Pengertian Norma beserta Macam-Macam Norma yang Ada Di Indonesia

Pengertian norma – Ketika duduk di bangku sekolah dasar, tentunya anda sudah dikenalkan bukan dengan yang namanya norma. Apa sih arti dari norma itu?

Norma merupakan sebuah kaidah atau pedoman yang dijadikan sebagai acuan dalam menentukan ketentuan untuk berperilaku serta berinteraksi dengan sesama manusia dalam suatu kelompok masyarakat tertentu. Norma ini berasal dari kata Norma ini merupakan bahasa Belanda yang mempunyai arti sebagai pokok kaidah atau patokan.

Namun, sejumlah ahli juga menyebutkan jika norma berasal dari bahasa latin yakni dari kata Mos dengan makna kebiasaan. Oleh sebab itu, norma dapat diartikan sebagai pokok kaidah yang di terapkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Pada dasarnya norma sendiri berlaku pada sebuah negara atau kelompok etnis tertentu. Namun tidak jarang juga biasa di temui pada setiap manusia karena sifatnya yang universal. Norma bisa di artikan sebagai perilaku yang di lakukan dalam kehidupan bermasyarakat oleh seorang individu maupun kelompok.

Apabila ada yang melanggar norma yang sudah di sepakati maka berhak mendapatkan sanksi. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca beberapa ulasan mengenai pengertian norma dan penjelasannya di bawah ini. 

Contents

Pengertian Norma Menurut Para Ahli

Pengertian Norma Menurut Para Ahli
www.gu-buk.net

Agar lebih mengerti dan memahami mengenai norma yang di bahas oleh para ahli, berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian norma berdasarkan kata para ahli.

  • E. Ultrecht

Berdasarkan paparan dari E. Ultrecht, pengertian norma adalah petunjuk hidup yang di dalamnya mengatur tentang tata tertib dalam sebuah kelompok masyarakat yang mana seluruh masyarakat yang terlibat di wajibkan untuk mentaati apapun yang sudah di sepakati bersama.

Apabila ada yang melanggar, makan akan mendapat sanksi berupa tindakan langsung dari pemerintah terkait.

  • John J. Macionis

Berbeda dengan Ultrecht, John berpendapat bahwa pengertian norma sangatlah sederhana. Norma menurutnya adalah sebuah aturan-aturan yang di dalamnya mengandung harapan dari masyarakat untuk memandu sebuah perilaku dari para anggotanya.

  • Isworo Hadi Wiyono

Menurut Isworo, peraturan atau sebuah petunjuk hidup yang memberi ancar-ancar atas perbuatan yang boleh di jalankan dan perbuatan yang tidak boleh di jalankan di sebut dengan norma. Maksud dari larangan-larangan yang di lakukan semata-mata hanya untuk mewujudkan keteraturan yang terjadi pada masyarakat. 

  • Craig Calhoun

Berbeda pendapat dengan para ahli lainnya, Calhoun mengatakan bahwa pengertian norma merupakan sebuah prinsip atau aturan-aturan yang di buat secara konkret dimana harus di perhatikan oleh seluruh masyarakat yang ada di dalam suatu daerah.

  • Broom dan Selznic

Pengertian norma berdasarkan paparan dari Broom dan Selznic adalah sebuah rancangan ideal tentang perilaku manusia untuk memberikan batasan kepada anggota-anggota masyarakat supaya bisa mencapai tujuan hidupnya masing-masing.

  • Robert Mz. Lawang

Norma adalah gambaran tentang hal apapun yang di inginkan oleh masyarakat dengan pertimbangan kebaikan dan kepantasan sehingga sesuatu yang terjadi perlu di harga sebagaimana mestinya. Begitulah paparan tentang pengertian norma menurut Robert Mz. Lawang.

  • Soerjono Soekano

Di dalam bukunya, Soerjono Soekano mengartikan pengertian norma adalah sebuah perangkat yang isinya terdapat beberapa aturan untuk manusia supaya bisa menjalin hubungan masyarakat yang baik antara satu dengan yang lainnya.

  • Antony Giddens

Paparan mengenai pengertian norma yang terakhir adalah penjelasan dari Antony Giddens. Menurutnya, norma merupakan sebuah prinsip atau peraturan yang konkret dan wajib hukumnya untuk di perhatikan oleh masyarakat yang berada dalam daerah tersebut.

Macam-Macam Norma dalam Masyarakat

Macam-Macam Norma dalam Masyarakat
laranxasamargas.blogspot.com

Setelah memahami tentang pengertian norma berdasarkan penjelasan dari para ahli, berikut ini adalah macam-macam norma dalam masyarakat yang harus Anda pelajari. Ada 4 macam norma yang di terapkan di Indonesia, apa sajakah itu? 

