemanusiaan terdalam yaitu jiwa mencapai tahap moksa sehingga terbebas sempurna. Mari membaca beberapa ucapan belasungkawa agama Hindu:

  1. Om Swastiastu. Kami berbelasungkawa atas berpulangnya Bapak atau Ibu atau Saudara/i (sebut nama orang yang meninggal). Dumogi amor ring acintya.
  2. Saya ikut berduka cita. Semoga atman (sebut nama yang meninggal) dapat menyatu dengan brahman. Semoga ia sukses menggapai kebahagiaan sejati dengan para leluhur.
  3. Turut berduka atas wafatnya beliau. Semoga segenap keluarga dikaruniai kekuatan lebih supaya tangguh melanjutkan hidup.
  4. Kami berdoa dumogi amor ring acintya. Dia adalah seorang yang sangat baik. Semoga keluarga dan orang-orang dekatnya ikhlas melepas kepergiannya.
  5. Om swastyastu. Turut berbela sungkawa atas wafatnya (sebut status yang meninggal) Anda. Semoga ia bisa mencapai moksa. Om shanti santhi santi Om.
  6. Tityang berduka cita atas wafatnya beliau. Tityang harap keluarga senantiasa sabar lascaria. Dumogi amor ring acintya.
  7. Oṁ Sang Hyang Widhy Wasa, ampuni seluruh dosa semasa hidupnya. Semoga arwahnya memperoleh sorga, keheningan tanpa sengsara, serta manunggal dengan-Mu. Semoga ia meraih kesempurnaan atas pengetahuan, ampunan, dan kuasa-Mu.

Ucapan “Belasungkawa” Buddha

Buddha tidak kenal ucapan turut berduka cita. Ketika menerima berita duka, mereka biasa mengatakan sabbe sankhara anicca yang berarti segala yang berkondisi tidak abadi. Ia adalah bagian dari intisari Buddha Dharma yang berwujud tiga corak tilakkhana. Sabbe sankhara anicca lebih mengarah pada ungkapan empati sekaligus nasehat. Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut:

  1. Sabbe sankhara anicca. Pertemuan dan perpisahan adalah satu paket kehidupan. Tetaplah kalian melanjutkan roda kehidupan.
  2. Sabbe sankhara anicca. Dia kini menempuh karmanya. Semoga ia dapat ke surga atau terlahir kembali dalam wujud yang baik.
  3. Sabbe sankhara anicca. Kesedihan tidak boleh berlarut-larut. Semoga sanak saudara terus hidup dengan baik.
  4. Sabbe sankhara anicca. Mudah-mudahan kamu terlahir kembali dengan bentuk yang kamu inginkan.
  5. Sabbe sankhara anicca. Jika takdir memihak, mudah-mudahan kita kembali dipertemukan di kehidupan berikutnya.

Ucapan Belasungkawa Khonghucu

 

Dalam kitab Khonghucu, musibah seperti kematian terjadi sebab kehendak Tian. Maka dari itu, umat Khonghucu harus menerimanya dengan lapang dada dan senantiasa taat. Mereka saling mengucapkan belasungkawa satu sama lain ketika musibah terjadi. Contoh pernyataan belasungkawa dapat disimak di sini:

  1. Atas nama keluarga besar, saya mengucapkan belasungkawa yang amat besar atas wafatnya (sebut nama). Ia kini pulang ke haribaan kebajikan Tian. Semoga segenap keluarganya diberikan kesabaran.
  2. Turut berduka pada (sebut nama) yang meninggal (sebut waktu). Semoga kebaikannya diterima oleh Tian Yang Maha Esa.
  3. Tak ada hal yang terjadi di luar firman, termasuk takdir hidup dan mati. Sekarang adalah saat bagi (sebut nama) menjumpai kematian. Semoga kebaikan yang dikerjakan semasa hidup diterima dan diganjar setimpal, bahkan lebih.
  4. Tian Yang Maha Esa, terimalah keluarga, teman, dan saudara kami di sisi-Mu. Ampuni dosa-dosanya selama ini di bumi.
  5. Kami turut berbelasungkawa atas meninggalnya beliau. Semoga kalian yang ditinggalkan dapat tabah melanjutkan hidup. Beliau tentu ingin yang terbaik bagi kalian semua.

Selamat memilih pernyataan yang paling sesuai dengan gaya berbicara Anda. Jangan ragu menyampaikan belasungkawa. Rasa belasungkawa Anda dapat menguatkan mereka yang ditinggalkan. Doa yang lantas Anda ucapkan akan menambah kebaikan untuk dia yang meninggal.

89+ Ucapan Belasungkawa Untuk Sahabat, Orang Tua, Dan Berbagai Agama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *