Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli, Sifat Dasar, Objek, dan Fungsinya

Pengertian Sosiologi adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang manusia sebagai makhluk sosial serta interaksi antara manusia di lingkungan masyarakat. Selain itu, ada pula yang mendefinisikan sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari sifat, perilaku, serta perkembangan dalam masyarakat.

Bisa disimpulkan bahwa sosiologi mempelajari perilaku sosial antara individu-individu, individu-kelompok, atau kelompok-kelompok. Pengertian Sosiologi secara etimologi berasal dari Bahasa Latin ‘Socius’ yang berarti kawan, serta ‘Logos’ yang berarti ilmu pengetahuan.

Jadi, sosiologi bisa diartikan sebagai ilmu yang membahas tentang kehidupan manusia sebagai makhluk sosial. Manusia merupakan makhluk sosial yang berarti saling membutuhkan supaya bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Setiap manusia mempunyai peran masing-masing serta saling melengkapi.

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

www.lahiya.com

Beberapa ahli juga turut mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian sosiologi. Berikut ulasannya:

  • Pengertian Sosiologi Menurut Roucek dan Warren

“Ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara manusia dengan kelompok-kelompoknya.”

  • Pengertian Sosiologi Menurut Pitirim Sorokin

“Ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara beragam gejala sosial. Misalnya gejala ekonomi, gejala keluarga, dan gejala moral.” Menurut Pitirim, sosiologi juga mempelajari gejala sosial dan non-sosial. Jadi, sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang segala jenis gejala sosial yang lain.

  • Pengertian Sosiologi menurut William Kornblum

“Upaya ilmiah yang dimana mempelajari tentang masyarakat dan perilaku sosialnya”

  • Pengertian Sosiologi Menurut Max Weber

“Ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial.”

  • Pengertian Sosiologi Menurut Mayor Polak

“Ilmu pengetahuan yang mana mempelajari terkait masyarakat secara keseluruhan, yaitu hubungan antara manusia dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, baik itu kelompok formal maupun material ataupun kelompok statis maupun dinamis.”

  • Pengertian Sosiologi Menurut Paul B. Horton

“Ilmu yang lebih terpusat pada penelaahan di dalam kehidupan kelompok serta produk kehidupan dari kelompok tersebut.”

  • Pengertian Sosiologi Menurut Allan Jhonson

“Ilmu yang mempelajari tentang kehidupan dan perilaku. Khususnya yang ada kaitannya dengan sistem sosial dan bagaimana sistem sosial itu dapat mempengaruhi pada orang lain. Serta bagaimana pula tentang orang-orang yang ada didalamnya yang ikut berpengaruh pada sistem tersebut.”

  • Pengertian Sosiologi Menurut Soerjono Soekanto

“Ilmu yang fokus pada segi-segi kemasyarakatan yang sifatnya umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.”

Sifat Dasar Sosiologi

www.maxmanroe.com

Sosiologi merupakan ilmu yang mempunyai sifat dasar sehingga membedakannya dengan bidang ilmu yang lain. Berdasarkan pendapat dari R. Lawang, sifat dasar sosiologi adalah:

  1. Empiris: didasari dengan observasi atau pengamatan serta masuk akal. Yang mana hasil dari observasi tidaklah sesuatu yang memiliki sifat spekulatif.
  2. Teoritis: penyusunan abstraksi dibuat dengan berdasar pada observasi konkret yang ada di lapangan. Penyusunannya adalah secara logis serta menjelaskan hubungan sebab-akibat sehingga menjadi teori.
  3. Kumulatif: disusun berdasar pada teori yang telah ada, diperbaiki, diperluas, sehingga memperkuat teori sebelumnya.
  4. Non-etis: tidak mempersoalkan mengenai baik dan buruknya masalah. Melainkan bertujuan untuk menjelaskan permasalahan secara lebih mendalam.

Ciri-Ciri Sosiologi

www.nesabamedia.com

Berdasarkan pada pengertian sosiologi yang telah dibahas di muka, berikut adalah ciri-ciri atau karakteristik sosiologi yang meliputi:

  • Merupakan ilmu sosial yang mempelajari mengenai hubungan manusia dan masyarakat
  • Mempelajari mengenai gejala yang terjadi di dalam interaksi antar manusia
  • Mempelajari apa saja yang bisa menjadi nilai baik atau buruk
  • Ilmu pengetahuan murni dan terapan
  • Ilmu abstrak yang mana bertujuan untuk memperlihatkan bentuk serta pola peristiwa pada masyarakat.
  • Bertujuan menghasilkan pengertian dan pola umum yang terjadi pada interaksi manusia.

Objek Sosiologi

objek sosiologi

Sebagai sebuah ilmu, sosiologi mempunyai objek kajian yang meliputi:

  1. Objek material yakni kehidupan sosial, gejala, serta proses hubungan di antara individu di dalam masyarakat yang berpengaruh pada kesatuan individu itu sendiri.
  2. Objek Formal yakni manusia sebagai makhluk sosial serta interaksi antara manusia dengan manusia lainnya dan proses yang timbul dari interaksi manusia di dalam masyarakat.
  3. Objek Budaya yakni faktor yang berpengaruh pada interaksi manusia yang ada di dalam masyarakat.
  4. Objek Agama yakni faktor yang bisa memicu interaksi sosial dalam masyarakat dan berpengaruh pada hubungan manusia dalam masyarakat.

Fungsi Ilmu Sosiologi

Fungsi Ilmu Sosiologi

Apa saja fungsi dari ilmu sosiologi? Berikut ulasannya:

  • Fungsi Sosiologi pada Perencanaan Sosial

perencanaan sosial adalah upaya untuk mempersiapkan masa depan masyarakat. Tujuan dari perencanaan sosial adalah mengatasi beragam kemungkinan yang muncul karena perubahan yang terjadi pada masyarakat.

Sifat perencanaan sosial cenderung mencegah serta mengantisipasi sesuatu yang akan terjadi. Untuk itu, fungsi sosiologi pada perencanaan sosial adalah alat untuk mengetahui perubahan yang ada di lingkungan masyarakat.

  • Fungsi Sosiologi pada Penelitian

Fungsi sosiologi pada penelitian adalah supaya dapat memberi gambaran mengenai kehidupan masyarakat serta gejala masyarakat. Selain itu juga untuk memahami pola tingkah laku manusia di lingkungan masyarakat. Dengan penelitian, diharapkan adanya ada solusi yang bisa digunakan sebagai penyelesaian masalah sosial.

  • Fungsi Sosiologi pada Pembangunan

Sosiologi juga memiliki peran pada pembangunan yakni untuk memberikan data sosial yang dibutuhkan untuk tahap perencanaan, pelaksanaan, serta penilaian pembangunan. Detail fungsinya adalah pada tahap perencanaan yang mana sosiologi bisa menganalisis dampak proses pembangunan yang telah dilakukan.

  • Fungsi Sosiologi pada Pemecahan Masalah Sosial

Masalah sosial terjadi pada masyarakat karena ada kaitannya dengan nilai pada masyarakat serta lembaga masyarakat. Maka dari itu, penting untuk mencari solusi mengenai hal ini supaya tercipta kedamaian dan keharmonisan dalam masyarakat. Ada dua metode untuk memecahkan masalah sosial yakni antisipasif dan resitusif.

baca juga pengertian komunikasi

Itulah pengertian sosiologi beserta penjelasan singkat mengenai ciri-ciri, sifat dasar, dan fungsinya. Semoga bisa menjadi referensi untuk mata pelajaran atau mata kuliah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.