Pengertian Kebudayaan Ciri, Fungsi, Dan Manfaatnya Lengkap

Pengertian Kebudayaan – Di dalam hidup tentu manusia tidak akan pernah lepas dari namanya kebudayaan dan juga adat istiadat. Budaya sendiri memiliki fungsi yang menjadi identitas serta ciri khas dari sebuah bangsa atau daerah. Mengapa keberadaan dari budaya sangat penting sehingga tidak heran jika setiap kelompok atau penggolongan dari masyarakat mempunyai kebudayaan masing-masing.

Kata kepercayaan diri diambil dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah yang mempunyai arti hal-hal yang mempunyai arti Budi serta akal manusia. Yang apabila dilihat dari garis besar, maka maksudnya ialah budi dan akal dari kedua arti itu bisa dilakukan manusia sekaligus ketika melangsungkan hidupnya.

Berikut ini adalah penjelasan secara lengkap mengenai kebudayaan dimulai dari pengertian kemudian unsur-unsur dalam kebudayaan, ciri-ciri kebudayaan dan lain sebagainya.

Definisi Secara Umum Mengenai Kebudayaan

Secara umum definisi dari budaya memang beraneka macam. Akan tetapi, intinya ialah sebuah cara hidup yang dilakukan oleh individu ataupun kelompok yang mana hal itu menjadi kebudayaan karena banyaknya unsur secara menyeluruh. Dan juga mempunyai sifat memaksa karena juga menjadi pedoman hidup ketika berprilaku, walau peraturan itu tidak secara tertulis.

Kebudayaan asing menjadi salah satu hasil dari karya cipta, rasa beserta karsa manusia. Yang mana lingkupnya sendiri juga mencangkup banyak sekali aspek dalam kehidupan manusia contohnya seperti keyakinan, seni, hukum, kemudian moral, susila, keahlian bahkan sampai adat maupun kebiasaan. Dengan kehadiran dari kebudayaan ini tentunya memberikan pengaruh terhadap pengetahuan seseorang mengenai ide dan gagasan walaupun budaya tersebut berwujud abstrak.

Definisi Para Ahli Mengenai Kebudayaan

  • Menurut Pakar Ahli Koentjaraningrat

Dimana beliau menyatakan, kebudayaan menjadi keseluruhan perilakun yang dimiliki manusia. Dimana hal itu menjadi hasil yang diperoleh karena adanya proses belajar yang memang telah tersusu secara rapi.

  • Menurut Ki Hajar Dewantara

Beliau mengemukakan jika definisi dari kebudayaan merupakan buah Budi dari manusia yang adalah hasil dari dua pengaruh besar yakni kodrat dari masyarakat serta alam. Dan ini juga menjadi salah satu bukti dari kejayaan kehidupan manusia untuk bisa mengatasi kesusahan yang ada dalam hidup sehingga bisa memperoleh keselamatan dan kebahagiaan. Nantinya akan terlahir sebuah sifat yang tertib dan juga damai.

  • Menurut Kedua Pakar Yakni Soelaiman Soemardi dan Selo Soemardjan

Kedua tokoh tersebut memberikan penjelasan mengenai kebudayaan yang menjadi hasil dari karya, hasil cipta dan juga dari rasa masyarakat. Dimana karya-karya tersebut akan menghasilkan sebuah teknologi dan juga kebudayaan dengan wujud benda dan juga jasmaniah, yang mana memang sangat dibutuhkan oleh umat manusia untuk bisa menguasai alam sehingga hasilnya pun dapat dimanfaatkan untuk diabdikan kepada seluruh kebutuhan masyarakat.

  • Menurut Seorang Ahli Dr. Muhammad Hatta

Beliau menyatakan jika makna yang dimiliki oleh kebudayaan, ialah ciptaan hidup dari yang berasal bangsa.

  • Menurut Ahli Tokoh Parsudi Suparlan

Makna yang dimiliki oleh kebudayaan menurut beliau ialah, budaya menjadi sumber pengetahuan untuk manusia yang merupakan makhluk sosial. Dimana ilmu ini menjadi sarana pemahaman yang interpretasi dalam lingkungan dan juga pengalaman. Selain itu, kebudayaan pun juga akan digunakan sebagai landasan ketika bertingkah laku.

