Peta Indonesia, Masalah Geografis dan Wisata yang Menarik

Peta Indonesia – Indonesia dikenal sebagai salah satu negara kepulauan terluas di dunia. Hal ini ditunjukkan dengan ribuan pulau yang dimiliki oleh Indonesia dan bisa dikatakan yang paling banyak diantara negara lain, khususnya di Asia Tenggara.

Karena wilayah lautnya yang luas tersebut, maka Indonesia disebut sebagai negara maritim, negara agraris dan lainnya. Luas wilayah laut Indonesia adalah sekitar 2/3 dari total wilayah. Hal ini bisa dicek pada peta Indonesia di mana warna biru akan jauh mendominasi daripada warna cokelat dan hijau dari daratan.

Selain itu, apa yang menarik dari Indonesia adalah keragaman dan keunikan wilayah dan makhluk hidup yang berbeda dari wilayah atau negara di Asia Tenggara lainnya. Hal inilah yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu destinasi wisata yang sangat menarik di dunia dan kerap kali dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara.

Nah, keunikan Indonesia, keindahan alam yang membentang, keragaman makhluk hidup dan lainnya salah satunya dipengaruhi oleh faktor geografis sebagai letak wilayah Indonesia. Oleh karena itu, memahami bentang geografi melalui peta Indonesia menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Geografi Indonesia

id.wikipedia.org

Faktor geografi menjadi salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap apa yang terjadi Indonesia, baik untuk kondisi alam hingga kehidupan masyarakatnya. Negara dengan ibukota di Jakarta ini bisa dikatakan memiliki letak yang sangat strategis.

Jika dilihat pada peta Indonesia, maka negara ini seolah berada di jalur penghubung negara-negara dunia. Secara geografis, letak Indonesia adalah 6º LU-11º08 LS dan 95º BT-141º BT, di mana negara ini memiliki luas wilayah daratan 1.922.570 km2 dan luas wilayah lautan 3.257.483 km2.

Dari data ini bisa dilihat jika wilayah perairan memang mendominasi wilayah Indonesia secara keseluruhan. Selain itu, Indonesia juga dilewati garis khatulistiwa karena letaknya. Fakta lain yang menarik tentang Indonesia adalah negara ini memiliki pulau sekitar 17.504 dengan sebanyak 6.000 belum memiliki penghuni.

Hal ini dikarenakan kebanyakan penduduk Indonesia mendiami 5 pulau terbesar dan paling padat, yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Berkaitan dengan perbatasan, Indonesia memiliki batas darat maupun laut dengan negara lain yang terkadang memunculkan konflik dengan negara-negara tetangga tersebut.

Adapun beberapa batas wilayah Indonesia selengkapnya adalah sebagai berikut:

  • Utara – di sebelah utara, Indonesia berbatasan dengan Malaysia, Singapura, Vietnam, Thailand, Filipina dan Samudera Pasifik.
  • Barat – di sebelah barat, Indonesia berbatasan dengan Samudera Hindia dan India.
  • Selatan – di sebelah selatan, Indonesia berbatasan dengan Timor Leste dan Samudera Hindia.
  • Timur – di sebelah timur, Indonesia berbatasan dengan Papua Nugini.

Terkait perbatasan tersebut memang menjadi hal yang cukup krusial dalam perjalanan bangsa Indonesia. Hal ini dikarenakan dengan luas wilayah yang sangat luas, kontrol terhadap batas negara terkadang terlalu rumit dan susah untuk dilakukan.

Pembagian Administratif Indonesia

zulpadli.wordpress.com

Bentuk negara Indonesia adalah negara kesatuan dengan bentuk republik dan memiliki pemerintahan presidensial. Oleh karena bentuk wilayahnya ini, maka Indonesia dibagi menjadi beberapa provinsi. Jika dilihat dalam peta Indonesia, maka setiap pulau akan dibagi menjadi cukup banyak provinsi yang berbeda.

