Pengertian Sosiologi: Sifat Dasar, Ciri-Ciri, dan Juga Objeknya

Pengertian sosiologi – Tahukah Anda pengertian sosiologi itu? Mungkin untuk Anda yang anak IPS sudah tahu apa itu sosiologi. Berdasarkan pengertiannya, sosiologi adalah salah satu bidang ilmu yang di dalamnya mempelajari tentang manusia sebagai makhluk sosial yang saling berinteraksi dengan orang lain di dalam lingkungan masyarakat.

Ada juga yang mengatakan sosiologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari sifat, perilaku, dan juga perkembangan masyarakat. Jadi, bisa dikatakan sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku sosial individu dengan individu lainnya, individu dengan kelompok maupun kelompok dengan kelompok.

Sedangkan secara etimologis, kata sosiologi berasal dari bahasa latin yakni socius yang memiliki arti kawan dan logos yang berarti ilmu pengetahuan. Sehingga pengertian sosiologi dapat dikatakan sebagai sebuah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kehidupan manusia sebagai makhluk sosial.

Manusia sendiri merupakan makhluk sosial dimana mereka saling membutuhkan satu sama lain untuk melanjutkan hidup. Dalam hal ini berarti setiap masyarakat memiliki peranan masing-masing dalam kehidupan untuk saling melengkapi.

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Untuk lebih jelasnya, yuk langsung saja simak pengertian sosiologi menurut para ahli di bawah ini.

  • Roucek dan Warren

Menurut Roucek dan Warren, pengertian sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara manusia dengan kelompok-kelompoknya.

  • Pitirim Sorokin

Menurut Pitirim Sorokin, pengertian sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara beragam gejala sosial. Misalnya gejala ekonomi, gejala keluarga, dan gejala moral.

Menurutnya sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala non-sosial. Selain itu, Pitirim Sorokin juga mengatakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial lain.

  • Max Weber

Menurut Max Weber, definisi sosiologi adalah ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial.

  • Paul B. Horton

Menurut Paul B. Horton, pengertian sosiologi adalah ilmu yang lebih terpusat pada penelaahan di dalam kehidupan kelompok serta produk kehidupan dari kelompok tersebut.

  • Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto, pengertian sosiologi adalah ilmu yang fokus pada segi-segi kemasyarakatan yang sifatnya umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.

  • Mayor Polak

Menurut Mayor Polak, definisi sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mana mempelajari terkait masyarakat secara keseluruhan, yaitu hubungan antara manusia dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, baik itu kelompok formal maupun material ataupun kelompok statis maupun dinamis.

Sifat Dasar Sosiologi

www.ngelmu.id

Ilmu sosiologi juga memiliki sifat dasar yang mana sifat ini digunakan untuk membedakan ilmu ini dengan ilmu lainnya. R lawang mengatakan bahwa sifat dasar sosiologi sebagai berikut:

  • Empiris

Empiris atau nyata dalam hal ini sosiologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang hal-hal yang masuk akal, nyata dan dilakukan berdasarkan suatu observasi (pengamatan) yang mana hasilnya bukan bersifat spekulatif saja.

  • Teoritis

Teoritis dalam ilmu sosiologi memiliki arti bahwa dalam proses penyusunan abstraksi dari sosiologi ini dilakukan berdasarkan suatu observasi yang konkret yang ada di lapangan. Abstraksi juga disusun secara logis dan di sana dijelaskan bagaimana hubungan sebab akibat sehingga muncullah sebuah teori.

  • Komulatif

Komulatif dalam sosiologi memiliki arti dimana ilmu ini disusun berdasarkan teori-teori yang sudah ada sebelumnya. Nah, teori-teori ini kemudian diperbaiki, diperluas sehingga dilakukan untuk menguatkan teori sebelumnya.

  • Nonetis

Dalam sosiologi hal-hal yang dibahas adalah masalah yang tidak dipermasalahkan baik dan buruknya. Namun, dalam pembahasan ini lebih bertujuan ada cara untuk menyelesaikan suatu masalah secara mendalam.

Ciri-Ciri Sosiologi

Ciri-Ciri Sosiologi

Berdasarkan pengertian sosiologi di atas, sosiologi juga memiliki ciri-ciri atau karakteristik diantara karakteristik tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Sosiologi adalah suatu ilmu sosial yang di dalamnya mempelajari hubungan antara manusia dengan masyarakat.
  2. sosiologi juga mempelajari gejala-gejala yang terjadi pada interaksi manusia.
  3. Sosiologi termasuk dalam ilmu pengetahuan murni dan terapan.
  4. Sosiologi mempelajari serta membahas tentang hal apa saja yang dapat menjadi buruk maupun baik.
  5. Sosiologi adalah ilmu yang abstrak dimana tujuan dari sosiologi untuk memperhatikan bentuk serta pola peristiwa yang ada di dalam masyarakat.
  6. Sosiologi memiliki tujuan untuk menghasilkan suatu pengertian serta pola-pola umum yang berkaitan dengan interaksi manusia.

Objek Sosiologi

Objek Sosiologi

Karena sosiologi merupakan sebuah ilmu sosial, maka di dalam sosiologi juga memiliki objek. Adapun objek dalam sosiologi antara lain sebagai berikut:

  1. Objek material, objek material dalam hal ini adalah gejala-gejala, kehidupan sosial serta proses hubungan antara individu di dalam masyarakat yang mempengaruhi kesatuan antar individu itu sendiri.
  2. Objek formal, dalam sosiologi objek formal nya adalah makhluk hidup dan juga interaksi manusia dengan manusia lain serta berbagai macam proses yang muncul dari interaksi manusia tersebut yang ada di dalam masyarakat.
  3. Objek budaya, objek budaya adalah faktor yang mempengaruhi terjadinya interaksi manusia di dalam masyarakat.
  4. Objek agama adalah faktor yang memicu terjadinya interaksi sosial di dalam masyarakat serta dapat mempengaruhi hubungan dari manusia di dalam masyarakat itu sendiri.

Baca Juga Pengertian Toleransi

Dari berbagai penjelasan tentang sosiologi di atas dimulai dari pengertian sosiologi, ciri-ciri hingga objeknya menunjukkan bahwa sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang penting untuk dipelajari. Melalui sosiologi orang akan lebih mudah dalam mempelajari kehidupan di dalam masyarakat.

Sebab, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan manusia di dalam masyarakat. Semoga dengan adanya informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.