  • Menurut Haji Agus Salim

Menurutnya definisi dari kebudayaan merupakan persatuan dari istilah Budi dan juga daya sehingga bisa memberikan makna satu jiwa yang tidak akan pernah bisa dipisah-pisahkan.

  • Menurut Effat Al-syarqawi

Dimana menurut beliau makna dari kebudayaan adalah sebuah Hasanah dari sejarah bangsa yang akan dicerminkan pada pengakuan beserta nilai-nilai yang ada di dalamnya. Sebab, nilai-nilai tersebut yang akan memberikan suatu hal bagi kehidupan. Yang mana kebudayaan itu akan memberikan tujuan ideal dari rohanian sehingga bisa bebas dalam ruang beserta waktu.

  • Menurut Harjoso

Menurut bahasa sendiri merupakan mengemukakan jika kebudayaan memiliki beberapa poin, yakni:

  1. Kebudayaan menjadi hal yang bisa diteruskan bahkan dapat diajarkan.
  2. Kebudayaan yang ada dalam masyarakat mempunyai perbedaan dari satu ke yang lain.
  3. Kebudayaan juga mempunyai struktur serta cara tertentu atau khusus.
  4. kebudayaan juga bisa diuraikan menjadi sebuah komponen psikologis biologis dan juga sosiologis dari keberadaan makhluk hidup atau manusia.
  5. Dinamis menjadi sifat yang dimiliki oleh kebudayaan.
  6. Kebudayaan juga dapat dibagi menjadi dua aspek yakni sosial dan psikologis.
  7. Nilai yang ada dalam kebudayaan memiliki sifat yang relatif yang mana dari masyarakat satu ke masyarakat lain akan berbeda-beda.

Unsur-Unsur Di salam Kebudayaan

  • Unsur Bahasa

Bahasa memang menjadi cara ucap para manusia dengan pengucapan yang elok dan baik tentu menjadi salah satu elemen yang telah menjadi tradisi dalam kehidupan manusia. Dikarenakan diturunkan secara terus-menerus maka yang terjadi pada sebuah kelompok akan menggunakan bahasa untuk berkomunikasi. Selain itu, bahasa juga dipakai menjadi adaptasi tradisi yang mana dibagi menjadi dua yakni bahasa ucapan dan juga bahasa tulisan.

Seperti halnya di negara Indonesia memiliki banyak sekali pulau kemudian suku, adat, serta kelompok etnis yang berbeda-beda. Dimulai dari adat Jawa, Dayak, Bugis, Batak, dan masih banyak lagi. Dan dari masing-masing daerah tentu memiliki bahasa sendiri sendiri yang tentu sangat berbeda dengan bahasa lainnya.

  • Mengenai Sistem Kepercayaan

Sistem ini memang sangat penting dikarenakan menjadi salah satu unsur yang menjadi pegangan bagi manusia ketika menjalani kehidupan. Tak hanya itu kepercayaan pun nantinya bisa menghubungkan manusia pada penciptanya sehingga menjadikan hal-hal yang terlihat mustahil dapat diterima dengan akal yang juga menjadi wujud dari keajaiban dan anugerah Tuhan.

Misalnya saja, terdapat seseorang yang bernama ababil tinggal di daerah Aceh yang notabennya mempunyai masyarakat dengan mayoritas beragama Islam. Dan dia pun menjalani kehidupan sebagaimana orang yang memiliki agama Islam. Sendiri juga selalu menjalankan salat lima waktu di masjid dan berjamaah, kemudian berpuasa untuk menahan haus dan juga lapar ketika bulan Ramadan, makan setiap hari dia akan selalu berdoa mengharapkan seluruh hal yang ia impikan bisa tercapai. Hal ini dikarenakan apabila mempercayai Tuhan karena bisa mengabulkan permohonannya.

  • Masalah Ilmu Pengetahuan

Mengenai sistem pengetahuan menjadi hal yang sangat komplek dalam kebudayaan. Sebab, dengan inilah yang membuat manusia memenuhi rasa ingin tahu yang mereka alami. Memang betul jika memiliki pengetahuan berbeda bahkan sampai peran yang berbeda pula. Nah, dengan adanya pengetahuan inilah, manusia akan sangat terbantu. Tanpa adanya ilmu pengetahuan maka kehidupan manusia pun tidak akan pernah bisa berlangsung hingga seperti saat ini.

