Seni Musik : Pengertian, Jenis-Jenis, Unsur dan Macam-Macamnya

Seni Musik – Mayoritas dari kita setiap hari mendengarkan musik. Fungsi dari seni musik yaitu bisa dipakai sebagai alat untuk mengekspresikan diri dan mengusir kejenuhan. Selain itu juga dipakai sebagai obat untuk memberikan ketenangan diri.

Seni musik merupakan susunan suara yang mengandung harmonisasi, melodi, irama beserta keteraturan. Seni musik mempunyai banyak sekali model-model musik terlebih untuk musik yang sedang berkembang pada masa sekarang.

Penciptaan berbagai jenis alat musik hanya digunakan untuk memuaskan rasa dalam bermusik serta memanjakan para pecinta musik. Setiap orang memiliki selera tersendiri terhadap musik yang disukai. Seni musik tidak hanya dinikmati oleh anak muda saja.

Namun, juga dinikmati oleh anak-anak dan juga orang dewasa. Jenis musik yang dinikmati tentunya berbeda-beda. Hal ini karena selera setiap orang tidaklah sama. Nah, untuk mengetahui penjelasan lebih lengkapnya mengenai seni musik, simak uraian berikut.

Contents

Jenis-Jenis Seni Musik

Jenis-Jenis Seni Musik
www.nesabamedia.com

Seni musik memiliki banyak sekali jenis dan tidak hanya terdiri dari 1 jenis saja. Seni musik terdiri dari beberapa jenis, diantaranya yaitu:

  • Musik Tradisional

Musik tradisional merupakan jenis musik yang pertama akan dijelaskan. Biasanya musik ini turun-temurun ke generasinya dan merupakan warisan dari nenek moyang terdahulu. Musik tradisional masih memakai lirik bahasa daerah serta tidak mempunyai notasi. 

Alat musik yang dipakai juga tradisional misalnya seperti karawitan, angklung dan gamelan. Jenis musik yang satu ini harus dilestarikan dengan baik karena merupakan aset budaya.

Selain dilestarikan juga harus dijaga agar tidak hilang. Jangan sampai anak cucu kita tidak bisa menikmati musik tradisional yang ada. Ajak anak cucu kita untuk melestarikan musik tradisional agar tidak punah.

  • Musik Modern

Sekarang ini musik modern secara universal sangat berkembang pesat. Jenis seni musik modern ini telah terakulturasi dengan teknologi beserta budaya modern baik itu dari segi cara penyajian musik maupun instrumen musiknya.

Perkembangan musik modern semakin meningkat seiring dengan perkembangan zaman. Musik modern dikemas dengan instrumen yang menarik agar masyarakat tertarik.

  • Musik Kontemporer

Jenis musik kontemporer di Indonesia merupakan jenis musik yang berkembang pada tahun 1990 an. Musik ini mempunyai ciri-ciri seperti variasi nada yang kompleks, sumber bunyi beragam tidak hanya dari musik instrumental, mempunyai warna maupun jenis bunyi, tempo serta ritme yang bervariasi.

Unsur-Unsur Seni Musik

Unsur-Unsur Seni Musik
oddav.com

Setiap karya seni memiliki unsur-unsurnya tersendiri begitu pun dengan seni musik. Jika tidak ada berbagai macam unsur yang membentuknya, seni musik tidak akan tercipta atau terbentuk dengan baik. Beberapa unsur dari seni musik yang perlu dipahami antara lain yaitu:

  • Irama

Irama atau istilah lainnya ritme adalah panjang pendek serta tinggi rendahnya nada. Unsur irama ini merupakan unsur yang sangat penting di dalam seni musik.

Hal ini karena irama yang ada nantinya akan menentukan ketukan di dalam memainkan musik. Musik tanpa ketukan tentunya akan membuat musik tersebut terasa tidak nyaman didengarkan.

  • Harmoni

Unsur seni musik yang berikutnya yaitu harmoni. Pengertian dari harmoni yaitu kumpulan perpaduan antara melodi dengan nada yang mempunyai keteraturan. Jadi, untuk di dengarkan menjadi sangat elok dan indah. Harmoni juga sering dikenal dengan istilah akord untuk mengiringi musik.

  • Melodi

Unsur musik yang selanjutnya adalah melodi. Melodi merupakan suatu bentuk susunan bunyi yang berurutan yaitu dari rendah ke tinggi maupun dari tinggi ke rendah. Salah satu daya tarik yang ada di dalam seni bermusik yaitu berupa melodi. Tanpa melodi seni musik akan terasa ada yang kurang bahkan menjadi tidak enak didengarkan.

  • Tangga Nada

Biasanya tangga nada dipakai untuk mengatur para pemain musik pada sebuah orkestra. Tangga nada ini tersusun atas nada yang penyusunannya berjenjang, mulai dari nada dasar sampai ke nada yang tinggi. Tangga nada merupakan unsur yang penting ada pada sebuah pertunjukan musik.

  • Birama

Unsur ketukan di dalam musik dengan waktu maupun tempo yang teratur merupakan pengertian dari birama. Biasanya ketukan dari birama ditulis dengan 2/3, 2/4, ¾ dan lain sebagainya. Tanda pembilang “/” artinya menandakan atau mengisyaratkan jumlah ketukan.

  • Tempo

Tempo adalah unsur seni musik yang memiliki pengertian ukuran kecepatan birama dalam suatu lagu. Semakin cepat lagu tersebut dimainkan, maka tempo dalam birama juga akan semakin cepat dibawakan. Tempo ini terbagi menjadi beberapa unsur musik yaitu Presto, Moderato, Allegro, Lento, Andate, Vivace, Largo serta Adagio.

