Teks Eksplanasi : Pengertian, Ciri, Dan Contohnya (Lengkap)

Teks Eksplanasi – Terdapat banyak jenis teks yang terdapat di dalam ilmu Bahasa Indonesia. Tentu saja untuk setiap teks tersebut memiliki ciri dan fungsi yang berbeda antra satu dengan yang lainnya. Untuk dapat mengetahui lebih tentang teks ekplanasi dan perbedaan nya dengan teks lain, simak lah beberapa uraian di bawah ini yang disertai juga dengan contoh teks.

Pengertian Teks Eksplanasi

PENGERTIAN TEKS EKSPLANASI

Teks eksplanasi merupakan suatu teks yang di dalamnya menjabarkan penjelasan informasi yang berhubungan dengan fenomena kausalitas. Fenomena tersebut dapat berupa fenomena sosial, hukum, budaya, ekonomi, politik dan lainnya maupun fenomena alam.  Pardiono dalam bukunya mengatakan bahwa eksplanasi adalah salah satu bentuk teks yang menjelaskan  suatu proses dari kejadian yang dilalui suatu fenomena. Teks eksplanasi mengandung fakta yang dirangkai secara kronologis ataupun secara sebab akibat.

Tujuan dari di buatnya teks eksplanasi adalah untuk menjelaskan suatu fenomena yang nyata atau yang telah terjadi dengan cara yang detail dan bersifat informatif. Isi dari teks eksplanasi berbeda dengan yang ada di dalam teks berita. Karena teks eksplanasi sifatnya fakta sehingga penggunaannya biasanya di dalam essai atau artikel.

Struktur Teks Eksplanasi

STRUKTUR TEKS EKSPLANASI

Dalam teks eksplanasi terdapat struktur khas diantaranya, identifikasi fenomena, penggambaran rangkaian kejadian dan ulasan. Pada bagian identifikasi fenomena, di dalamnya akan berisi penjelasan mengenai suatu peristiwa yang akan dibahas lebih pada kalimat selanjutnya. Pada bagian penggambaran rangkaian kejadian berisi uraian kejadian atau uraian peristiwa yang sesuai dengan identifikasi fenomena. Bagian ini dapat disusun secara kausalitas dan bisa saja secara kronologis atau kausalitas. Dan pada bagian ulasan, akan ditemukan komentar untuk fenomena yang telah di jelaskan.

Selain yang diatas, ada juga yang menuliskan tentang struktur teks eksplanasi terbagi menjadi tia. Yang pertama yaitu pernyataan umum, yang kedua yaitu urutan sebab akibat (deretan penjelas, dan yang terakhir yaitu interpretasi atau penutupan. Dalam pernyataan umum, akan dijelaskan suatu topik namun tidak secara detail. Melainkan hanya dijelaskan secara garis besar. Yang ditulis dalam bagian ini seperti pengertian, alasan terjadinya fenomena tersebut dan juga ciri-cirinya.

Pada bagian deretan penjelas, penjelasan garis sebelumnya akan dijabarkan dengan mendetail. Bagian ini dijelaskan dengan menerapkan prinsip sebab akibat. Contohnya seperti mengapa fenomena tersebut dapat terbentuk, apa akibat dari fenomena yang terjadi, bagaimana dengan proses terbentuknya peristiwa tersebut. Dan masih ada  banyak contoh yang lainnya.

Sedangkan untuk bagian interpretasi yang merupakan bagian akhir, akan berisi suatu simpulan dari tulisan yang telah dijelaskan. Dengan ini maka pembaca dapat mengetahui dengan mudah apa inti dari fenomena yang telah dibahas. Pada akhir bagian, sanga penulis bisa juga untuk menuliskan saran yang ditujukan kepada pihak pembaca.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi

CIRI CIRI TEKS EKSPLANASI

Karena setiap teks mempunyai perbedaan masing-masing, maka perlu diketahui ciri-ciri untuk masing-masing teks. Dalam hal ini, agar Anda lebih memahami bagaimana teks eksplanasi tersebut, maka simaklah ciri-ciri di bawah ini :

