Peta Surabaya: Letak Geografis, Sejarah dan Asal-Usulnya

Peta surabaya – Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak provinsi di dalamnya. Setiap provinsi juga dibagi menjadi salah satu kota, salah satunya adalah kota Surabaya. Surabaya sendiri menjadi salah satu kota terbesar kedua yang ada di Indonesia.

Kota ini berada di provinsi Jawa Timur. Jika melihat pada peta Surabaya, maka posisi dari kota ini berada di sebelah utara pulau Jawa yang berada di bagian timur dan berseberangan langsung dengan Pulau Madura. Jumlah penduduk yang ada di Surabaya ini mencapai 2,9 juta jiwa.

Karena itulah Surabaya menjadi kota terbesar kedua di Indonesia. Adapun kota ini sendiri masuk dalam wilayah gerbang kertosusila dimana jumlah penduduknya mencapai 10 juta jiwa. Besaran ini ternyata membuat Surabaya menjadi salah satu wilayah dengan peringkat kedua setelah Jabodetabek.

Meskipun demikian, Kota Surabaya memiliki julukan sebagai kota Pahlawan. Sebab, ada banyak peristiwa perjuangan yang ada di kota ini. Bahkan, peran para pahlawan yang ada di kota ini amat sangat besar dan berguna, terutama dalam melawan para penjajah. Berikut ini akan dibahas dengan lengkap informasi selengkapnya seputar Surabaya.

Contents

Sejarah dan Asal Usul Kota Surabaya

Sejarah dan Asal Usul Kota Surabaya
keepo.me

Setiap wilayah tentunya memiliki sejarah di dalamnya, sama halnya dengan Surabaya. Berdasarkan bukti sejarah yang sudah ada, kota ini sudah ada sebelum adanya Kolonial Belanda. Bahkan nama Surabaya juga tercantum dalam prasasti Trowulan I (1358 M) dan pujasastra Kakawin Nagarakertagama (1365 M).

Hal inilah yang menjadi bukti nyata bahwa Surabaya sudah ada di Bumi Nusantara ini. meskipun sudah ada bukti yang menyebutkan seperti itu. Namun, diyakini bahwa Surabaya sudah ada sebelum dibuatnya prasasti ini. Seorang ahli sejarawan lain juga berpendapat jika Surabaya dahulunya merupakan sebuah daerah yang memiliki nama Ujung Galuh. Ada juga versi lain yang menyebutkan bahwa Surabaya merupakan keraton yang didirikan oleh raden Wijaya.

Adapun nama Surabaya dihasilkan dari sebuah perkelahian yang terjadi antara Sawunggaling seorang pandai ilmu Sura dengan Adipati Jayanegara yang menguasai ilu Baya. Keduanya kemudian meninggal setelah merebutkan keraton yang akhirnya diberi nama Surabaya.

Letak Geografis Surabaya

Letak Geografis Surabaya
blogersurabaya.blogspot.com

Berdasarkan letak geografisnya, Surabaya sendiri berada pada 07 derajat 9 menit -07 derajat 21 menit Lintang Selatan dan 112 derajat 36 menit sampai 112 derajat 54 menit Bujur timur. Wilayah ini memiliki luas 350,54 kilometer persegi dengan luas lautan 190.39 kilometer persegi.

Adapun semua data ini bisa dilihat dan dibuktikan langsung pada peta Surabaya. Selain letak geografisnya, kota ini juga memiliki keadaan geologi dan tipografi. Adapun keadaan geologi dan tipografi dari kota ini antara lain adalah sebagai berikut.

  • Geologi

Kondisi geologi yang dimiliki oleh kota Surabaya terdiri atas wilayah daratan yang sangat aman dari tanah ambles dan gempa. Hal inilah yang menjadikan banyak terjadi pembangunan infrastruktur di kota ini. Sebab semua bangunan akan aman dan tidak memerlukan rekayasa geoteknik dan memakan banyak biaya.

  • Iklim

Adapun Surabaya sendiri merupakan salah satu kota yang beriklim tropis sama seperti wilayah Indonesia lainnya. Adapun di kota ini juga ada dua musim yakni musim hujan dan kemarau. Kota Surabaya sendiri memiliki curah hujan rata-rata antara 165,3, dengan curah hujan tertingginya yang mencapai 200 mm.

  • Topografi

Jika dilihat pada peta Surabaya sangat jelas bahwa Surabaya ini berada di tepi pantai utara dari provinsi Jawa Timur. Untuk wilayahnya sendiri langsung berbatasan dengan selat Madura di sebelah utara dan Timur dan kota Sidoarjo di sebelah selatan serta Kota Gresik di sebelah baratnya.

Kota ini sendiri memiliki curah hujan paling tinggi yakni di bulan Januari hingga Maret maupun di Bulan November hingga Desember. Adapun untuk suhu udara rata-rata di Surabaya sekitar 23,6 derajat Celcius hingga 33,8 derajat Celcius.

Dengan data geografis yang sudah disampaikan di atas Anda jadi mengetahui informasi penting mengenai kota ini. Dengan demikian Anda menjadi lebih tahu karakteristik yang dimiliki oleh Kota Surabaya.

Kecamatan di Kota Surabaya

Kecamatan di Kota Surabaya
www.123.rf.com

Sebagai sebuah Kota, Surabaya ini memiliki jumlah kecamatan sebanyak 31 kecamatan. Adapun jumlah kelurahannya sendiri ada 163 kelurahan. Hal ini sesuai dengan dasar hukum yakni Undang-Undang RI No 12 Tahun 1950 terkait pemerintah daerah kabupaten dan kota.

