Site icon Made Blog

Perdagangan Internasional: Pengertian, Jenis, Faktor, Manfaat

Perdagangan internasional – Mendengar kata perdagangan internasional kira-kira apa manfaat apa saja ya yang bisa anda peroleh dalam bidang perekonomian. Mungkin bagi anda yang sudah lama belajar mengenai ilmu ekonomi sudah cukup familiar dengan topik satu ini sebab sudah sering di bahas sebelumnya dalam pembelajaran.

Jika dilihat dari pengertiannya secara umum, kegiatan ini merupakan sebuah interaksi yang ada pada beberapa negara dengan bentuk berupa transaksi jual beli atas produk atau pun jasa berdasarkan kesepakatan bersama. Kerja sama internasional dalam sektor dagang ternyata sudah ada sejak dulu yakni pada masa abad pertengahan.

Di bawah ini ada beberapa penjelasan mengenai perdagangan internasional secara lengkap.

Pengertian Secara Umum

jurnalmanajemen.com

Perdagangan pada dasarnya dapat di artikan sebagai suatu proses tukar-menukar yang terjadi karena adanya kesepakatan bersama pada pihak terlibat di dalamnya. Negara-negara yang ada di dunia saat ini belum mampu memproduksi semua barang serta kebutuhannya sendiri, dengan begitu mereka wajib menerima bantuan negara lain.

Proses satu ini kemudian jadi sebuah kegiatan perdagangan yang terjadi antar negara, atau di kenal dengan kegiatan ekspor-impor. Perdagangan yang ada pada antar negara tersebut sering kali di sebut dengan istilah perdagangan internasional.

Dari penjelasan yang sudah di paparkan tersebut bisa di ambil kesimpulan jika bahwa pengertian dari perdagangan skala internasional merupakan kegiatan jual-beli di mana pelakunya adalah negara dengan negara yang lainnya. semuanya bisa terjadi karena keterbatasan dari sumber daya yang terdapat pada suatu negara.

Perdagangan antar negara memiliki peranan penting sebagai pemenuhan kebutuhan dari negara yang mana tidak bisa di produksi oleh negara itu sendiri. Baik itu karena keterbatasan dari sumber daya alam, keterbatasan sumber daya manusia, modal, maupun skill.

Kedua pihak yang mana bisa saja antar perorangan yakni individu dengan individu, antara individu dengan pihak pemerintah negara, maupun antar pemerintah yang berasal dari masing-masing negara. Dengan begitu perdagangan yang terjadi antar negara bisa memungkinkan terjadinya beberapa hal yang ada di bawah ini.

Manfaat Perdagangan Internasional

cintaihidup.com

Setelah anda paham mengenai pengertian dari perdagangan skala internasional, tentunya anda juga perlu paham manfaat apa saja yang bisa di terima dari kegiatan satu ini.

Adanya kerja sama berskala internasional pada bidang perdagangan ini bisa memberikan beberapa manfaat serta keuntungan di mana manfaat tersebut bisa di rasakan oleh semua negara yang ikut serta di dalamnya. Di bawah ini beberapa manfaat yang ada.

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

jojonomic.com

Kerja sama berskala internasional dalam bidang perdagangan ini ada karena terdapat beberapa faktor pendorong. Faktor tersebut mengharuskan negara membuat kerja sama pada sektor perdagangan. Pasalnya setiap negara tidak bisa sepenuhnya dapat memenuhi kebutuhan dari negaranya sendiri tanpa bantuan dari sumber daya negara lain.

Seperti yang di jelaskan sejak awal sumber tersebut di antaranya adalah sumber daya alamnya, daya manusia, modal dan juga teknologi. Di bawah ini adalah faktor pendorong adanya perdagangan internasional:

Kebebasan berekonomi atau liberalisme ternyata telah di tanamkan pada perdagangan internasional. Siapa pun tentunya berhak meningkatkan serta memperluas pasar yang di miliki untuk melakukan jual beli produk di lintas negara.

Pasar bebas sangat di perlukan untuk meningkatkan adanya kerja sama pada negara memiliki peluang menambah pendapatan negara. Kebebasan dalam berekonomi jadi sebuah pemicu individu dan kelompok saling berlomba-lomba agar dapat menambah pasar serta meningkatkan produksi.

