Panduan Cara Membuat Resep Jamu Kunyit Asam Solo Yang Berkhasiat

resep jamu kunyit asam Solo – Anda tentu sudah sangat mengenal minuman herbal satu ini. Jamu kunyit adalah salah satu minuman herbal yang multifungsi. Resep jamu kunyit asam Solo pun dapat dipraktekkan dengan sangat mudah.

Minuman ini terbuat dari parutan kunyit yang dicampur dengan larutan asam Jawa. Namun, terkadang beberapa juga dicampur dengan jeruk nipis guna melengkapi rasa asamnya.

Resep Jamu Kunyit Asam Solo

Resep Jamu Kunyit Asam Solo

Bahan dasar yang dipakai tentu saja kunyit dan asam jawa. Kunyit yang sudah dibuang kulitnya, kemudian dicuci bersih. Selanjutnya, kunyit diparut dan diperas, ambil sebanyak 40 gram.

Lalu asam Jawa yang sudah dibuang bijinya sebanyak 75 gram. Siapkan juga daun pandan 4 lembar serta daun jeruk 8 lembar.

Untuk bahan pelengkapnya, anda siapkan air 1500 ml, gula merah sebanyak 250 gram, dan gula pasir 4-5 sendok makan.

Cara membuat resep jamu kunyit asam Solo, yang pertama anda masak air hingga mendidih. Setelah itu, masukkan semua bahan dan aduk rata sampai bahan tercampur dan larut bersama air. Selanjutnya, angkat dan biarkan dingin.

Langkah selanjutnya adalah menyaring memakai saringan atau juga kain halus yang bersih. Jangan lupa untuk menekan-menekan ampasnya hingga air benar-benar tak tersisa.

Setelah itu, masukkan ke dalam wadah atau botol. Masukkan ke dalam lemari pendingin dan sajikan dalam keadaan dingin agar lebih nikmat.

Manfaat Kunyit Asam Solo

Manfaat Kunyit Asam Solo

Kunyit asam Solo merupakan jenis minuman yang masuk dalam kategori ringan. Karena resep jamu kunyit asam Solo tergolong minuman herbal, maka mempunyai potensi bahaya yang hampir tidak ada.

Minuman dari bahan herbal ini justru mempunyai potensi sebagai anti bakteri. Sehingga, bahaya mikrobiologis yang berasal dari mikroorganisme dapat diatasi. Hal ini dikarenakan minuman ini dibuat dengan cara direbus hingga mendidih bersama dengan semua bahan.

Agar menjamin bahan dasar tidak mengandung mikrobakteri, maka proses pengolahannya harus benar-benar bersih dan higienis. Pilih bahan herbal yang baik, tidak busuk, atau berjamur. Begitu pula dengan pemilihan asam serta bahan lainnya. Proses pada pengemasan dan penyimpanannya pun harus di tempat atau wadah yang bersih. Dengan begitu, resep jamu kunyit asam Solo ini bisa mengurangi kontaminasi mikroba bakteri yang dapat masuk ke dalam tubuh.

Panduan Cara Membuat Resep Jamu Kunyit Asam Solo Yang Berkhasiat

 

Tinggalkan komentar