  • Dalam teks eksplanasi akan digunakan kata kerja yang bersifat relasional dan material. Untuk kata kerja relasional seperti ‘kemudian’, ‘sebab’, dan lainnya digunakan untuk menunjukkan dapa sebab akibatnya. Sedangkan untuk kata kerja material seperti ‘membawa’, ‘mengalir’, ‘menyeret’ dan lainnya digunakan untuk menunjukkan suatu hal yang terjadi.
  • Kalimat pasif yang menggunakan konjungsi kasual dan konjungsi waktu, lebih banyak digunakan dalam teks eksplanasi. Contoh jika, maka, lalu, apabila dan sebagainya.
  • Informasi yang terdapat dalam teks eksplanasi merupakan informasi yang keberadaannya bukanlah dibuat-buat melainkan benar-benar terjadi.
  • Beberapa hal yang akan dibahas dalam teks eksplanasi merupakan kejadian-kejadian yang sudah umum didengar. Misalnya seperti kejadian banjir bandang, fenomena kemiskinan, keunikan kebudayaan dari daerah, fenomena tanah longsor dan lain-lain.
  • Tujuan dari di bahasnya suatu fenomena atau peristiwa pada teks eksplanasi adalah untuk memberikan informasi yang benar kepada pembaca. Bukan untuk memberikan pengaruh agar pembaca mengikutinya. Karena sifat teks eksplanasi sendiri adalah informatif.

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi salah satunya adalah dengan membaca contoh-contohnya. Berikut ini ada beberapa contoh dari teks eksplanasi yang dapat Anda baca.

Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya

CONTOH TEKS EKSPLANASI BESERTA STRUKTURNYA

  • Pernyataan umum

Salah satu fenomena alam yang sangat jarang terjadi dan juga menarik adalah terjadinya gerhana matahari. Karena fenomena ini hanya akan terjadi setiap satu kali dalam ratusan tahun. Terjadinya gerhana matahari adalah ketika antara bulan, matahari dan bumi berada di satu garis lurus. Sehingga cahaya matahari akan terhalangi oleh bulan secara penuh, sebagian, cincin atau yang lainnya.

  • Penjelas

Untuk menyaksikan gerhana matahari, tidak boleh dilakukan dengan mata telanjang tanpa perlindungan. Karena hal ini akan menyebabkan kerusakan yang tidak ringan  pada mata. Yang lebih fatal adalah apabila menyaksikan gerhana matahari dengan mata telanjang dapat menyebabkan kebutaan. Hal ini karena radiasi dari matahari yang sangat tinggi yang akan merusak retina.

  • Penutup

Untuk dapat menikmati gerhana matahari dapat dilakukan dengan menggunakan teropong. Tidak boleh dengan sembarang teropong, namun harus menggunakan teroponb yang khusus untuk gerhana matahari. Namun ada cara lain yang lebih ekonomis. Yaitu dengan menggunakan film, namun hal ini tidak dapat maksimal melindungi mata.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial

CONTOH TEKS EKSPLANASI SOSIAL

Pengangguran merupakan salah satu isu di negara Indonesia yang sejak lama masih dipersoalkan dan dicari bagaimana solusi yang lebih baik diterapkan untuk mengatasinya. Dengan berkali-kali berganti pemimpin negara, upaya untuk menanggulangi pengangguran pun terus dilakukan. Misalnya seperti diadakannya pelatihan kerja bagi masyarakat yang sudah berumur cukup dan juga digalakkannya usaha atau UMKM pada daerah yang dianggap berpotensi. Namun ternyata pada kenyataannya angka pengangguran di negara Indonesia masihnya tinggi.

Banyak sekali faktor yang menyebabkan angka pengangguran tetap tinggi. Salah satunya adalah meningkatnya pencari kerja setiap tahunnya namun tidak diimbangi dengan pertumbuhan ekonomi yang signifikan. Selain itu jumlah PHK pun tidak sedikit dan juga kemampuan dari para SDM yang tidak memadai dan masih banyak lagi. Dengan faktor-faktor tersebut tentu memberikan  dampak yang negatif. Bahkan karena angka pengangguran meningkat menjadikan  angka kriminalitas ikut meningkat.