Kemudian sistem dari ilmu pengetahuan seni terbagi menjadi 5 hal, yakni:

  1. Ilmu pengetahuan alam. Alam yang saat ini kita tempati memang sangat luas yang mana bukan hanya bumi saja akan tetapi sejagat raya. Itulah sebabnya jika ilmu pengetahuan dari alam sangat penting sehingga keteraturan dari tempat tinggal manusia pun bisa lebih dijaga. Di dalam ilmu pengetahuan alam ini banyak sekali pengetahuan mengenai bumi, gejala alam kemudian astronomi dan masih banyak lagi ilmu lainnya. Jika dahulu ilmu alam dapat diperoleh dari adanya kegiatan sehari-hari seperti berlayar, berburu dan juga bertani.
  2. Ilmu pengetahuan tentang tumbuhan. Perlu untuk diketahui jika ilmu pengetahuan saat ini pada dasarnya memang hampir sama dengan ilmu pertanian. Dimana menjadi pengetahuan yang paling dasar bagi semua orang mengenai tumbuhan ialah tumbuhan ada sebagai pelengkap dari kehidupan makhluk hidup karena bisa jadi dijadikan sebagai makanan untuk hewan maupun manusia.
  3. Ilmu pengetahuan tentang binatang. Memang tidak jauh berbeda dengan sebab hewan menjadi mahkluk hidup pendamping dan pelengkap manusia. Bisa saja sebagai bahan makanan, sebagai teman, untuk kesenangan bahkan ada juga hewan yang dipelihara. Ilmu pengetahuan mengenai binatang mencangkup Bagaimana cara melestarikan hewan, kemudian cara berburu hewan, ilmu menjadi nelayan dan mengetahui cara terbaik dalam kegunaannya.
  4. Mengenai ilmu pengetahuan tubuh manusia. Untuk pengetahuan yang berikutnya adalah pengetahuan tubuh manusia atau anatomi yang sebetulnya dipakai guna menganalisis mengenai kesehatan bagi manusia. Dengan mengetahui bagaimana struktur dari tubuh seperti halnya susunan tulang, letak organ bahkan sampai uratnya maka penyakit pun bisa lebih mudah ketika dideteksi. Sehingga penanganan dalam pertolongan pertama pun bisa segera diberikan sehingga bisa meminimalisir penyakit bertambah parah.
  5. Pengetahuan mengenai sifat beserta dengan tingkah laku manusia. Hal ini pun memang sangat dibutuhkan sehingga kehidupan dari manusia bisa terjaga kedamaiannya. Sebab dengan menganalisis bagaimana tingkah laku, tentu setiap manusia bisa saling memahami. Walaupun memang terdapat beberapa sifat maupun tingkah laku dari manusia yang sifatnya alami, selain itu budaya pun juga turut serta dalam mengatur melalui nilai-nilai norma, hukum adat, kemudian adat-istiadat bahkan sampai peraturan tertentu yang sudah disepakati secara turun-temurun sebelumnya.
  6. Ilmu pengetahuan tentang masalah ruang dan waktu. Untuk yang terakhir adalah ilmu pengetahuan ruang dan waktu yang memiliki fungsi untuk mengukur, kemudian menghitung dan juga melakukan penanggalan. Misalnya saja ketika menentukan tanggal, bulan, dan juga tahui. yang mana Di kebudayaan Jawa biasanya akan menentukan pasaran seperti halnya Legi, Kliwon, Pon dan Wage.

Penjelasan Untuk Sistem Teknologi

Teknologi menjadi salah satu alat yang membantu melengkapi setiap aktivitas manusia. Sehingga koentjaraningrat membagi jenis teknologike dalam alat-alat produksi, senjata, wadah, minuman, pakaian, makanan, rumah, dan juga transportasi.

Misalnya saja jika dahulu kapak potong telah menjadi teknologi yang sangat canggih akan tetapi pada saat ini telah digantikan dengan adanya mesin potong yang mampu bekerja dengan otomatis.  Jika dahulu rumah hanya berbentuk bubuk yang hanya cukup digunakan sebagai tempat berteduh akan tetapi saat ini rumah telah berkembang bisa menjadi hotel dan juga gedung.