Setiap negara tentunya mempunyai kondisi geografis yang berbeda satu dengan lainnya. Hal ini juga menjadi salah satu faktor penyebab adanya perbedaan yang ada pada sumber daya di dalamnya. Misalnya saja dulu rempah-rempah hanya dapat di peroleh dari wilayah tropis seperti kawasan Indonesia.

Jadi tidak heran lagi jika Indonesia pun jadi pemasok bahan rempah-rempah paling besar yang ada di beberapa negara wilayah barat. Keterbatasan produksi ini menjadikan beberapa negara harus saling bertukar barang dan menimbulkan perdagangan internasional.

Sekarang dalam melakukan interaksi bersama dengan negara lain tidak wajib atau harus langsung bertatap muka. Pasalnya saat ini segala komunikasi dapat di lakukan dengan perkembangan dari teknologi informasi basis internet.

Perkembangan digitalisasi dan peralatan komunikasi memicu setiap negara untuk meningkatkan produksinya untuk di pasarkan negara lain dengan asumsi bahwa di negara tersebut tidak dapat menyediakan barang atau jasa tersebut.

Bukan hanya perbedaan yang ada pada sumber daya alamnya saja, namun sumber daya manusia yang berbeda antara satu dengan lainnya juga menjadi juga penyebab perbedaan kemampuan suatu negara dalam hal teknologi.

Perbedaan teknologi menjadi suatu negara hanya dapat menghasilkan barang bentuk mentah lalu mengekspor pada negara lain agar bisa di olah kemudian di impor kembali menuju negara sebelumnya dengan kisaran harga yang lebih mahal.

Begitu sebaliknya, apabila suatu negara maju pada teknologinya tanpa di dukung dengan adanya pasokan dari sumber daya alam maka negara tersebut juga membutuhkan bantuan negara lain. Hal inilah yang menggambarkan peran dari adanya perdagangan internasional yang mana akan saling menguntungkan satu dengan lainnya.

Perdagangan berskala internasional di nilai bisa menciptakan sebuah kondisi pasar yang lebih luas serta pendapatan yang meningkat apabila produk yang di hasilkan hanya akan di produksi di dalam negeri saja. Dengan begitu produksi berskala besar pasti dapat lebih menghemat biaya yang harusnya di keluarkan sebagai biaya produksi atau fixed cost.

Jenis-Jenis Perdagangan Internasional

sijai.com

Terdapat beberapa jenis dari perdagangan internasional yang mana dapat di lakukan negara satu dengan lainnya atau sekelompok negara. Mengacu berdasarkan pengertian di atas, ada beberapa jenis, di antaranya adalah sebagai berikut:

Bentuk dari perdagangan internasional dan paling sering di lakukan menggunakan dua cara. Di mulai dari ekspor umumnya ekspor akan melewati ketentuan yang masih berlaku dan kegiatan ekspor tanpa adanya L/C atau barang boleh di kirim hanya dengan adanya izin yang berasal dari departemen perdagangan.

Sekarang barter atau kegiatan pertukaran barang dengan jenis barang yang lainnya memang masih sering di lakukan. Jenisnya barang tersebut seperti, switch barter, counter purchase, direct barter seta bay back barter.

Konsinyasi pada dasarnya merupakan kegiatan penjualan di mana pengiriman barang di lakukan ke luar negeri meskipun belum terdapat pembeli di luar negeri. Penjualan bisa di lakukan dengan pasar bebas serta bursa dagang secara lelang.

Package Deal perdagangan dengan adanya perjanjian dagang atau trade agreement bersama dengan negara lainnya.

Perdagangan yang terjadi dari dua negara dan saling berdekatan agar semakin memudahkan penduduk yang ada di dalamnya untuk saling melakukan transaksi. Perdagangan internasional pun sudah jadi agenda penting dari sebuah negara, bukan sekadar untuk keuntungan komersial saja, tapi juga kerja sama yang ada antara bangsa-bangsa.

Baca Juga Pengertian Negara

Di atas tadi adalah penjelasan singkat mengenai perdagangan internasional. Hampir sama dengan perdagangan yang ada di skala lokal hanya saja kebutuhan yang harus di penuhi adalah kebutuhan dari semua negara. Adanya perdagangan ini di karenakan kebutuhan masing-masing negara di dunia yang belum bisa memproduksi semua kebutuhannya sendiri.

Exit mobile version