Tidak sedikit dari kasus kriminalitas yang pelakunya merupakan pengangguran. Dan tidak dapat dipungkiri bahwa ada masalah lain pula yang disebabkan pengangguran. Dengan demikian, solusi yang tepat sangat dibutuhkan guna meminimalisir kejadian-kejadian negatif lain yang bisa saja dilakukan sebab orang tidak mempunyai pekerjaan. Salah satu cara yang mungkin dapat dilakukan adalah dengan memperbaiki kualitas dari pendidikan yang saat ini dinilai masih kurang. Selain itu, peran orang tua sangat dibutuhkan untuk mendukung  apa minat dan bakat dari anaknya.  Dengan kedua hal tersebut, maka diharapkan dapat menekan angka pengangguran di negara ini.

Contoh Teks Eksplanasi Kekeringan

CONTOH TEKS EKSPLANASI KEKERINGAN

Kekeringan merupakan salah satu musibah yang pernah melanda Indonesia. Fenomena alam yang satu ini lebih rawan terjadi ketika kemarau panjang. Yang mana pada saat kemarau curah hujan sangat kecil. Sehingga pada daerah yang tidak memiliki cukup pohon. Karena pohon sangat berpengaruh besar untuk penyimpanan air. Jadi jika suatu daerah tidak memiliki cukup pohon untuk menyimpan cadangan air maka akan menyebabkan kekeringan.

Jika kekeringan terjadi, maka berbagai macam kegiatan yang dilakukan masyarakat dapat terganggu. Seperti kegiatan memasak, mandi, bekerja, mencuci, dan kebutuhan yang lainnya. Apalagi jika di daerah tersebut terdapat industri yang membutuhkan tidak sedikit air. Untuk mengatasi agar kekeringan tidak terjadi, maka ada hal yang bisa dilakukan oleh masyarakat yaitu dengan membuat penampungan air ketika musim hujan. Hal itu agar ketika musim kemarau, masing-masing rumah memiliki persediasan air. Dan dianjurkan kepada seluruh warga agar tidak menggunakan air secara berlebihan jika tidak mendesak.

Contoh Teks Eksplanasi Kompleks

CONTOH TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS

Rokok adalah suatu benda yang dapat dihidsap yang terbuat dari tembakau. Terdapat kandungan nikotin dan juga  senyawa kimia lain yang berbahaya. Meski demikian, keberadaan rokok sangat banyak diminati oleh berbagai kalangan. Karena bagi para perokok aktif, rokok merupakan hal yang dapat memberikan sensasi tersendiri. Untuk menikmati rokok sendiri sangat mudah karena cukup dengan membakar ujung dan menghisap pada bagian pangkalnya.

Sebenarnya bahaya yang di timbulkan oleh rokok sudah sering dijelaskan. Selain agar tidak  terlalu dikonsumsi oleh kebanyakan orang, juga agar terhindar dari bahaya rokok yang ditmbulkan. Namun ternyata hal tersebut tidak akan berlaku bagi mereka yang sudah kecanduan. Sekalipun bahaya-bahaya tersebut telah tertera di bungkus rokok itu sendiri. Bahkan bagi orang yang tidak tahan dengan bau dan juga asap rokok yang ditimbulkan, orang tersebut akan cenderung meninggalkan orang yang sedang merokok.

Tidak hanya efek dalam jangka panjang yang menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Namun efek rokok juga dapat menyebabkan efek dalam jangka pendek. Untuk berhenti dari kecanduan rokok pun sangat susah, karena perokok sudah menyerap senyawa yang menyebabkan ketagihan. Namun yang terpenting agar dapat berhenti dari merokok adalah niat dan tekad yang benar- benar ditanamkan di hati para perokok untuk berhenti. Karena usaha dari diri sendiri adalah hal terpenting yang harus dilakukan oleh yang merokok.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya

CONTOH TEKS EKSPLANASI BUDAYA

Indonesia sudah terkenal dengan kekayaannya yang juga di bidang kebudayaan. Wayang menjadi salah satu bagian kebudayaan Indonesia yang keberadaannya masih ada hingga saat ini. Wayang bisa ditemukan di suatu pertunjuk kan yang mana di pimpin atau dimainkan oleh seorang dalang. Jenis wayang antara satu daerah dengan daerah yang lainnya tentu berbeda. Misalnya seperti wayang yang di Bali dengan wayang yang ada di Jawa.

