Pengertian Moral : Fungsi, Jenis-Jenis dan Contohnya

Pengertian moral – adalah hukum perilaku yang diterapkan pada setiap individu ketika bersosialisasi dengan sesama sehingga terjalinlah rasa saling menghormati dengan sesama.

Moral juga bisa diartikan sebagai sesuatu yang berhubungan dengan prinsip tingkah laku yang meliputi budi pekerti, akhlak, serta mental yang membentuk karakter dalam diri seseorang.

Sehingga, baik dan buruk bisa dinilai.Moral merupakan produk yang dihasilkan dari agama dan budaya. Yang mana kedua aspek tersebut mengatur manusia dalam hal berinteraksi baik perilaku, ucapan, maupun perbuatan antar sesama.

Moral bisa juga dikatakan merujuk pada perilaku atau tindakan seseorang yang mempunyai nilai positif sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.

Manusia yang tidak mempunyai moral disebut dengan amoral yang artinya orang tersebut tidak memiliki nilai yang positif di mata manusia yang lain. Sehingga, setiap manusia mutlak harus menerapkan nilai-nilai moral di hidupnya.

Contents

Pengertian Moral Menurut Para Ahli

Pengertian Moral Menurut Para Ahli
materibelajar.co.id

Anda bisa merujuk pada pendapat dari para ahli untuk memahami lebih dalam mengenai pengertian moral. Berikut ulasannya:

  • Pengertian Moral Menurut Imam Sukardi

“Karakter yang dicirikan sebagai sesuatu yang baik dalam masyarakat melalui nilai-nilai yang diterapkan bersama”

  • Pengertian Moral Menurut Sonny Keraf

“Sesuatu yang dapat dipakai sebagai dasar untuk menentukan tindakan seseorang yang dianggap baik atau buruk di dalam suatu masyarakat.”

  • Pengertian Moral Menurut Russel Swanburg

“Suatu pernyataan dari pemikiran yang berhubungan dengan keantusiasan seseorang dalam bekerja dimana hal itu dapat merangsang perilaku seseorang tersebut.”

  • Pengertian Moral Menurut Maria Assumpta

”Aturan-aturan (rule) mengenai sikap (attitude) dan perilaku manusia (human behavior) sebagai manusia.”

  • Pengertian Moral Menurut Elizabeth B. Hurlock

“Suatu kebiasaan, tata cara, dan adat dari suatu peraturan perilaku yang telah menjadi kebiasaan bagi anggota suatu budaya dalam masyarakat.”

  • Pengertian Moral Menurut Maria J. Wantah

“Sesuatu yang berhubungan dengan kemampuan dalam menentukkan benar atau salah serta baik atau buruknya suatu perilaku pada diri seseorang.”

Fungsi Moral

Fungsi Moral
Fungsi Moral

Berdasar pada pengertian moral di atas, dapat dilihat bahwa secara umum, fungsinya adalah untuk mewujudkan harkat serta martabat kepribadian manusia yang didapat dari pengamalan nilai dan norma.

Secara rinci, fungsi norma adalah sebagai berikut:

  1. Menjamin terwujudnya harkat dan martabat seseorang serta terwujudnya nilai kemanusiaan yang tinggi.
  2. Memotivasi manusia supaya bersikap penuh kebaikan yang didasari oleh nilai moral
  3. Menjaga keharmonisan hubungan sosial antar manusia dikarenakan moral adalah landasan rasa percaya pada sesama.
  4. Manusia akan merasa lebih bahagia baik secara rohani atau jasmani disebabkan karena fungsi moral. Tak ada lagi konflik batin, rasa menyesal, serta perasaan kecewa dan berdosa.
  5. Moral bisa memberikan wawasan masa depan pada manusia melalui sanksi sosial dan konsekuensi dalam kehidupan. Sehingga, manusia akan mempertimbangkan segala hal sebelum mengambil tindakan.
  6. Moral di dalam diri akan memberikan landasan kesabaran untuk bertahan dari dorongan naluri atau nafsu yang mengancam harkat dan martabat manusia itu sendiri.

Jenis-Jenis Moral

Jenis-Jenis Moral
jagad.id

Nilai moral yang ada pada seseorang bisa dilihat dari penampilan serta perilakunya. Nah, nilai moral juga bermacam-macam. Adapun beberapa diantaranya adalah:

  • Moral Ketuhanan

Jenis moral ini adalah segala hal yang berhubungan dengan tingkat religius atau keagamaan seseorang berdasar pada ajaran agama tertentu serta pengaruhnya pada diri seseorang.