  • Timbre

Timbre yang memiliki istilah lain warna bunyi adalah kualitas dari bunyi sebuah musik. Misalnya yaitu walaupun dimainkan dengan suatu tangga nada yang sama, alat musik jenis gitar memiliki timbre yang berbeda dengan alat musik jenis drum.

Sebab setiap jenis alat musik timbrenya berbeda-beda. Jadi, bunyi yang keluar dari alat musik tersebut akan sangat berpengaruh.

  • Dinamika

Dinamika adalah suatu tanda untuk memainkan nada yang berhubungan dengan volume. Jadi, suara yang dikeluarkan nyaring serta merdu untuk di dengarkan.

Dinamika merupakan unsur musik yang paling utama dan memiliki manfaat untuk mengungkapkan perasaan atau ekspresi musik emosional. Ekspresi tersebut misalnya adalah seperti sedih, senang dan berbagai macam ekspresi lainnya.

Macam-Macam Genre Musik

Macam-Macam Genre Musik
notepam.com

Semakin berkembangnya jaman, genre musik semakin bertambah. Ada beberapa macam genre musik yang ada serta berkembang hingga saat ini. Berikut ulasannya.

  • Klasik

Jenis musik klasik sering didengarkan sebagai musik pengantar tidur. Jika dibandingkan dengan genre musik lainnya, musik klasik ini mempunyai nada serta harmonisasi yang begitu menarik.

Pembawaannya kalem akan membuat pendengarnya menjadi merasa rileks. Untuk menenangkan hati biasanya orang-orang memilih jenis musik klasik ini.

  • Jazz

Di negara Indonesia musik jazz mempunyai banyak sekali penggemar. Musik jazz sejak abad ke 60 lahir di Amerika. Musik ini didominasi dengan beberapa jenis alat musik seperti piano, gitar, bass, biola, saksofon maupun terompet dengan lirik lagunya yang mendalam. Lewat genre musik jazz banyak sekali musisi yang mendunia dan terkenal.

  • Blues

Salah satu jenis musik yang berkembang di negara Amerika Musik yaitu musik blues. Genre yang satu ini tercipta dari sebuah konotasi perasaan frustasi serta melankolis. Jenis musik blues ini sering dipakai sebagai musik pujian maupun musik spiritual.

  • Punk

Jenis musik punk yang satu ini adalah penggabungan antara musik jazz, blues dan rythm. Musik punk mulai berkembang di Amerika sejak tahun 1996 an.

Nada gitar mendominasi musik ini. Selain itu diselingi dengan alat musik drum maupun musik yang terpotong-potong. Jadi, musik punk membuat alunannya menjadi gembira untuk berdansa.

  • Hip Hop

Musik hip hop yang satu ini mempunyai perpaduan nada beserta ritme yang unik. Jadi musik hip hop cocok jika dipadukan atau digabungkan dengan musik rapp. Musik ini mulai berkembang dan dikenal oleh masyarakat di Amerika pada tahun 1970 an. Banyak sekali musisi terkenal yang terlahir dari aliran musik jenis ini.

  • Reggae

Ciri khas yang dimiliki oleh musik reggae yaitu ritmenya yang backbeat serta progresi kord yang bisa dikatakan mudah. Di negara Amerika, musik ini sukses menarik minat pendengar dan sering dinikmati dengan jogetan. Jenis musik reggae menggambarkan kebebasan, ekspresi pemberontakan dan jiwa muda.

  • Pop

Asal kata musik pop adalah dari kata populer yang merupakan genre musik yang memiliki banyak peminat dan paling mudah didengar. Awalnya musik pop hanya dipakai sebagai musik untuk mengiringi tarian yaitu pada sekitar tahun 1920. Sampai tahun 1980 musik pop sudah mendunia dan mempunyai banyak penggemar.

  • Dangdut

Musik dangdut adalah salah satu genre musik yang asalnya dari negara Indonesia. Genre musik dangdut merupakan perpaduan antara musik India dengan musik Melayu dan ditambah dengan musik campursari. Seiring dengan perkembangan jaman, musik dangdut sekarang ini sudah berkembang pesat bahkan mendunia.

Musik dangdut tidak hanya bisa dinikmati oleh masyarakat kalangan menengah ke bawah saja. Musik dangdut saat ini mengalami perkembangan dengan diiringi oleh berbagai jenis alat musik modern. Misalnya seperti drum, gitar, bass dan alat musik lainnya. Tetapi, tidak meninggalkan ciri khas alat musiknya yaitu seruling dan kendang.

  • Rock

Genre musik rock merupakan gabungan dari country, jazz, rythm serta blues. Alat musik berupa drum, bass serta gitar mendominasi musik ini. Musik rock telah mempunyai sub musik rock lainnya seperti punk rock, hardrock dan juga soft rock.

Itulah penjelasan mengenai seni musik yang perlu Anda ketahui. Seiring berkembangnya teknologi dan jaman, seni musik terus saja mengalami perkembangan yang senantiasa memiliki banyak peminat. Bahkan beberapa orang ada yang menganggap seni musik merupakan bagian dari hidup mereka.

Musik juga bisa dipakai sebagai jati diri serta identitas. Contohnya adalah lagu kebangsaan. Semoga penjelasan mengenai seni musik tersebut memberikan manfaat untuk Anda.

2 pemikiran pada “Seni Musik : Pengertian, Jenis-Jenis, Unsur dan Macam-Macamnya”

Tinggalkan komentar