Selain itu, di setiap provinsi yang ada di Indonesia terdiri dari kabupaten. Nah, kabupaten ini nantinya akan dibagi lagi menjadi beberapa kecamatan hingga turun ke level desa. Indonesia memiliki total 34 provinsi di mana terbagi menjadi 416 kabupaten, 98 kota atau 7.024 daerah setingkat dengan kecamatan dan 81.626 daerah setingkat desa.

Pembagian wilayah tersebut juga berdampak pada pembagian kekuasaan. Setiap provinsi yang ada di Indonesia akan dipimpin oleh seorang gubernur dan juga DPRD tingkat provinsi. Sedangkan di kabupaten terdapat bupati dan DPRD kabupaten, sedangkan kota ada walikota dengan DPRD kota.

Masing-masing pimpinan dipilih secara langsung melalui pemilihan umum. Adapun nama provinsi di Indonesia lengkap dengan ibukota provinsi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Aceh – Banda Aceh
  2. Sumatera Utara – Medan
  3. Sumatera Barat – Padang
  4. Riau – Pekanbaru
  5. Kepulauan Riau – Tanjung pinang
  6. Jambi – Jambi
  7. Sumatera Selatan – Palembang
  8. Kepulauan Bangka Belitung – Pangkal Pinang
  9. Bengkulu – Bengkulu
  10. Lampung – Bandar Lampung
  11. DKI Jakarta – Jakarta
  12. Banten – Banten (Serang)
  13. Jawa Barat – Bandung
  14. Jawa Tengah – Semarang
  15. DI Yogyakarta – Yogyakarta
  16. Jawa Timur – Surabaya
  17. Bali – Denpasar
  18. Nusa Tenggara Barat – Mataram
  19. Nusa Tenggara Timur – Kupang
  20. Kalimantan Barat – Pontianak
  21. Kalimantan Tengah – Palangkaraya
  22. Provinsi Kalimantan Selatan – Banjarmasin
  23. Kalimantan Timur – Samarinda.
  24. Kalimantan Utara – Tanjung Selor
  25. Sulawesi Utara – Manado
  26. Gorontalo – Gorontalo
  27. Sulawesi Tengah – Palu
  28. Sulawesi Barat – Mamuju
  29. Provinsi Sulawesi Selatan – Makassar
  30. Sulawesi Tenggara – Kendari
  31. Maluku – Ambon
  32. Maluku Utara – Sofifi
  33. Papua Barat – Manokwari
  34. Papua – Jayapura.

Dari jumlah provinsi yang ada di Indonesia, bisa dilihat bahwa Indonesia memiliki pembagian wilayah yang cukup banyak. Pembagian wilayah yang banyak ini juga memiliki pengaruh terhadap keanekaragaman yang ada di Indonesia.

Hal ini dikarenakan setiap provinsi atau daerah memiliki ciri khas dan adat istiadat masing-masing yang berbeda satu dengan lainnya.

Lingkungan Hidup Indonesia

www.kosmopolitan.co.id

Selain keanekaragaman dalam bentuk provinsi, Indonesia memiliki keanekaragaman lain dalam bentuk lingkungan hidup atau hayati. Banyaknya keanekaragaman lingkungan hidup yang ada di Indonesia membuat negara ini mendapatkan julukan sebagai mega biodiversity.

Hal ini dikarenakan flora dan fauna yang ada di Indonesia memiliki ragam yang sangat banyak. Banyak sekali tumbuhan langka di dunia ada di Indonesia. Ini adalah salah satu kekayaan yang dimiliki Indonesia hingga menarik banyak sekali wisatawan dunia untuk berkunjung.

Di samping itu, hutan Indonesia juga menjadi salah satu paru-paru dunia selain hutan Amazon. Menjadi miris ketika hutan Indonesia saat ini banyak yang beralih fungsi. Terkait persebaran makhluk hidup di Indonesia, secara umum ada 3 jenis fauna yang terbagi di Indonesia.