Mengenai Sistem Kekerabatan Dan Kemasyarakatan

Sistem dari kelompok kekerabatan memang sangat kental di dalam unsur ini hal ini dikarenakan sistem dari kemasyarakatan juga kerap kali dipakai manusia untuk melakukan sosialisasi dan menjalin hubungan antar sesamanya. Bahkan sampai saat ini pun terdapat beberapa wilayah dan juga negara yang masih menggunakan sistem kekerabatan atau kemasyarakatan seperti di daerah Afrika, Amerika latin dan juga Oseanis.

LH Morgan menuturkan jika terdapat beberapa macam dari sistem kekerabatan yang pertama adalah garis parental yakni keturunan dari ayah dan ibu, kemudian ada garis alternered yang mana memberikan kita pengajaran jika perempuan dan laki-laki memiliki kedudukan yang sama, dan yang terakhir ialah garis keturunan dari ibu di mana kedudukan dari seorang perempuan jauh lebih tinggi dari laki-laki.

Mengenai Sistem Ekonominya

Perlu Anda ketahui jika sistem ekonomi dari kebudayaan Indonesia secara garis besar memang terdiri dari berburu, kemudian bercocok tanam, peternak, meramu, menangkap ikan beserta sistem dari irigasi ataupun pengairan. Yang mana sampai saat ini sistem tersebut memang terus menerus berkembang. Contohnya saja adalah petani yang kemudian bisa berlanjut kepada sistem perdagangan serta bisnis dalam pengolahan makanan.

Mengenai Kesenian

Perlu Anda ketahui jika seni juga menjadi salah satu ekspresi terhadap sebuah keindahan. Dan seni sendiri terbagi menjadi dua jenis yang pertama adalah seni rupa dan yang kedua adalah seni suara, dimana ini adalah hasil pemikiran dari Koentjaraningrat. Namun sepertinya saya sendiri masih dapat dibagi menjadi berbagai macam seperti halnya seni terapan, kemudian seni tari, seni musik dan masih banyak seniman yang. Bahkan seni juga menjadi salah satu budaya, sebab seni akan selalu muncul pada sebuah upacara adat daerah manapun.

Ciri-ciri Dari Kebudayaan

Jika dilihat secara umum Maka ciri-ciri kebudayaan terbagi menjadi berikut ini:

  • Kebudayaan memiliki sifat yang terintegrasi
  • Kebudayaan juga bisa berubah
  • Kebudayaan akan hidup dan terus berkembang dalam masyarakat
  • Kebudayaan bisa diwariskan ke generasi berikutnya
  • Kebudayaan juga bisa dipelajari oleh orang lain
  • Sedangkan ciri-ciri dari kebudayaan daerah, yakni:
  • Adanya unsur peninggalan sejarah
  • Terdapat sebuah unsur dari kepercayaan
  • Kebudayaan tersebut dianut oleh penduduk yang ada di dalam daerah tersebut
  • Mempunyai adat istiadat serta bersifat kedaerahan
  • Adanya bahasa dan juga seni khas dari daerah
  • Adanya unsur kebudayaan asli dan unsur kebudayaan tradisional
  • Ciri-ciri yang ada dalam kebudayaan nasional, yaitu:
  • Mempunyai unsur budaya daerah yang juga diakui secara nasional
  • Dapat mencerminkan sebuah kehidupan bangsa
  • Menjadi kebanggaan dari seluruh rakyat yang ada di Indonesia
  • Adanya unsur-unsur yang mampu menyatukan bangsa

Perwujudan Dari Kebudayaan

Koentjaraningrat mengemukakan jika wujud dari kebudayaan terdiri dari 4 hal, yaitu:

  • Adanya Nilai Budaya

Nilai-nilai ini merupakan pelajaran yang selalu dipelajari oleh masyarakat sejak kecil yang sangat sulit untuk digoyahkan sehingga menghasilkan sebuah gagasan di kemudian hari. Hasilnya bisa berupa buah pikiran, kemudian tinggal aku bahkan sampai benda-benda tertentu. Terdapat sistem budaya yang mempunyai sifat abstrak bahkan di dalam pembuatannya pun memiliki pola serta berdasarkan dari sistem tertentu.

  • Sistem sosial

Yang mana kebudayaan yang ada di dalam sistem sosial memiliki sifat yang konkret bahkan bisa diabadikan. Sistem sosial ini pun juga memberikan gambaran dari tingkah laku manusia yang secara terus-menerus akan berjalan dengan pola tertentu serta aturan tertentu.