Moral ketuhanan diwujudkan dalam caranya menghargai sesama manusia, hidup rukun dengan orang lain yang memiliki agama yang berbeda pula, serta caranya dalam menghargai agama lain.

  • Moral Ideologi dan Filsafat

Moral ideologi dan filsafat merupakan segala hal yang berhubungan dengan loyalitas pada cita-cita bangsa dan negara serta semangat kebangsaan yang dimilikinya. Perwujudan moral ideologi dan filsafat adalah menjunjung tinggi dasar negara pancasila serta menolak ideologi asing yang ingin merubah negara Indonesia.

  • Moral Etika dan Kesusilaan

Jenis moral ini merupakan segala hal yang berkaitan dengan kesusilaan dan etika yang dijunjung suatu bangsa, masyarakat, serta negara baik secara tradisi maupun budaya. Moral etika dan kesusilaan diwujudkan ketika seseorang menghargai orang lain yang memiliki perbedaan pendapat.

  • Moral Disiplin dan Hukum

Moral disiplin dan hukum merupakan semua hal yang berkaitan dengan kode etik dan profesionalitas serta hukum yang berlaku di tengah suatu masyarakat atau negara.

Perwujudan jenis moral ini adalah dengan melakukan aktivitas sesuai aturan yang berlaku seperti menggunakan perlengkapan sesuai dengan hukum lalu lintas ketika berkendara.

Contoh Penerapan Moral di Kehidupan

Contoh Penerapan Moral di Kehidupan
pengertian moral

Setiap manusia wajib menerapkan moral pada kehidupannya. Nah, beberapa nilai moral yang berlaku di Indonesia diantaranya:

  • Berjalan dengan Menunduk saat Melewati Orang yang lebih Tua

Ada banyak cara untuk menghormati orang yang lebih tua, salah satunya adalah dengan menunduk ketika berjalan di depannya. Jika Anda sedang lewat di depannya tanpa menundukkan tubuh, maka Anda akan dianggap sebagai orang yang tidak sopan.

  • Membuang Sampah pada Tempatnya

Membuang sampah pada tempatnya juga merupakan tindakan yang bermoral. Meskipun tidak berhubungan dengan manusia lainnya, tapi membuang sampah sembarangan akan mencederai alam. Akibatnya bisa menjadikan bencana yang merugikan orang lain.

  • Mencegah Korupsi

Tindakan korupsi sangat merugikan masyarakat. Bahkan, bisa membuat masyarakat hidup dalam kemiskinan. Untuk itu, mencegah korupsi adalah tindakan yang sangat bermoral. Sedangkan melakukan korupsi adalah tindakan yang tidak bermoral. Perangi korupsi untuk menciptakan kestabilan perekonomian negara.

  • Berperilaku Jujur

Jujur merupakan perilaku dalam upaya menjadikan seseorang selalu bisa dipercaya baik dalam tindakan, perkataan, ataupun pekerjaan.

  • Toleransi

Indonesia terdiri dari ragam suku, bangsa, dan agama. Sehingga, untuk bisa hidup rukun harus ada toleransi yang tinggi. Toleransi adalah sikap menghargai dan menghormati perbedaan suku, agama, dan etnis melalui tindakan maupun perkataan yang baik.

  • Kerja Keras

Moral bisa dibuktikan dengan tindakan kerja keras yang artinya berupaya dengan sungguh-sungguh untuk mengatasi ragam hambatan dalam pekerjaan ataupun belajar.

  • Semangat kebangsaan

Semangat kebangsaan adalah cara berpikir, berbuat, dan bersikap dengan menunjukkan kesetiaan, serta kepedulian pada lingkungan fisik, bahasa, ekonomi, dan politik yang ada di negara Indonesia.

Baca Juga Pendidikan Karakter

Itulah penjelasan mengenai pengertian moral secara umum, menurut para ahli, serta fungsi dan jenis-jenisnya. Semoga artikel ini bukan hanya memberi pengetahuan semata. Namun, membuat Anda sadar dan mulai menerapkan nilai-nilai moral di kehidupan ini.

Penjelasan mengenai pengertian moral secara umum, menurut para ahli, jenis-jenis, fungsi dan contohnya yang bisa anda jadikan wawasan pengetahuan

2 pemikiran pada “Pengertian Moral : Fungsi, Jenis-Jenis dan Contohnya”

Tinggalkan komentar