Kelebihan Kota Surabaya

Kelebihan Kota Surabaya
www.marketeers.com

Sama seperti kota lainnya, Surabaya juga memiliki banyak sekali kelebihan yang mampu menyedot perhatian para wisatawan. Tidak hanya wisatawan saja, namun kota ini juga mampu menyedot para pendatang untuk mengadu nasib layaknya seperti di Jakarta.

Mau tahu apa saja kelebihan yang dimiliki oleh Kota ini? yuk langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

  • Surabaya Punya Banyak Taman yang Indah

Kelebihan pertama yang ditawarkan oleh Surabaya adalah ia memiliki banyak sekali aman kota di dalamnya. Nah, taman kota ini berfungsi sebagai area penghijauan dan untuk memperhijau kota yang sangat terkenal panasnya ini. Tidak hanya taman saja, namun kota ini juga memiliki ruang terbuka hijau yang sangat bermanfaat bagi paru-paru dunia.

Di Surabaya ada kurang lebih 290 taman pasif dan 71 taman aktif yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk bersantai oleh masyarakat di kota ini. Beberapa taman yang terkenal di Surabaya seperti taman lansia, taman bungkul, taman prestasi, taman flora, taman apsara, taman pelangi dan masih banyak taman lainnya.

  • Perkembangan Ekonomi Sangat Pesat

Hal menarik lain yang dimiliki oleh Surabaya adalah bahwa di kota ini perkembangan ekonomi sangat berkembang. Bahkan hal inilah yang menjadikan banyak investor tertarik untuk berinvestasi di kota ini.

Salah satu bisnis yang paling berkembang di Surabaya adalah bisnis properti. Bahkan saat ini banyak sekali dikembangkan hunian di kota ini. apalagi dengan masyarakatnya yang semakin modern menjadikan bisnis properti menjadi salah satu bisnis yang paling menjanjikan.

  • Memiliki Ikon Jembatan Suramadu

Kota ini juga memiliki jembatan yang sangat terkenal yang disebut dengan jembatan Suramadu. Adapun jembatan Suramadu merupakan sebuah jembatan yang menghubungkan antara kota Surabaya dengan Pulau Madita. Meskipun demikian, namun jembatan ini masih menjadi bagian dari provinsi Jawa Timur.

Jembatan ini juga memiliki panjang 5.438 m dan menjadi salah satu jembatan terpanjang di Indonesia hingga saat ini. Saat melewatinya, Anda akan merasakan sensasi yang unik, apalagi jika menggunakan sepeda motor. Di sini Anda bisa merasakan semilir angin laut yang memberikan pengalaman yang berbeda.

  • Memiliki Kebun Binatang Terbesar yang Ada di Asia

Hal menarik lainnya yang dimiliki oleh Surabaya adalah di sana ada Kebun Binatang Surabaya yang merupakan kebun terbesar di Asia. Kebun bintangan ini menjadi kebun binatang yang cukup tua karena sudah ada sejak tanggal 31 Agustus 1916. Kebun binatang ini didirikan dengan nama Soerabaiasche Planten-en Dierte pada masa itu.

  • Mengadakan Banyak Festival di Hari Jadinya

Kota yang satu ini selalu mengadakan banyak sekali macam festival yang digelar setiap tahunnya. Berbagai jenis festival yang diadakan di kota ini seperti festival rujak uleg, festival layang-layang, festival shopping Surabaya dan ada juga pasar malam Toenjungan.

Festival-festival ini biasanya diadakan untuk memperingati hari jadi kota Surabaya. Bagaimana, sudah Anda bayangkan bagaimana meriahnya ulang tahun dari kota ini?

  • Terdapat Monumen Jalesveva Jayamahe

Jika di New York ada patung liberty yang sangat terkenal, maka di Surabaya Anda bisa menemukan Monumen Jalesveva Jayamahe yang memiliki ketinggian 30,6 m.

Monumen ini menjadi monumen kebanggaan perwira TNI angkatan laut untuk mengenang nenek moyang. Monumen ini sangat menarik dan keren dan tentunya sangat bagus untuk dijadikan spot berfoto.

  • Tersedia Banyak Fasilitas dan Layanan Publik yang Bagus

Sebagai kota metropolitan, Surabaya memiliki banyak sekali fasilitas dan layanan publik yang bagus dan keren lho. Fasilitas inilah yang dapat memuaskan seluruh kebutuhan penduduknya. Bahkan, hampir semua fasilitas dan layanan publik yang ada di kota ini sudah berbasis online.

Hal inilah yang menjadikan masyarakatnya semakin mudah untuk mendapatkan layanan publik. Tidak hanya fasilitasnya saja yang memudahkan siapa saja yang membutuhkan, kota ini juga memiliki ruang publik yang sangat membantu. sebagai salah satu contoh layanan dispenduk yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di mall.

Ada juga layanan pembayaran panjang secara berkeliling dan jemput bola lho. Intinya fasilitas di kota ini sangat membantu masyarakat. Bagaimana? Bukankan kota Surabaya sangat menarik dan bahkan tidak kalah menarik dari kota Metropolitan Jakarta.

Baca Juga Rumah Adat Indonesia

Dengan mengetahui banyak informasi mengenai kota ini membuat Anda kini lebih tahu banyak hal mengenai Surabaya. Apalagi dengan adanya peta Surabaya yang memudahkan Anda lebih mudah menemukan informasi geografisnya secara lengkap.

Sebuah kota pahlawan yang menyimpan banyak hal unik dan menarik di dalamnya. Semoga dengan adanya informasi ini dapat memberikan banyak manfaat terutama bagi Anda yang tinggal di Surabaya.

Tinggalkan komentar