Site icon Made Blog

Peta Jawa: Batas, Pembagian, Gambar dan Penjelasannya

Peta jawa – Indonesia merupakan negeri yang memiliki banyak sekali pulau. Jika dilihat di peta, ternyata Pulau Jawa merupakan pulau yang memiliki penduduk terbanyak dari pada pulau yang lainnya. Selain itu, Pulau Jawa ini juga dikatakan sebagai pusat sejarah peradaban manusia yang sudah ada sejak zaman kerajaan.

Salah satunya pada zaman Kerajaan Majapahit. Dengan banyaknya sejarah yang terdapat di Pulau Jawa, membuat pulau yang satu ini penuh dengan benda dan tempat yang bersejarah, sehingga tempat bersejarah ini sering menjadi incaran para wisatawan.

Baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Di dalam peta, Pulau Jawa ini dibagi menjadi 4 provinsi. Diantaranya adalah provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY dan provinsi Jawa Barat. Pembagian provinsi tersebut dibagi berdasarkan data administratif yang ada.

Dari berbagai provinsi yang ada di Pulau Jawa terdapat beberapa kota, kabupaten serta kecamatan pada setiap provinsinya. Penduduk yang berada pada Pulau Jawa menggunakan 3 bahasa utama yaitu bahasa Indonesia, bahasa Jawa dan bahasa Sunda. Nah, untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak ulasan berikut mengenai apa saja yang terdapat dalam peta Jawa.

Batas Pulau Jawa

syuhada.net

Pulau Jawa merupakan salah satu pulau yang memiliki tanah yang sangat subur dan makmur. Hal ini disebabkan karena letaknya yang strategis. Sehingga banyak penduduk di Pulau Jawa yang hidupnya kecukupan atau sudah makmur. Dalam peta, Pulau Jawa juga memiliki batasan-batasan seperti:

Pembagian Peta Pulau Jawa

www.faktadaerah.com

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa Pulau Jawa terdiri dari 4 provinsi dan terdapat beberapa kota di setiap provinsi tersebut. Apabila diperhatikan pada peta, pulau Jawa ini membentang luas dari barat ke timur.

Saat Anda sudah mengetahui tentang Pulau Jawa ini. Maka akan lebih mudah jika akan berlibur ke suatu tempat yang ada di pulau ini. Selain memiliki banyak tempat wisata yang unik, menarik dan bersejarah. Pulau yang satu ini juga memiliki daya tarik tersendiri untuk para wisatawan asing.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang pembagian peta Jawa, anda bisa menyimaknya dibawah ini.

Provinsi Jawa Timur adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Lebih tepatnya berada di bagian timur Pulau Jawa. Nah, untuk batasan yang dimiliki oleh Provinsi Jawa Timur ini pada bagian utaranya berbatasan dengan laut Jawa. Sedangkan di bagian barat provinsi Jawa Timur berbatasan dengan Jawa Tengah.

Serta pada bagian selatannya berbatasan dengan Samudera Hindia dan bagian timurnya berbatasan dengan selat Bali. Nah, ibu kota Jawa Timur ini berada di Surabaya atau yang sering disebut dengan kota pahlawan. Kota yang satu ini dinobatkan sebagai kota terbesar kedua di Indonesia.

Luas wilayahnya mencapai 47.922 km². Dan memiliki jumlah penduduk sekitar 38.847.561 jiwa. Data tersebut merupakan data penduduk saat tahun 2015. Terdapat beberapa wilayah yang termasuk ke dalam provinsi Jawa Timur seperti pulau Kangean, pulau Madura, pulau Bawean dan beberapa pulau kecil yang terdapat di sekitarnya.

Serta terdapat beberapa wilayah yang ada di laut Jawa yang bernama pulau Masalembu. Kemudian wilayah yang terdapat di Samudera Hindia bernama pulau Sempu dan Nusa Barung. Beberapa wilayah tersebut juga termasuk ke dalam provinsi Jawa Timur. Luas bukan provinsi yang satu ini?

Jika dilihat dari data administratif nya provinsi Jawa Timur ini dibagi menjadi 29 kabupaten dan 9 kota. Serta terdiri dari 637 kecamatan dan 8.418 kelurahan. Hal ini dilansir dari pemerintahan kota dan kabupaten Provinsi Jawa Timur.

DIY merupakan kepanjangan dari Daerah Istimewa Yogyakarta yang terletak di Jawa Tengah dan memiliki ibu kota yang letaknya berada di Jogjakarta. Provinsi yang satu ini memiliki julukan khusus yaitu Istimewa.

Julukan istimewa untuk wilayah ini tidak sembarangan diberikan. Namun, pengambilan status sebagai daerah yang istimewa dilihat dari beberapa hal. Seperti dilihat dari sejarah berdirinya baik sesudah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia maupun sebelumnya.

Selain dijuluki sebagai daerah istimewa, wilayah ini juga dijuluki sebagai kota pelajar. Sebab disini banyak sekali universitas terbaik dengan beberapa fasilitas yang memadai. Sehingga tak heran jika para calon mahasiswa berbondong-bondong untuk  kuliah di daerah ini.

