Apa Itu Travel Blogger? Inilah Tips Sukses Menjadi Travel Blogger

Apa itu travel blogger? Secara singkat travel blogger adalah seorang blogger yang memfokuskan dirinya untuk menulis konten seputar travel atau perjalanan. Selain dari segi tema konten, seorang Travel blogger tidak ada bedanya dengan blogger pada umumnya, baik dari segi proses pembuatan konten maupun tipe monetisasi yang bisa digunakan.

Nah, agar kamu lebih jelas lagi seputar travel blogger, berikut ini sudah kami tuliskan artikel langkah-langkah menjadi travel blogger lengkap dengan tips sukses yang bisa kamu jadikan sebagai pedoman.

Contents

Langkah-langkah Menjadi Travel Blogger

Langkah-langkah Menjadi Travel Blogger

1.Memilih Platform yang Tepat

Langkah pertama yang perlu kamu siapkan ketika ingin menjadi seorang travel blogger adalah memilih platform yang tepat. Saat ini ada banyak media yang bisa digunakan untuk menunjang aktivitas blogging, di antaranya seperti WordPress, Blogspot, atau Wix.

Pilihlah platform blogging yang cocok sesuai dengan kebutuhan, karena masing-masing media tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.

2.Menentukan Brand dan Nama Domain

Jika sudah menentukan platform yang akan digunakan, selanjutnya kamu perlu membuat brand serta membeli nama domain. Sebuah brand mutlak diperlukan agar blog kamu mudah dikenali oleh orang lain, sebagai contoh Trinity Traveler, Indonesia Blogger Traveler, Lost Packer, Catperku, dan masih banyak lagi.

Lalu, kenapa harus beli domain? Ibarat sebuah rumah, nama domain adalah alamat yang biasa dituliskan kedalam surat pos atau paket orderan agar bisa sampai ke tujuan. Selain itu, penggunaan nama domain TLD seperti domain .ID bisa membantu menunjukkan sisi profesionalisme di mata pembaca.

3.Menyiapkan Web Hosting Terbaik untuk Membuat Website

Menyewa web hosting yang bisa dikelola sendiri adalah pilihan terbaik bagi para blogger. Karena dengan menyewa hosting sendiri kamu bisa melakukan kustomisasi dan pengaturan sesuka hati, tanpa takut melanggar aturan dari pihak ketiga. 

Agar performa blog travel kamu semakin maksimal, gunakan DomaiNesia, layanan web hosting murah Indonesia yang sudah dipercaya oleh ribuan pengguna. 

Tips Menjadi Travel Blogger Sukses

Tips Menjadi Travel Blogger Sukses
 

1.Memiliki Ciri Khas

Ingat kata-kata atau jargon “Mak nyuss” dari Almarhum Pak Bondan? Atau penampilan khas dari Si Gundul yang setiap berpetualang menggunakan bandana sebagai penutup kepala? Hal-hal tersebut adalah contoh ciri khas yang sebaiknya kamu miliki agar lebih diingat oleh audiens.

Lantas, bagaimana cara travel blogger dalam menyampaikan ciri khas atau identitas? Nah, untuk hal ini kamu bisa melakukan eksplorasi sendiri dengan cara trial error, salah satunya melalui gaya penulisan yang nantinya dipublikasikan.

2.Membuat Konten yang Bermanfaat dan Banyak Dibutuhkan

Membuat konten bermanfaat adalah salah satu hal wajib yang harus dilakukan agar karir sebagai travel blogger kamu semakin optimal. Sebagai seorang blogger, bentuk konten utama yang harus disajikan umumnya adalah artikel. Akan tetapi, kamu juga bisa melengkapi cerita perjalanan tersebut dengan foto, ilustrasi, atau bahkan video.

Agar pengunjung lebih tertarik, usahakan untuk mengambil pembahasan atau angle artikel yang belum pernah diulas oleh blogger lain. Pasalnya, semakin baru dan unik informasi yang kamu buat kesempatan untuk menempati peringkat pertama di search engine juga semakin terbuka lebar.

3.Konsisten Memproduksi Konten

Salah satu kunci sukses dalam berbagai bidang pekerjaan adalah konsistensi. Ya, baik kamu bekerja sebagai pebisnis, karyawan, ataupun usaha di bidang makanan, pasti akan selalu dituntut untuk menjaga konsistensi.

Sayangnya, hal ini tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Rata-rata travel blogger di Indonesia saat ini memutuskan untuk berhenti di tengah jalan dengan berbagai alasan, mulai dari sumber daya yang sudah habis, usia yang sudah tidak muda lagi, hingga kesibukan yang tidak bisa lagi diatur ulang.

Jika kamu ingin sukses dan dikenal sebagai seorang travel blogger, maka kamu harus bisa konsisten dalam membuat konten. Entah itu satu minggu sekali ataupun sebulan sekali. Yang paling penting adalah kamu harus menyajikan informasi baru untuk pembaca agar tidak cepat lupa dengan personal branding yang kamu upayakan. 

4.Membangun Networking

Tips terakhir agar bisa sukses sebagai travel blogger yakni kamu harus pintar menjalin pertemanan atau relasi dimanapun berada. Networking tidak hanya penting untuk mendapatkan informasi, tapi juga bisa mendatangkan rejeki jika orang yang kamu ajak kenalan merupakan karyawan sebuah agency atau pemilik brand.

Di sisi lain, dengan memiliki networking luas hal ini juga bisa membantu dalam proses distribusi konten sekaligus pengembangan brand. Jadi, mulai sekarang jangan takut atau sungkan untuk berkenalan dengan orang yang tidak dikenal, selama niat kita baik niscaya orang lain pasti juga akan menerima dengan lapang dada.

Menjadi travel blogger sukses memang perlu perjuangan dan pengorbanan. Namun, jika kamu memiliki niat, keteguhan hati, serta konsistensi hal ini bukanlah sesuatu yang mustahil. Selamat mencoba ya!

Apa Itu Travel Blogger? Inilah Tips Sukses Menjadi Travel Blogger

Satu pemikiran pada “Apa Itu Travel Blogger? Inilah Tips Sukses Menjadi Travel Blogger”

Tinggalkan komentar