Golongan fauna tersebut tersebar di wilayah yang berbeda di Indonesia di mana juga memiliki ciri yang berbeda. Adapun pembagian golongan fauna tersebut adalah sebagai berikut:

  • Fauna tipe Asiatic – berdasarkan peta Indonesia, persebaran fauna jenis ini ada di bagian barat Indonesia hingga ke Selat Makassar dan Selat Lombok. Fauna yang masuk dalam tipe ini adalah binatang yang menyusui dengan ukuran tubuh besar, seperti gajah, badak, harimau, orang utan dan lainnya.
  • Fauna tipe Australis – dalam peta Indonesia, pembagian wilayah fauna ini akan sangat mudah ditemukan di bagian timur Indonesia, di mana mendapatkan pengaruh dari Australia, yaitu wilayah Papua dan sekitarnya. Contoh fauna ini didominasi jenis burung, seperti cenderawasih, kasuari, kakak tua dan lainnya.
  • Fauna tipe Peralihan – jenis fauna ini ditemukan di bagian tengah wilayah peta Indonesia, yaitu di wilayah Nusa Tenggara dan Sulawesi. Fauna ini sering disebut binatang asli Indonesia yang tidak ditemukan di negara lain. Beberapa contoh fauna peralihan adalah komodo, anoa daratan, burung maleo dan babi rusa.

Penggolongan fauna di atas adalah ide yang diutarakan oleh Alfred Russel Wallace and Max Wilhelm Carl Webber. Pembagian fauna tersebut juga menjadi salah satu bukti yang menunjukkan betapa Indonesia sangat kaya dengan beragam jenis fauna yang menarik dan tidak ditemukan di wilayah lainnya di dunia ini.

Topografi dan Iklim di Indonesia

www.gurugeografi.id

Luasnya wilayah Indonesia berpengaruh pada iklim yang ada di negara ini. Selain itu, Indonesia juga menjadi negara yang dilalui oleh garis khatulistiwa. Fakta ini membuat Indonesia memiliki daerah dengan persentase sinar matahari yang tinggi dan memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Hal lain yang berkaitan dengan iklim adalah luas laut yang dimiliki Indonesia. Dengan laut yang sangat luas, maka kelembaban udara yang ada di Indonesia bisa dikatakan cukup tinggi, yaitu sekitar 80%. Kondisi ini membuat Indonesia memiliki iklim tropis basah.

Indonesia Sebagai Destinasi Wisata

www.goodnewsfromindonesia.id

Sebagaimana disinggung di awal bahwa Indonesia juga terkenal sebagai destinasi wisata dunia. Hal ini dikarenakan ada banyak tempat menarik dengan bentang alam mempesona di Indonesia.

Adapun beberapa destinasi wisata Indonesia yang sangat menarik dan mampu menarik wisatawan luar negeri adalah sebagai berikut.

  • Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo adalah salah satu destinasi wisata yang juga termasuk kekayaan Indonesia. Taman nasional ini masuk dalam salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Hal ini dikarenakan komodo adalah binatang yang langka dan bisa dikatakan hampir punah. Lokasi taman wisata ini ada di Pulau Komodo.

  • Taman Nasional Tanjung Putting

Taman Nasional Tanjung Putting adalah habitat asli orang utan. Selain itu, lokasi yang disebut Amazon-nya Indonesia ini memiliki lebih dari 200 spesies burung langka yang hidup bebas di hutan.

  • Raja Ampat

Raja Ampat adalah salah satu destinasi wisata bawah laut yang ada di Indonesia. Terletak di Papua, Raja Ampat adalah surga bawah laut yang dimiliki oleh Indonesia. Karang yang sangat mempesona, ikan laut langka dan hal-hal indah lainnya akan ditemukan di bawah laut Raja Ampat.

Baca Juga Rumah Adat Indonesia

Nah, demikian beberapa ulasan mengenai peta Indonesia dan beberapa informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan tentang Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.