UNESCO mengakui bahwasanya  wayang  merupakan salah satu bentuk kebudayaan yang sangat berharga nilainya. Mereka menyebutnya sebagai Intangible of Humanity dan juga Masterpiece of Oral. Hal itu dikemukakan oleh UNESCO pada 7 November 2003. Bentuk wayang pun tidak monoton satu saja, melainkan ada berbagai versi. Diantaranya yaitu  wayang orang, wayang golek, wayang kulit dan wayang boneka. Ada cerita dari wayang Jawa yang sangat terkenal seperti kisah Ramayana dan kisah Mahabarata.

Masyarakat pada awal mula dikenalkan dengan wayang adalah ketika Indonesia mulai dimasuki oleh agama Hindu. Melalui media wayang, diharapkan agar masyarakat dapat menerima agama hindu dengan baik. Wayang ini berfungsi sebagai penghubung (menjembatani) antara penyebar agama dengan sosial masyarakat. Sehingga melalui wayang, masyarakat dapat memeluk agama hindu dengan sendirinya.

Hal serupa juga terjadi ketika di Indonesia mulai masuk para penyebar agama Islam. Mereka juga menggunakan wayang agar dapat dakwah dengan mudah kepada masyarakat.  Dengan menyesuaikan dengan budaya setempat, maka proses penyebaran agama Islam menjadi lebih mudah. Ternyata bukan hanya agama hindu dan islam saja yang menggunakan wayang sebagai media untuk bersosial dengan masyarakat. sekitar tahun 1960, terdapat gerakan misionaris katholik yang hendak menyebarkan agama  tersebut ke masyarakat Indonesia. Mereka mengembangkan sebuah cerita yang dikembangkan dari kitab suci katholik.  Hingga mereka membuat cerita yang dikenal dengan sebutan wayang wahyu.

Sampai saat ini, keberadaan wayang di tengah-tengah masyarakat masih kuat. Masih banyak orang yang selalu menghadirkan pagelaran wayang di suatu acara atau hajatan yang ditujukan untuk menghibur masyarakat setempat.

Fisosofi untuk wayang sendiri mempunyai makna hal-hal baik. Di dalamnya selalu ada ajakan untuk berbuat mulia kepada semua makhluk. setiap bagian dari wayang tentu mempunyai maknanya masing-masing. Melalui wayang tersebut, diharapkan agar pesan yang disamapaikan dapat sampai bahkan diterima oleh masyarakat. sebagai salah satu kekayaan budaya, tentunya kita harus menjaganya agar tetap lestari. Bahkan seorang guru, dapat memberikan materi kepada siswa menggunakan media wayang.

Contoh Teks Eksplanasi Kebakaran Hutan

CONTOH TEKS EKSPLANASI KEBAKARAN HUTAN

Kebakaran hutan merupakan salah satu fenomena yang beberapa kali terjadi di Indonesia. Hutan adalah habitat bagi banyak tumbuhan dan juga hewan-hewan. Seringnya terjadi kebakaran hutan di Indonesia dikarenakan adanya suatu industri yang membakar habis hutan dengan maksud akan ditanami tanaman yang lain. Dan seringnya kebakaran hutan terjadi pada daerah yang mempunyai tinggi intensitas panasnya.

Berbagai faktor dapat memicu terjadinya kebakaran hutan. Setidaknya ada dua faktor yang dapat menyebabkan kebakaran hutan terjadi. Yang pertama yaitu faktor alami dan yang kedua yaitu faktor ulah manusia. Faktor alami pemicu kebakaran misalnya adalah adanya lahar gunung meletus, petir, dan adanya gesekan antar tumbuhan ketika musim panas. Karena gesekan tersebut dapat mengakibatkan api kecil yang lama- lama besar dan menjalar ke pohon yang lain.

