Site icon Made Blog

Peta Sulawesi: Sejarah, Geologi, Letak Geografis dan Provinsinya

Peta sulawesi – Sebagai warga negara Indonesia, pastinya Anda sudah tidak merasa asing lagi dengan nama salah satu pulau yang ada di negara ini. Ya, Sulawesi. Pulau yang mempunyai ukuran besar ini mempunyai bentuk yang cukup unik. Yang mana ada beberapa teluk dan tanjung.

Nah, dapat Anda saksikan sendiri pada peta Sulawesi bahwa pulau ini mempunyai bentuk seperti jemari manusia. Jauh berbeda dengan bentuk pulau yang lain. Dalam peta Sulawesi, bisa Anda lihat bahwa pulau ini dibagi jadi 6 provinsi. Di dalamnya, terdapat setidaknya 16 juta jiwa pada sensus 2005.

Sedangkan untuk kepadatan penduduknya mencapai 92 jiwa/km2. Adapun dua provinsi yang paling anyar di pulau Sulawesi merupakan pembentukan di tahun 2000 serta 2004. Sebutan lama untuk Sulawesi adalah Pulau Celebes yang ada pada urutan ke empat untuk urutan jumlah populasi serta luas wilayahnya. Nah, jika Anda ingin tahu lebih jauh mengenai pulau ini, sebaiknya simak ulasannya di bawah ini!

Sejarah Sulawesi

www.kaskus.co.id

Setelah menyaksikan peta Sulawesi, tentunya Anda ingin tahu asal muasal dari daerah ini. Ya, nama Sulawesi sendiri berasal dari bahasa dari Sulawesi Tengah yang mana Sula berarti nusa atau pulau, sedangkan wesi berarti besi. Pemberian nama itu tentu saja tidak asal saja, melainkan ada alasan di baliknya.

Pulau besi merujuk pada perdagangan bijih besi yang mana menjadi hasil tambang yang ada pada danau Matano di sekitar Sulawesi. Sedangkan bangsa Portugis yang menemukan pulau ini untuk pertama kalinya menyebut dengan Celebes.

Pada tahun 1400-an, sejumlah kerajaan pertanian yang baru muncul pada lembah Cenrana, serta pada daerah pantai selatan dan pada pantai timur yang dekat dengan Parepare modern. Pertama kali Portugis mendarat di pulau ini adalah pada tahun 1525.

Sulawesi dianggap sebagai kepulauan dikarenakan mempunyai bentuk mengerut pada beberapa bagiannya. Seorang pelaut kemudian dikirim untuk mencari emas. Setelah itu, negara-negara Eropa berbondong mendarat di Sulawesi serta memerangi Kerajaan Gowa yang tengah berkuasa.

Di tahun 1669, seorang utusan bernama Laksamana Speelman memaksa Sultan Hasanuddin untuk menyerahkan kontrol perdagangan ke Hindia Belanda. Sedangkan di tahun 1905, Sulawesi pun menjadi koloni negara Belanda hingga pendudukan Jepang sehabis perang dunia II.

Setelah itu, pada bulan Desember 1949, Sulawesi menjadi bagian dari RIS (Republik Indonesia Serikat), setelah itu di tahun 1950, Sulawesi menjadi bagian NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Geologi Sulawesi

www.slidshare.net

Pulau ini terbentuk dari lekukan pada tepi laut yang mengelilinginya. Ada juga wilayah pedalaman yang berupa pegunungan tinggi serta sebagian besarnya adalah non-vulkanik. Gunung berapi yang aktif ditemukan di Semenanjung Minahasa di utara Pulau Sulawesi serta membentang terus dari utara ke Kepulauan Sangihe.

Semenanjung utara Sulawesi adalah tempat untuk beberapa gunung berapi yang aktif seperti Gunung Awu, Gunung Lokon, Soputan, dan juga Karangetang. Berdasar pada rekonstruksi lempeng, pulau Sulawesi diyakini terbentuk dari proses tumbukan terran diantara Lempeng Australia dan Lempeng Asia.

Busur kepualauannya ada di Samudera Pasifik dan membentuk semenanjung utara serta timur. Tersebab karena adanya ketidak-stabilan riwayat tektonik, maka berbagai sesar terbentuk serta akibatnya pulau ini menjadi rawan gempa bumi.

Sulawesi cukup berbeda dengan sebagian besar pulau yang lain. Wilayahnya ada pada biogeografis Wallacea. Tidak sepenuhnya mempunyai sifat samudera. Namun, sebuah pulau komposit pada pusat zona tabrakan Asia-Australia.

Letak Geografis Peta Sulawesi

twitter.com

 

Coba Anda perhatikan peta Sulawesi yang sudah disertakan pada gambar di atas. Nah, Anda bisa melihat keadaan geografis dari pulau ini. Pulau Sulawesi ada di wilayah Asia Tenggara dengan luas wilayah yang mencapai 174.600 km2. Daerah yang paling tinggi mencapai 3.478 mdpl, sementara puncak yang paling tinggi ada di Rantemario.

Nah, letak astronomis dari Pulau Sulawesi sendiri ada pada koordinat 2 derajat 08 menit LU serta 120 derajat 17 menit BT. Pulau ini termasuk dalam Kepulauan Sunda Besar di wilayah kepulauan Nusantara.