Bukan hanya memiliki universitas yang bagus saja. Wilayah yang satu ini juga memiliki beragam tempat wisata yang bisa dikunjungi setiap saat. Seperti tempat wisata yang berada di daerah gunung merapi dan sekitarnya. Provinsi yang terletak di Jawa Tengah ini dibagi menjadi 4 kabupaten dan 1 kota.

Kabupaten tersebut diantaranya adalah kabupaten Bantul yang terletak di bantul. Kemudian ada kabupaten Gunung Kidul yang terletak di Wonosari, ada juga kabupaten Kulon Progo yang letaknya berada di Wates. Serta kabupaten Sleman yang berada di Sleman.

Selain kabupaten terdapat 1 kota yang ada di provinsi ini yaitu kota Yogyakarta. Luas wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta ini mencapai 3.185,89 km². wilayah tersebut dibagi menjadi beberapa bagian kecil yang terdiri dari 78 kecamatan dan 438 kelurahan atau desa.

Jika dilihat dari sensus penduduk pada tahun 2010 wilayah ini dihuni oleh 3.452.390 jiwa. Dengan proporsi yang mencapai 1.746.986 wanita dan 1.705.404 pria. Selain itu kepadatan penduduk di wilayah yang satu ini cukup padat, yang kepadatannya mencapai 1.084 jiwa per km² nya.

Provinsi Jawa Tengah adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia dan letaknya berada di pertengahan Pulau Jawa. Apabila dilihat dari peta Jawa, batas wilayah provinsi yang satu ini berada di sebelah baratnya Jawa barat.

Kemudian di sebelah selatan berbatasan dengan provinsi DIY. Di sebelah timurnya berbatasan dengan provinsi Jawa Timur serta pada bagian utara Provinsi Jawa Tengah berbatasan dengan laut Jawa. Provinsi yang satu ini mendapat julukan sebagai jantung kebudayaan Jawa.

Sebab di provinsi Jawa Tengahlah berbagai budaya Jawa terlahir. Nah, wilayah Jawa Tengah dibagi menjadi 29 kabupaten dan 6 kota. Kabupaten tersebut diantaranya adalah Kabupaten Banyumas, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Blora, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Brebes, Kabupaten Cilacap, kabupaten Kendal dan lain-lain.

Kemudian kota yang terdapat di provinsi Jawa Tengah seperti kota Magelang, kota Pekalongan, kota Salatiga, kota Semarang, kota Surakarta dan kota Tegal. Jika dilihat dari luas wilayahnya, provinsi ini memiliki luas wilayah sebanyak 29% dari luas Pulau Jawa.

Ukuran luas tersebut sudah termasuk dengan pulau Nusa Kambangan yang berada di sebelah selatan kabupaten Cilacap. Dan kepulauan Karimun Jawa yang letaknya berada di dekat kabupaten Jepara.

Provinsi Jawa Barat letaknya berada di bagian paling barat dari Pulau Jawa. Jika dilihat dari posisinya, provinsi yang satu ini terletak pada bagian utara yang berbatasan langsung dari laut Jawa. Pada bagian timurnya berbatasan dengan Jawa tengah.

Sedangkan di bagian selatan provinsi ini berbatasan dengan Samudera Hindia. Dan pada bagian baratnya berbatasan dengan banten dan DKI Jakarta. Ibu kota Jawa Barat letaknya berada di kota bandung. Luas wilayah ini mencapai 35.222,18 km². Nah, Provinsi Jawa Barat terdiri dari 18 kabupaten dan 9 kota.

Kabupaten tersebut diantaranya seperti kabupaten Bandung, kabupaten Bandung Barat, kabupaten Bekasi, kabupaten Bogor dan lain-lain. Sedangkan kota yang berada di Jawa Barat adalah kota Bandung, kota Banjar, kota Bekasi, kota Bogor, kota Cimahi, kota Cirebon, kota Depok, kota Sukabumi dan kota Tasikmalaya.

Berdasarkan data administrasi di provinsi Jawa Barat terdapat 558 kecamatan dan 5.578 kelurahan atau desa. Selain provinsi Jawa Barat memiliki bahasa daerah yaitu bahasa sunda. Di provinsi yang satu ini juga terdapat berbagai tempat wisata keren yang harus Anda kunjungi.

Tempat wisata yang sangat populer tersebut adalah kebun raya Bogor, kebun binatang Bandung, gunung gede, gunung pancar, kawah putih Ciwidey dan lain-lain. Jika Anda akan pergi berlibur dengan keluarga ataupun teman, jangan lupa mengunjungi tempat wisata tersebut.

Pulau Jawa merupakan suatu pulau yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. Selain itu, dalam pulau yang satu ini juga terdapat beberapa tempat dan benda yang bersejarah.

Baca Juga Rumah Adat Indonesia

Nah, Untuk  mengetahui keberagaman di setiap wilayah pulau ini Anda bisa melihat ulasan yang sudah tertulis di atas. Seperti ulasan mengenai peta Jawa barat, Jawa Timur, DIY dan Jawa Tengah. Semoga informasi tersebut bisa membantu Anda yang sedang mencari informasi tentang Pulau Jawa.

Exit mobile version