Petir yang menyambar ke hutan yang berada di daerah sub tropis lebih rentan mengalami kebakaran hutan. Namun seringnya, pohon yang tersambar petir akan padam dengan turun nya hujan. Sehingga kasus kebakaran hutan untuk hutan daerah sub tropis jarang terjadi. Pada daerah yang berada di lereng gunung juga berpotensi terjadinya kebakaran hutan jika gunung berapinya meletus dan lahar nya melewati hutan.

Namun, yang disayangkan adalah kejadian kebakaran hutan di Indonesia disebabkan ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Bahkan  banyak yang karena bukan untuk kepentingan bersama melainkan hanya untuk keuntungan suatu perusahaan mereka rela membakar hutan. Demi mencapai apa yang diinginkan, manusia seringkali serakah tanpa memikirkan akibat dan pihak mana saja yang di rugikan.

Dari kejadian kebakaran hutan tentu akan menimbulkan lingkungan yang menjadi rusak. Bukan hanya tumbuhan yang menjadi hilang, juga hewan yang terdapat di dalamnya terancam tidak mempunyai tempat tinggal. Selain itu, asap yang ditimbulkn dari kebakaran hutan juga menyebabkan terganggu nya pernapasan. Tentu saja hal ini sangat dapat merugikan semua kalangan tidak hanya pihak pemerintah. Selain pemerintah yang harus sigap, peran semua lapisan masyarakat juga harus mengupayakan pencegahan terjadinya kebakaran hutan.

Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor  

CONTOH TEKS EKSPLANASI TANAH LONGSOR                                                        

Adanya pergerakan pada masa batuan dan juga  pada tanah akan menyebabkan terjadinya tanah longsor. Selain itu, tanah longsor juga disebut sebagai fenomena amblesnya batuan dan juga tanah dari suatu ketinggian.  Faktor pemicu dan juga faktor pendorong merupakan hal yang melatar belakangi terjadinya tanah longsor.

Fenomena alam tanah longsor ini merupakan salah satu fenomena yang sering terjadi di Indonesia. Apalagi di daerah yang pepohonannya sudah banyak di tebang. Selain itu, terjadinya gempa bumi juga bisa menyebabkan tanah longsor. Namun seringnya, akibat ulah manusia yang suka menebangi pohon sehingga ketika curah hujan naik akan membuat potensi tanah longsor terjadi menjadi tinggi. Banyak  berita yang mengabarkan terjadi tanah longsor ketika musim hujan.

Gerak lateral merupakan keadaan dimana terdapat rongga tanah yang disebabkan menguap nya air hujan dari dalam tanah. Akibatnya, ketika hujan kembali turun, air akan langsung masuk ke dasar tanah. Untuk menghindari terjadinya tanah longsor, maka yang harus dilakukan adalah dengan menanam pohon. Karena dengan adanya pohon akan membantu air yang meresap ke tanah tertahan.

Datangnya tanah longsor disebut sebagai musibah karena menimbulkan kerugian. Tidak hanya kerugian materil tapi juga tidak jarang yang menyebabkan luka-luka bahkan sampai kematian. Masyarakat yang terdampak pun menjadi kesusahan. Karena bisa jadi tanah longsor mengubur perkebunan dan sawah-sawah yang ,menjadi sumber mata pencaharian masyarakat setempat. Jika musim hujan tiba, maka baiknya segera menghindari tempat yang rawan terjadinya tanah longsor.

 

Dengan membaca berbagai macam teks, akan menjadikan pemahaman kita seputar macam-macam teks akan bertambah. Termasuk dengan teks eksplanasi yang kita dapat menemuinya dengan mudah. Selain itu, dengan membaca teks eksplanasi kita dapat menemukan berbagai informasi yang kebenarannya sudah pasti. Jadi tidak ada salahnya jika kita memperbanyak membaca teks eksplanasi.

Teks Eksplanasi : Pengertian, Ciri, Dan Contohnya (Lengkap)

Tinggalkan komentar