Batas-batas dari pulau Sulawesi akan dijelaskan pada ulasan di bawah ini:

Pulau ini mempunyai bentuk unik karena adanya teluk dan tanjung dalam jumlah yang banyak. Anda  bisa melihatnya pada peta Sulawesi bahwa terdapat tiga teluk besar yang ada di pulau ini yakni Bone, Tolo, dan Tomoni. Batas-batasnya sendiri adalah:

Batas-batas Pulau Sulawesi bisa Anda lihat sendiri pada peta Sulawesi agar lebih jelas. Setelah itu, Anda bisa mulai mencari tahu tentang daerah-daerah yang menjadi bagian dari Pulau Sulawesi. Berikut ulasannya!

Provinsi-Provinsi yang Ada di Sulawesi

id.wikipedia.org

Pada awal terbentuknya Republik Indonesia, Sulawesi hanya terdiri atas 4 provinsi yakni Sulawesi Selatan, Tengah, Tenggara, dan Utara. Namun, di tahun 2000 terdapat pemekaran Gorontalo sebagai provinsi baru yang ada di Sulawesi. Berikut akan dibahas tentang masing-masing provinsi tersebut!

Sulawesi Utara adalah salah satu provinsi yang ada di ujung utara pulau Sulawesi. Ibu kotanya ada di Manado. Provinsi ini terdiri atas 11 kabupaten serta 4 kota yang menjadi wilayah administratifnya. Kabupaten-kabupaten tersebut diantaranya Mongondow Timur, Mongondow Selatan, Sangihe, Mongondow Utara, Siau Tagulandang, Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara.

Selain itu, ada juga beberapa kota yakni Kotamobagu, Kota Bitung, Kota Manado Tomohon. Silahkan Anda lihat peta Sulawesi agar lebih jelas lagi. Sulawesi Utara merupakan daerah yang mempunyai potensi wisata sejarah besar serta menjadi bagian dari sejarah nasional serta internasional.

Provinsi selanjutnya yang akan kita bahasa adalah Sulawesi Barat. Provinsi ini termasuk baru di Sulawesi serta letaknya ada pada bagian barat pulau. Ibu kota dari provinsi ini ada di Mamuju. Luas wilayah dari Sulawesi Barat adalah sekitar 16.796,19 km2.

Total populasi dari daerah ini adalah 1.158.336 jiwa yang tersebar di 6 kabupaten. Penetapan wilayah dari provinsi ini terjadi di tanggal 5 Oktober 2004 yang lalu.

Yang ketiga ada Provinsi Sulawesi Selatan. Ibu kotanya ada di Makassar. Dahulu, kota Makassar memiliki nama Ujung Pandang. Provinsi ini mempunyai 12 kabupaten 3 kota. Sementara letak astronomisnya ada di 0 derajat 12 menit LS sampai 116 derajat 48 menit 22 derajat 36 menit BT.

Provinsi ini terletak pada ujung selatan pulau. Luas wilayahnya adalah 45764,53 km2. Populasi dari daerah ini adalah 8.034.776 jiwa.

Provinsi ini terdiri atas 12 kabupaten serta 1 kota. Sementara provinsi ini terletak pada bagian tengah pulau. Ibu kota provinsi ini ada di Palu. Luas wilayahnya mencapai 61.841,29 km2. Jumlah penduduknya sekitar 2.831.283 jiwa.

Provinsi ini merupakan yang paling luas di enam provinsi di Sulawesi. Jumlah penduduknya terbanyak kedua di pulau Sulawesi. Di zaman penjajahan Sulteng mempunyai 15 kerajaan dan mendapatkan julukan sebagai 8 kerajaan di barat serta 7 kerajaan di timur.

Sulawesi Tenggara ada pada bagian tenggara pulau Sulawesi. Ibukotanya ada di Kendari. Secara geografis, provinsi ini ada di selatan Khatulistiwa pada 02 derajat 45 menit hingga 06 derajat 15 menit LS serta 120 derajat 45 menit  hingga 124 derajat 30 menit BT. Luas wilayah dari provinsi ini adalah 38.140 km2. Populasinya adalah sekitar 2,5 juta jiwa.

Provinsi Gorontalo adalah provinsi ke 32 di Indonesia. Penetapan dari provinsi ini dimulai sejak 5 Desember 2000. Lokasi dari provinsi ini ada di sebelah utara provinsi Sulawesi Utara. Gorontalo mempunyai ibu kota di Gorontalo atau bisa juga disebut dengan Hulondalo Penisula. Julukan untuk kota ini adalah serambi Madinah.

Luas wilayah dari Gorontalo adalah 12.435 km2. Kabupaten yang menjadi bagian dari Provinsi ini setidaknya ada 5 dan kotanya satu. Kabupaten serta kota yang ada di Gorontalo diantaranya Bone Bolango, Boalemo, Gorontalo Utara, Gorontalo, Pahuwato serta Kota Gorontalo. Bisa dibilang jika provinsi ini merupakan yang paling kecil di Sulawesi.

Baca Juga Pengertian Negara

Demikian pembahasan mengenai peta Sulawesi. Dapat disimpulkan bahwa Sulawesi adalah bagian pulau yang sangat unik di Indonesia. Disebabkan karena banyaknya tanjung di pulau ini. Pulau ini terdiri atas 6 provinsi yang terdiri atas Sulawesi Utara, Barat, Tengah, Tenggara, Selatan, dan Gorontalo.

Exit mobile version