  • Adanya Kebudayaan fisik

Maknanya mempunyai bentuk dan juga dapat dilihat oleh mata. Contoh hasil-hasil budaya seperti halnya gamelan, kemudian candi, lalu ada baju adat bahkan sampai benda-benda bersejarah lainnya.

Fungsi Yang Dimiliki Oleh Kebudayaan

Pada dasarnya kebudayaan ini mempunyai fungsi guna mengatur masyarakat, mengenai bagaimana cara ketika bertindak serta menentukan sikap ketika dihadapkan oleh sesuatu. Sehingga keselarasan hidup dalam manusia bisa berlangsung. Maka inilah ulasan dari fungsi kebudayaan:

  • Memiliki Pedoman Dalam Hubungan Manusia Ataupun Kelompok

Dengan kebudayaan yang sama maka dalam sebuah kelompok bisa berjalan pada arah yang sama dan tujuan yang sama. Dan hal ini telah terbukti dengan yang terjadi di Yogyakarta, dimana semua masyarakat disana selalu membuat acara grebeg Maulud guna memperingati hari maulid nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Dan semua daerah di Jogja juga menyepakati jika hal itu menjadi budaya yang telah ada sejak dahulu dengan tujuan yang jelas bahkan telah dianggap menjadi salah satu pemersatu masyarakat.

  • Mampu Memenuhi Keperluan Masyarakat

Budaya sendiri memang bukan hanya membahas masalah dari pola perilaku serta adat istiadatnya saja. Namun, juga melihat bagaimana cara masyarakat bisa memeuhi kebutuhannya. Contohnya saja seperti berkebun bagi masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan dan mencari ikan untuk masyarakat yang tinggal di daerah pesisir pantai. yang mana keduanya mampu bertahan hidup serta menggunakan cara yang berbeda pada setiap daerah.

  • Mampu Mendorong Perubahan Pada Masyarakat

Kebudayaan bisa juga dipakai untuk mengubah masyarakat terlebih lagi kebudayaan yang baru yang mulai masuk ke dalam ranah masyarakat khusus. Seperti contoh nyata saat ini ialah budaya Korea yang sudah masuk ke dalam Indonesia sehingga sedikit banyak mampu merubah pola pikir dari masyarakat yang pada akhirnya bisa menyukai kebudayaan tersebut. Dan perwujudannya bisa dilihat dari gaya hidup, kesenian, bahkan sampai bahasa.

Contoh-contoh Kebudayaan Negara Indonesia

Berikut ini adalah contoh dari kebudayaan Indonesia yang sampai saat ini masih bertahan:

  • Kebudayaan Ngaben

Sendiri menjadi salah satu tradisi dari masyarakat Bali ketika memperlakukan orang yang telah meninggal dunia. Sebab masyarakat Bali mempercayai jika api akan mensucikan, sehingga orang-orang yang sedang meninggal dunia pun akan dibuatkan upacara tertentu yang kemudian mayat akan dibakar sampai menjadi abu. Lalu abu akan dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam satu wadah lalu dibuang ke laut.

  • Tradisi Kebudayaan Yamko Rambe Yamko

Mungkin udah berapa orang mengetahui jika yamko rambe yamko ini adalah nyanyian yang berasal dari masyarakat Papua saja. Yang bukan hanya menjadi lagu namun juga syair yang dipakai mengenang peperangan terdahulu, dan hingga saat ini tetap digunakan ketika upacara adat.

  • Tradisi Wiwitan

Untuk wiwitan menjadi tradisi yang ada di masyarakat jawa guna wujud syukur dengan hasil panen yang didapatkan. Umumnya akan dilaksanakan dengan cara penyembelihan ayam kampung lalu disajikan dengan nasi uduk lalu dibagi-bagikan kepada tetangga. Sesajen khusus juga harus tersedia dan diletakkan pada area persawahan atau didekat hasil panen.

Nah, itulah penjelasan dari pengertian, kemudian unsur-unsur, ciri-ciri bahkan sampai contoh dari kebudayaan yang ada di Indonesia. Dengan penjelasan diatas Semoga saja bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda semua.

Pengertian Kebudayaan Ciri, Fungsi, Dan Manfaatnya Lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.