Norma Hukum

Norma yang pertama adalah norma hukum. Norma hukum adalah sebuah aturan yang di buat oleh lembaga pilihan oleh pemerintah yang bertanggungjawab untuk mengatur kehidupan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara. Hal tersebut sudah di atur di dalam perundang-undangan negara, yurisprudensi, kebiasaan, dan doktrin.

Adapun fungsi dari norma hukum antara lain adalah sebagai berikut:

  • Di gunakan sebagai alat pengatur segala hal yang belum terdapat pada norma-norma lainnya
  • Sebagai pelengkap dari norma lain yang belum memberikan sanksi tegas dan nyata dalam penerapannya

Sanksi-sanksi yang di gunakan pada norma hukum adalah sanksi yang bersifat tegas, memaksa, dan mengikat terhadap semua orang. Contoh dari sanksi norma hukum adalah hukuman penjara atau tahanan, denda, hingga hukuman mati bagi siapapun yang telah melanggar aturan.

Norma Agama

Jenis norma yang kedua adalah norma agama. Norma agama adalah sebuah pedoman hidup manusia yang berasal dari kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Norma agama sebenarnya bersifat dogmatis atau tidak boleh di kurangi ataupun di tambah.

Karena di Indonesia ada berbagai macam agama, maka setiap umatnya di tuntut untuk patuh kepada norma agama masing-masing. Dalam norma agama ada sebuah sanksi yang bernama hukuman akhirat. Sanksi yang di berikan kepada pelanggarnya tidak di berikan secara langsung melainkan setelah ia meninggal dunia.

Adapun contoh dari norma agama adalah sebagai berikut:

  • Melakukan peribadatan sesuai dengan kepercayaan masing-masing
  • Melakukan perintah yang sudah di tuliskan dalam kitab suci
  • Tidak boleh berzina
  • Tidak boleh mencuri
  • Di larang untuk membunuh dan berbuat kasar kepada orang lain.

Norma Kesusilaan

Jenis norma selanjutnya adalah norma kesusilaan, yaitu sebuah aturan yang di anggap sebagai sanubari setiap manusia masing-masing yang mana masih berhubungan dengan baik dan buruk sebuah perbuatan manusia itu sendiri. Norma kesusilaan di buat berdasarkan moral dan hari nurani masing-masing individu.

Karena berhubungan dengan hati dan pribadi manusia masing-masing, sifat dari norma kesusilaan masuk ke dalam kategori tidak tegas. Bentuk sanksi yang diberlakukan dalam norma kesusilaan lebih kepada rasa malu dan penyesalan terhadap pelanggaran yang dilakukan. Adapun contoh dari norma kesusilaan adalah sebagai berikut:

  • Berlaku adil kepada setiap orang
  • Berbuat baik kepada sesama manusia
  • Selalu berkata jujur kepada orang lain
  • Tidak mencuri atau menggunakan hak milik orang lain tanpa sepengetahuan.

Norma Kebiasaan

Norma kebiasaan adalah sebuah aturan sosial yang di buat secara sadar maupun tidak sadar dimana aturan-aturan yang di buat bersumber dari perilaku yang di tunjukkan secara terus menerus. Sanksi yang di terima oleh pelanggar norma kebiasaan hanyalah berupa kritikan dari lingkungan sekitar.

Adapun contoh dari norma kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:

  • Mandi teratur setiap hari
  • Memberikan uang tambahan atau uang tip kepada pelayan
  • Menggosok gigi secara rutin supaya bau nafas segar
  • Membelikan oleh-oleh kepada kerabat yang sedang di kunjungi

Norma Kesopanan

Norma kesopanan adalah pedoman hidup yang timbul akibat hubungan antar sesama manusia. Norma kesopanan di ambil berdasarkan sumber dari masyarakat yang memiliki sifat lebih relatif dan berbeda dengan lingkungan waktunya. 

Sama seperti norma kesusilaan, sanksi yang di berikan kepada pelanggar norma kesopanan sifatnya tidak tegas karena bentuk sanksinya adalah berupa celaan atau kritik dari orang lain hingga di kucilkan oleh masyarakat setempat. Adapun contoh dari norma kesopanan antara lain adalah:

  • Memiliki sopan santun kepada orang yang lebih tua
  • Tidak berbicara kasar dan selalu berbicara dengan baik
  • Tidak membuang sampah sembarangan
  • Selalu menyapa kepada orang lain ketika berpapasan

Baca Juga Pendidikan Karakter

Begitulah sedikit informasi mengenai pengertian norma dan juga macam-macam norma yang ada di Indonesia. Semoga artikel di atas bisa membantumu ya!

Tinggalkan komentar